Dog Sniffing - Jeff Nissen via Unsplash

Simak Tips Mengatasi Kutu Anjing Paling Efektif Berikut Ini!

Tips mengatasi kutu anjing berikut ini akan membantu kamu membersihkan hama ini hingga hilang total. Membersihkan kutu pada hewan peliharaan memang membutuhkan kedisiplinan dan kesabaran. Agar tidak salah dalam proses pembasian kutu tersebut kamu bisa simak informasi berikut ini:

1. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Pahami Siklus Kutu 

Faktanya satu ekor kutu betina dapat menghasilkan 5-7 telur per hari. Setelah 2 sampai  3 minggu, telur tersebut akan menetas menjadi larva kutu dan bisa mulai makan hingga 2 minggu pada lingkungan yang lembab.

2. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Menggunakan Sampo Antikutu

Saat memandikan anjing kamu bisa gunakan shampoo khusus kutu untuk membasmi kutu yang hinggap di tubuh anjing. Namun kamu tidak bisa hanya mengandalkan shampoo kutu saja karena efek sampo akan cepat hilang setelah beberapa hari penggunaan.

3. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Gunakan Sisir Khusus Kutu

sifat anjing malamute

Sumber: Dog Time

Sisir anjing yang biasa gunakan biasanya memiliki jarak gigi yang renggang. Khusus untuk mengatasi kutu kamu bisa gunakan sisir kutu yang berbentuk kecil dengan jarak gigi sisir yang rapat. Gunakan sisir ini secara rutin untuk membantu mengurangi telur dan kotoran kutu yang melekat pada tubuh anjing.

4. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Obat Kutu

ADa banyak jenis obat kutu yang bsia dengan mudah kamu temukan di pasaran. Kamu bisa gunakan obat kutu yang memiliki efektivitas yang cukup baik dalam membasmi dan mencegah hama timbul kembali. Dengan menggunakan obat yang dijual di pasaran kamu bisa mengaplikasikan obat dengan mudah tanpa harus meraciknya terlebih dahulu.

Baca Juga: Kenali Keunikan dan Sifat Anjing Golden Retriever, Spesies Anjing Keluarga yang Ramah

5. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Air Garam

Cobalah membuat air rendaman dari larutan garam dan air hangat untuk membantu memberantas telur kutu pada anjing. Kamu bisa coba semprotkan air garam ini ke bulu anjing atau gunakan saat memandikannya.

6. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Batasi Frekuensi Keluar Ruangan

Saat anjing terkena kutu, penting bagi kamu untuk mengurangi frekuensi anjing keluar rumah untuk sementara waktu. Beberapa lingkungan di luar rumah seperti rerumputan umumnya paling sering ditemukan serangga kecil. Selain itu, hindari anjing kamu untuk berinteraksi dengan anjing asing untuk mencegah timbulnya infeksi baru pada anjing peliharaan kamu.

7. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Minyak Esensial

Susah Tidur? Coba 5 Cara Ampuh Tidur Cepat Berikut Ini untuk Penderita Insomnia

@cosiela via Unsplash

Jika kamu perhatikan, banyak sampo kutu juga menggunakan kandungan minyak esensial seperti tea tree, peppermint, rosemary, eucalyptus, dan citronella sebagai bahan utama pengusir kutu. Bagi kamu yang memiliki minyak esensial kamu bisa mengencerkan 10 tetes minyak esensial ke dalam air 300ml lalu semprotkan secara bertahap pada tubuh anjing. Hindari menyemprot area wajah agar tidak terhirup ataupun tertelan oleh anjing.

8. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Minyak Kelapa

Minyak kelapa mengandung asam laurat dalam minyak kelapa dapat membantu melawan virus, antijamur, antibakteri, dan juga antiinflamasi. Selain mengatasi masalah kutu pada anjing, minyak kelapa ini pun bisa memberikan kelembapan pada tubuh dan bulu anjing agar tampak berkilau. Kamu hanya perlu mengolesi minyak kelapa secara langsung pada bulu anjing.

9. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Cuka Apel dan Garam

Gunakan campuran cuka apel dan garam sebagai obat kutu alami lalu semprotkan larutan secara langsung ke tubuh anjing dan hindari area mata. Cuka apel faktanya memiliki kandungan yang sangat baik untuk menyeimbangkan tingkat pH anjing.

10. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Lemon

Selain cuka apel dan garam, bahan alami lainnya yang bisa kamu manfaatkan adalah buah lemon. Hal ini dikarenakan buah lemon memiliki kandungan asam yang terbukti ampuh sebagai obat semprot kutu. Kamu hanya perlu mengiris buah lemon lalu rebus hingga mendidih. Tunggu larutan mendingin lalu segera semprotkan pada anjing peliharaan dengan menghindari area wajah terutama mata anjing.

11. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Jaga Kebersihan Kandang

@Dogs Queensland

Kini kutu pada anjing kamu mungkin sudah bersih karena tips-tips di atas namun pastikan bahwa kandang anjing kamu telah bersih agar kutu yang tertinggal di kandang tidak kembali hinggap di tubuh anjing milikmu.

12. Tips Mengatasi Kutu Anjing: Bersihkan Rumah Secara Rutin

Tips mengatasi kutu anjing yang terakhir adalah dengan membersihkan rumah seacar rutin. Perlu diketahui bahwa kutu tidak hanya menyerang hewan peliharaan. Kutu pada anjing juga bisa berpindah pada manusia dan menimbulkan masalah kesehatan terutama iritasi kulit dan timbulnya gatal-gatal.

Saat kamu mengetahui bahwa anjing di rumah terkena infeksi, pastikan untuk segera mencuci peralatan dengan menggunakan air panas. Beberapa peralatan dan benda-benda di sekitar rumah yang perlu kamu pehatikan kebersihannya diantaranya adalah karpet, selimut, sprei, keset kamar mandi, dan juga area lainnya yang paling disukai anjing.

Jika ingin tuntas hingga seratus person langkah selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan menghubungi jasa fogger pembasmi kutu. Arahkan jasa fogger ini untuk membersihkan kutu di area rumah agar tidak menular pada manusia. Tak kalah penting selain rumah, pastikan juga untuk membersihkan jok mobil kamu jika mobil tersebut sering dinaiki oleh anjing.

Baca Juga: Ingin Pelihara Si Fluffy Alaskan Malamute? Kenali Kebutuhan dan Sifat Anjing Malamute Terlebih Dulu!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles