bunga bangkai dan rafflesia arnoldii

Serupa Tapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii

Selama ini, masih banyak orang keliru menyangka bahwa bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii adalah bunga yang sama.

Bahkan, tidak sedikit orang beranggapan bahwa Rafflesia arnoldii merupakan nama Latin untuk bunga bangkai.

Nyatanya, keduanya bunga raksasa ini adalah bunga yang berbeda. Lantas, apa sajakah perbedaan bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii? Simak tujuh di antaranya berikut ini!

Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii

Kenali perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii berikut ini.

1. Nama Latin

Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii dari Nama Latin

Sumber: Bunga Rafflesia via Colin + Meg via Unsplash

Sesuai namanya, bunga Rafflesia memiliki nama Latin Rafflesia arnoldii (padma raksasa). 

Secara keseluruhan, tanaman Rafflesia di Indonesia terdiri dari 17 jenis, termasuk salah satunya Rafflesia arnoldii. Selain itu, ada juga Rafflesia gadutensis, Rafflesia hasselti, dan Rafflesia bengkuluensis.

Sementara itu, bunga bangkai memiliki nama Latin Amorphophallus dan terdiri dari sekitar 25 spesies yang tumbuh di Indonesia.

Beberapa jenis bunga ini adalah Amorphophallus titanum, Amorphophallus gigas, Amorphophallus beccarii, dan Amorphophallus campanulatus.

Baca juga: Sebelum Memberi Bunga, Ketahui Dulu Arti dan Bahasa Bunga Ini

2. Ukuran Tanaman

Perbedaan lain antara bunga bangkai dan Rafflesia adalah ukurannya. Bunga bangkai bisa memiliki tinggi 2–4 meter dengan lebar 1,5 meter saat mekar.

Sementara itu, bunga Rafflesia memiliki diamater yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Misalnya, Rafflesia patma berdiameter 35–40 cm dan Rafflesia arnoldii berdiameter mencapai 1 meter.

Baca Juga: Percantik Tamanmu dengan Berbagai Tanaman yang Mengundang Kupu-Kupu Berikut Ini

3. Bentuk Tanaman

Perbedaan Bunga Bangkai dan Rafflesia Arnoldii dari Bentuknya

Sumber: Bunga bangkai via ksdae.menlhk.go.id

Selain dari nama dan ukuran, perbedaan bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii juga terletak pada bentuknya.

Selain berukuran raksasa, bunga bangkai memiliki bagian tonggol yang menjulang tinggi ke atas yang disebut spadix. Di bagian bawahnya, ada braktea atau bagian pelindung untuk bunga mekar.

Uniknya, spadix tersebut bukanlah bunga tunggal, melainkan bunga majemuk, sebab bagian itu sebenarnya terdiri dari koloni bunga kecil.

Lain dengan bunga bangkai, Rafflesia tidak menjulang tinggi, tapi melebar ke samping. Di bagian tengahnya terdapat lubang besar dengan kelopak indah berwarna oranye muda dan bintik-bintik putih di atasnya.

Bobocabin Bobobox

4. Golongan Tumbuhan

Golongan tanama kedua bunga ini juga berbeda. Bunga bangkai termasuk ke dalam keluarga keladi atau talas-talasan. Karenanya, tanaman satu ini memiliki umbi, batang, dan daun sehingga mampu mencari makanannya sendiri.

Sementara itu, bunga Rafflesia adalah tumbuhan parasit dari marga Rafflesiaceae. Tanaman ini hanya bisa hidup dengan bergantung pada akar atau batang tumbuhan inangnya.

Inang Rafflesia-lah yang akan memberi bunga ini nutrisi serta tempat untuk berkembang biak. Karena hidup menumpang, Rafflesia juga tidak memiliki batang dan daun.

5. Jenis Kelamin

Jenis Kelamin Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai Berbeda

Sumber: @adrsyafril via Instagram

Untuk jenis kelamin, bunga bangkai memiliki bunga jantan dan bunga betina dalam satu tumbuhan. Namun, bunga betinanya sering matang duluan sehingga bunga jantan tidak bisa menyerbukinya. 

Maka dari itu, diperlukan lebih dari satu bunga bangkai agar betinanya dapat diserbuki oleh bunga jantan dengan bantuan serangga.

Sementara itu, bunga jantan dan betina pada Rafflesia tidak berada dalam satu tumbuhan dan terkadang justru tumbuh berjauhan. Karena itu, tanaman raksasa ini juga membutuhkan serangga untuk menyerbuki bunga betina dengan serbuk sari dari jantannya.

Selain itu, Rafflesia juga hanya akan tubuh pada waktu yang tepat dengan nutrisi yang pas.

Baca Juga: Rumahmu Banyak Nyamuk? Tanam Tanaman Hias Pengusir Nyamuk Berikut Ini!

6. Cara Berkembang Biak

Perbedaan bunga bangkai dan Rafflesia arnoldii berikutnya terletak pada cara mereka berkembang biak.

Bunga bangkai bisa tumbuh dengan biji atau umbinya. Namun, perkembangbiakkan dengan biji terbilang lama karena butuh sekitar tiga tahun untuk tumbuh dan berbunga. Bijinya sendiri berjumlah ratusan dengan ukuran 2–4 cm.

Rafflesia juga berkembang biak dengan biji hasil pembuahan bunga jantan dan betina. Biji tersebut berjumlah ribuan dengan ukuran yang sangat kecil dan halus layaknya pasir.

Dalam pertumbuhannya, tanaman ini membutuhkan sekitar 21 bulan untuk tumbuh, mulai dari munculnya kuncup hingga mekar. Selain itu, pertumbuhannya juga tergantung pada:

  • cuaca yang bersahabat
  • populasi bunga jantan dan betina yang melimpah
  • adanya kesempatan untuk diserbuki agar menghasilkan biji
  • kondisi tanah
  • aman dari gangguan binatang pemangsa

7. Saat Mekar

Bunga Bangkai Saat Mekar

Sumber @barajamamoto via Instagram

Bunga bangkai biasanya mekar selama satu hari saja, tapi akan bertahan hingga tujuh hari sebelum akhirnya terkulai layu. Setelah itu, tanaman akan mati lalu mengulang kembali siklus hidupnya dari umbi bunga bangkai yang mati.

Sementara itu, bunga Rafflesia biasanya hanya mekar selama lima hari.

Baca Juga: Si Merah Merona: 7 Tanaman Hias Berwarna Merah untuk Suasana Rumah yang Lebih Terang dan Romantis

Persamaan Bunga Rafflesia Arnoldii dan Bunga Bangkai

Setelah mengetahui beberapa perbedaan bunga Rafflesia arnoldii dan bunga bangkai, inilah saatnya mencari tahu persamaan dari keduanya.

1. Ukuran Besar

Baik Rafflesia arnoldii maupun bunga bangkai dikenal dengan ukuran bunganya yang sangat besar. Keduanya dapat mencapai diameter hingga satu meter atau lebih, menjadikannya salah satu bunga terbesar di dunia.

2. Bau Busuk

Kedua bunga ini memiliki aroma yang sangat kuat dan tidak sedap. Bunga ini mengeluarkan bau busuk dengan tujuan menarik serangga penyerbuk, yang berkontribusi pada penyerbukan.

3. Tumbuhan Parasit

Rafflesia arnoldii adalah tumbuhan parasit, yang berarti ia tidak memiliki daun, batang, atau akar sejati. Demikian pula, bunga bangkai juga dapat dikategorikan sebagai tumbuhan parasit karena mengambil nutrisi dari inangnya.

4. Asal dari Indonesia

Keduanya berasal dari wilayah Asia Tenggara, khususnya Indonesia. Rafflesia arnoldii maupun bunga bangkai daapt ditemukan di beberapa pulau Indonesia.

Fakta Bunga Rafflesia Arnoldii

Fakta Bunga Raflesia Arnoldii

Sumber @dinaspariwisatapora.kepahiang via Instagram

1. Tanaman Endemik Indonesia

Rafflesia arnoldii termasuk salah satu tanaman endemik Indonesia yang hanya bisa kamu temukan di Sumatra dan Kalimantan. Jenis Rafflesia yang ada di Jawa Barat adalah Rafflesia patma.

2. Bunga Terbesar di Dunia

Dengan diameter mencapai 70 cm hingga 1 meter dan berat hingga 11 kg, Rafflesia arnoldii dinobatkan sebagai bunga terbesar di dunia.

3. Terancam Punah

Rafflesia arnoldii termasuk salah satu spesies yang terancam punah karena perburuan liar serta habitatnya yang semakin rusak, terutama karena pembakaran hutan.

Karena hal itu, tanaman ini pun dilindungi Undang-undang nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya.

4. Tidak Berfotosintesis

Karena termasuk tanaman parasit yang tidak memiliki akar, batang, hingga daun, Rafflesia arnoldii pun tidak bisa melakukan fotosintesis layaknya kebanyakan tanaman.

5. Lambang Provinsi Bengkulu

Sebagai provinsi yang menjadi tempat banyak ditemukannya bunga Rafflesia arnoldii, Bengkulu pun menjadikannya sebagai lambang provinsi.

Tanaman ini juga dianggap sebagai kekayaan alam Bengkulu yang patut dijaga dan dilestarikan.

6. Ditemukan Tahun 1818

Rafflesia arnoldii pertama kali ditemukan tahun 1818 di hutan tropis Sumatra oleh peminat botani asal Inggris bernama Dr. Josep Arnold dan Sir Thomas Stamford Raffles. Karena itulah bunga satu ini dinamai Rafflesia arnoldii, sesuai dengan nama penemunya.

7. Bunga Nasional Indonesia

Bersama dengan bunga melati putih (Jasminum sambac) dan anggrek bulan (Phalaenopsis amabilis), Rafflesia arnoldii menjadi salah satu bunga nasional Indonesia. Hal ini ditetapkan dalam Keputusan Presiden Nomor 4/1993.

Staycation di Tengah Perkebunan Teh yang Jauh dari Keramaian

Staycation di Tengah Perkebunan Teh di Bobocabin

Lagi cari tempat menginap di kawasan Bogor setelah puas menyaksikan keindahan bunga Rafflesia di Kebun Raya Bogor? Bobocabin Gunung Mas siap menjadi tempat persinggahanmu. 

Di dalam kabin, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti Bluetooth speaker, moodlamp, B-Pad, dan Wi-Fi.

Di samping itu, ada juga fitur Smart Window yang bisa kamu atur untuk menikmati privasi atau ke mode transparan agar kamu bisa menyaksikan keindahan alam di depan mata.

Tertarik mencoba? Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi dan dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Bobobox.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles