apakah boleh puasa tanpa sahur

Apakah Boleh Puasa Tanpa Sahur? Ternyata Ini Jawabannya!

Saat puasa, ada satu kegiatan yang menjadi ritual umat muslim saat menjalani ibadah puasa, yaitu santap sahur.

Rasulullah SAW menganjurkan umatnya untuk menyantap hidangan di waktu sahur, mengingat ada berkah luar biasa yang bisa diperoleh dari sahur.

Apakah Boleh Puasa Tanpa Sahur?

Hukum puasa tanpa sahur dalam menjalankan ibadah puasa

Sumber: Pixabay

Menurut Saiyid Mahadir, Lc dalam bukunya yang berjudul Bekal Ramadhan dan Idul Fitri 2: Niat dan Imsak, seseorang yang tidak sahur diperbolehkan melakukan ibadah puasa, asalkan sebelumnya sudah berniat puasa.

Meskipun demikian, orang yang berpuasa tanpa melakukan sahur akan melewatkan kesempatan mendapatkan berkah sebagaimana disebutkan dalam hadis, “Makan sahurlah kalian karena dalam makan sahur terdapat keberkahan.” (HR. Bukhari no. 1923 dan Muslim no. 1095).

Selain itu, dikutip dari website resmi Universitas Islam An Nur Lampung, meskipun sahur bukan rukun puasa, namun menjadi praktik yang dianjurkan karena mengikuti teladan Nabi Muhammad SAW (Shallallahu Alaihi Wa sallam) dan membawa berbagai keberkahan, energi, dan kemudahan dalam menjalankan puasa dan aktivitas sehari-hari

Baca juga: Ini Dia 5 Makanan Sahur Agar Kuat Puasa Sepanjang Hari

4 Tips Tidak Telat Sahur

Kegiatan sahur memang penuh suka duka. Karena harus melek pagi-pagi buta, tak sedikit orang yang akhirnya terlambat bangun dan harus ngebut makan. 

Jika kamu terlambat bangun, maka kamu tidak bisa menikmati santap sahur dengan khidmat. Selain itu, kamu jadi bisa kehilangan berkah sahur.

Lantas, bagaimana caranya agar bisa mudah bangun sahur? Yuk, simak tips agar tidak telat sahur ala Bob berikut ini! 

1. Niatkan Dalam Hati

niat dalam hati

Sumber: nazar_ab via Istockphoto

Walau kedengarannya klise, tips tidak telat sahur yang pertama adalah dengan memulai niat sungguh-sungguh.

Panjatkanlah doa agar kamu diberi kemudahan dan kelancaran saat beribadah puasa, termasuk saat melakukan makan sahur.

Agar lebih afdal, kamu bisa memanjatkan niat dan doa dimudahkan bangun sahur ini setelah berwudu. Barulah setelah itu kamu bisa bergegas tidur. 

2. Tidur Lebih Awal

Tidur Lebih Awal

Sumber: Ayo Semarang

Agar tidak terlambat bangun, pastikan untuk tidur lebih awal.

Walau begitu, pastikan juga untuk tidak langsung tidur setelah kamu makan berat. Sebab, tidur segera setelah makan berat akan meningkatkan risiko terkena asam lambung.

Kamu bisa coba mengusahakan tidak tidur lebih dari jam sepuluh malam. Atau, kamu bisa pergi tidur setelah selesai salat tarawih. Dengan begitu, kamu akan memiliki waktu istirahat lebih banyak.

3. Hindari Kafein dan Cahaya Berlebih

hindari kafein

Sumber: blackinsomnia.us

Tips agar tidak ketinggalan waktu sahur selanjutnya adalah dengan menghindari kafein dan cahaya berlebih.

Salah satu caranya adalah dengan membatasi konsumsi teh atau kopi saat buka puasa. Ini akan membuat tidurmu lebih nyenyak dan mencegah kantuk saat waktu sahur tiba.

Cahaya ponsel dan laptop juga akan membuat mata tetap terjaga. Karena itu, batasi waktu bermain ponsel dan matikan lampu agar kamu tidak kebablasan terjaga sampai larut.

4. Atur Alarm

masang alarm

Sumber: tek.id

Agar kamu tak ketinggalan waktu sahur, atur alarm setidaknya lima belas menit lebih awal dari waktu sahur yang dijadwalkan.

Untuk berjaga-jaga, kamu bisa menyetel lebih dari satu alarm. Dengan begitu, jika alarm pertama gagal, masih akan ada alarm-alarm berikutnya yang akan membangunkanmu.

Baca Juga: Sedang Mempersiapkan Hidangan Buka Puasa? Simak Perbedaan Jenis Tepung Berikut Ini!

2 Makanan dan Minuman yang Cocok Untuk Sahur

Saat makan sahur, kamu bisa mencoba dua pilihan makanan berikut ini. Menu ini akan membuatmu kenyang lebih lama dan lebih berenergi.

1. Sup Sayur dan Daging

Sup Sayur dan Daging

Sumber: masakapahariini.com

Makanan pertama yang cocok untuk sahur dan membuat kenyang lebih lama adalah sup. Sup umumnya kaya akan berbagai jenis sayuran penuh serat yang baik untuk kesehatan.

Selain sayur, sup juga kerap mengandung protein hewani dari daging ayam atau daging sapi. Ini membuat tubuhmu semakin bertenaga selama berpuasa.

Mengonsumsi sup diketahui dapat mencegah sel-sel perut agar tidak memproduksi hormon yang mengatur rasa lapar dan hasrat ingin makan pada tubuh. 

Fakta ini dibuktikan oleh studi dari Pennsylvania State University. Studi tersebut mengungkapkan bahwa perempuan yang mengonsumsi sup untuk sarapan artinya mengonsumsi 100 kalori lebih sedikit saat makan siang. 

Tak hanya mengandung protein dan serat yang baik bagi tubuh, sup juga mengandung air yang cukup banyak, sehingga membantu memenuhi asupan cairan. 

 2. Nasi Merah

nasi merah

Sumber: suara.com

Agar kamu bisa kenyang lebih lama selama berpuasa, kamu bisa coba mengganti nasi putih dengan nasi merah.

Hal ini dikarenakan nasi merah memiliki kalori yang lebih rendah dibandingkan nasi putih. Tak hanya itu, nasi merah juga memiliki indeks glikemik lebih rendah dibandingkan nasi putih, mi, atau pasta. 

Kandungan glikemik yang rendah pada nasi merah juga dapat membuat tubuh menyerap zat gizi dengan lebih lambat.  

Baca juga: 6 Tips Puasa Sehat untuk Penderita Maag

3. Air Kelapa

Air Kelapa

Sumber: detikFood

Terakhir ada air kelapa, yang dikenal sebagai salah satu minuman paling sehat untuk mengembalikan kadar air tubuh.

Selain mengembaikan hidrasi, air kelapa juga berperan baik dalam mengatasi gangguan pencernaan, seperti maag yang kerap kumat saat berpuasa.

Minuman sahur ini praktis saja; kamu cukup menyediakan satu atau dua butir kelapa muda tergantung selera. Agar lebih segar, air kelapa sebaiknya tidak ditambahi gula atau bahan pemanis lain. 

Sebagai ganti gula, kamu bisa memanfaatkan jeruk manis atau buah-buahan segar lain. Dengan begitu, cita rasa manis pada air kelapa pun lebih murni dan sehat.

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Sumber: bobobox.com

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles