Pulau Bersi

Di Mana Letak Pulau Bersi dalam Film The Big 4?

The Big 4 merupakan film Indonesia garapan Timo Tjahjanto yang rilis Desember 2022 lalu. Mengusung genre laga komedi, film ini menggunakan setting fiktif yang diberi nama Pulau Bersi.

Lantas, di manakah letak Pulau Bersi di film The Big 4? Yuk, simak lebih lanjut bareng Bob!

Di Mana Letak Pulau Bersi?

Di Mana Letak Pulau Bersi

Sumber: RCTIPlus.com

Sejak tayang perdana tanggal 15 Desember 2022 lalu, The Big 4 telah menarik perhatian. Selain kocak dan seru, film ini banyak menampilkan pemandangan alam indah nan eksotik lewat Pulau Bersi yang menjadi latar utamanya.

Tidak sedikit netizen bertanya-tanya di manakah sebenarnya Pulau Bersi berada. Dalam konferensi pers, Timo Tjahjanto berkata bahwa Pulau Bersi adalah pulau fiktif. Keberadaan pulau tersebut hanya diperuntukkan bagi kebutuhan cerita The Big 4.

Akan tetapi, tempatnya memang ada di Indonesia. Lebih tepatnya, pengambilan gambar untuk Pulau Bersi dilakukan di Bali, seperti Bedugul, dan beberapa lokasi lain di Indonesia timur. 

Kesimpulannya, Pulau Bersi adalah perpaduan dari beberapa wilayah eksotik nan indah yang ada di Indonesia.

Pulau Bersi digambarkan sebagai tempat asri dan damai yang menjadi lokasi sempurna untuk kekacauan antara The Big 4 dan musuhnya.

Lanskap arsitektur dan beragam bangunan yang muncul dalam film juga dibuat khusus dengan menunjukkan jejak kolonialisme dan kekayaan budaya Indonesia.

Pembuatannya sendiri melibatkan art director, Antonius Boedy, serta 25 orang kru dan 120 pembuat set.

Bobobox Maximum Comfort Banner
Baca Juga: Ngefans Wednesday Addams? Ikonik dan Misterius, Intip Lokasi Syuting Serial Terbaru Netflix Ini

Alasan Pulau Bersi Dibuat?

Alasan Pulau Bersi Dibuat

Sumber: antvklik.com

Lantas, apa alasan di balik pembuatan Pulau Bersi untuk The Big 4? Timo mengaku bahwa ia memiliki misi pribadi untuk menunjukkan bentang alam Indonesia yang keindahannya sangat memanjakan mata.

Hanya saja, ia tidak ingin menyebut wilayah spesifik yang memang jelas ada di Indonesia, misalnya Tasikmalaya atau wilayah lainnya. Karena itu, Timo pun memutuskan untuk menciptakan latarnya sendiri, yaitu Pulau Bersi.

Lantas, mengapa Bali dan Indonesia timur yang dipilih? Timo rupanya ingin menunjukkan bahwa Indonesia tidak melulu Pulau Jawa. Wilayah lain di Indonesia juga tak kalah indahnya, termasuk kawasan timur.

Di samping itu, Pulau Bersi juga dibuat berdasarkan kecintaan Timo pada urban decay, yaitu kemerosotan kota akibat konflik atau kehancuran kota secara bertahap.

Timo menginginkan sesuatu yang fresh, yang sedikit banyak masih berkaitan dengan keindahan Indonesia.

Karena itu, ia menyisipkan detail dengan referensi daerah-daerah di Indonesia untuk mendapatkan kesan tropis, termasuk karakteristik warganya.

Timo juga tidak ingin menunjukkan keindahan Indonesia dari tampilan luarnya saja. Ia ingin menampilkan warna-warni lain dari daerah-daerah di Indonesia, termasuk bahasanya, meski itu bahasa kasar sekalipun.

Karena itu, Timo sempat berkonsultasi terlebih dulu dengan salah satu pemain The Big 4, Arie Kriting, tentang penggunaan kata-kata kasar wilayah timur.

Dari perpaduan semua itu, Timo pun bisa menciptakan Pulau Bersi yang tropis dan penuh warna.

Baca Juga: Di Mana Lokasi Syuting Emily in Paris? Menjajaki 7 Lokasi Syuting di Kota Asalnya

Sinopsis film The Big 4

Sinopsis film The Big 4

Sumber: Jawapos.com

Tak lama setelah penayangannya, The Big 4 sukses memuncaki peringkat Top Movies di Netflix dan disaksikan penonton dari berbagai negara, seperti Brasil, Inggris, Jepang, hingga Amerika.  

Film ini bercerita tentang seorang polisi bersih bernama Dina yang sangat memegang teguh prinsipnya sebagai anggota polisi.

Di momen pengangkatan statusnya sebagai Polisi Wanita, Dina justru harus dihadapkan dengan kematian ayahnya, Petrus, yang tragis dan misterius di rumahnya sendiri.

Ia pun bertekad untuk menyelidiki kematian tersebut, bahkan nekat mengikuti jejak pembunuhan ayahnya menuju sebuah pulau tropis bernama Pulau Bersi.

Di sanalah Dina mengetahui jati diri sang ayah sesungguhnya. Ayah Dina rupanya merupakan pemimpin kelompok pembunuh bayaran yang memiliki banyak murid.

Buntut dari terkuaknya fakta mengejutkan ini membuat keberadaan Dina terendus dan dikejar-kejar oleh musuh lama ayahnya. Alhasil, ia pun terpaksa bekerja sama dengan empat mantan murid sang ayah yang siap kembali beraksi membasmi musuh.

Keempat mantan pembunuh bayaran itu adalah Topan si pemimpin, Jenggo si sniper, Alpha si garang, dan Pelor si umpan.

Di masa aktifnya sebagai pembunuh bayaran, mereka bekerja dalam satu tim dengan tugas sesuai julukan masing-masing.

Selain itu, keempat tokoh ini juga memiliki keunikan tersendiri. Topan dkk beserta Dina pun bekerja sama untuk mengalahkan musuh sekaligus mengungkap tabir kematian ayah Dina.

Meski banyak celetukan jenaka yang mampu mengocok perut, film The Big 4 tetap menunjukkan identitas film Timo Tjahjanto.

Di sepanjang film, Timo memasukkan beragam aksi berdarah, perkelahian, ledakan, tembakan, intrik, hingga potongan tubuh yang tercecer. Hampir semuanya berlatarkan pemandangan indah, seperti pantai dan desa nelayan.

Berikut ini adalah beberapa pemain yang terlibat dalam film The Big 4:

  • Putri Marino sebagai Dina
  • Abimana Aryasatya sebagai Topan
  • Arie Kriting sebagai Jenggo
  • Lutesha sebagai Alpha
  • Kristo Immanuel sebagai Pelor
  • Budi Ros sebagai Petrus
  • Marthino Lio sebagai Antonio
  • Donny Damara sebagai Hassan

Baca Juga: Mengunjungi Lokasi Syuting Alice in Borderland di Dunia Nyata, Mana Saja Tempatnya?

Me Time Sambil Nonton Film Favorit di Bobopod

Me Time Sambil Nonton Serial Favorit di Bobobox

Butuh tempat me time biar puas nonton film dan serial kesayangan tanpa gangguan? Nggak usah pusing-pusing mencari tempat, langsung saja ke Bobopod!

Tempatnya nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan Wi-Finya super kencang. Kegiatan nonton pun aman tanpa gangguan.

Bobobox juga menyediakan fitur moodlamp yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur pencahayaan sesuai dengan suasana hati dan kenyamanan kamu.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyarofah

Foto header: CNN Indonesia

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles