AAAABfTgFyCbGK3DH80FtDiONt7qQx2C1AuWb_WpJQ7f0qyMyk-v_iJ3u4vugVGJllIi1iqf6Xnwv85JlsURR-ZrH9GlhDgJuQB0WXsM

Sinema Korea Mendunia, Attorney Woo dan Pachinko Masuk Nominasi Critics Choice Awards 2023

Selasa, 6 Desember 2022, Critics Choice Association (CCA) mengumumkan para nomine untuk kategori TV pada acara penghargaan tahunan Critics Choice Awards ke-28. Dalam Critics Choice Awards 2023 ini, dua drama Korea berhasil masuk nominasi: Extraordinary Attorney Woo dan Pachinko.

Bagi kamu yang masih awam, Critics Choice Awards merupakan ajang penghargaan oleh Critics Choice Association (CCA). CCA sendiri mengacu pada organisasi kritikus televisi, radio, dan daring dengan kritikus film dan televisi sebagai anggotanya.

Organisasi ini berdiri sejak tahun 1995 dan mulanya dikenal dengan nama Broadcast Film Critics Association (BFCA). Sejak 1995, CCA yang merupakan kelompok kritikus terbesar di Amerika Serikat dan Kanada ini telah menggelar Critics Choice Awards dengan sejumlah kategori penghargaan untuk film, acara televisi, dokumenter, dan acara realitas televisi yang pemenangnya kemudian dipilih oleh Critics Choice Association.

Keberadaan Critics Choice Awards ini bertujuan untuk memberikan penghargaan terbaik pada insan perfilman dan pertelevisian. Critics Choice Awards pun menjadi salah satu ajang penghargaan bergengsi di Amerika dan biasanya menjadi indikator kesuksesan pada Piala Oscar.

Nominasi Best Foreign Language Series

Sumber: kpoppost.com

Extraordinary Attorney Woo merupakan drama 16 episode yang tayang di stasiun TV kabel ENA. Ia tayang sejak 29 Juni hingga 18 Agustus 2022 lalu, setiap Rabu dan Kamis pukul 21.00 waktu Korea. Drama satu ini juga tersedia di platform streaming Netflix di berbagai negara.

Sementara itu, Pachinko merupakan serial drama orisinal 8 episode di Apple TV+. Tayang sejak 25 Maret sampai 29 April 2022, Pachinko diadaptasi dari novel berjudul sama, Pachinko, karangan Lee Min Jin yang rilis pada 2017 lalu.

Kedua drama ini masuk dalam nominasi Best Foreign Language Series atau Serial Berbahasa Asing Terbaik bersama dengan serial TV negara lain. Berikut ini adalah daftar lengkapnya:

  • 1899 (Netflix – Jerman)
  • Borgen (Netflix – Denmark)
  • Extraordinary Attorney Woo (Netflix – Korea Selatan)
  • Garcia! (HBO Max – Spanyol)
  • The Kingdom Exodus (MUBI – Denmark)
  • Kleo (Netflix – Jerman)
  • My Brilliant Friend (HBO – Italia)
  • Pachinko (Apple TV+ – Korea Selatan)
  • Tehran (Apple TV+ – Israel)

Para pemenang dari berbagai kategori akan terungkap pada gala Critics Choice Awards di Fairmont Century Plaza, Los Angeles pada Minggu, 15 Januari 2023. Acara tersebut akan disiarkan langsung melalui saluran televisi The CW.


Baca Juga: Mengenal Ripley Syndrome: Kondisi Medis yang Diangkat di Drama Korea The Second Anna


Bukan yang Pertama

Sumber: collider.com

Sama-sama mendapatkan popularitas tinggi di 2022, Extraordinary Attorney Woo dan Pachinko bukanlah drama pertama yang berhasil masuk nominasi Critics Choice Awards. Di tahun sebelumnya, serial Netflix fenomenal Squid Game berhasil memenangkan dua kategori dari tiga nominasi, yaitu Best Foreign Language Series dan Best Actor Award in a Drama Series untuk pemeran utama Squid Game, Lee Jung Jae.

Selain itu, di Critics Choice Awards 2021, film berjudul Minari (2020) berhasil masuk nominasi di 10 kategori. Kategori tersebut meliputi Best Picture, Best Actor untuk Steven Yeun, Best Supporting Actress untuk Youn Yuh Jung, Best Young Actor/Actress untuk Alan Kim, Best Acting Ensemble, Best Director untuk Lee Isaac Chung, Best Original Screenplay untuk Lee Isaac Chung, Best Cinematography untuk Lachlan Milne, Best Foreign Language Film, dan Best Score untuk Emile Mosseri.

Dari kesepuluh kategori tersebut, Minari berhasil memenangkan Best Foreign Language Film dan Best Young Actor/Actress untuk Alan Kim. Pencapaian ini menandakan semakin mendunianya gelombang Korea di industri perfilman internasional.


Baca Juga: Bagi yang Sedang Nonton, Kamu Wajib Tahu 7 Fakta Squid Game yang Jarang Diketahui


Drama Extraordinary Attorney Woo

Sumber: netflix.com

Menyuguhkan akting apik dengan plot menarik, Extraordinary Attorney Woo menjadi salah satu drama favorit warga Korea di tahun 2022. Di Korea Selatan, drama Attorney Woo berada di peringkat pertama pada slot waktu tayangnya.

Memulai dengan rating 0,9%, Extraordinary Attorney Woo menanjak naik hingga 17,5% di akhir penayangan. Drama ini bahkan mencetak rekor sebagai drama dengan rating tertinggi yang tayang di ENA.

Sementara itu, di kalangan internasional, drama ini mendapat banyak apresiasi dan pujian, apalagi mengingat Attorney Woo tayang di berbagai negara melalui Netflix. Selama lima minggu sejak mengudara di Netflix, Attorney Woo terus setia menempati posisi nomor satu untuk kategori drama tidak berbahasa Inggris. Extraordinary Attorney Woo juga cukup lama berada di jajaran 10 besar untuk semua kategori drama.

Berkat popularitasnya, pihak ENA pun berencana untuk menggarap musim kedua Attorney Woo. Sejumlah negara, termasuk Amerika Serikat dan Jepang, bahkan menunjukkan ketertarikan untuk membuat ulang drama ini.

Extraordinary Attorney Woo sendiri bercerita tentang seorang pengacara pengidap autism spectrum disorder (ASD) bernama Woo Young-woo (Park Eun-bin). Membutuhkan perhatian khusus tidak menghentikan langkah Young-woo memulai karir sebagai pengacara.

Dengan IQ setinggi 164, Young-woo termasuk pengacara muda brilian dengan daya ingat luar biasa. Namun, dia memiliki kekurangan dalam hal keterampilan sosial dan empati karena gangguan spektrum autismenya. Selain itu, ia juga sangat sensitif, seringkali gelisah dan tidak bisa memegang kendali tubuhnya agar harmonis. Oleh karena itu, dia pun tidak pandai berlari, mengikat tali sepatu, dan melewati pintu putar.

Berkat kepiawaian Park Eun-bin dalam membawakan peran Woo Young-woo, belum lama ini ia dianugerahi Rising Star Award untuk TV dari Critics Choice pada acara Celebration of Asian Pacific Cinema & Television 2022.


Baca Juga: Wah, 7 Artis Ratu Drama Korea Ini Ternyata Sudah Banyak Mendapatkan Penghargaan!


Drama Pachinko

Sumber: tv.apple.com

Selain Extraordinary Attorney Woo, Pachinko juga mendapatkan sorotan di tahun 2022. Drama satu ini merupakan adaptasi dari novel berjudul serupa dan bertabur bintang kenamaan Korea, termasuk Lee Min-ho si raja drama romansa dan Youn Yuh-jung, pemenang Oscar sekaligus pemeran dalam Minari.

Cerita Pachinko berpusat pada perjalanan empat generasi keluarga imigran Korea yang meninggalkan tanah kelahiran mereka dan harus bertahan hidup dalam diskriminasi. Mengambil latar di Korea, Jepang, dan Amerika Serikat, drama ini juga menggunakan tiga bahasa berbeda, yaitu bahasa Korea, Jepang, dan Inggris.

Lewat drama ini, kamu akan menyelami kisah Kim Sun-ja, seorang perempuan Korea yang lahir di masa penjajahan Jepang. Sunja muda yang bekerja di toko demi membantu keluarga dan mencukupi kebutuhan sehari-hari kemudian jatuh cinta pada seorang laki-laki bernama Koh Han-su. Sayangnya, hubungan mereka tidak berjalan mulus. Selain karena perbedaan status sosial, Han-su juga merupakan laki-laki beristri.

Berkat kisahnya yang menyentuh, Pachinko berhasil menyabet penghargaan Gotham Awards 2022 untuk kategori Breakthrough Series for Long Format. Bukan cuma itu, popularitas drama ini juga ikut meningkatkan penjualan novelnya. Pachinko pun menjadi buku terlaris Korea setelah empat tahun perilisannya di negeri ginseng tersebut.

Puas Maraton Drakor di Bobobox

Butuh tempat me time biar puas nonton drama Korea tanpa gangguan? Tak usah pusing-pusing mencari tempat, langsung saja ke Bobobox! Tempatnya nyaman dan higienis, harganya terjangkau, dan Wi-Finya super kencang. Kegiatan nonton pun aman tanpa gangguan.

Fasilitas Wi-Fi ini dapat diakses di seluruh area Bobobox, jadi kamu bisa memilih leyeh-leyeh dalam kamar atau menggunakan fasilitas tersebut di area lain jika sudah bosan.

Hotel kapsul satu ini juga menyediakan fitur moodlamp yang bisa kamu manfaatkan untuk mengatur pencahayaan sesuai dengan suasana hati dan kenyamanan kamu. Temaram hingga terang, bisa kamu sesuaikan untuk berbagai kegiatan termasuk tidur, berfoto, bekerja, membaca buku dan tentunya menonton drakor.

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk pemesanan dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles