premium_photo-1661758339309-2386d180092f

Unik! Begini Cara Negara-Negara Ini Merayakan Hari Ibu

Meski bukan hari libur nasional, Hari Ibu atau Mother’s Day dirayakan di berbagai negara di dunia dalam rangka menghormati peran para ibu. Secara internasional, Hari Ibu jatuh pada minggu kedua bulan Mei. Namun, peringatan Hari Ibu sendiri sebenarnya berbeda-beda di berbagai negara, termasuk di Indonesia. Di Indonesia, hari peringatan tersebut jatuh pada 22 Desember.

Selain tanggal yang berbeda, cara merayakannya pun juga beragam. Yuk, simak berbagai cara peringatan Hari Ibu di berbagai negara berikut ini!

Peringatan Hari Ibu di Amerika Serikat

Sumber: pillsbury.com

Lebih dari 40 negara di dunia termasuk Amerika Serikat merayakan Hari Ibu di minggu kedua bulan Mei. Hari spesial tersebut pertama kali dicetuskan oleh seorang guru sekolah di Philadelphia bernama Anna Jarvis pada 1908. Tiga tahun setelah kematian ibunya, dia menginisiasi perayaan Hari Ibu sebagai bentuk rasa hormat atas pengabdian ibu kepada anak-anaknya. Perayaan itu kemudian diresmikan di Amerika Serikat pada tahun 1914.

Seiring berjalannya waktu, peringatan Hari Ibu pun semakin populer. Saat Hari Ibu tiba, anak-anak akan memasakkan sarapan untuk ibu mereka. Para ibu pun memulai hari dengan sarapan di tempat tidur. Para anggota keluarga juga akan membebaskan ibu dari tugas harian rumah tangga mereka.

Selain itu, anak-anak juga akan membelikan buket bunga, memberi kartu ucapan buatan sendiri, perhiasan atau hadiah bermakna lainnya, serta menyanyikan lagu favorit para ibu. Sebagian keluarga juga kerap merayakan Hari Ibu dengan makan bersama di restoran. Oleh karena itu, tidak heran jika Hari Ibu menjadi hari super sibuk bagi para pekerja di restoran.


Baca Juga: Burung-Burung Ini Dianggap Sebagai Pertanda Buruk Bahkan Kematian! Apakah Kamu Pernah Menjumpainya?


Mothering Sunday di Inggris

Sumber: thefocus.wales

Di Inggris, peringatan Hari Ibu berakar dari praktik Mothering Sunday agama Kristen sejak abad ke-16. Mothering Sunday jatuh pada hari minggu keempat prapaskah, tepatnya tiga minggu sebelum hari Minggu Paskah, yaitu sekitar pertengahan Maret atau awal April.

Mothering Sunday bermula dari kebiasaan orang-orang Inggris, terutama kalangan pembantu rumah tangga yang bekerja untuk keluarga kaya. Mereka memiliki kebiasaan mudik dan mengunjungi gereja yang kerap mereka datangi di masa kanak-kanak atau tempat mereka dibaptis. Hal ini pun menjadi ajang reuni bersama keluarga, dan seiring berjalannya waktu menjadi sebuah tradisi liburan yang diberikan majikan kepada para pembantu mereka.

Mereka juga memanfaatkan Mothering Sunday untuk mengunjungi ibu mereka, sambil membawa hadiah berupa makanan atau pakaian bekas dari majikan. Di perjalanan pulang, anak-anak akan memetik bunga yang kemudian mereka jadikan hadiah untuk ibu mereka.

Selain itu, dalam peringatan Mothering Sunday, orang-orang Inggris juga kerap membuat kue simnel untuk ibu mereka. Kue satu ini memang sangat identik dengan rangkaian prapaskah dan Paskah. Kegiatan berkunjung dan memberikan hadiah pada ibu pun berkembang menjadi sebuah tradisi.

Namun, di era modern ini, peringatan Hari Ibu di Inggris tidak jauh beda dengan Amerika Serikat. Anak-anak akan memberikan kartu dan hadiah berupa kue, bunga, cokelat, atau hadiah lebih mahal seperti perhiasan atau barang bermerek. Karena berakar dari praktik agama, banyak gereja memiliki tradisi memberikan bunga daffodil kepada anak-anak untuk mereka berikan kepada ibu mereka.

Hari Ibu di Meksiko

Sumber: razon.com.mx

Peringatan Hari Ibu di Mexico jatuh pada tanggal 10 Mei setiap tahunnya. Peringatan ini termasuk acara besar yang dikenal dengan istilah Di de las Madres. Saat Hari Ibu tiba, orang-orang Meksiko kerap memberikan hadiah berupa bunga, cokelat, pakaian, dan lain-lain.

Peringatan Hari Ibu juga menjadi ajang kumpul keluarga untuk bersantap bersama dengan sajian menu khas Meksiko, seperti mole, pozole, enchilada, sope, quesadilla, barbacoa, cochinita pibil, dan lainnya.

Bukan cuma itu, Hari Ibu Meksiko juga kerap dimeriahkan dengan musik mariachi, misa spesial, dan festival sekolah jika berlangsung di hari biasa. Anak-anak bahkan akan membangunkan para ibu dengan sebuah lagu untuk memulai hari. Salah satu lagu yang cukup populer adalah lagu Las Mañanitas yang biasanya dinyanyikan dalam perayaan ulang tahun.


Baca Juga: Simak Takhayul-Takhayul Yang Paling Aneh Di Dunia Berikut Ini, Pasti Bakal Bikin Kamu Geleng-Geleng Kebingungan!


Antrosh di Ethiopia

Sumber: latimes.com

Peringatan Hari Ibu di Ethiopia berlangsung hingga tiga hari di akhir musim hujan dan awal musim gugur. Dikenal dengan istilah Antrosh, perayaan tiga hari ini biasanya melibatkan kegiatan kumpul keluarga untuk menikmati makanan tradisional Ethiopia. Dua menu utamanya adalah hash dan punch khas Ethiopia.

Hash merupakan makanan yang terbuat dari daging domba atau sapi jantan, sayuran, mentega, dan rempah Ethiopia. Sementara itu, punch-nya terbuat dari campuran jus lemon, jeruk, nanas, anggur dan sirup Rosebery.

Usai makan, para ibu dan anak perempuan biasanya memiliki ritual melumuri wajah dan dada dengan mentega. Seluruh keluarga kemudian akan bernyanyi, menari, dan saling menikmati kebersamaan.

Peringatan Hari Ibu di Jepang

anyelir merah untuk peringatan hari ibu di jepang

Sumber: @japanhouseldn via Twitter

Peringatan Hari Ibu di Jepang yang berlangsung pada minggu kedua bulan Mei sangat identik dengan kehadiran bunga anyelir. Di hari spesial ini, anak-anak akan menghadiahi ibu mereka dengan buket anyelir merah sebagai cara menunjukkan rasa terima kasih kepada ibu. Di Jepang, anyelir merah sudah lama menjadi lambang kemurnian, rasa sayang dan kesabaran seorang ibu.

Saat peringatan Hari Ibu, banyak toko-toko menghias jendela mereka dengan bunga anyelir. Berbagai pusat perbelanjaan juga kerap menggelar acara spesial. Sementara itu, anak-anak menunjukkan apresiasi mereka dengan membelikan hadiah serta membantu pekerjaan ibu. Di sekolah dasar, anak-anak juga diajak untuk membuat hadiah sendiri atau menggambar potret ibu mereka.

Hari Ibu di Peru

buket bunga peringatan hari ibu

Sumber: enigmaperu.com

Meski sama-sama jatuh di Minggu kedua bulan Mei, peringatan Hari Ibu di Peru bisa berlangsung hingga seminggu. Perayaan ini melibatkan acara makan spesial serta pesta yang memakan waktu hingga sepekan. Anak-anak akan berpartisipasi dengan bernyanyi dan membaca puisi. Untuk melengkapi perayaan, orang-orang tentunya tidak lupa untuk menghujani ibu mereka dengan hadiah dan bunga.

Selain itu, peringatan Hari Ibu ini juga meliputi kegiatan ziarah ke makam ibu yang telah meninggal. Hal ini merupakan tradisi bermakna dan unik dalam budaya Peru, sebab saat Hari Ibu tiba, kamu akan menjumpai tulisan Feliz Dia Mama atau Selamat Hari Ibu di gerbang pemakaman. Bukan cuma itu, pemakaman pun akan dibersihkan dan dipenuhi bunga-bunga segar.

Sambil berziarah, mereka juga makan-makan, minum-minum, dan bersosialisasi. Sementara itu, di sekitar mereka, banyak penjual yang menjajakan balon, bunga, hingga papan penanda untuk diletakkan di pemakaman.


Baca Juga: Sakral Dan Penuh Makna, Ini Dia Tradisi Pemakaman Paling Unik Di Dunia


Peringatan Hari Ibu di Thailand

Sumber: wildfrontierstravel.com

Peringatan Hari Ibu di Thailand jatuh pada tanggal 12 Agustus, yang merupakan tanggal kelahiran Ratu Sirikit. Ratu Sirikit terkenal dengan kebaikannya kepada orang-orang miskin dan yang membutuhkan. Oleh karena itu, masyarakat merayakan kebaikan sang ratu–yang sekaligus kebaikan para ibu–di hari ulang tahunnya.

Hari Ibu pun menjadi hari libur nasional yang melibatkan kegiatan parade, kembang api, dan kegiatan amal. Dalam perayaan ini, dekorasi bendera dan gambar Ratu Sirikit di rumah-rumah warga dan toko-toko adalah hal biasa. Sejak pagi menjelang, perayaan sudah diawali dengan upacara pemberian amal kepada para biksu serta lembaga amal lainnya.

Selain merayakan kebaikan sang ratu, peringatan ini tentunya juga menjadi waktu yang tepat untuk menunjukkan rasa terima kasih kepada para ibu. Anak-anak akan melakukan sungkeman lalu memberikan hadiah berupa rangkain bunga melati atau dok mali yang merupakan simbol kemurnian cinta ibu.

Hotel Keluarga? Bobobox Saja!

Di tengah kesibukan bekerja atau pun mengurus anak, jangan sampai lupa meluangkan waktu quality time bersama keluarga. Liburan singkat atau staycation terkadang cukup membuat tubuh dan pikiran segar dan ikatan kekeluargaan semakin erat.

Bingung pilih akomodasinya? Bobobox bisa banget jadi tempat andalan kamu. Meskipun memiliki konsep kekinian yang terkesan eksklusif untuk para anak muda, kamu bisa kok, liburan keluarga di Bobobox dengan memilih Double pod. Double pod memiliki kapasitas untuk dua orang dewasa dan satu anak di bawah sepuluh tahun.

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles