@dewaweb

Apa itu Metaverse? Ini Dia Penjelasan dan Cara Bergabungnya

Apa itu metaverse? Mungkin pertanyaan ini sempat terlintas di benak kamu setelah mendengar berita mengenai Facebook dan juga icrosoft yang mulai menggeluti industri metaverse dalam lini bisnisnya. Setelah munculnya berita itu perbincangan mengenai metaverse pun kemudian menjadi populer.

Industri metaverse ini tidak hanya menarik perhatian para pegiat teknologi saja, pegiat ekonomi dan bisnis pun tampak ramai memperbincangkan terobosan teknologi ini. Singkatnya metaverse menawarkan sebuah dunia virtual yang tak lagi sekedar impian dan menjadikannya sebuah kenyataan. Lalu bagaimana cara kerja dan seperti apa contohnya? Yuk simak informasinya berikut ini!

Apa itu Metaverse?

Sesuai dengan penjelasan di atas sederhananya metaverse adalah dunia virtual yang memungkinkan para penggunanya untuk dapat saling terhubung. Dalam metaverse kamu bisa berkomunikasi, bekerja, bermain, sampai bertransaksi layaknya di dunia nyata.

Metaverse merupakan sebuah konsep dunia virtual yang bisa kamu miliki dan diisi dengan berbagai benda dan kegiatan selayaknya dunia nyata. Uniknya konsep metaverse ini juga dikombinasikan oleh beberapa elemen teknologi seperti contohnya virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Pengalaman dunia virtual jadi makin seru!

Apa itu Metaverse

@dewaweb

Lalu dari manakah asal kata metaverse ini muncul? Penyebutan metaverse awal mulanya dikenalkan oleh Neal Stephenson, seorang novelis, melalui bukunya yang berjudul Snow Crash di tahun 1992.Dikutip dari situs resmi Meta, metaverse fokus untuk membantu orang terhubung, menemukan komunitas, dan mengembangkan bisnis secara virtual.

Metaverse memungkinkan penggunanya untuk melakukan berbagai kegiatan secara virtual bersama pengguna lain.

Salah satu contoh kegiatan populer di metaverse adalah konser Justin Bieber di tahun 2021. Seiring berkembangnya teknologi, semua kegiatan yang ada di dunia nyata nantinya dapat dilakukan juga di metaverse. 

Baca Juga: Ingin Membuat NFT Sendiri? Simak Cara Membuat NFT Berikut Ini Ya!

Cara Kerja Metaverse

Bagaiamnakah cara kerja metaverse? Seusai dengan penjelasan Bob di atas, metaverse bisa dibilang hampir sama seperti di dunia nyata hanya saja metaverse ini memiliki konsep digital. Bagi kamu yang ingin mengakses metaverse kamu  diharuskan untuk masuk kedalam dunia virtual terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan teknologi yang mendukung. Teknologi yang mendukung akses metaverse ini diantaranya adalah teknologi AR dan VR.

Salah satu contoh headset VR yang bisa kamu coba diantaranya adalah Oculus. Setelah kamu berhasil memasuki dunia virtual tersebut kamu bisa melakukan berbagai kegiatan di metaverse seperti halnya di dunia nyata. Tentunya selain headset VR kamu juga perlu memiliki akses internet dan beberapa ketentuan tambahan koleksi karya seni NFT tertentu.

Konser Virtual

Lalu kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan selama sedang berada di metaverse? Metaverse ini memiliki banyak kegunaan yang bisa kamu manfaatkan. Salah satu contonya adalah kamu bisa menonton maupun menyelenggarakan konser virtual di dala metaverse.

Konsep konser virtual ini sudah banyak dilakukan para artis salah satunya adalah Justin Bieber virtual concert metaverse untuk membawakan albumnya yang berjudul Justice. Konsep konser virtual ini hampir sama dengan konser secara langsung. Dengan memanfaatkan teknologi, kamu bisa merasakan suasana konser virtual yang mengesankan.

Bermain Game

Apa itu Metaverse

@dewaweb

Selain menghadiri konser musik kamu juga bisa menikmati game yang seru di dalam metaverse. Ada banyak contoh game yang sudah mendukung fitur metaverse atau teknologi virtual reality. Beberapa contoh game ini diantaranya adalah:

Berdiskusi dengan Rekan Kerja

Tidak melulu soal bersenang-senang seperti konser dan bermain game. Metaverse juga bisa kamu manfaatkan sebagai wadah untuk belajar maupun bekerja. Berdiskusi dengan rekan kerja di metaverse memiliki konsep yang sama seperti melakukan pekerjaan secara online maupun pengalaman saat bekerja di kantor. Konsep diskusi dan belajar online ini sangat memudahkan kita yang memiliki masalah jarak terutama di masa pandemi ini.

Belum lama ini tepatnya pada Agustus 2021, perusahaan Meta yang sebelumnya bernama Facebook mulai memperkenalkan Horizon Workrooms. Horizon Workrooms adalah ruang kerja dengan menggunakan teknologi virtual reality yang memudahkan kamu untuk dapat terhubung dengan pengguna yang lain. Dengan adanya kemudahan teknologi ini kamu bisa  berkolaborasi dan berkreasi dengan cara baru yang belum pernah kamu alami sebelumnya.

@dewaweb

Melihat Karya Seni dan Pakaian Digital

Untuk menikmati karya seni biasanya kamu mungkin perlu untuk keluar rumah dan mengunjungi galeri seni ataupun museum. Kini di zaman serba digital kamu bisa menikmati karya seni dengan mudah lewat fasilitas metaverse. Dengan adanya metaverse kamu bisa menyaksikan beragam jenis ukisan dalam versi digital.

Lukisan-lukisan digital ini memiliki harga yang bervariasi, dari mulai ribuan, sampai milyaran, lho! Lukisan digital ini dikenal juga dengan sebutan NFT (Non-Fungible Token). Kamu bisa bisa melihat kumpulan koleksi NFT di situs berbagai marketplace seperti OpenSea, Binance, SandBox, dan AirNFTs. Di platform tersebut kamu juga bisa melakukan transaksi jual beli NFT sambil membeli berbagai pernak-pernik untuk avatar digital kamu di metaverse!

Bored Ape Yacht Club adalah salah satu koleksi NFT yang populer sehingga masuk dalam kategori best seller. Mengapa NFT ini populer? NFT ini dikenal unik sehingga suskes hingga harga Rp350 miliar di September 2021 lalu. Bagi kamu yang merasa memiliki keahlian dibidang seni lukisan digital, kamu juga bisa menjual karya kamu dalam bentuk NFT.

Baca Juga: Kenali Lebih Dekat Apa Itu NFT, Aset Digital yang Sedang Populer Diinvestasikan

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles