@mojosemiforestpark via Instagram

Sambut World Rainforest Day! Simak Fakta Seputar Apa Itu Hutan Hujan!

Apa itu hutan hujan atau rainforest? Rainforest adalah salah satu jenis hutan yang tumbuh di daerah tropis yang memiliki julukan hutan basah ini tidak pernah absen diguyur air hujan. Dengan intensitas hujannya yang tinggi, hutan ini memiliki musim hujan yang panjang, dengan curah hujan mencapai 1.200 milimeter per tahun. Dalam menyambut world rainforest day, ini dia beberapa fakta menarik mengenai rainforest yang penting untuk kamu ketahui!

Apa Itu Hutan Hujan: Kawasan Hutan Hujan

  1. Amerika Latin, tepatnya di basin Sungai Amazon. Hutan di Amazon adalah kawasan hutan hujan yang terkenal akan hidupnya ikan pemakan daging di sungai-sungai wilayah tersebut seperti ikan piranha.
  2. Afrika, tepatnya di basin Zaire serta beberapa daerah kecil di Afrika Barat dan Madagaskar Timur.
  3. Indo-Malaysia, tepatnya di kawasan pesisir barat India, Assam (daerah di bagian timur laut dari India), Asia Tenggara, New Guinea, Queensland, hingga Australia.

Ciri-Ciri Hutan Hujan

1. Pepohonan Berbatang Tinggi

Ada beberapa karakteristik yang bisa kamu kenali saat melihat hutan hujan. Salah satu karakteristik yang bisa kamu lihat pertama adalah pepohonan berbatang tinggi. Selain itu hutan hujan ditandai dengan daun pohon berbentuk seperti kanopi. Kanopi hutan ini memiliki manfaat salah satunya dalam melindungi tanaman yang ada dibawahnya, seperti rumput, lumut dan tanaman merambat yang ada di bawah pohon.

2. Temparatur / Suhu Stabil

Apa Itu Hutan Hujan

@mojosemiforestpark via Instagram

Ciri-ciri hutan hujan selanjutnya adalah temperatur di hutan hujan cenderung stabil dengan kisaran suhu 20-34 derajat celcius. Umumnya, rata-rata suhu di setiap tahunnya berkisar antara 25-26 derajat celcius yang menjadikan hutan ini selalu berada dalam keadaan lembab.

3. Curah Hujan Tinggi

Sesuai dengan namanya, hutan hujan memiliki karakteristik curah hujan yang tinggi dan dapat mencapai 10.00 mm per tahun pada kondisi ekstrem. Kondisi ekstrem pada hutan ini pernah terjadi di wilayah hutan Papua Nugini bagian barat dan beberapa kawasan Asia.

4. Lapisan Dasar Gelap dan Lembab

Daun-daun yang berguguran di permukaan tanah di hutan memiliki jumlah yang sangat banyak. Kondisi ini kemudian membuat lantai hutan hujan cenderung gelap dan lembab. Lantai hutan ini memiliki peran bagian penting dari ekosistem sebagai tempat pembusukan organisme atau biasa disebut dengan proses dekomposisi. Dekomposisi adalah istilah yang mengambarkan proses pembusukan tumbuhan dan hewan yang sudah mati.

Baca Juga: Ini Dia 10 Hutan Paling Angker di Indonesia. Berani untuk Datang Ke Sini?

Manfaat Hutan Hujan

1. Menjaga Kestabilan Suhu di Dunia

Hutan hujan merupakan hutan yang berkontribusi menjaga suhu di dunia agar tetap stabil. Sebab, hutan ini mampu menyerap karbon dengan intensitas yang tinggi. Perlu diketahui, karbon merupakan salah satu penyebab terjadinya pemanasan global yang menyebabkan perubahan iklim. Pemanasan global akan berkurang apabila karbon dapat diserap oleh pepohonan di hutan.

2. Habitat Tumbuhan dan Hewan

danau linow

arenahewan.com

Rain forest memiliki ekosistem yang variatif dan tidak ada spesies yang lebih dominan. Kondisi hutan yang sangat stabil, membuatnya menjadi rumah atau tempat tinggal yang ideal bagi berbagai tumbuhan dan hewan. Selain itu, karena tidak adanya spesies yang lebih dominan, maka setiap jenis tumbuhan dan hewan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, bahkan kemungkinan besar banyak spesies yang belum teridentifikasi hidup dan berkembang biak di kawasan rain forest.

3. Menjaga Air

Manfaat rainforest yang tidak kalah penting adalah kemampuanya dalam menjaga ketersediaan air tanah. Rainforest memiliki peranan penting dalam menjaga cadangan air yang dilakukan melalui proses transpirasi. Proses transpirasi adalah proses pelepasan air yang berasal dari daun-daun ketika proses fotosintesis yang akan menghasilkan uap air. Uap air ini kemudian akan memengaruhi formasi awan hujan sehingga awan tersebut akan melepaskan air kembali (hujan).

Penyebab Rusaknya Hutan Hujan

  1. Tingginya angka penebangan pohon secara liar untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia dapat menyebabkan kerusakan habitat flora dan fauna. Seperti yang kita tahu, kayu dari hutan digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia seperti membangun rumah, keperluan kayu bakar, serta perdagangan. Deforestasi atau penggundulan hutan ini menyebabkan ekosistem yang ada di rain forest menjadi rusak.
  2. Alih fungsi hutan menjadi lahan pertanian dan agrikultur menimbulkan masalah tersendiri. Hal ini dikarenakan kawasan hutan yang sebenarnya adalah kawasan terlindung yang banyak dijadikan lahan pertanian atau perkebunan, baik oleh individu maupun perusahaan-perusahaan besar.
  3. Pembangunan infrastruktur di kawasan hutan hujan dan juga pembangunan jalan yang melintasi atau membelah hutan juga dapat menyebabkan hutan rusak. Fakta ini dapat menyebabkan ekosistem yang ada di dalam hutan akan terganggu akibat pembangunan infrastruktur tersebut.

Apa Itu Hutan Hujan: Jaga Hutan Hujan Agar Tetap Lestari

tempat angker bogor, cifor

via bogorchannel.com

  1. Dengan mengembangkan program pendidikan untuk menyelamatkan hutan
  2. Rehabilitasi hutan untuk memulihkan kembali fungsi hutan sebagai salah satu cara untuk menyelamatkan hutan dari kepunahan.
  3. Sanksi tegas terhadap oknum-oknum yang terbukti melakukan penebangan liar, perburuan liar, serta kegiatan tidak bertanggungjawab yang merusak hutan
  4. Memberikan himbauan untuk tidak merusak lingkungan sekitar dan menjaga hutan.
  5. Membantu warga lokal yang hidup di hutan pedalaman untuk bertanggung jawab bersama-sama menjaga kelestarian hutan

Baca Juga: Tak Hanya Indah, Hutan-Hutan Berikut Ini Juga Memiliki Keunikan Tersendiri

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles