tas untuk liburan, nusa penida, bali, traveling

10 Rekomendasi Tas yang Cocok untuk Liburan, Mana Pilihanmu?

Liburan selalu jadi momen yang dinanti untuk melepas penat dan menjelajahi tempat-tempat baru. Supaya lebih menyenangkan, jangan lupa bekali diri dengan persiapan yang matang, salah satunya adalah tas.

Ya, meski terdengar simpel, jangan lupakan pentingnya memilih tas yang cocok. Sesuaikan jenis tas dengan durasi liburan, destinasi, serta jenis kegiatan yang akan kamu lakukan nanti. 

Sudah nggak sabar mau liburan? Eits, jangan sampai kamu salah pilih tas, ya. Berikut rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan agar liburan kamu makin nyaman!

Baca Juga: Tas atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan

10 Tas yang Cocok untuk Liburan

1. Backpack

tas untuk liburan, backpack

Photo: veerasak Piyawatanakul via Pexels

Tas yang satu ini pasti sudah tak asing lagi dong buat kamu. Ternyata, selain berguna untuk dipakai ke sekolah, kampus, atau kantor, backpack juga cocok untuk dibawa pergi liburan, lho!

Tas ini cocok untuk dibawa liburan singkat karena muatannya yang tak sebanyak koper. Backpack bisa kamu bawa liburan akhir pekan, city tour, maupun hiking. Kamu bisa mengisinya dengan beberapa lembar baju dan celana, botol air minum, kamera, dompet, hingga perlengkapan mandi.

Jika tempat tujuan liburan kamu memiliki cuaca yang tak menentu, lebih baik gunakan backpack dengan bahan yang tahan air agar barang bawaanmu tak basah terkena air hujan.

2. Daypack

tas untuk liburan

Photo: Gül Işık via Pexels

Daypack juga merupakan jenis tas ransel, hanya saja rata-rata ukuran daypack lebih kecil daripada backpack dan carrier. Rata-rata ukuran daypack adalah 10 – 30 liter.

Tas daypack biasanya hanya memiliki satu atau dua kantong utama dengan beberapa kantong tambahan kecil. Barang yang dapat kamu bawa dalam tas ini adalah barang-barang esensial seperti botol air minum, kamera, jaket ringan, beberapa lembar baju, buku, atau laptop.

Daypack idealnya cocok untuk perjalanan pendek yang tidak memerlukan barang bawaan banyak dan berat. Kamu bisa menggunakan daypack untuk kegiatan one-day trekking atau jalan-jalan di kota seperti museum tour.

3. Carrier

tas untuk liburan, carrier

Photo: Eric Sanman

Tas carrier juga biasa disebut sebagai tas gunung. Tas ini memang dirancang khusus untuk kegiatan outdoor seperti mendaki gunung dan berkemah. Ciri khas tas carrier adalah tali bahu dan pinggangnya yang empuk untuk mendistribusikan beban secara merata, kompartemen besar dan beberapa kantong tambahan untuk memisahkan perlengkapan. Kemudian, material tas yang digunakan tahan air dan kuat untuk melindungi barang-barang di dalamnya dari cuaca ekstrem, serta sistem ventilasi di bagian punggung yang didesain untuk kenyamanan pengguna.

Carrier juga memiliki kapasitas yang besar, yaitu mulai dari 40 liter untuk pendakian singkat, hingga lebih dari 80 liter yang cukup untuk pendakian lebih dari 5 hari. Kapasitas tas carrier yang besar memungkinkan kamu untuk membawa berbagai perlengkapan seperti tenda, sleeping bag, pakaian, persediaan makanan, dan alat masak. 

Tas carrier dengan kapasitas yang lebih besar juga sering dilengkapi dengan fitur tambahan seperti kantong kompresi, tali pinggang yang empuk, dan sistem ventilasi yang lebih baik.

4. Rucksack

Kata “rucksack” berasal dari bahasa Jerman, “Rücken” yang berarti punggung, dan “Sack” yang berarti tas atau kantong. Ciri-ciri tas rucksack adalah bentuk dan desain yang simpel, biasanya dengan satu kompartemen utama dan tali serut atau klip sebagai penutup, material yang digunakan untuk tas ini adalah kanvas, nilon, atau kulit, kadang tas ini juga dilengkapi dengan kantong eksternal atau kompartemen tambahan untuk memudahkan penyimpanan barang-barang kecil.

Sama seperti daypack, rucksack juga tidak memiliki kapasitas yang begitu besar, maksimal kapasitas rucksack biasanya hanya 30 liter. Maka dari itu, rucksack hanya cocok untuk dibawa liburan singkat seperti staycation dan city tour saja.

5. Koper

tas untuk liburan, koper

Photo: Vlada Karpovich via Pexels

Nah, berbeda dengan berbagai jenis tas ransel sebelumnya, koper dirancang untuk perjalanan jauh. Koper cocok untuk kamu yang perlu membawa banyak barang dan perlengkapan. Kamu tidak akan kelelahan membawa barang-barang yang begitu banyak dan berat, karena koper umumnya menggunakan dua atau empat roda untuk memudahkan penggunanya.

Kapasitas koper sangat beragam, mulai dari 20 liter hingga lebih dari 100 liter, kamu bisa memilih ukuran koper sesuai dengan kebutuhanmu. 

Berdasarkan materialnya, koper terbagi dalam dua jenis. Koper softcase dan koper hardcase. Koper softcase menggunakan material dari bahan kain atau poliester yang lebih fleksibel. Koper ini biasanya lebih ringan dan bisa melar untuk menampung lebih banyak barang. 

Sedangkan koper hardcase terbuat dari material yang keras seperti polikarbonat, plastik ABS, atau aluminium, yang memberikan perlindungan ekstra pada barang di dalamnya. Koper jenis ini cocok untuk perjalanan menggunakan pesawat terbang karena koper hardcase lebih kuat terhadap benturan. Jadi tak perlu khawatir deh memasukkan koper jenis ini ke bagasi pesawat.

Baca Juga: 7 Cara Mengurus Koper Hilang di Bandara

6. Sling Bag

tas untuk liburan, sling bag

Photo: Nubelson Fernandes via Unsplash

Sling bag adalah tas selempang, yaitu tas dengan satu tali panjang yang biasanya disampirkan di bahu dan dipakai menyilangi tubuh atau di satu bahu saja. Saat liburan, sling bag ideal untuk membawa barang-barang pribadi dan dokumen penting seperti handphone, obat-obatan pribadi, dompet, tiket, kartu identitas, paspor, kunci atau barang-barang lainnya yang perlu dijangkau dengan cepat selama perjalanan.

Desain sling bag yang berukuran kecil hingga sedang membuatnya ringan dan nyaman dibawa sepanjang hari tanpa membebani punggung atau bahu. Selain nyaman, sling bag juga cenderung lebih aman karena dikenakan di depan atau di samping tubuh, sehingga memudahkan kamu untuk selalu mengawasi barang-barang penting.

Jangan lupa untuk selalu waspada saat dalam perjalanan, ya! Terlebih jika kamu pergi berlibur sendirian.

7. Waist Bag

Selain menggunakan tas selempang, kamu juga bisa menggunakan waist bag atau tas pinggang. Hanya saja, kapasitas tas pinggang cenderung lebih sedikit dibanding tas selempang. Tas pinggang juga lebih praktis sehingga cocok dibawa liburan dengan tingkat aktivitas tinggi.

Misalnya, jika kamu hendak pergi mendaki gunung atau bermain water sport di pantai, tas pinggang menjadi pilihan yang tepat untuk membawa barang bawaan penting. Lebih baik lagi jika kamu juga memilih tas pinggang dengan material tahan air seperti nylon, polyester, atau PVC.

8. Tote Bag

tas untuk liburan, totebag

Photo: Deeana Arts via Pexels

Tas yang satu ini sangat praktis dan ringan, bahkan bisa dilipat lalu disimpan di dalam tas ransel atau koper sebagai tas cadangan. 

Saat bepergian ke tempat-tempat yang memberlakukan aturan pengurangan plastik, tote bag menjadi solusi ramah lingkungan untuk membawa belanjaan atau oleh-oleh dari toko lokal atau pasar. Karena ukuran tote bag yang besar, tas ini bisa memuat berbagai barang belanjaan tanpa perlu tas tambahan.

Selain untuk membawa belanjaan, kamu juga bisa membawa tote bag untuk berkunjung ke pantai. Tas ini berguna untuk membawa barang-barang pantai seperti handuk, kacamata hitam, tabir surya, dan pakaian ganti. Tote bag yang ringan dan mudah dibawa, menjadikannya pilihan ideal untuk liburan ke pantai.

9. Pouch 

Pouch adalah tas kecil yang biasanya berfungsi untuk menyimpan barang-barang kecil agar lebih terorganisir dan mudah diakses. Biasanya pouch berbentuk simpel tanpa tali dan dapat dibawa di tangan atau disimpan di dalam tas yang lebih besar. 

Pouch terbuat dari berbagai macam material, seperti kain, kulit, dan plastik, serta tersedia dalam berbagai ukuran tergantung kebutuhan.

Pouch sangat berguna untuk menyimpan barang-barang kecil dan memisahkan barang-barang sesuai kategorinya, seperti kosmetik, peralatan mandi, pakaian dalam, dan aksesoris, sehingga tas utama tetap rapi dan terorganisir.

10. Tas Rotan

tas untuk liburan, tas rotan

Photo: Valeriia Miller via Pexels

Tas rotan sangat cocok untuk kamu bawa liburan ke pantai, karena tas rotan mudah dibersihkan dari pasir dan kotoran. Kamu hanya perlu menyeka permukaan tas rotan dengan kain lembab atau tissue basah untuk membersihkannya.

Tas ini juga ringan dan memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan barang-barang penting seperti handuk, pakaian renang, pakaian ganti, tabir surya, kacamata hitam, botol air minum, serta makanan ringan.

Selain fungsinya, tas rotan juga dapat menunjang penampilan kamu saat pergi ke pantai karena desainnya yang unik dan lucu-lucu.

Baca Juga: Open Trip vs Private Trip vs Solo Travel, Mana yang Cocok Buatmu?

Itu dia rekomendasi tas yang cocok untuk kamu bawa liburan. Gimana, sudah siap menjelajah destinasi impianmu?

Bobocabin Rinjani - Lombok

Photo: Bobobox Internal Asset

Yuk, segera agendakan liburan ke berbagai lokasi-lokasi cantik di Indonesia! Jika kamu bingung memilih tempat menginap yang strategis dan dekat ke berbagai destinasi wisata ikonik, Bobobox adalah solusinya.

Mulai dari pilihan pod hotel yang praktis dan ramah di kantong hingga pengalaman glamping di tengah pemandangan alam yang ciamik, semuanya dapat kamu coba! Download aplikasi Bobobox untuk referensi tempat menginap yang nyaman di sini.

 

Penulis: Sheila

Featured photo: Freepik

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles