Sumber: @nomadsoul1 via Freepik

Tas atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan

Tips packing yang mudah dan ringan berikut ini bisa kamu coba agar barang bawaan tidak berlebihan, dan pengalaman traveling kamu jadi jauh lebih menyenangkan.

Meskipun mungkin terdengar simpel, faktanya, cara menyusun baju di koper kerap membuat kita jengkel dan kesulitan. Tak heran jika banyak orang mengaku bahwa packing adalah salah satu kegiatan yang paling tidak disukai saat akan belibur.

Eits, jangan sampai agenda liburan kamu terganggu hanya karena kesulitan packing. Dengan strategi yang tepat, barang yang kamu bawa pun tidak akan terasa berat dan sanggup mencukupi kebutuhan di tempat tujuan. Hal yang membuat kamu stres saat akan packing mungkin saja karena cara tersebut kurang efektif, atau memakan banyak tempat di koper.

Jika kamu melakukan perencanaan yang baik, maka koper kamu yang penuh sesak pun masih bisa diisi dengan berbagai pakaian atau barang lain. Lalu, strategi packing apakah yang bisa kamu pilih? Simak tips packing yang mudah dan ringan berikut ini!

1. Pilih dan Pilah Pakaian

tips packing: pilah-pilih pakaian

Sumber: Unsplash

Tak hanya agenda liburan saja yang perlu kamu siapkan, tapi pakaian juga. Siapkan pakaian agar sesuai dengan tempat tujuan, baik dari segi cuaca, iklim, suhu, dan sebagainya. Setelah itu, pilih pakaian yang penting dan tidak penting sebelum memasukannya ke koper atau tas.

Kuncinya adalah membawa pakaian seperlunya agar tidak overpacking. Kamu juga bisa mencocokan daftar pakaianmu dengan rencana perjalanan, agar mudah menyusun mana yang kamu butuhkan dan tidak.


Baca Juga: Biar Efisien, Intip 7 Tips Packing Barang saat Pergi Liburan Berikut Ini!


2. Gulung Pakaian

Tips packing kedua masih berhubungan dengan pakaian. Daripada dilipat biasa, gulunglah pakaianmu saat berkemas. Dengan begitu, kamu dapat menghemat banyak tempat.

Cara ini juga memungkinkan kamu membawa lebih banyak barang atau meringkas penggunaan koper. Agar dapat mengurangi kerutan pada pakaian, letakkan baju yang sudah digulung dan paling mudah kusut di bagian terluar koper.

3. Gunakan Kotak Kemasan (Packing Cubes)

Sumber: Unsplash

Kamu mungkin pernah melihat packing tubes atau kotak kemasan saat sedang berbelanja di pusat perbelanjaan atau secara online. Kotak kemasan atau packing cubes sering juga disebut dengan travel organizer, pouch traveling, atau travel bag storage.

Kotak kemasan ini akan sangat membantu dalam mengemas barang-barang. Bawaanmu akan lebih rapi, mudah dicari dan diambil, serta tidak memakan banyak ruang di dalam koper atau tas.

Salah satu keunggulan lain packing cubes adalah kemampuannya memuat lebih banyak baju. Baju tetap tersusun rapi dan kamu tidak perlu membongkar semua susunan kalau ingin mencari sesuatu. Packing cubes ini benar-benar memaksimalkan ruang koper dan tasmu, deh!

4. Vakum Pakaian

Jika kamu hendak bepergian ke tempat bersuhu dingin, atau pergi liburan dalam durasi cukup lama, maka kamu bisa memvakum pakaian. Vakum pakaian membuat pakaian “kempis”, sehingga kopermu tidak penuh sesak oleh barang bawaan. Cara ini bisa kamu gunakan untuk barang bawaan berukuran besar dan berat, seperti jaket atau mantel musim dingin.

Kemaslah pakaian-pakaian kamu, terutama yang berbahan tebal dan boros tempat, ke dalam kantong-kantong plastik vakum. Setelah itu, kamu bisa secara manual menekam kantongnya untuk mendorong keluar udara dalam kantong.

Kamu juga bisa memakai pompa vakum agar udara yang keluar kantong lebih maksimal.

5. Letakkan Pakaian Secara Vertikal

tips packing: letakkan pakaian secara vertikal

Sumber: Unsplash

Untuk membuat ruang yang cukup luas saat berkemas, kamu bisa mencoba metode melipat Konmari yang satu ini. Lipat pakaian menjadi persegi panjang, lalu letakkan atau susun secara berdiri atau vertikal. Dengan begitu, kamu dapat melihat dan mengambil baju yang sudah kamu kemas tanpa perlu mengangkat pakaian-pakaian lain di atasnya.

6. Utamakan Packing Pakaian Dalam

Tips terakhir adalah dengan mengutamakan packing pakaian dalam. Kamu tak perlu banyak membawa pakaian bagus, tapi kamu harus membawa cukup pakaian dalam. Sayangnya, benda kecil ini rawan terlupakan.

Jika kamu lupa membawa celana dalam dalam jumlah cukup, kamu bisa membeli pakaian dalam sekali pakai, seperti celana dalam disposable yang umumnya dijual di mini market. Packing kamu pun akan menjadi lebih ringkas, dan kamu jadi memiliki sisa ruang untuk benda lain.

Walau begitu, sebisa mungkin, bawalah pakaian dalam kamu sendiri, ya. Selain akan jauh terasa lebih nyaman, kamu juga bisa menghindari produksi sampah dari pakaian dalam sekali pakai yang tidak ramah lingkungan.


Baca Juga: Asyik, Nyaman dan Aman: Ini Dia Tips Backpacking Aman ke Jogja di Masa New Normal


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti selama pengunjung berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Yuk, segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles