bagasi atau koper hilang di bandara

7 Cara Mengurus Koper Hilang di Bandara

Siapa yang kalau liburan ke mana pun, apalagi naik pesawat, pasti enggak bisa bawa barang bawaan yang sedikit? Untuk tipe traveler yang seperti ini, membawa koper saat liburan pasti jadi jalan ninja untuk yang lebih sat set.

Beberapa koper memang ada yang bisa dibawa ke dalam kabin. Namun, untuk koper yang berukuran lebih besar dan berat tentunya lebih nyaman untuk meletakkannya di bagasi tercatat.

Sayangnya, menggunakan bagasi pesawat tak selamanya mulus. Ada saja kejadian sial yang bisa terjadi, seperti koper hilang di bandara. Apakah kamu pernah mengalaminya?

Saat hal itu terjadi, kamu mungkin akan merasa panik, apalagi kalau ada barang berharga di dalamnya. Tapi, cobalah untuk tetap tenang dan lakukan beberapa cara mengurus koper hilang di bandara berikut ini.

Pastikan Lokasi Hilangnya Koper

bandara

Photo: Rach Teo via Unsplash

Pertama, pastikan dulu di mana lokasi hilangnya kopermu. Ingat-ingat, apakah koper hilang saat proses transit atau pindah pesawat? 

Pasalnya, ada banyak penyebab koper hilang di bandara. Biasanya sih, karena waktu check-in yang mepet, perubahan jadwal penerbangan, koper tertukar dengan milik orang lain, atau koper memiliki terlalu banyak tag sehingga sulit diidentifikasi oleh petugas.

 

Coba datangi layanan lost and found di bandara untuk membuat laporan kehilangan barang. Layanan ini menangani bagasi penumpang pesawat yang hilang, tertukar, atau tertinggal ketika penumpang sudah tiba di bandara tujuan.

Baca Juga: Biar Tidak Salah, Yuk Simak Aturan Bagasi Pesawat Ini

Lapor ke Petugas Bandara

bandara

Photo: wavebreakmedia_micro via Freepik

Jika sudah yakin dengan lokasi hilangnya koper, langsung cari petugas bandara dan laporkan kehilangan koper. Berikan informasi detail tentang bentuk koper kamu, mulai dari bentuk, warna, ukuran, dan merek. Lebih bagus lagi kalau kamu punya foto kopermu.

Ini penting, karena petugas bandara bisa membantu melihat CCTV bandara dan mencari apakah ada bentuk koper yang mirip dengan milikmu di sana. Petugas bandara juga akan memberikan nomor referensi laporan kehilangan kopermu yang akan berguna untuk proses pencarian ke depannya.

Nantinya, petugas bandara juga akan membantu kamu membuat surat keterangan kehilangan koper di kantor kepolisian bandara. Surat ini penting karena akan digunakan untuk mengajukan klaim barang hilang.

Kamu mungkin akan dimintai informasi seperti baggage tag number, waktu keberangkatan, kelas tiket, nomor penerbangan, dan informasi lain seperti kartu identitas dan boarding pass.

Pastikan untuk bergerak cepat untuk melaporkan kehilangan koper, tidak lebih dari 24 jam. Pasalnya, ada beberapa maskapai penerbangan yang menetapkan batas waktu maksimal pelaporan. 

Hubungi Maskapai Penerbangan

bandara - jadwal penerbangan

Photo: Matthew Smith via Unsplash

Selanjutnya, kamu bisa membuat laporan kehilangan koper ke maskapai penerbangan. Berikan informasi detail tentang koper kamu, seperti nomor penerbangan, nomor referensi koper, dan detail pribadi lainnya. 

Maskapai penerbangan memiliki sistem pelacak koper tersendiri yang terpisah dari sistem pelacakan bandara. Kamu bisa menggunakan aplikasi pelacak koper khusus dari maskapai. Cukup unduh aplikasinya, dan masukkan nomor referensi yang diberikan petugas bandara. Kamu bisa melacak proses pencarian koper di sana.

Baca Juga: Ketinggalan Pesawat? Ini 11 Solusi yang Harus Segera Kamu Lakukan!

Pantau Info Pencarian Koper

cara mengurus koper hilang di bandara

Photo: TonyPrats via Pixabay

Jika sudah melakukan laporan ke petugas dan maskapai penerbangan, kamu hanya perlu menunggu perkembangan selanjutnya. Kamu bisa sesekali menghubungi maskapai penerbangan dan otoritas bandara untuk tetap update dengan kabar terbaru.

Setiap maskapai memiliki tenggat waktu yang berbeda untuk proses pencarian koper hilang di bandara. Maskapai Garuda Indonesia misalnya, akan memproses laporan kehilangan bagasi dalam waktu 14 hari. 

Kamu juga bisa langsung mendatangi kantor resmi maskapai jika memungkinkan untuk update yang lebih cepat. Makanya, jangan lupa untuk meminta contact person dari maskapai, ya.

Buat Daftar Barang yang Hilang dalam Koper

cara mengurus koper hilang di bandara

Photo: Freepik

Sambil menunggu ada perkembangan tentang lokasi kopermu, kamu bisa coba membuat daftar barang yang terdapat dalam koper yang hilang itu. Ini bisa membantumu untuk mengidentifikasi apakah ada barang yang hilang dari dalam koper ketika kopermu ditemukan nanti.

Baca Juga: 6 Tips Penerbangan Internasional untuk Pemula

Minta Kompensasi

cara mengurus koper hilang di bandara

Photo: Bonnie Anderson via Pixabay

Yap, kamu bisa mendapatkan ganti rugi finansial jika kehilangan koper di bandara, lho. Kamu bisa mengajukan klaim kepada pihak maskapai penerbangan atau penyedia layanan penanganan bagasi jika bagasi yang hilang tidak juga ditemukan dalam batas waktu 14 hari.

Masing-masing maskapai memiliki aturan berbeda soal kehilangan koper. Kamu bisa memastikannya terlebih dahulu pada maskapai yang kamu gunakan. 

Biasanya, maskapai penerbangan akan berusaha mencari koper yang hilang tersebut. Jika dalam kurun waktu tertentu tidak juga ditemukan, baru akan diberikan ganti rugi finansial. Jumlahnya pun berbeda-beda.

Untuk maskapai Garuda Indonesia misalnya, ada kompensasi uang tunggu yang akan mereka berikan selama proses pencarian koper. Sama halnya dengan maskapai Lion Air yang juga akan memberikan ganti rugi kehilangan bagasi tercatat.

Jumlah uang ganti rugi adalah sebesar Rp200.000 per kilogram yang merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 Tahun 2011. Jika ada koper yang rusak, juga akan diberikan ganti rugi sesuai jenis kerusakan.

Klaim Asuransi Perjalanan

paspor

Photo: Freepik

Inilah pentingnya menggunakan asuransi perjalanan untuk liburanmu. Kamu bisa mendapatkan kompensasi finansial tambahan jika terjadi kehilangan koper di bandara. Jumlahnya di luar kompensasi dari maskapai penerbangan, ya.

Untuk mengajukan klaim asuransi perjalanan akibat kehilangan koper, kamu harus menyertakan dokumen dan bukti yang diperlukan seperti tiket pesawat, nomor referensi koper, dan sertifikat asuransi penerbangan.

Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua asuransi perjalanan mencakup klaim kehilangan koper. Jika ada pun, jumlahnya bisa berbeda tiap asuransi. Kamu harus memastikannya dengan membaca semua syarat dan ketentuan berlaku, ya. 

Baca Juga: Transit 24 Jam di Bandara Soetta, Bisa Ngapain aja ya?

Nah, itu tadi cara mengurus koper hilang di bandara. Jika itu terjadi padamu, pastikan untuk tidak panik, tetap tenang, dan langsung minta bantuan pada petugas bandara agar kopermu bisa cepat terlacak, ya!

Jika sudah melakukan tips di atas dan kopermu berhasil ditemukan, kamu bisa meminta pihak maskapai penerbangan untuk mengirimkan koper ke rumah atau hotel tempatmu menginap.

Proses pencarian koper memang bisa memakan waktu yang cukup lama. Biar kamu enggak luntang-lantung di bandara, bisa juga dengan beristirahat sejenak di hotel yang dekat dengan bandara, seperti Bobopod Airport CBC.

Bobopod Airport CBC

Bobopod Airport CBC terletak 18 menit saja dari Bandara Soekarno-Hatta. Hotel kapsul ini pas untuk kamu yang butuh tempat istirahat yang nyaman, dekat, dan terjangkau, tapi tetap memiliki fasilitas yang oke banget.

Rileks sejenak dan redakan rasa stress akibat kehilangan koper itu di dalam pod yang privat. Kamu juga bisa menikmati berbagai fasilitas canggih Bobopod seperti free Wi-Fi, B-Pad, Mood Lamps, dan lainnya.

Bobopod Airport CBC juga menyediakan layanan shuttle gratis ke bandara, jadi kamu bisa dengan mudah bolak-balik untuk mengurus proses laporan koper yang hilang di bandara jika diperlukan. Jangan lupa pesan dulu ke Host kami, ya.

Untuk informasi selengkapnya tentang Bobopod Airport CBC, download aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store. 

 

Penulis: Syifa

Foto utama oleh: Esther via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles