open trip vs private trip

Open Trip vs Private Trip vs Solo Travel, Mana yang Cocok Buatmu?

Open trip vs private trip vs solo travel, kira-kira yang mana ya yang lebih cocok buat kamu? Setiap orang pasti punya preferensi dan pertimbangannya masing-masing. Ada yang mementingkan budget, ada yang tidak ingin repot mengatur itinerary sendiri, ada juga yang ingin mengatur semuanya sendiri. Yuk kita cari tahu sama-sama yang mana yang paling cocok buatmu.

Tapi sebelum itu, coba pahami dulu perbedaan di antara ketiganya. Bob akan bantu menguraikan perbedaan setiap jenis trip beserta kelebihan dan kekurangannya. Semoga bisa membantu kamu menentukan mana yang paling cocok buatmu, ya. Simak ulasan lengkapnya berikut ini.


Baca Juga: Leisure Tips untuk Perempuan yang Mau Solo Traveling


Pengertian Open Trip vs Private Trip vs Solo Travel

Open Trip

Open trip adalah pergi berlibur dalam grup bersama orang lain yang mungkin belum kamu kenal. perjalanan open trip akan diadakan dan diatur oleh penyelenggara open trip.

Penyedia open trip akan membuka program open trip, membuat itinerary mulai dari jadwal keberangkatan hingga pulang, jadwal jalan-jalan, serta mempersiapkan akomodasi, aktivitas, tempat makan, dan transportasi.

 Private Trip

Sama dengan open trip, private trip juga menggunakan jasa penyelenggara perjalanan  atau tour guide untuk perjalanan kamu. Bedanya, kamu bisa memilih siapa saja yang tergabung dalam perjalanan private trip kamu. Bisa sendirian, bisa berkelompok bersama teman-teman atau keluarga, bisa juga dengan pasangan. 

Private trip paling sering sering digunakan oleh pasangan untuk pergi bulan madu. Mungkin karena penyelenggara dianggap dapat diandalkan dalam memilih tempat-tempat yang cocok untuk dikunjungi pasangan yang berbulan madu. Mereka yang memakai jasa penyelenggara tidak perlu repot mencari tau sendiri dan mengurus segala keperluan akomodasi, makan, aktivitas, dan lain sebagainya sendiri. Cukup nikmati saja perjalanannya.

Solo Travel

Solo travel adalah jalan-jalan mandiri, alias kamu mengatur semuanya sendiri tanpa bantuan penyelenggara. Kamu akan melakukan riset mandiri mengenai tempat tujuan liburan kamu, mencari tempat menginap, makanan, aktivitas di tempat tujuan, dan transportasi kemudian melakukan reservasinya secara mandiri.


Baca Juga: Pertama Kali Traveling Sendiri? Hati-Hati, Jangan Sampai Lakukan 7 Hal Ini!


Kelebihan dan Kekurangan Open Trip vs Private Trip vs Solo Travel

Teman Liburan

open trip vs private trip

Sumber: Lisa Fotios via Pexels

Salah satu kelebihan dari open trip adalah kamu akan mendapatkan teman secara instan. Ketika liburan, akan lebih asyik jika bertemu dengan orang-orang yang memiliki tujuan atau ketertarikan yang sama. Hal ini bukannya tidak mungkin, tapi lebih sulit kamu dapatkan jika memilih perjalanan private trip atau solo travel.

Tour Guide

tour guide

Sumber: Samson Katt via Pexels

Ketika mengunjungi tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, apalagi jika pergi ke tempat-tempat yang memiliki banyak sejarah, menggunakan jasa tour guide atau pemandu wisata adalah pilihan terbaik. Dengan dampingan pemandu wisata, keamanan kamu juga akan lebih terjamin karena kamu dapat terhindar dari oknum penipu di tempat-tempat wisata.

Tentunya kelebihan ini hanya bisa kamu dapatkan jika memilih open trip atau private trip. Dengan memilih solo travel kamu harus mengulik sendiri informasi tentang tempat wisata yang kamu kunjungi dan juga harus lebih waspada akan penipuan.

Biaya

rupiah

Sumber: Ahsanjaya via Pexels

Kelebihan dari solo travel adalah kamu dapat mengontrol biaya yang kamu keluarkan dengan lebih detail. Kamu memilih dan mengatur semuanya sendiri, jadi biaya yang kamu keluarkan tentunya bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan kamu. Terlebih lagi, kamu tidak perlu takut akan adanya kejutan biaya tak terduga dari penyelenggara.

Kemudian, open trip juga bisa dikatakan pilihan yang lebih hemat. Karena semua biaya yang dikeluarkan dibagi rata dengan anggota perjalanan yang lain. Juga biasanya ada harga khusus jika reservasi penginapan atau tempat wisata dilakukan dalam kelompok.

Hanya untuk private trip kamu harus rela merogoh kantong lebih dalam. Karena kamu dapat menentukan tempat-tempat yang ingin kamu kunjungi namun memakai jasa penyelenggara untuk mengurus semuanya untukmu. Tentunya biaya yang kamu keluarkan juga lebih banyak karena harus membayar jasa penyelenggara yang sudah membantu kamu.

Keamanan

Berlibur sendirian ke tempat asing bisa jadi berbahaya. Terlebih jika kamu tidak bisa berbahasa seperti bahasa ibu di tempat yang kamu tuju. Kamu harus selalu waspada akan keselamatan diri dan barang-barang kamu. 

Jika kamu bergabung dengan open trip, mungkin kamu tidak perlu begitu khawatirnya. Karena ada pemandu dan teman-teman kelompok open trip kamu yang bisa membuat kamu merasa lebih aman. Kemudian tentunya tidak ada yang mau hal ini terjadi, namun jika saat perjalanan kamu tiba-tiba jatuh sakit, kalau seorang diri tidak ada yang bisa membantu kamu. Tetapi pada perjalanan open trip ada orang-orang yang bisa diandalkan untuk membantumu.

Kebebasan

open trip vs private trip vs solo travel

Sumber: Adina Lavinia Moldovan viaPexels

Dalam perjalanan open trip semua itinerary sudah diatur oleh pihak penyelenggara. Semua jadwal aktivitas di tempat tujuan akan dipastikan berjalan semulus mungkin sesuai dengan yang sudah direncanakan. Bisa saja sebetulnya kamu punya suatu tempat yang ingin kamu sambangi ketika berkunjung ke negara atau kota tujuan, tapi tidak masuk dalam daftar itinerary. Mungkin kamu bisa mengajukan tempat ini ke pihak penyelenggara, tapi belum tentu dikabulkan.

Sedangkan, dalam perjalanan private trip dan solo travel kamu bebas menentukan tempat tujuan dan aktivitas yang ingin kamu lakukan di negara atau kota tujuan. Jika tiba-tiba saat perjalanan kamu berubah pikiran dan ingin mengubah jadwal pun, kamu bebas melakukannya.

Kenyamanan dan Kemudahan

Meskipun solo travel memberikan kamu kebebasan dalam mengatur perjalananmu sendiri, kadang ada kalanya kamu bisa merasa lelah untuk menyiapkan kegiatan kamu di esok hari setelah seharian beraktivitas. Menggunakan jasa penyelenggara dapat memberikanmu kenyamanan dan kemudahan ini, kamu tidak perlu khawatir dan repot mengurus kegiatan selanjutnya. Setelah seharian beraktivitas kamu bisa langsung beristirahat, orang lain akan mengurus semuanya untukmu.


Baca Juga: Budget Mepet? Ini 7 Tips Dari Bob untuk Menghemat Biaya Penginapan!


Pilihan Terbaik

Masing-masing dari open trip, private trip, dan solo travel memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, setiap orang pun pasti memiliki kebutuhan dan prioritas yang berbeda pula.

Bagi kamu yang berjiwa petualang dan beranggapan bahwa berkelana seorang diri tanpa bantuan orang lain adalah hal yang menantang dan membuatmu bergairah, mungkin solo travel paling cocok buat kamu. Kamu dapat menentukan semuanya sendiri sesuai dengan budget yang kamu sediakan.

Kemudian untuk kamu yang butuh bantuan dalam menentukan itinerary, akomodasi, atau bahkan membutuhkan pemandu wisata tapi tidak ingin bergabung bersama orang asing, private trip lah yang paling cocok untukmu. Kamu hanya perlu siapkan biaya lebih untuk menikmati fasilitas sesuai kebutuhanmu.

Untuk kamu yang ekstrovert, senang bertemu dengan orang baru, tidak keberatan berlibur bersama dengan orang-orang yang baru kamu kenal, kamu juga tidak ingin repot mengatur itinerary dan juga mengurus segala kebutuhan perjalanan, open trip mungkin paling cocok buat kamu.

Semoga ulasan Bob kali ini bermanfaat untuk perjalanan liburan kamu berikutnya, ya. Jadi, open trip vs private trip vs solo travel, mana yang cocok buatmu?


Yuk, Liburan di Tengah Alam dengan Sensasi Modern di Bobocabin!

bobocabin

Ingin liburan di tengah alam dengan aman dan nyaman? Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of ThingsBobocabin siap menemani kamu menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati agar mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar kabin di pagi hari.

Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang? Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan!

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles