glamping cibodas

4 Glamping Cibodas yang Bikin Ngga Nggak Mau Pulang Liburan

Cibodas masih jadi salah satu destinasi favorit wisatawan, terutama yang berasal dari wilayah Jabodetabek. Selain alamnya yang sejuk dan asri karena dikelilingi perbukitan, Cibodas memiliki tempat-tempat glamping (glamorous camping) menarik yang sayang buat dilewatkan.

Berbeda dengan camping pada umumnya, glamping dilengkapi dengan fasilitas-fasilitas yang akan membuat quality time kamu lebih berkualitas lagi, termasuk akses Wi-Fi gratis, tempat tidur yang nyaman, hingga berbagai aktivitas outdoor yang seru.

Buat kamu yang ingin merasakan sejuknya Cibodas sambil menepi sejenak dari keriuhan kota, berikut Bob kasih 4 rekomendasi glamping di Cibodas yang bisa kamu jadikan referensi.

Baca juga: Liburan? Yuk, Kunjungi 30 Tempat Wisata di Banten Ini!

1. Bukit Golf Camp

Bukit Golf Camp terletak di kawasan Cibodas, Desa Cimacan, Kecamatan Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Buat kamu yang ingin menikmati udara sejuk pegunungan, tempat glamping satu ini cocok banget buat kamu karena lokasinya yang masih bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Jika kamu melihat ke arah barat laut, kamu bisa menyaksikan indahnya Kebun Raya Cibodas. Sementara di arah barat dayanya, kamu bisa melihat area Bumi Perkemahan Mandalawangi.

Dibangun tahun 2013, Bukit Golf Camp tadinya merupakan lapangan golf. Namun, karena kurang mendapat banyak pengunjung, lapangan golf ini kemudian diubah menjadi area perkemahan terluas di kawasan Cibodas yang mencapai tak kurang dari 40 hektar.

Wow, luas banget, ya!

Karena lanskap alamnya yang indah dan kapasitasnya yang banyak, nggak heran kalo Bukit Golf Camp jadi pilihan utama bagi pengunjung yang ingin menyelenggarakan berbagai acara, mulai dari acara perkemahan sekolah, family gathering, pertemuan komunitas, hingga acara kantor.

Bukan cuma itu, Bukit Golf Camp juga menawarkan fasilitas glamping yang lengkap. Memesan tenda di sini kamu sudah mendapatkan tenda berkapasitas 6-8 orang, sleeping bag, kasur, bantal, selimut, matras, api unggun, listrik, dan peralatan masak.  

Jangan khawatir, kamu bisa memesan paket camping sesuai kebutuhan, seperti paket camping umum, paket camping keluarga, paket camping sekolah, dan paket gathering perusahaan dengan fasilitas yang disesuaikan.

Fasilitas outbound-nya juga nggak kalah lengkap. Beberapa outdoor games di sini bisa kamu coba, seperti paintball, archery, dan mendayung. 

Untuk aktivitas outbound-nya sendiri, kamu bisa memilih dua jenis paket outbound, yakni paket outbound Cibodas standar, paket outbound Cibodas medium dan paket outbound Cibodas explorer

Buat kamu yang berjiwa petualang dan suka menjelajah, paket outbound Cibodas explorer wajib kamu coba karena kamu bisa merasakan serunya jungle track dan hiking ke sekitar kawasan Bukit Golf Camp.

2. Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas

Masih di kawasan Taman Nasional Gunung Gede-Pangrango, ada satu tempat glamping lagi yang bisa kamu jadiin opsi liburan. Yup, namanya Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas!

Di kalangan pecinta pramuka, awalnya Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas dikenal dengan nama Mandala Kitri Scout Camp, sebuah areal eks perkebunan masyarakat setempat. 

Lalu, karena potensi geografisnya, Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Barat mengubah areal perkebunan ini menjadi camping ground, yang akhirnya diresmikan pada 1981 oleh Presiden Soeharto. 

Letak Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas sangat strategis, dikelilingi kawasan Kebun Raya Cibodas, Gunung Gede-Pangrango, Gunung Putri dan Gunung Gegerbentang.

Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas dikelilingi oleh pepohonan rindang yang memberikan kesan sejuk dan nyaman. Udaranya yang segar dan bebas polusi sangat cocok bagi kamu yang ingin mencari ketenangan di alam bebas.

Selain berkemah, banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan di Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas. Tempat ini dikelilingi oleh Sungai Citarum dan Sungai Cikundul yang memungkinkan kamu untuk melakukan berbagai olahraga air (watersports).

Bagi kamu penggemar hiking, di sini kamu juga bisa melakukan aktivitas hiking menyusuri jalur-jalur yang menantang. Jika kamu khawatir tersesat, jangan khawatir karena ada pemandu yang siap menemani petualanganmu.

Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas menawarkan fasilitas glamping yang lengkap dan nyaman. Kamu akan mendapatkan tenda yang sudah dilengkapi dengan sleeping bag, matras, selimut, bantal, penerangan, dan api unggun. Semua fasilitas ini dirancang untuk memberikan kenyamanan maksimal selama kamu berkemah.

Selain itu, Bumi Perkemahan Mandala Kitri Cibodas juga menyediakan aula berkapasitas 150-200 orang yang bisa disewa untuk berbagai keperluan, seperti acara keluarga, gathering perusahaan, atau kegiatan komunitas. 

3. Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas

Buat kamu para pecinta alam, pasti udah nggak asing lagi kan sama nama Mandalawangi? Bener banget, Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas berada pintu keluar Kebun Raya Cibodas dan berada di kompleks Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. 

Letaknya yang berada di kaki Gunung Gede Pangrango membuat Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas memiliki nuansa alam yang indah, serta udara yang segar dan sejuk, cocok buat jadi salah satu destinasi liburan kamu yang berjiwa petualang dan penggemar kegiatan outdoor.

Bisa dibilang, Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas memiliki lanskap alam yang komplit, mulai dari pegunungan, danau, sungai, dan pepohonan yang rindang.

Begitu masuk ke dalam, kamu bakal disambut sama patung mulut komodo raksasa yang menjadi terowongan ke areal bumi perkemahan. Unik banget, ya?

Kalau kamu nggak punya tenda atau fasilitas camping, tenang aja. Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas menawarkan jenis tenda yang bervariasi sesuai kebutuhan kamu dan sudah dilengkapi dengan sleeping bag, matras, perlengkapan tidur, hingga peralatan masak.

Aktivitas outdoor yang bisa kamu coba di sini juga bermacam-macam, mulai dari flying fox, jungle track, paintball, dan masih banyak lagi. Buat kamu yang suka tantangan, aktivitas-aktivitas ini pasti akan membuat liburan kamu semakin seru dan berkesan.

Kalau kamu suka hiking, kamu bisa menjelajahi jalur pendakian yang ada di sekitar area perkemahan yang menawarkan pemandangan alam menakjubkan. Atau kamu suka bermain olahraga air? Berarti kamu wajib mencoba lintas sungai atau perahu dayung di Danau Mandalawangi.

Dengan fasilitas yang lengkap dan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan, tempat ini menjanjikan pengalaman liburan yang tak terlupakan. Mau sendirian, bareng keluarga, atau bareng teman-teman, Bumi Perkemahan Mandalawangi Cibodas adalah pilihan yang tepat buat menghabiskan waktu liburan kamu.

Baca juga: Cocok untuk Liburan Keluarga! 20 Tempat Liburan di Puncak Bogor yang Menyenangkan

4. Highland Camp Curug Panjang Cibodas

Rekomendasi glamping di Cibodas berikutnya adalah Highland Camp Curug Panjang Cibodas yang berlokasi di kawasan Pariwisata Curug Panjang, Jl. Curug Panjang, Paseban Megamendung, Puncak, Bogor, Jawa Barat.

Salah satu daya tarik dari camping ground terbesar di Puncak Bogor ini adalah nuansa hutan pegunungan kawasan Gunung Paseban yang dikelilingi aliran sungai dan 5 air terjun eksotis. 

Dengan luas kawasan kurang lebih 6 hektar, kawasan Highland Camp Curug Panjang Cibodas dikembangkan dengan pendekatan ekologis untuk melestarikan lingkungan hutan pegunungan, sekaligus memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Highland Camp Curug Panjang Cibodas memiliki 11 campsite yang dibagi menjadi 3 zona dengan karakter uniknya masing-masing. Zona pertama adalah zona Halimun yang didesain untuk kegiatan skala besar berkapasitas 500 orang dengan beberapa lapangan yang cukup luas.

Zona kedua adalah zona Ciputri yang dirancang untuk pengunjung keluarga dan umum. Dikelilingi hutan pinus dan tanaman kopi, sebagian besar campsite ada di zona ini.  Terakhir adalah zona TAM, yakni zona yang bersifat lebih privat Dengan kapasitas 32 tenda atau 128 pengunjung.

Selain fasilitas tenda yang lengkap dan aktivitas outdoor yang beragam, seperti trekking, hiking, telusur sungai, rafting, dan lain-lain, ada satu tempat unik yang wajib kamu kunjungi kalau berada di Highland Camp Curug Panjang Cibodas, yakni Taman Kunang-Kunang.

Di malam hari, kamu bisa menyaksikan cahaya dari ribuan kunang-kunang di Taman Kunang-Kunang ini, memberikan kamu pengalaman yang tak terlupakan ketika berkunjung ke Highland Camp Curug Panjang Cibodas.

Baca juga: 12 Rekomendasi Camping dan Glamping di Banten

Sensasi Menginap Tak Terlupakan di Bobocabin Gunung Mas

Bobocabin Gunung Mas Puncak

Photo: Bobobox Internal Asset

Alam wilayah Bogor yang indah membuat kamu pasti ingin terus berjalan-jalan menikmati pemandangan dan kesejukan udaranya. Tapi, setelah puas berjalan-jalan, jangan lupa istirahat yang cukup, ya.

Kalau kamu ingin merasakan kesempatan menginap di tempat yang nyaman dengan fasilitas lengkap di sekitar Bogor, Bobocabin Gunung Mas bisa jadi pilihan yang tepat, nih! 

Bobocabin Gunung Mas Puncak

Photo: Bobobox Internal Asset

Bobocabin Gunung Mas dilengkapi fasilitas seperti tempat tidur yang nyaman, kabin desain alami yang luas, akses Wi-Fi, sampai peralatan BBQ. Tentu hal ini membuat pengalaman menginap kamu semakin tidak terlupakan!

Jangan khawatir, kamu tetap bisa menikmati pemandangan dari dalam kabin melalui jendela besar yang langsung menghadap alam! 

Yuk, download aplikasinya sekarang untuk reservasi dan promo terbaru!

 

Photo: Tim Peterson via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles