tips liburan bareng anak dan keluarga

12 Tips Liburan Bersama Anak agar Nyaman dan Aman

Liburan bersama anak bisa jadi momen seru dan penuh petualangan, tapi juga bisa jadi tantangan tersendiri. Ketika berlibur bersama si kecil, kita nggak bisa asal berangkat begitu saja. Ada banyak hal yang harus dipersiapkan supaya liburan tetap nyaman dan aman untuk semua anggota keluarga.

Liburan tanpa persiapan itu ibarat pergi perang tanpa senjata. Kamu bakal kewalahan dengan berbagai situasi yang mungkin muncul. Anak rewel karena bosan, enggak bawa obat-obatan, atau malah lupa bawa mainan favorit si kecil. Semua itu bisa bikin liburan yang harusnya menyenangkan jadi berantakan.

Selain itu, mempersiapkan liburan dengan baik bisa membantu kita mengantisipasi berbagai kebutuhan anak.

Mulai dari makanan, pakaian, hingga perlengkapan tidur. Dengan begitu, anak akan tetap nyaman dan senang selama perjalanan. Plus, kita juga jadi lebih tenang karena sudah punya rencana cadangan untuk berbagai situasi. 

Jadi, yuk simak 10 tips liburan bersama anak biar makin seru, nyaman, dan pastinya aman!

Pilih Transportasi yang Tepat

tips liburan bareng anak dan keluarga

Foto: Paul Hanaoka via Unsplash

Memilih transportasi yang nyaman dan aman sangat penting ketika berlibur dengan anak. Pertimbangkan jarak tempuh dan kebutuhan si kecil. Misalnya, untuk perjalanan jauh, pesawat bisa jadi pilihan terbaik karena lebih cepat. 

Namun, jika jarak tempuh pendek, mobil atau kereta mungkin lebih nyaman karena lebih fleksibel dan bisa berhenti sewaktu-waktu​.

Baca Juga: Makin Seru, Ini Dia 12 Ide Liburan Bersama Anak yang Aman dan Menyenangkan

Tidak Diburu Jadwal Padat

tips liburan bareng anak dan keluarga

Foto: Xavier Mouton Photographie via Unsplash

Jangan terlalu memaksakan jadwal yang padat saat liburan anak. Anak-anak butuh waktu istirahat yang cukup agar tidak rewel selama perjalanan. Buatlah itinerary yang fleksibel dengan jeda waktu untuk istirahat dan bermain​ .

Pastikan juga menyesuaikan itinerary liburan bersama anak dengan jadwal anak. Misalnya, jangan bepergian saat si kecil harus tidur siang. Pastikan kamu berada di penginapan.

Pergi saat Low Season

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Vitolda Klein via Unsplash

Pemilihan waktu travelling juga jadi tips liburan anak yang penting. Pergi saat low season atau bukan musim liburan adalah opsi menarik karena biasanya destinasi wisata tidak akan seramai saat musim liburan.

Anak-anak pun bisa puas eksplorasi destinasi dan kamu pun tidak akan terlalu pusing dengan keramaian serta harga tiket yang selangit.

Bawa Mainan Kesukaan Si Kecil

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Yuri Shirota via Unsplash

Tips liburan bersama anak selanjutnya, pastikan untuk membawa beberapa mainan kecil yang mudah dibawa dan bisa menghibur si kecil di perjalanan. Mainan favorit bisa menjadi penyelamat saat anak mulai bosan atau rewel. 

Baca Juga: Traveler Wajib Tahu! 12 Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Indonesia

Sedia Makanan atau Camilan

piknik di taman

Photo: Bobobox Internal Asset

Selalu sediakan makanan dan camilan yang disukai anak. Tips liburan ini tidak hanya menjaga mereka tetap kenyang, tetapi juga bisa mencegah rewel karena lapar. Pilih camilan sehat dan praktis yang mudah dibawa.

Bawa Baju Ganti yang Cukup

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Bobobox Internal Asset

Saat liburan, anak-anak akan menjadi lebih aktif dari biasanya. Apalagi kalau kamu mengajaknya main ke alam. Pasti baju mereka akan lebih cepat basah dan kotor.

Biar anak enggak rewel dan akhirnya malah jadi sakit, pastikan untuk membawa baju ganti yang cukup agar mereka bisa memakai baju yang kering dan nyaman sepanjang hari.

Kunjungi Tempat yang Memiliki Arena Bermain

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Hisu Lee via Unsplash

Memilih destinasi wisata yang memiliki fasilitas bermain untuk anak sangat penting. Tempat seperti taman bermain atau area bermain anak bisa memberikan waktu luang bagi anak untuk bersenang-senang dan melepas energi.

Baca Juga: Liburan ke Luar Negeri Bersama Anak? Simak 10 Negara Wisata Ramah Anak untuk Liburan yang Mengasyikan!

Persiapkan Obat-obatan

obat-obatan kalau sakit

Foto: Christine Sandu via Unsplash

Tips liburan bersama anak yang tak kalah penting, jangan lupa membawa obat-obatan dasar seperti obat demam, obat batuk, atau salep antiseptik. Selain itu, jika anak memiliki kondisi kesehatan khusus, pastikan semua obat yang diperlukan sudah disiapkan.

Pastikan Tempat Wisata yang Dikunjungi Ramah Anak

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Bobobox Internal Asset

Pilihlah tempat wisata yang ramah anak, baik dari segi fasilitas maupun keamanannya. Cari informasi tentang tempat-tempat liburan anak yang menyediakan area bermain, kamar mandi yang bersih, area menyusui, dan tempat istirahat yang nyaman.

Bawa Perlengkapan Portable untuk Bayi

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Maxim Tolchinsky via Unsplash

Jika ada bayi dalam rombongan, pastikan untuk membawa perlengkapan bayi yang portable dan praktis. Pilih stroller bayi yang mudah dilipat dan dibawa, cooler bag untuk menyimpan ASI atau MPASI, nursing cover untuk menutupi tubuh ibu saat menyusui, dan lainnya.

Baca Juga: Ketahui 9 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga, Pasti Menyenangkan!

Manfaatkan Promo Anak

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Mika Baurmeister via Unsplash

Jangan lewatkan kesempatan untuk memanfaatkan promo khusus anak-anak yang ditawarkan oleh tempat wisata atau akomodasi. Banyak destinasi liburan menawarkan harga khusus atau paket keluarga yang bisa menghemat biaya liburan.

Pastikan Penginapan yang Nyaman

Bobocabin - family - liburan bersama keluarga

Photo: Bobobox Internal Asset

Penginapan yang nyaman dan aman adalah kunci dari liburan yang menyenangkan. Pilih hotel atau penginapan yang memiliki fasilitas ramah anak seperti kolam renang anak, ruang bermain, atau bahkan tempat tidur tambahan jika diperlukan.

Pastinya, liburan bersama anak akan selalu ada halangannya. Bukan tidak mungkin, kamu sudah melakukan tips liburan anak sebaik mungkin, tapi anak tetap rewel, anak sakit, atau ada rintangan yang tiba-tiba terjadi.

Jika hal itu terjadi padamu, cobalah untuk tetap tenang. Jangan panik agar kamu bisa berpikir dengan jernih dan mencari tahu apa solusi yang bisa dilakukan.

Bobopod: Akomodasi Terjangkau yang Nyaman dan Ramah Anak

Menginap Seru di Bobobox bersama Keluarga

Photo: Bobobox Internal Asset

Salah satu pilihan akomodasi sempurna untuk liburan anak adalah Bobopod. Dengan fasilitas yang lengkap dan kenyamanan yang tak tertandingi, Bobopod memberikan pengalaman menginap yang memuaskan bagi seluruh keluarga.

Bobopod menyediakan King Size Bed yang cukup untuk menampung dua orang dewasa dan satu anak berusia di bawah 10 tahun. Dengan tempat tidur yang luas dan nyaman, orangtua dan anak dapat beristirahat dengan tenang setelah seharian berpetualang.

Lokasi Bobopod yang tersebar di berbagai sudut kota di seluruh Pulau Jawa juga memberikan aksesibilitas yang mudah terhadap transportasi umum. Dengan begitu, keluarga dapat dengan cepat dan mudah mencapai berbagai destinasi wisata tanpa harus bingung mencari transportasi.

Bobopod tidak hanya cocok untuk single traveler, tetapi juga merupakan pilihan yang sempurna untuk liburan bersama keluarga.

Download aplikasi Bobobox sekarang juga untuk reservasi dan dapatkan promo menarik! Nikmati liburan tanpa khawatir dengan Bobopod, akomodasi yang nyaman dan ramah anak untuk seluruh keluarga.

 

Penulis: Syifa Nuri Khairunnisa

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles