bobobox kota tua

Bobobox Kota Tua: Hotel Futuristik dalam Bangunan Penuh Sejarah

Bobobox Kota Tua Jakarta faktanya berdiri pada salah satu bangunan penuh sejarah yang ada di sekitar Kota Tua. Kawasan ini memang dikenal memiliki banyak cerita sejarah. Dengan melihat bentuk arsitektur bangunannya saja kamu sudah bisa menilai bahwa bangunan-bangunan yang ada sebagian kecilnya merupakan bangunan peninggalan kolonial Belanda.

Bangunan tempat Bobobox beroperasi di Kota Tua Jakarta pun merupakan salah satunya. Selain Bobobox, bangunan ini berfungsi sebagai tempat sebuah galeri budaya berdiri bernama Galeri Melaka. Galeri Melaka merupakan salah satu galeri budaya Malaysia yang bisa kamu kunjungi di Jakarta.

Faktanya, Indonesia dengan Malaysia merupakan bangsa serumpun yang memiliki banyak persamaan terutama dari segi geografi dan sosial budaya. Pembukaan Galeri Melaka di Kota Tua Jakarta ini pun menjadi salah satu bukti hubungan persahabatan antar kedua negara.

Galeri Melaka: Bukti Persahabatan Antara Indonesia dan Malaysia

Pembukaan Galeri Malaka ini menjadi pengingat persahabatan antara Indonesia dan Malaysia yang telah terjalin sejak abad ke-13. Untuk semakin mempererat hubungan kedua negara, para pelaku industri pariwisata dari Malaysia kemudian melakukan kunjungan ke Jakarta dengan membawa sebuah program wisata negara Malaysia.

Program ini salah satunya dilaksanakan dalam bentuk peresmian lokasi baru Galeri Melaka di Gedung Pos, Lantai 1, Jalan Fatahilah, Kota Tua, Jakarta. Galeri Melaka ini telah berdiri sejak tahun 2013, tepatnya di Jalan Malaka 7-9, Kelurahan Roa Malaka, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Galeri ini mengalami pemindahan lokasi pada bulan November 2018 yang disusul dengan peningkatan jumlah pengunjung galeri. Selain Galeri Melaka, ada banyak lagi bangunan bersejarah yang bisa kamu temui di sekitar Bobobox Kota Tua. Apa sajakah itu? Berikut adalah beberapa diantaranya!

Baca Juga: Menginap di Bobobox Kota Tua? Ini Dia 7 Wisata Kota Tua Terdekat Yang Wajib Kamu Kunjungi!

1. Bangunan Bersejarah Sekitar Bobobox Kota Tua: Toko Merah

tempat angker di Jakarta toko merah

Majalah GPriority

  • Lokasi: Jl. Kali Besar Barat No. 11, Pinang Siang, Tambora, Jakarta Barat
  • Waktu operasional: Setiap hari | 09.00 – 16.30 WIB (sesuai izin)
  • Harga tiket masuk: Rp10.000/orang (sesuai izin)

Bangunan ini pada awalnya merupakan bangunan milik oleh orang Belanda sebelum akhirnya beberapa kali berganti fungsi dan berpindah tangan ke seorang warga Tionghoa. Setelah itu, bangunan ini digunakan sebagai toko dan pemiliknya memutuskan untuk mengecatnya dengan warna merah sehingga membuatnya terkenal dengan nama Toko Merah hingga saat ini.

2. Tempat Bersejarah Sekitar Bobobox Kota Tua: Pelabuhan Sunda Kelapa

  • Lokasi: Jl.Maritim No.8 Sunda Kelapa, Jakarta Utara
  • Waktu operasional: Setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket masuk: Rp2.500/orang

Bagi kamu yang ingin menyaksikan tempat para saudagar dari beberagai negara datang mengunjungi Indonesia pada jaman dahulu, kamu bisa coba kunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa yang bersejarah ini.

republika.co.id

Kerap menjadi tempat berkumpulnya para pedagang dari berbagai belahan dunia, Pelabuhan Sunda Kelapa pernah menjadi salah satu pusat perdagangan yang besar dan ramai akan aktivitas perdangan antar negara. Meskipun kini pelabuhan ini sudah tak seramai dahulu, Toppers masih bisa melihat megahnya kapal-kapal pinisi karya Indonesia yang masih menepi di kawasan pelabuhan ini.

3. Bangunan Bersejarah di Sekitar Bobobox Kota Tua: Museum Bahari

  • Lokasi: Jl. Ps. Ikan No.1, RT.11, Penjaringan, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara
  • Waktu operasional: Selasa – Minggu | 09.00 – 15.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Dewasa: Rp2.000 – Pelajar / Mahasiswa: Rp1.000

Kamu juga bisa melihat kembali kejayaan maritim Nusantara dengan mengunjungi Museum Bahari. Museum ini berlokasi tak jauh dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Bangunan Museum Bahari ini pada zaman dahulu berfungsi sebagai salah satu gudang penyimpanan hasil bumi yang merupakan komoditas utama VOC. Bangunan ini kini berfungsi sebagai tempat menyimpan berbagai koleksi perahu, replika perahu, serta alat-alat milik VOC dulu.

4. Bangunan Bersejarah di Sekitar Bobobox Kota Tua: Jembatan Kota Intan

  • Lokasi: Ancol Pademangan, RT.8/RW.7, Pinangsia, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta
  • Waktu operasional: Setiap hari selama 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Jembatan Kota Intan merupakan salah satu jembatan bersejarah yang dibangun pada tahun 1628. Jembatan ini adalah salah satu jembatan tertua yang ada di Indonesia yang dibangun VOC dan hingga saat ini masih berdiri kokoh.

5. Bangunan Bersejarah di Sekitar Bobobox Kota Tua: Kawasan Pecinan Glodok

Bobobox Kota Tua

Liputan6.com

  • Lokasi: Glodok, Taman Sari, Jakarta Barat
  • Waktu operasional: Setiap hari | 24 jam
  • Harga tiket masuk: Gratis

Kawasan Glodok terkenal sebagai kawasan yang sangat identik dengan arsitektur era kolonialisasi. Kamu bisa menyaksikan arsitektur khas peranakan di Kawasan Pecinan Glodok ini, yang juga terkenal sebagai salah satu destinasi wisata kuliner dan wisata belanja favorit.

6. Bangunan Bersejarah di Sekitar Bobobox Kota Tua: Museum Wayang

  • Lokasi: Jl. Lada No.23, RT.7/RW.7, Pinangsia, Tamansari, Kota Jakarta Barat
  • Waktu Operasional: Selasa – Jum’at | 09.00 – 15.00 WIB, Sabtu – Minggu | 09.00 – 20.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp.5.000/orang

Berlokasi tepat berseberangan dengan Museum Seni Rupa dan Keramik, kamu bisa kunjungi Museum Wayang. Di sana, kamu bisa menyaksikan beragam jenis koleksi wayang-wayang asli dari nusantara dan berbagai negara lainnya. Menariknya, kamu juga bisa secara langsung menyaksikan pertunjukkan wayang!

Baca Juga: Berencana Menginap di Bobobox Kota Tua? Jangan Lupa Kunjungi 10 Tempat Kuliner Legendaris Kota Tua Ini Ya!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Tua!

Saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox Kota Tua. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, pasti aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles