Bobocabin Premier - glamping banten

12 Rekomendasi Camping dan Glamping di Banten

Banten, provinsi di ujung barat Pulau Jawa, ternyata menyimpan segudang keindahan alam yang menawan. Dari pegunungan yang menjulang tinggi hingga pantai berpasir putih yang mempesona, Banten punya segalanya.

Salah satu cara terbaik untuk menikmati alam Banten dari dekat adalah dengan melakukan camping atau glamping. Ternyata, ada banyak spot nge-camp di Banten, lho. Masing-masing menawarkan berbagai pengalaman berbeda. Ada yang berlokasi di puncak gunung, di tengah persawahan, hingga tepi pantai.

Di artikel ini, Bob akan memberikan rekomendasi camping dan glamping Banten yang bisa kamu jadikan referensi untuk liburan. Yuk, simak surga tersembunyi di Banten!

1. Bumi Perkemahan Kampung Cilebu

Bumi Perkemahan Kampung Cilebu - glamping banten

Foto: Joe Muhammad via Google Image

Rekomendasi glamping Banten yang pertama ada Bumi Perkemahan Kampung Cilebu yang terletak di Pasirhaur, Cipanas, Kabupaten Lebak, Banten. Lokasinya cukup terpencil, akses jalannya pun masih berupa tanah yang licin ketika hujan.

Namun, tenang saja, karena semua perjuangan itu akan dibayar tuntas oleh pemandangan alam di sepanjang perjalanan. Mulai dari hamparan terasering sawah hijau, sungai yang mengalir dengan air terjun, dan masih banyak lagi. 

Sesampainya di lokasi, kamu juga akan merasa seperti berada di negeri di atas awan. Jangan lupa ambil foto, ya!

Lokasi: Pasirhaur, Cipanas, Lebak, Banten

Baca Juga: Liburan? Yuk, Kunjungi 30 Tempat Wisata di Banten Ini!

2. Bumi Perkemahan Lebakwangi

Bumi Perkemahan Lebakwangi

Foto: Mac DeStoir via Pexels

Bumi Perkemahan Lebakwangi atau Gayatri Camp adalah salah satu perkemahan yang cukup populer di Banten, karena jadi spot favorit untuk kemah anak-anak SD di sana. 

Fasilitas penunjang yang ada di sana cukup lengkap. Area camping-nya pun cukup luas, terdapat area indoor dan outdoor, sehingga cocok untuk berbagai acara. Lokasinya yang agak terpencil dengan pepohonan yang rimbun dan kicauan burung yang sesekali terdengar akan membuatmu merasa dekat dengan alam.

Lokasi: Lebakwangi, Walantaka, Serang, Banten

3. Bumi Perkemahan Situ Cipondoh

Bumi Perkemahan Situ Cipondoh

Foto: Dok. Bumi Perkemahan Situ Cipondoh via Google Image

Siapa bilang lokasi camping selalu terpencil? Bumi Perkemahan Situ Cipondoh letaknya hanya sekitar 6 km dari pusat kota Tangerang, lho. Camping ground ini terletak di tepi situ Cipondoh yang indah.

Kamu bisa melihat view danau yang cantik khususnya saat sunset. Selain itu, ada pula beberapa aktivitas air yang bisa kamu lakukan di sana, salah satunya naik sepeda air.

Lokasi: Kunciran Jaya, RT04/03, Pinang, Kota Tangerang

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata di Tangerang Pasar Kemis

4. Camp Ground Pasir Manggu

Camp Ground Pasir Manggu

Foto: Isan Ghoo15 via Google Image

Camp Ground Pasir Manggu berlokasi di dalam area hutan nasional di Lebak, Banten. Jadi kebayang kan, betapa asrinya pemandangan sekitar camp ground? Dikelilingi pepohonan tinggi juga membuat udara camping ground terasa sangat sejuk.

Lokasi: Situmulya, Cibeber, Lebak, Banten

5. Camping Ground Tangerang Selatan Kp Wisata Kranggan

Camping Ground Tangerang Selatan Kp Wisata Kranggan

Foto: Dok. Camping Ground Tangerang Selatan Kp Wisata Kranggan via Google Image

Tangerang juga punya satu lagi camping ground, yakni Camping Ground Tangerang Selatan Kp Wisata Kranggan. Tempat ini cukup populer sebagai spot camping anak sekolah. Karena terletak di dalam area Kampung Wisata Kranggan, kamu bisa sekaligus liburan di sana.

Kampung Wisata Kranggan terletak tidak jauh dari pusat kota Tangerang Selatan. Di sana, kamu bisa melihat atraksi seni dan budaya, menikmati makanan khas Tangerang, outbound, wisata Sungai Cisadane, serta berbelanja hasil UMKM home industry warga lokal.

Namun, namanya bumi perkemahan tentu saja fasilitasnya tidak semewah glamping. Kalau kamu punya lebih banyak waktu, lebih baik sekalian saja glamping ke Puncak, Bogor yang masih sangat bisa dijangkau dalam waktu kurang dari 4 jam dari Tangerang. 

Selain itu, kamu juga bisa memilih antara Bobocabin The Tavia dan Bobocabin Gunung Mas sebagai destinasi glamping selanjutnya. Bobocabin adalah glamping yang menawarkan pengalaman menginap di tengah alam dengan kabin berfasilitas mewah dan berteknologi tinggi dengan harga yang terjangkau.

Psst, kamu bahkan bisa merasakan sensasi berendam di hot tub di Bobocabin The Tavia, lho.

Lokasi: Jalan Lingkar Selatan, Kranggan, Setu, Tangerang Selatan

Baca Juga: Wisata Negeri di Atas Awan Lebak Banten, Viral karena Medsos

6. Ciusul Smart Camping

Ciusul Smart Camping

Foto: KAFEB EXPLORE DESA via Google Image

Ciusul Smart Camping berada di ketinggian, sehingga pemandangan alamnya pun cukup indah. Di sana juga terdapat kafe, sehingga banyak anak muda yang datang sekadar untuk nongkrong saja untuk menikmati udara segar dan pemandangan dari ketinggian.

Kalau kamu datang di pagi hari dan sedang beruntung, biasanya ada juga awan-awan yang terlihat mengalir layaknya sungai. Namun karena lokasinya yang masih asli, ada beberapa area yang rawan longsor. Pastikan untuk berhati-hati saat di perjalanan, ya.

Lokasi: Jalan Raya Muhara, Citorek Kidul, Cibeber, Lebak, Banten

7. D’Mangku Farm

D'Mangku Farm - glamping banten

Photo: Travelspromo

D’Mangku Farm adalah salah satu spot glamping Banten yang berada di Kabupaten Serang, dan cukup populer sebagai destinasi wisata keluarga. Tak hanya menawarkan glamping, tapi kamu juga bisa sekaligus melakukan berbagai aktivitas seperti outbound atau nongkrong di kafe.

Tapi kalau kamu mau sekalian glamping, ada beberapa jenis kamar yang tersedia dengan harga mulai dari Rp600.000 – Rp1 juta per malam. Setiap kamarnya memiliki tema yang berbeda. Ada yang berkonsep safari dan ada juga yang tendanya berbentuk seperti keong. Selain glamping, di sana juga tersedia spot untuk camping.

Sayangnya, Bob tidak menemukan paket aktivitas praktis ke destinasi wisata sekitar seperti paket mendaki Gunung Rinjani yang ditawarkan oleh Bobocabin Gunung Rinjani atau paket Jeep Tour dari Bobocabin Dieng.

Lokasi: Jalan Raya Mancak, Angsana, Serang, Banten

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Banten untuk Orang Tercinta di Rumah

8. Hotel Rumah Kayu, DM Tirta Persada Pandeglang

Hotel Rumah Kayu, DM Tirta Persada Pandeglang - glamping banten

Foto: Radar Banten

Seperti namanya, glamping Banten ini berkonsep rumah kayu yang memberikan suasana hangat dan menyatu dengan alam. Namun jangan khawatir, karena setiap kamarnya sudah dilengkapi berbagai fasilitas modern. 

Fasilitas di setiap kamarnya mencakup kasur empuk, area duduk, TV, dan kamar mandi pribadi yang sudah dilengkapi air panas dan perlengkapan mandi. Jangan cuma berdiam di kamar, kamu juga bisa berenang atau mencoba spa.

Lokasi: Jalan Raya Mandalawangi Nomor KM-15, Kadubungbang, Cimanuk, Pandeglang, Banten

9. Kadena Glamping Dive Resort

Kadena Glamping Dive Resort - glamping banten

Photo: Doc Kadena Glamping Dive Resort

Kadena Glamping Dive adalah sebuah resor yang terletak di tepi Pantai Anyer, Banten. Glamping di Banten ini menawarkan dua jenis kamar glamping, yakni Glamping Superior dan Glamping Deluxe yang masing-masing sudah dilengkapi AC dan balkon pribadi.

Selain menikmati suasana Pantai Anyer, kamu juga bisa melakukan aktivitas liburan seru seperti menyelam, snorkeling, olahraga air, dan lainnya. Untuk harga kamarnya berkisar antara Rp2 juta – Rp3 juta per malamnya, tergantung jenis kamar yang kamu pilih. 

Nah, kalau kamu memang menyukai glamping tepi pantai seperti Kadena Glamping Dive Resort, bisa juga coba menginap di Bobocabin Madasari, Pangandaran yang ada di tepi Pantai Madasari. Harganya lebih terjangkau, mulai dari Rp1 jutaan per malam dengan fasilitas dan aktivitas yang enggak kalah seru!

Lokasi: Jalan Raya Anyer Sirih Nomor 136, Cinangka, Serang, Banten

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Anyer Carita, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

10. Pantai Cibeureum 1

Pantai Cibeureum 1

Photo: Atourin

Kalau yang tadi glamping, sekarang ada spot camping pinggir pantai di Banten. Tepatnya di Pantai Cibeureum 1. Spot satu ini cocok buat kamu yang suka camping di alam terbuka. Kawasan pantainya sangat indah, dengan hamparan pasir putih yang masih bersih. 

Di tepian pantai pun banyak pohon kelapa yang membuat suasana cukup teduh. Kamu bisa mendirikan tenda tepat di pinggir pantai. Kebayang kan, gimana nikmatnya camping dengan diiringi suara deburan ombak dan pemandangan laut lepas. 

Kalau kamu mencari versi glamping di tepi pantai, Bobocabin juga masih punya lokasi lain selain di Pangandaran. Tepatnya di Bobocabin Umarato, Sumba yang cocok buat bulan madu pasangan atau Bobocabin Bunaken Hills, Manado yang jadi surganya para diver.

Lokasi: Jalan Raya Karang Bolong, Nomor 137, Kamasan, Cinangka

11. Puncak Cibaja Camp

Puncak Cibaja Camp

Foto: Edi Muhlis via Google Image

Mau camping di ketinggian dengan pemandangan gunung? Coba ke Puncak Cibaja Camp, deh. Di sana, kamu akan dibuat takjub dengan view Gunung Karang dan Gunung Pulosari yang sangat indah. 

Namun karena masih terpencil, akses menuju camping ground masih berupa jalan setapak. Kamu pun harus mendaki jalur yang cukup ekstrem. Makanya, siapkan stamina dan pastikan untuk menggunakan alas kaki yang nyaman, ya.

Lokasi: Cikolelet, Cinangka, Serang, Banten

Baca Juga: Menyegarkan Pikiran Dengan Berkunjung Ke Bukit Waruwangi Serang

12. Salaka Nagara Cihunjuran

Salaka Nagara Cihunjuran

Photo: Shofiatul Marwah via Google Maps

Terakhir, ada camping ground Salaka Nagara Cihunjuran yang tidak hanya populer sebagai tempat camping tapi juga spot piknik keluarga. Areanya memang cukup luas dan terdapat beberapa aktivitas seru yang bisa dilakukan.

Pengunjung bisa bermain air di sungai yang jernih, memberi makan ikan-ikan di kolam, berfoto di taman bunga, berenang di kolam renang, dan lainnya.

Lokasi: Situs Benda Cagar Budaya, Jalan Raya Mandalawangi, Pandat, Cikoneng, Kabupaten Pandeglang

Bobocabin: Pilihan Glamping Bareng Teman dan Keluarga

Bobocabin

Di atas adalah rekomendasi camping dan glamping di Banten dari Bob. Ada tempat yang terletak di pegunungan, dan ada juga yang terletak di tepi pantai. Ada yang cocok untuk dikunjungi bareng teman-teman, dan ada juga yang lebih cocok jika bawa keluarga.

Nah, kalau kamu mencari tempat glamping yang aman dan nyaman saat solo traveling, liburan bareng teman, atau jalan-jalan bersama keluarga, cuma Bobocabin jawabannya.

Ada banyak pilihan kabin mewah untukmu. Kabin-kabin tersebut juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas berteknologi tinggi seperti WiFi, Smart Window, dan juga B-Pad. 

Setiap kabinnya berlokasi di tengah alam, menawarkan pemandangan gunung yang megah, persawahan yang hijau, atau hamparan pasir putih pantai. Ke mana pun kamu pergi, Pulau Sumatera, Jawa, hingga Sulawesi, Bobocabin adalah pilihan glamping paling terpercaya.

Untuk menginap yang lebih sat-set, langsung download aplikasi Bobobox di sini. Dapatkan promo terbaru Bobocabin dan book glamping Bobobox Bobocabin langsung dari aplikasinya!

 

Writer: Syifa Nuri Khairunnisa

Foto utama: Doc. Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles