Kampung Batik Jogja

7 Kampung Batik Jogja, Sekarang Kamu Bisa Wisata Sekaligus Belajar Membatik

Kampung batik Jogja adalah wisata liburan Jogja yang tak boleh kamu lewatkan selain mengunjungi candi-candi terkenal.

Selain berbelanja batik untuk kamu bawa pulang, kamu juga bisa membuat batikmu sendiri di kampung batik Jogja ini.

Penasaran ingin mencoba membuat batikmu sendiri? Yuk, simak informasi tentang kampung batik Jogja yang bisa kamu kunjungi berikut ini.

7 Kampung Batik Jogja untuk Kamu Kunjungi

Kampung batik di Jogja adalah destinasi wisata menarik untuk mengenal dan memahami seni tradisional batik. Berikut adalah beberapa kampung batik di Jogja yang bisa kamu kunjungi:

1. Kampung Batik Jogja Giriloyo, Wukirsari, Imogiri

Sentra Batik Tulis di Kampung Batik Tulis Giriloyo Jogja

Sumber: batiktulisgiriloyo.com

Kampung batik Jogja pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Kampung Batik Giriloyo di Kelurahan Wukirsari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul.

Bukan sekedar kampung biasa, kampung ini terkenal sebagai sentra kerajinan batik tulis di Daerah Istimewa Yogyakarta.

Faktanya, hampir 90 persen aktivitas masyarakat di kampung yang berada tidak jauh dari Makam Raja-Raja Mataram ini adalah membatik.

Baca Juga: Tidak Hanya Suju, Ini Dia Gaya 10 Artis K-Pop Pakai Batik yang Bikin Pangling!

2. Kampung Batik Jogja Ngasem

Selanjutnya, kamu juga bisa coba berkunjung ke Kampung Batik Ngasem di Jogja. Kampung batik yang satu ini sebenarnya lebih berfokus pada transaksi jual beli baju batik.

Namun, jika kamu tertarik mempelajari cara membatik secara langsung, kamu juga bisa melihat proses pembuatan batik di tempat-tempat di sekitar Kampung Batik Ngasem Jogja ini.

Di tempat ini, kamu bisa bertemu dengan berbaga pengrajin batik yang membatik langsung di tempat, sehingga kamu bisa mengamatinya dari dekat.

Setelah puas menyaksikan cara membuat batik, kamu bisa langsung membeli berbagai pilihan batik yang cantik dengan harga terjangkau ini. Yuk belanja!

3. Kampung Batik Jogja Mangunan

Kampung Batik Jogja Mangunan

Sumber: Paket Gathering & Outbound Jogja

Kamu juga bisa mencoba pengalaman membatik sendiri di Kampung Batik Mangunan. Kampung batik yang satu ini dikenal memiliki pemandangan alam yang menakjubkan.

Hal ini membuat kamu akan semakin bersemangat membatik, karena kamu bisa membatik di tengah pemandangan alam yang indah dan udara yang sejuk.

Tempat ini faktanya baru saja diresmikan pada 2010 lalu dan terletak di daerah Berbah. Kamu bisa memilih satu di antara berbagai paket wisata membatik yang menarik.

Uniknya, sebagian besar warga di kampung ini adalah pengrajin baju batik, lho!

Kamu tak perlu kebingungan mencari lokasi Kampung Batik Mangunan karena lokasinya cukup strategis. Berlokasi di Kalitirto, Berbah, Kabupaten Sleman, Kampung Batik Mangunan dapat mudah kamu temukan karena berada di pinggir jalan raya Prambanan atau Jalan Yogya-Solo.

4. Kampung Batik Jogja Manding Siberkreasi

Kampung batik selanjutnya adalah Kampung Batik Manding Siberkreasi yang diresmikan pada 2 Oktober 2018 lalu.

Tempat belajar membatik ini berlokasi di Dusun Kepek I dan menawarkan kegiatan membatik bersama kelompok pengrajin batik.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Kamu bisa menjajal pengalaman membatik bersama kelompok pengrajin yang kini sudah memiliki tujuh desain kreasi batik andalan yang unik dan indah.

Membatik pun jadi terasa menyenangkan karena kamu bisa belajar proses membuat batik sekaligus berinteraksi langsung dengan warga sekitar.

Inisiatif kegiatan ini dilakukan atas dasar kolaborasi kelompok Gerakan Cinta Batik sebagai Mahakarya Indonesia (GCBMI) dan Siberkreasi, yang bergerak di bawah naungan Kementerian Komunikasi dan Informatika.

5. Sanggar Berani Usaha

Kampung Batik Jogja Sanggar Berani Usaha

Sumber: Setapak Langkah

Sanggar Berani Usaha (SBU Yogyakarya) merupakan pilihan lain yang bisa kamu coba untuk belajar membatik. Tak hanya belajar soal membatik, di sini kamu juga akan mendapatkan pelajaran berwirausaha.

Ada beberapa paket kursus membatik yang bisa kamu ambil, mulai dari paket wisata sehari, kursus membatik, hingga membuat desain tingkat lanjut.

Baca Juga: Ikut Melestarikan Budaya Indonesia dengan Tren Berkain

6. Museum Batik

Jika kamu senang berkunjung ke museum, maka kamu harus banget mengunjungi Museum Batik di Jogja ini.

Saat kamu berkunjung ke Museum Batik, kamu bisa melihat dan mempelajari berbagai sejarah dan koleksi batik lawasan.

Tak hanya itu, kamu juga berkesempatan untuk belajar membatik karena ada paket khusus yang ditawarkan kepada pengunjung.

Proses pembelajaran membatik ini dimulai dari cara membatik paling dasar, yaitu dari mendesain gambar hingga proses pencelupan.

Jika batikmu sudah selesai, maka kamu bisa membawa pulang baju batik hasil karyamu sendiri ini. Seru sekali, bukan?

7. Batik Seno

Batik Seno

Sumber: Tripadvisor

Sumber: Tripadvisor

Tempat belajar batik terakhir yang bisa kamu temui dengan mudah di Jogja adalah galeri Batik Seno. Faktanya, galeri batik ini sudah eksis sejak 30 tahunan yang lalu, lho.

Galeri batik ini juga merupakan galeri batik tulis terbesar di Jogja. Jika kamu berkunjung ke galeri Batik Seno, kamu bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses membatik dengan canting dan malam.

Selain itu, kamu juga bisa mencoba penawaran kursus membatik dengan harga terjangkau, yang akan memberimu kesempatan belajar membatik langsung bersama pengrajin.

Batik Seno didirikan oleh seorang maestro lukisan batik yang cukup terkenal bernama Taslim BS. Ia telah memulai karir melukis batik sejak tahun 1980-an. Pada awal berdirinya galeri Batik Seno, Taslim BS merupakan satu-satunya pelukis.

Namun, seiring berjalannya waktu, banyak pelukis lain yang bergabung dengan galeri ini. Batik Seno pun kian berkembang dan menjadi galeri lukisan batik terbesar di Yogyakarta. Luas galeri ini saja mencapai 900 meter persegi.

Uniknya, nama Seno pada nama galeri ini diambil dari tokoh pewayangan bernama Ontoseno yang dikenal berkuasa, kuat, dan jujur.

Baca Juga: Mengenal Ragam Macam Arti Filosofi di Balik Batik Solo

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Malioboro!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang menguntungkan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Malioboro

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles