teh chamomile sebelum tidur

Sering Kesulitan Untuk Tidur? Yuk, Coba 7 Jenis Minuman Ini Sebelum Tidur!

Kualitas tidur yang baik adalah salah satu faktor penting dalam menjaga kesehatan fisik dan mental. Ketika kualitas istirahat baik, maka kita dapat menjalani hari secara produktif dan maksimal. Kualitas tidur yang baik dapat dicapai menggunakan berbagai cara, salah satunya dengan mengonsumsi jenis minuman tertentu sebelum tidur.

Jika dikonsumsi secara rutin, beberapa kandungan dalam minuman dapat membantu tubuh untuk lebih rileks dan dapat membantu tidur lebih tenang. Tingkatkan kualitas tidur dengan 7 rekomendasi jenis minuman yang dapat kamu konsumsi sebelum tidur!


Baca Juga: Agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 7 Tipe Olahraga Ini Sebelum Tidur!


7 Jenis Minuman Untuk Bantu Tidur Nyenyak

1. Susu Hangat

susu hangat

Source: furkanfdemir via Pexels

Jenis minuman pertama yang perlu kamu minum sebelum tidur adalah susu hangat. Menurut Sleep Foundation, susu mengandung triptofan yang merupakan salah satu bahan penyusun serotonin, yaitu hormon yang menghasilkan perasaan bahagia. Setelah itu, tubuh akan memproses hormon tersebut hingga berubah menjadi melatonin, jenis hormon yang secara aktif berperan mengatur pola tidur.

Selain itu, susu juga memiliki kandungan asam amino yang dapat membantu kedua hormon tersebut untuk mencapai otak. Tak hanya itu saja, zat karbohidrat pada susu juga dapat meningkatkan kadar insulin, sehingga hormon-hormon dapat lebih mudah masuk otak. Pada akhirnya, seluruh kandungan pada susu ini bekerja sama dalam membantu meningkatkan kualitas tidur.

2. Susu Almond

susu almond

Source: Vitaly via Pexels

Bagi kamu yang mengidap intoleransi laktosa atau memiliki gaya hidup vegan, susu almond dapat menjadi alternatif dari susu hangat.

Sama seperti susu sapi, susu almond juga memiliki kandungan triptofan. Kandungan tersebut dapat menghasilkan hormon serotonin yang berperan dalam meningkatkan kualitas tidur. Susu almond juga memiliki kadar magnesium yang tinggi, zat ini adalah salah satu zat penting yang dapat membantu tidur nyenyak.

3. Smoothies Pisang

smoothies pisang

Source: Vitaly via Pexels

Melansir intermountainhealthcare.org, pisang kaya akan magnesium dan potasium yang berfungsi untuk meningkatkan relaksasi otot. Sehingga, kualitas tidur dijamin menjadi lebih baik.

Selain membantu tidur lebih nyenyak, mengonsumsi smoothies pisang sebelum tidur juga dapat membantu kamu menghilangkan kebiasaan ngemil di malam hari. Hal ini karena pisang bersifat cukup mengenyangkan.


Baca Juga: Suka Pisang? Ternyata Ini Lho Manfaat Pisang Untuk Kesehatan Tubuhmu


4. Jus Ceri

jus ceri sebelum tidur

Source: 8photo via Freepik

Salah satu pilihan buah lain yang dapat kamu coba adalah ceri. Buah yang satu ini memiliki kandungan hormon melatonin yang tinggi, sehingga dapat memicu rasa kantuk secara alami.

Berdasarkan sebuah studi di Journal of Medicial Food pada tahun 2010, mengonsumsi setidaknya 16 ons ceri dalam sehari dapat menurunkan gangguan insomnia secara signifikan. Agar tidak terkesan terlalu banyak, maka Bob sarankan untuk kamu konsumsi dalam bentuk jus!

5. Teh Chamomile

teh chamomile sebelum tidur

Source: freepik via Freepik

Teh chamomile adalah salah satu obat alami yang terkenal dapat mengatasi insomnia. Hal ini karena teh chamomile merupakan jenis teh rempah, terbuat bukan dari daun teh melainkan dari bunga, daun, serta tangkai kering tanaman chamomile. Sehingga, jenis teh ini tidak mengandung kafein yang biasa ditemukan di jenis teh lainnya.

Menurut studi Molecular medicine reports pada tahun 2011, teh chamomile memiliki kadar antioksidan apigenin yang tinggi. Jenis antioksidan ini berperan penting dalam mengurangi tingkat kecemasan seseorang. Jika kamu mengonsumsi teh chamomile, kamu akan dapat tidur dengan lebih nyenyak tanpa rasa cemas.

6. Teh Hijau Tanpa Kafein

teh hijau tanpa kafein

Source: freepik via Freepik

Jenis teh lain yang dapat kamu coba adalah teh hijau tanpa kafein. Melansir intermountainhealthcare.org, teh hijau kaya akan asam amino. Kandungan ini terbukti dapat membantu mengurangi tingkat stres dan meningkatkan kualitas tidur.


Baca Juga: 10 Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatanmu Sehari-Hari


7. Air Kelapa Murni

air kelapa murni

Source: jcomp via Freepik

Jenis minuman terakhir yang dapat membantu meningkatkan kualitas tidur adalah air kelapa murni. Menurut intermountainhealthcare.org, air kelapa memiliki kandungan magnesium dan potasium yang berperan penting dalam meningkatkan relaksasi otot.

Selain itu, air kelapa murni juga mengandung vitamin B. Jenis vitamin ini juga berperan dalam menurunkan tingkat stres seseorang, sehingga dapat menghasilkan kualitas tidur yang lebih baik.

Ingin Healing di Tengah Alam? Yuk, Menginap di Bobocabin!

Di tengah hiruk-pikuk perkotaan dan rasa stres dari rutinitas, kualitas tidur bisa terus menurun. Yuk, hilangkan rasa penat dengan healing sejenak di tengah keasrian alam yang indah. Nikmati pemandangan ciamik dengan konsep futuristik Internet of Things di Bobocabin!

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Atur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk pegunungan saat kamu keluar dari kabin di pagi hari.

Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang? Bobocabin menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial! Abadikan momen seru campfire dan barbeque dengan fasilitas Bobobox untuk pengalaman liburan yang lebih menyenangkan. Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, langsung saja unduh aplikasi Bobobox di sini!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles