olahraga sebelum tidur

Agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 7 Tipe Olahraga Ini Sebelum Tidur!

Olahraga memang sudah dikenal sebagai salah satu cara yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh. Tak hanya itu, sebuah penelitian dari Sport Medicine menganalisa 23 perserta yang melakukan kegiatan olahraga satu jam sebelum tidur. Hasilnya, kualitas tidur mereka meningkat secara signifikan. Ternyata olahraga rutin sebelum tidur juga dapat meningkatkan kualitas tidur!

Melalui kegiatan olahraga ringan, kamu dapat meredakan tingkat kecemasan, stres, dan membuat tubuh jadi lebih rileks. Kuncinya ada pada pemilihan waktu dan jenis olahraga yang tepat. Disarankan untuk melakukan olahraga setidaknya selama 60 sampai 90 menit sebelum waktu tidur.

Jangan lakukan kegiatan yang terlalu berat, pilihlah kegiatan olahraga yang memiliki intensitas ringan hingga sedang. Berikut Bob rangkum 7 tipe olahraga sebelum tidur yang dapat kamu coba.

olahraga sebelum tidur

Source: Pixabay via Pexels


Baca Juga: Sering Sakit Punggung Ketika Bangun Tidur? Ini Penyebab Dan Cara Mengatasinya!


7 Tipe Olahraga Sebelum Tidur Untuk Meningkatkan Kualitas Tidur

Source: Pixabay via Pexels

1. Jalan Santai

Tipe olahraga sebelum tidur pertama yang dapat kamu lakukan adalah jalan santai. Jalan santai berfungsi untuk memperkuat otot dan meredakan stres, sehingga dapat meningkatkan kualitas tidurmu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati udara segar di malam hari dan menutup hari dengan pemandangan langit malam.

Agar manfaat dari jalan santai lebih terasa, kamu bisa melakukan kegiatan ini tiga kali dalam seminggu selama 30 menit di tiap sesi.

2. Bersepeda

Alternatif lain dari jalan santai adalah bersepeda. Selain untuk membakar kalori, tentunya tipe olahraga ini juga berfungsi untuk melemaskan otot-otot tegang dalam tubuh.

Kamu dapat melakukan kegiatan bersepeda selama beberapa menit hingga muncul rasa lelah. Setelah itu, segera tidur untuk kualitas tidur yang baik.

3. Yoga

Jika kamu mencari alternatif olahraga yang dapat kamu lakukan di rumah, maka yoga adalah salah satu tipe olahraga yang dapat kamu coba.

Tidak hanya berfungsi meningkatkan kesehatan jantung, yoga juga dapat membantu menurunkan tingkat stres dan kecemasan. Sehingga saat selesai, kamu akan menjadi lebih rileks dan mudah untuk tidur.


Baca Juga: 7 Manfaat Rahasia Jalan Kaki Yang Jarang Orang Ketahui


olahraga sebelum tidur

Source: senivpetro via Freepik

4. Peregangan

Melakukan peregangan ringan sekitar satu jam sebelum tidur dipercaya mampu mengatasi gejala insomnia. Peregangan dapat membuat tubuh menjadi rileks, jika dilakukan secara rutin maka dapat menjaga kualitas tidur yang baik dalam jangka panjang.

Beberapa gerakan peregangan yang dapat kamu lakukan sebelum tidur antara lain:

  • Seated forward, gerakan memegang ujung jari kaki yang membantu meregangkan otot kaki, paha, betis, punggung, hingga bahu.
  • Bear hug, gerakan memeluk tubuh sendiri yang membantu meregangkan otot bahu dan punggung.
  • Neck stertches, gerakan meregangkan leher yang membantu otot kepala, leher, dan bahu rileks.

5. Squat

Tipe olahraga sebelum tidur selanjutnya yang dapat kamu lakukan adalah squat. Tidak perlu dilakukan terlalu lama, cukup selama 2 hingga 3 menit untuk hasil yang maksimal.

Tujuan dari gerakan yang satu ini adalah agar otot-otot dalam tubuhmu menjadi lebih rileks, seingga tidur pun menjadi lebih tenang.

6. Sit Up

Gerakan sit up berfungsi untuk mengencangkan otot perut dan membakar kalori. Sama seperti squat, kamu cukup melalukan gerakan ini selama 2 hingga 3 menit untuk hasil yang maksimal.

Setelah gerakan selesai, tubuh akan menjadi lebih rileks dan kualitas tidur dijamin akan menjadi lebih baik.


Baca Juga: Jangan Sampai Diabaikan, Ini Dia 7 Tips Menghindari Cedera Saat Berolahraga


7. Plank

Tipe olahraga sebelum tidur terakhir yang dapat kamu lakukan adalah plank. Gerakan yang satu ini berfungsi untuk membakar lemak pada perut serta melatih otot kaki dan tangan. Setelah otot yang dilatih menjadi lebih rileks, maka tubuh pun akan merasa rileks dan kualitas tidur meningkat.

Sama halnya dengan squat dan sit up, gerakan ini cukup dilakukan selama 2 hingga 3 menit untuk hasil yang maksimal.

Yuk, Istirahat Nyaman di Bobobox!

Tak hanya melalui olahraga, kamu juga dapat meningkatkan kualitas tidur lewat ambience. Dapatkan suasana tenang dan nyaman dengan staycation di Bobobox!

Istirahat dengan tenang tanpa terganggu. Kamu akan mendapatkan pods modern yang dapat diatur sesuka hati, lho. Langsung atur pencahayaan yang tepat biar menginap jadi lebih nyaman.

Nggak percaya? Gak masalah. Supaya kamu punya gambaran nyata soal pengalaman menginap di Bobobox, yuk keliling-keliling di pods Bobobox lewat 360° virtual tour bareng Bob. Perhatikan suasana apa yang bakal kamu dapat bahkan sebelum datang langsung ke tempatnya.

Untuk informasi lebih lanjut, unduh aplikasi di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles