via kompas.com

Yuk, Liburan ke 5 Tempat Wisata Kebun Teh Puncak Bogor Berikut ini!

Puncak merupakan sebuah kawasan wisata pegunungan yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor dan Cianjur. Kawasan Puncak sudah sejak lama terkenal di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara karena kesejukan serta keindahan alamnya. Selain itu, daerah ini sudah terkenal sebagai destinasi wisata sejak zaman penjajahan kolonian Belanda.

Salah satu daya tarik kawasan Puncak adalah hamparan kebun teh yang luas, sejuk, dan asri. Kebun teh Bogor menjadi salah satu destinasi wisata populer yang banyak dikunjungi wisatawan. Ingin bersantai mentapa hijaunya perkebunan teh di Puncak?

Berikut ini adalah lima wisata kebun teh Puncak Bogor yang bisa kamu kunjungi.

5 Tempat Wisata Kebun Teh Terbaik di Puncak

1. Agrowisata Gunung Mas

Mast Moey/Google Maps

Agrowisata Gunung Mas merupakan salah satu kebun teh Puncak Bogor yang cukup populer di kalangan wisatawan. Kebun teh ini berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Gunung Mas menawarkan beragam cara untuk menikmati hamparan teh luas yang menyejukkan mata. Kamu bisa menyusurinya dengan berkuda, berjalan kaki ditemani pemandu (tea walk), atau menaiki jembatan jembatan kayu yang belum lama ini viral, yaitu tea bridge.

Bukan cuma itu, kebun teh puncak Bogor ini juga menyediakan wahana dan kegiatan lain yang tak kalah menarik. Sebut saja ATV, offroad, sepeda gunung, paralayang, gantole, flying fox, paint ball, motocross mini, kolam renang, lapangan sepak bola dan tenis, area kemah, dan berkunjung ke pabrik teh.

Untuk memasuki kawasan wisata Gunung Mas, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp15.500 yang berlaku mulai dari anak usia 3 tahun. Tiket tersebut dapat ditukarkan dengan sebungkus teh dan belum termasuk wahana serta kegiatan yang tersedia di Agrowisata Gunung Mas.

Jika ingin menikmati kegiatan dan wahana yang ada, kamu perlu menyiapkan dana tambahan antara Rp2.000-100.000. Kegiatan paralayang dan gantole memiliki tiket masuk terpisah serta tarif kegiatan yang lebih tinggi, sekitar tiga ratus ribuan. Sementara itu, parkir dikenai biaya sebesar Rp2.500 untuk motor, Rp7.500 untuk mobil dan Rp10.000 untuk bus.

Baca Juga: Tak Hanya Puncak, Ini Dia Destinasi Wisata Alam Bogor Yang Wajib Kamu Kunjungi

2. Kebun Teh Puncak Pass

via sentul.city

Sesuai dengan namanya, Kebun Teh Puncak Pass berada di area Puncak Pass, tidak begitu jauh dari Warpat. Sesampainya di lokasi kebun teh, kamu bisa memarkirkan kendaraan, baik itu motor ataupun mobil, di lahan parkir yang tersedia. Lahan untuk kendaraan roda dua berlokasi di bagian bawah kebun teh sedangkan untuk roda empat berada di seberang jalan.

Dari tempat parkir, kamu perlu menit anak tangga yang menanjak selama sekitar 5-10 menit untuk sampai ke puncaknya. Sambil menanjak, kamu bisa menikmati keindahan kebun teh di sekitar kamu. Sesampainya di atas, rasa lelah pun terbayarkan dengan hamparan kebun teh luas yang berada di ketinggian kurang lebih 1.000 mdpl. Rasa penat hilang, tubuh dan pikiran serasa kembali hidup berkat pemandangan teh dan pegunungan hijau yang memukau serta embusan angin yang menyejukkan. Tak hanya itu, kamu juga bisa menikmati sejumlah spot Instagrammable yang tersedia sambil memantau lalu lintas di bawah. Spot foto tersebut biasanya dikenai biaya sebesar Rp5.000

Sementara itu, tiket masuk ke kawasan kebun teh Puncak Bogor ini terbilang murah, yaitu Rp6.000 saja. Sambil menikmati keindahan, kamu bisa bersantai dan menghangatkan tubuh dengan semangkuk mi serta secangkir kopi, teh, cokelat atau bandrek panas di warung yang tersedia. Namun, jangan lupa tanya harga dulu sebab untuk semangkuk mi kamu kemungkinan harus membayar Rp30.000.

Karena murah dan mudah dijangkau, kebun teh Puncak Bogor satu ini terbilang cukup ramai, terutama di akhir pekan atau hari libur. Jika ingin menghindari keramaian, sebaiknya datang di hari biasa saja.

Baca Juga: Uji Nyalimu Dengan Kunjungi Tempat-Tempat Angker Di Bogor Berikut Ini!

Bobocabin Bobobox

3. Kebun Teh Cisarua

nad mailensun/Google Maps

Berlokasi di Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Kebun Teh Cisarua menawarkan hamparan kebun teh bak permadani hijau yang menyegarkan mata. Karena lokasinya berada di kaki Gunung Pangrango, puncak gunung tersebut pun terlihat cukup jelas.

Selama berada di kebun teh Puncak Bogor ini, kamu bisa menikmati sejumlah kegiatan khas kebun teh. Di antaranya adalah tea walk (berkeliling menyusuri perkebunan teh), berfoto dengan latar panorama hamparan teh dan pegunungan yang mengagumkan, dan berkuda.

Di bagian bawah, terdapat sebuah sungai kecil yang bisa kamu nikmati kesegarannya dengan sekadar bermain air. Kamu juga bisa menikmati secangkir kopi atau teh panas ditemani camilan favorit di warung-warung yang tersedia sambil meresapi kesejukan dan keindahan perkebunan tersebut. Selain itu, Kebun Teh Cisarua juga menyediakan musala beserta mukena dan sajadah, toilet berbayar dan wahana taman kelinci.

Tidak sedikit orang datang ke sini setelah menghabiskan liburan di vila atau menunggu kemacetan terurai. Karena itu, jika tidak ingin terlalu ramai, kamu bisa datang saat weekdays. Untuk memasuki kawasan wisata kebun teh puncak Bogor ini, kamu perlu menyiapkan uang sekitar Rp15.000 per orang yang nantinya bisa ditukar sengan sebungkus teh. Sementara itu, parkir motor dikenai biaya Rp3.000 dan sewa kuda sebesar Rp50.000.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Gunung Mas Puncak Jadi Tempat Terbaik Untuk Healing

4. The Ciliwung Great Tea Estate

via theciliwung.com

Di Desa Tugu Utara, kamu akan menjumpai kebun teh Puncak Bogor lainnya yang dikenal dengan nama The Ciliwung Great Tea Estate. Lokasi perkebunan teh ini cukup dekat dengan wisata hits Melrimba Garden.

Karena areanya cukup luas, kebun teh ini bisa kamu jelajahi dengan menggunakan kendaraan, baik roda dua maupun empat. Namun, jalan yang perlu kamu lalui terbilang berbatu dan menanjak sebab pihak Perhutani mewajibkan jalanan perkebunan bebas dari aspal. Karena itu, sebaiknya berhati-hati dan pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan baik.

Selain menikmati keindahan perkebunan, kamu bisa mencoba wahana menantang yang tersedia, seperti bertualang dengan ATV atau mobil Komodo. Tidak hanya itu, di balik hamparan teh dan perbukitan yang ditumbuhi pepohonan, terdapat wisata Talaga Saat Puncak yang airnya masih jernih dan belum tercemar. Uniknya, danau tersebut ternyata merupakan titik nol kilometer Sungai Ciliwung.

Tiket masuk The Ciliwung terbilang lebih mahal dibandingkan dengan kebun teh puncak sebelumnya, yaitu Rp20.000 untuk hari biasa dan Rp25.000 untuk akhir pekan dan hari libur nasional. Selain itu, kamu juga perlu mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp10.000 jika ingin menikmati Talaga Saat.

5. Kebun Teh Riung Gunung

Sitiuunuj02/Google Mpas

Kebun teh Puncak Bogor lainnya bisa kamu jumpai di dalam kawasan wisata Riung Gunung. Tempat satu ini menyuguhkan hamparan perkebunan teh luas dengan udaranya yang sejuk. Selama berada di kawasan wisata, kamu bisa berjalan-jalan menyusuri perkebunan dengan jalur tea walk yang sudah tersedia. Jika datang di pagi hari, kamu berkesempatan bertemu dengan para pemetik teh dengan keranjang besar di punggung serta penutup kepala lebar untuk menghalau terik matahari.

Bukan cuma itu, Riung Gunung juga terkenal dengan keberadaan sebuah vila yang pernah menjadi kediaman Presiden Soekarno. Berdasarkan cerita warga sekitar, sang Proklamator kerap kali datang menggunakan helikopter dan terlihat menaiki tangga menuju vila. Karena menjadi tempat singgah, masyarakat pun menyebutnya vila petilasan Bung Karno.

Jika sudah bosan berkeliling, kamu bisa menikmati wahana dan fasilitas lainnya yang tersedia di kebun teh Puncak Bogor ini. Sebut saja kolam renang, flying fox, playground, terapi ikan, restoran dan kafe, tangga unik yang terbengkalai, dan area camping. Untuk tiket masuk, siapkan saja uang sebesar Rp10.000. Tiket tersebut belum termasuk parkir serta wahana-wahana lainnya.

Staycation di Tengah Perkebunan Teh yang Jauh dari Keramaian

Lagi cari tempat staycation baru di kawasan Bogor? Bobocabin Gunung Mas siap menjadi pelarian kamu dari kesibukan dan kepenatan perkotaan. Akomodasi satu ini berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan dan menjanjikan tempat istirahat di tengah perkebunan teh yang jauh dari keramaian.

Di dalam kabin, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti Bluetooth speaker, moodlamp, B-Pad, dan Wi-Fi. Di samping itu, ada juga fitur Smart Window yang bisa kamu atur untuk menikmati privasi atau ke mode transparan sehingga kamu bisa menyaksikan keindahan alam di depan mata. Tertarik mencoba? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobocabin Bobobox

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles