via kompas.com

5 Alasan Kenapa Gunung Mas Puncak jadi Tempat Terbaik untuk Healing

Saat akhir pekan atau hari libur tiba, Agrowisata Gunung Mas Puncak bisa menjadi salah satu alternatif wisata bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Tempat satu ini merupakan sebuah perkebunan teh luas yang dikelola oleh PT Perkebunan Nusatara (PTPN) VIII.

Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Raya Puncak KM 87, Desa Tugu Selatan, Cisarua, Kabuapten Bogor, Jawa Barat. Lokasi tersebut berjarak sekitar 67 km atau dua jam dari Jakarta dengan lalu lintas lancar.

Berada di ketinggian antara 800-1.200 mdpl, Gunung Mas Puncak menawarkan udara segar dengan suhu sekitar 12-22℃. Berpadu dengan pemandangan alam yang hijau, tempat satu ini tentunya sangat cocok untuk healing dari kepenatan dan hiruk pikuk perkotaan. Selain kedua hal tersebut, apa lagi sih alasan yang membuat Gunung Mas Puncak tepat untuk healing? Simak lebih lanjut, yuk!

Berbagai Aktivitas Menarik Gunung Mas Puncak

berbagai kegiatan di gunung mas puncak

@fadhilah065/Instagram

Agrowisata Gunung Mas Puncak memanjakan pengunjung dengan berbagai aktivitas yang bisa membantu menyegarkan tubuh dan pikiran. Dua yang menjadi favorit dan primadona adalah berkuda dan tea walk.

Keduanya akan membawa kamu mengelilingi kawasan perkebunan teh, yang satu dengan berkuda sementara satu lagi dengan berjalan kaki. Kegiatan berkuda biasanya menggunakan kuda Sumbawa yang membawa kamu berkeliling dengan tiga pilihan rute dan durasi, mulai dari 30, 60 hingga 120 menit.

Bagi kamu penyuka jalan kaki, tea walk adalah pilihan yang tepat. Kegiatan berjalan mengelilingi kawasan perkebunan teh ini dengan ditemani pemandu. Namun, kamu tentu perlu menyiapkan tenaga ekstra sebab kegiatan ini memiliki empat pilihan rute, yaitu rute 4 km, 6 km, 8 km dan 10 km.

Selain dua aktivitas tersebut, kamu juga bisa menikmati kegiatan lain, seperti:

  • ATV dan offroad
  • Sepeda gunung
  • Paralayang
  • Gantole
  • Paragliding
  • Flying fox dan paint ball
  • Motocross mini untuk anak-anak
  • Berenang di kolam renang Tirta Mas
  • Bermain voli, sepak bola atau tenis
  • Berkemah
  • Berkunjung ke pabrik teh dengan ditemani pemandu

Baca Juga: Tak Hanya Puncak, Ini Dia Destinasi Wisata Alam Bogor Yang Wajib Kamu Kunjungi


Tiket Masuk Gunung Mas Puncak

Jika tertarik mencoba, kamu tentu perlu menyiapkan uang untuk tiket masuknya. Pengunjung umumnya dikenai biaya masuk sebesar Rp15.500 yang berlaku untuk segala umur kecuali anak 3 tahun ke bawah. Tiket kemudian bisa ditukarkan dengan sebungkus Teh Walini di area front office. Tarif tersebut belum termasuk biaya untuk kegiatan, sewa pemandu serta parkir kendaraan di dalam kawasan Agrowisata Gunung Mas Puncak.

Kegiatan berkuda biasanya dikenai biaya sebesar Rp50.000 (rute 1), Rp75.000 (rute 2) dan Rp100.000 (rute 3). Untuk sewa pemandu tea walk, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp20.000 (4 km), Rp25.000 (6 km), Rp30.000 (8 km) dan Rp35.000 (10 km). Jika kamu ingin pemandu khusus, tarifnya berbeda lagi, yaitu sekitar Rp60.000

Ada juga biaya masuk pabrik sebesar Rp2.000 – 7.500 dan pemandu pabrik sebesar Rp20.000 – 40.000 (maksimal 20 orang). Selain itu, ada juga tiket kolam renang sebesa Rp 5.000 namun gratis jika kamu menginap di area wisata. Sementara itu, untuk parkir, kamu perlu menyiapkan uang sebesar Rp2.500 (motor), Rp7.500 (mobil) atau Rp10.000 (bus).

Tarif untuk kegiatan lainnya juga cukup beragam, bergantung pada durasi dan jarak yang diambil. Jam operasional dimulai sejak pukul 06.00-17.00 setiap hari. Perlu diingat, harga tiket dan jam buka bisa berubah sewaktu-waktu.

Ada Tea Bridge yang Viral

tea bridge di gunung mas puncak

via kompas.com

Tea Bridge merupakan wahana yang terbilang baru di kawasan Agrowisata Gunung Mas Puncak. Sesuai dengan namanya, wahana satu ini merupakan sebuah jembatan sepanjang 260 meter yang membentang di tengah perkebunan teh. Kehadirannya pun menumbuhkan antusiasme tinggi di kalangan masyarakat hingga Tea Bridge pun viral dan selalu kali ramai pengunjung setiap harinya.

Berbeda dengan tea walk, fasilitas Tea Bridge memungkinkan pengunjung menikmati hamparan kebun teh dari atas. Para pengunjung pun bisa berkeliling atau duduk-duduk di atas jembatan sambil berfoto dan menikmati panorama perkebunan teh serta Gunung Pangrango yang menjulang.

Untuk memasuki area ini, kamu perlu membayar lagi sebesar Rp10.000. Dengan harga tersebut, pengunjung bebas menikmati fasilitas jembatan hingga berjam-jam. Namun, untuk keselamatan, kapasitas dibatasi hingga 250 orang saja.

Selain itu, pengunjung juga tidak diperkenankan untuk membawa tikar, makanan dan minuman. Selain untuk menjaga kebersihan, larangan tersebut juga bisa mencegah pengunjung terlalu lama di jembatan dan antrean menjadi semakin panjang.


Baca Juga: Uji Nyalimu Dengan Kunjungi Tempat-Tempat Angker Di Bogor Berikut Ini!


Menikmati Teh di Tengah Sejuknya Gunung Mas Puncak

minum teh di gunung mas puncak

via nurulsufitri.com

Beragam hal bisa kamu lakukan untuk ‘menyembuhkan’ diri, termasuk dengan hal sederhana seperti meneguk secangkir teh hangat. Beruntungnya, kegiatan satu ini bisa kamu nikmati saat berkunjung ke Agrowisata Gunung Mas Puncak.

Selain memfasilitasi pengunjung dengan berbagai kegiatan menarik, Gunung Mas Puncak juga menyediakan tempat bernama Tea Cafe dan Tea Corner. Tea Cafe merupakan kafe yang beroperasi mulai pukul 08.00-17.00. Bangunannya berbentuk rumah panggung yang terbuat dari bahan kayu, termasuk kursi dan meja yang tersedia.

Memasuki area Tea Cafe, kamu bisa langsung melihat berbagai menu yang terpampang di dinding. Menu yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari camilan ringan, minuman hingga makanan berat. harganya juga cukup terjangkau, yaitu antara Rp2.500 – 40.000.

Beberapa di antaranya adalah

  • Pisang goreng dan bakar, tahu goreng, tempe mendoan, talas bakar dan bakwan
  • Nasi goreng, mi goreng dan bihun goreng
  • Nasi putih, nasi timbel komplit, dan ayam goreng kampung
  • Indomie rebus dan goreng
  • Soto mi, mi kocok, mi bakso, dan sayur asem
  • Teh hitam, teh hijau, teh varian rasa, teh susu, teh manis dan teh tawar (bisa panas ataupun dingin)
  • Aneka kopi
  • Bandrek dan bandrek susu

Makanan dan minuman tersebut sangat cocok kamu nikmati, baik untuk menghangatkan tubuh ataupun mengisi energi sebelum atau sesudah menjajal berbagai kegiatan menariknya. Meski sederhana, hidangan tersebut akan terasa istimewa saat kamu menyantapnya di tengah sejuknya suasana pegunungan dan perkebunan.

Sementara itu, Tea Corner merupakan resto yang mengusung konsep outdoor dengan pepohonan rindang dan kebun teh di sekitarnya. Restoran Gunung Mas Puncak ini menawarkan menu sederhana, mulai dari makanan tradisional, teh dan kopi dengan harga terjangkau mulai antara Rp12.000 – 40.000. Selain menu bersahabat, Tea Corner juga menyediakan live music, free wi-fi dan api unggun.


Baca Juga: 10 Oleh Oleh Bogor Yang Paling Populer. Jadi Favorit Banyak Wisatawan!


Dekat ke Berbagai Wisata Bogor

via thejakartapost.com

Agrowisata Gunung Mas Puncak berlokasi cukup dekat dengan sejumlah wisata hits Bogor. Karena itu, jika kamu memutuskan untuk healing ke tempat lain, kamu bisa menajuthkan pilihan pada sejumlah wisata di sekitar Gunung Mas. Beberapa di antaranya adalah:

  • Taman Safari Bogor (2,1 km)
  • Melrimba Garden (6,4 km)
  • Taman Riung Gunung (6,8 km)
  • Telaga Warna (7,3 km)
  • Masjid Atta’awun (8,2 km)
  • Curug Cilember (9,5 km)
  • The Ranch (9,7 km)

Bisa Sambil Staycation

Selain menawarkan berbagai kegiatan menarik, Agrowisata Gunung Mas Puncak juga menyediakan fasilitas penginapan agar acara healing di tengah alam semakin maksimal. Kamu pun bisa staycation sekaligus merasakan bagaimana aktivitias keseharian di tengah perkebunan teh.

Secara keseluruhan, Gunung Mas Puncak menyediakan sekitar 89 kamar yang terbagi ke dalam beberapa jenis, yaitu kamar VIP, kamar standar, bungalow, pondokan dan rumah kelapa. Di luar penginapan tersebut, terdapat juga Bobocabin Gunung Mas yang mengusung konsep glamorous camping (glamping) sehingga pengunjung bisa staycation di tengah alam, namun dengan fasilitas lengkap layaknya di hotel tengah kota.

Dengan pemandangan hijau di depan mata, Bobocabin Gunung Mas siap menjadi pelarian kamu dari kesibukan dan kepenatan perkotaan. Akomodasi satu ini berdiri di tengah sejuknya udara Kota Hujan dan menjanjikan tempat istirahat di tengah alam berbalut teknologi canggih.

Di dalam kabin, kamu bisa menikmati berbagai fitur menarik seperti bluetooth speaker dan moodlamp yang bisa kamu atur dengan menggunakan panel kontrol seukuran tablet. Tak hanya itu, Bobocabin juga dilengkapi dengan fitur Smart Window yang bisa kamu atur untuk menikmati privasi atau ke mode transparan sehingga kamu bisa menyaksikan keindahan alam di depan mata.

Tertarik mencoba? Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles