Gawat! Ini Dia 7 Tanda Kamu Harus Mulai Keluar dari Zona Nyaman

Menghadapi Monday Blues: Rasa Cemas Saat Senin Datang

Monday blues adalah fenomena yang umum dirasakaan banyak pekerja dan pelajar. Sesuai namanya, monday blues ini seringkali muncul di hari Senin.

Senin menandai hari dimulainya aktivitas rutin, seperti sekolah dan bekerja, setelah sebelumnya kamu menikmati hari libur yang santai. Transisi dari “hari bermalas-malasan” ke hari produktif ini kerap menjadi sesuatu yang berat dijalani.

Ini menyebabkan munculnya berbagai emosi negatif, baik itu di hari Senin atau sehari sebelumnya, yaitu saat akhir pekan akan berakhir dan terbayang-bayang agenda bekerja atau sekolah keesokan harinya.

Walau terdengar sepele, monday blues ini dapat membuat produktifitas menurun dan membuatmu nggak semangat beraktivitas seharian.

Monday blues bahkan memliki hubungan yang kuat dengan aspek psikologis. Namun, jangan khawatir, menurut Medical News Today, monday blues bukanlah gangguan klinis atau kejiwaan.

Monday blues memiliki kondisi yang berbeda sama sekali dengan depresi karena ia dapat berangsur-angsur hilang seiring waktu.

Tapi, alih-alih membiarkannya saja, sebaiknya kamu segera mengatasi perasaan negatif tersebut dengan beberapa tips yang telah Bob siapkan berikut ini!


Baca Juga: Sudah Hari Senin Lagi? Ini Dia 7 Tips Agar Kamu Semangat Menjalani Hari!


Penyebab Monday Blues

Lantas, apa penyebab munculnya monday blues? Ini dia beberapa alasannya:

  • Kurang istirahat atau kurang bersenang-senang di akhir pekan
  • Adanya tekanan atau tanggung jawab pekerjaan yang menunggu di hari Senin
  • Kamu tidak puas dengan pekerjaanmu
  • Punya masalah yang belum terselesaikan di lingkungan kantor

Ciri-Ciri Monday Blues

Kamu bisa mengidentifikasi monday blues melalui tanda-tanda berikut:

  • Adanya perasaan bosan
  • Kamu merasa lesu
  • Tidak bersemangat
  • Muncul perasaan berat untuk mulai bekerja di hari Senin
  • Perasaan kamu nggak menentu
  • Tingkat produktivitas kamu menurun
  • Stres

Cara Mengatasi Monday Blues

1. Maksimalkan Waktu Akhir Pekan

Liburan Di Bandung

Sumber: Kompas.com

Rasa malas menghadapi hari Senin bisa jadi muncul karena kamu nggak cukup banyak melakukan aktivitas yang menyenangkan selama akhir pekan.

Rasa lelah dan penat yang menumpuk ini akhirnya membuat hari Senin menjadi menyebalkan.

Cobalah untuk beristirahat dan gunakan waktu akhir pekan dengan maksimal, agar hari Senin nggak terasa seperti momok.

2. Kenali Alasan Munculnya Emosi Negatif

Kalau kamu merasakaan perasaan negatif saat hari Senin tiba, coba kenali alasan munculnya emosi negatif tersebut.

Misal, jika alasannya adalah kurang istirahat dan mengantuk, kamu bisa coba menyeruput segelas teh atau kopi.

Jika rasa malas dan nggak bersemangat ini timbul karena banyaknya pekerjaan yang kamu harus kerjakan, cobalah untuk membuat skala prioritas. Dengan begitu, kamu bisa mulai menyelesaikan pekerjaan satu per satu berdasarkan urgensi.

3. Buat Agenda untuk Hari Senin

Sumber: Womensagenda

Dengan membuat agenda rencana sehari sebelumnya, kamu akan semakin termotivasi untuk memulai hari. Ini karena kamu tahu apa yang perlu kamu lakukan dan hal menyenangkan apa saja yang akan kamu temui.

Tanpa perencanaan yang baik, hari Senin dapat terasa berat yang dapat, Jadwalmu juga terancam terlalu penuh. Hal ini hanya akan membuat hari Senin terasa lebih menekan dan membebani.

4. Jangan Begadang, Usahakan untuk Bangun Pagi

Hari Minggu memang hari yang sempurna untuk bersantai. Nggak jarang, hal ini kemudian membuat kamu menghabiskan waktu semalaman dan ujungnya begadang.

Hal ini hanya akan membuat kamu semakin malas, mengantuk, dan tidak termotivasi melakukan kegiatan di pagi hari, apalagi untuk sekolah ataupun bekerja.

Oleh karena itu, coba tidur awal sehari sebelumnya. Dengan begitu, kamu akan bangun pagi dengan perasaan yang baik dan tubuh yang segar.

5. Membuat Orang Bahagia Bikin Kamu Jadi Bahagia

Sadarkah kamu, saat membuat orang lain bahagia, hal itu turut membuat hati kamu bahagia? Kamu bisa memanfaatkan cara ini untuk membuat hari Senin lebih menyenangkan!

Alihkan perasaan negatif terhadap hari Senin dengan menjadikan Senin sarana kamu berbagi kebahagiaan dengan orang lain,

Kamu bisa menyiapkan atau membelikan makanan buat pasangan atau keluarga di rumah. Jangan lupa juga untuk membagikan senyum kepada orang-orang yang kamu temui, yang bikin hari kamu jadi lebih menyenangkan!

6. Melakukan Aktivitas Menyenangkan Setelah Bekerja

Sumber: Freepik

Saat hari Senin tiba, kamu mungkin cenderung merasa lesu dan malas. Kamu juga mungkin tak bisa menyempatkan melakukan banyak hal di pagi hari untuk memperbaiki mood sebelum bekerja.

Jka sudah demikian, jangan putus asa terlebih dahulu. Kamu bisa memperbaiki perasaan lesu karena monday blues ini dengan membuat sejumlah rencana menyenangkan setelah pulang kerja.

Kamu bisa saja membuat rencana jalan-jalan bersama pasangan, keluarga, atau sahabat kamu ke tempat yang sudah lama ingin kamu kunjungi.

Perasaan malas dan lesu yang umumnya muncul saat mulai bekerja pun akan tergantikan dengan perasaan senang.

Kamu akan cenderung lebih bersemangat dalam bekerja karena kamu tahu ada banyak aktivitas menyenangkan yang menunggu setelah bekerja nanti.


Baca Juga: Banyak Kerjaan Saat WFH? Ini 8 Rekomendasi Digital Tools Buat Kamu!


Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan, seperti jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi altenatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

bobobox kebayoran baru

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles