Capture

Ayo Bersuara! Lawan dengan Tips Melawan Kekerasan Seksual Berikut Ini

Bobobox.co.id — Kasus kekerasan seksual semakin marak dan seringkali terulang. Kebanyakan yang menjadi korban dari kekerasan seksual tersebut adalah wanita dari berbagai kalangan dan usia.

Tentunya, setiap orang tidak mau menerima perlakuan tersebut. Namun, apabila kekerasan seksual terjadi, ada hal-hal yang harus kamu perhatikan guna melawan kekerasan seksual yang menimpamu.

Nah, berikut ini merupakan tips melawan kekerasan seksual yang bisa kamu lakukan. Dengan bersuara, kamu bisa meningkatkan awareness banyak orang untuk lebih peduli terhadap kasus kekerasan seksual.

Berikut Tips Melawan Kekerasan Seksual

1. Lawan dan Konfrontasi Langsung Pelaku

Tips melawan kekerasan seksual pertama adalah dengan melakukan perlawanan hingga konfrontasi langsung pelaku. Bersikap tegas kapan pun kamu merasa tidak nyaman akibat pelecahan seksual.

Nah, saat mengkonfrontasi, ada hal yang sebaiknya kamu perhatikan. Mulai dari situasi sekelilingmu, tetap bersikap tegas, hingga dengan tidak terpancing untuk meladeni pelaku yang meledek atau berkata kasar.

Konfrontasi langsung tips melawan kekerasan seksual

Konfrontasi langsung via pexels.com/@keira-burton

2. Meminta Bantuan Sekitar

Tips melawan kekerasan seksual berikutnya adalah dengan meminta bantuan sekitarmu. Seperti yang disinggung sebelumnya, perhatikan terlebih dahulu kondisi sekelilingmu.

Saat memungkinkan, ada baiknya untuk meminta bantuan kepada orang yang ada sekitarmu. Dengan bantuan orang lain, pelaku bisa teralihkan perhatiannya bahkan bisa lari setelah bala bantuan datang.

Meminta bantuan tips melawan kekerasan seksual

Meminta bantuan via unsplash.com/@scaitlin82

3. Teriak dan Lari

Terkadang situasi tak memungkinkanmu untuk mengonfrontasi pelaku secara langsung. Langkah paling tepat yang bisa lakukan pada momen tersebut adalah dengan berlari sekencang-kencangnya.

Hal tersebut terbilang penting mengingat memancing amarah penjahat seksual justru akan semakin membahayakan dirimu. Jika kesulitan untuk lari, kamu bisa berteriak untuk menarik perhatian orang yang ada di sekitarmu.

Teriak dan lari tips melawan kekerasan seksual

Teriak dan lari via unsplash.com/@mitchorr


Baca Juga: Sejarah Hari Perempuan Internasional


4. Simpan Bukti Bila Memungkinkan

Simpan barang bukti bila memungkin menjadi cara untuk melawan kekerasan seksual. Hal ini menjadi salah satu cara yang dilakukan oleh banyak korban yang memberanikan diri untuk speak up.

Kasus Gofar Hilman menjadi bukti nyata bagaimana dengan adanya menyimpan barang bukti terbukti ampuh. Barang buktinya sendiri tak hanya sekadar video saja, barang lain seperti pakaian pun bisa menjadi bukti.

Simpan barang bukti tips melawan kekerasan seksual

Simpan barang bukti via unsplash.com/@markuswinkler

5. Bekali Diri dengan Pengetahuan Bela Diri

Tidak ada salahnya untuk membekali diri dengan pengetahuan bela diri. Hal tersebut bisa saja menjadi pelindung bagi dirimu dari tindak kejahatan sewaktu-waktu disamping sebagai olahraga tambahan.

Walaupun begitu, jika tidak memungkinkan, membawa peralatan untuk melindungi diri adalah sebuah keharusan. Barang seperti semprotan merica akan berguna untuk mengecoh pelaku kekerasan seksual.

Pengetahuan bela diri tips melawan kekerasan seksual

Pengetahuan bela diri via pexels.com/@mikhail-nilov

6. Cerita pada Orang Terdekat

Mencari dukungan dari orang terdekat menjadi tips melawan kekerasan seksual. Menceritakan semua detil kejadian penting untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan di masa yang akan datang.

Kamu pun tak hanya sekadar bercerita saja. Tanya solusi dan bantuan yang mungkin bisa mereka beri. Misalkan saja, orang terdekatmu bisa menemanimu untuk melaporkan pelaku ke pihak berwenang jika sewaktu-waktu kamu merasakan trauma.

Cerita pada Orang Terdekat tips melawan kekerasan seksual

Cerita pada orang terdekat via unsplash.com/@benwhitephotography


Baca Juga: Hati-Hati! Kenali 5 Tanda Gaslighting Dalam Hubungan Kamu!


7. Lapor ke Pihak Berwajib

Tips melawan kekerasan seksual terakhir adalah dengan melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib. Datangilah kantor polisi terdekat di mana kamu mengalami kejahatan seksual.

Jika memungkinkan, kamu pun bisa melapor ke Komnas Perempuan. Lewat nomor 021-3903963, Komnas Perempuan nantinya akan membantu dalam memantau dan melaporkan tentang kondisi pemenuhan hak perempuan korban.

Lapor ke Pihak Berwajib tips melawan kekerasan seksual

Lapor ke Pphak berwajib via pexels.com/@introspectivedsgn

Itulah tips melawan kekerasan seksual yang tak salah untuk kamu ketahui. Simak artikel menarik lainnya di blog Bobobox ya!

Butuh akomodasi murah namun ingin mendapatkan fasilitas yang wah? Menginap di Bobobox saja! Unduh aplikasi Bobobox di sini untuk informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles