daftar soft-skill penting

Persiapkan Masa Depan dengan Mempelajari Soft-Skill Penting Berikut Ini Selagi Muda!

Bobobox.co.id — Saat kamu mulai memasuki dunia kerja, ada beberapa soft-skill penting yang perlu dipelajari. Kemampuan ini wajib dimiliki demi karier di masa depan yang lebih baik.

Jika kamu belum sempat mengasahnya selama kuliah, tak perlu khawatir. Pelajari skill-skill tersebut sesaat setelah lulus. Jangan sampai kamu mengurungkan niat karena merasa sudah ketinggalan.

Kira-kira kemampuan apa saja yang dimaksud oleh Bob? Melansir laman glints.com, simak ulasan lengkapnya pada artikel berikut ini!

Daftar Soft-Skill Penting Wajib Dimiliki

1. Berpikir Kritis

Soft-skill penting pertama yang mesti dimiliki oleh kawula muda adalah berpikir kritis. Kemampuan ini sendiri bisa dilatih dengan dua cara, yakni membaca buku serta kerap ikut berbagai diskusi.

Membaca buku dapat membantu dalam mengenal lebih banyak kosakata. Tidak hanya itu, kamu bisa membuka wawasanmu dan juga memperdalam pembelajaran tentang berbagai topik.

Sementara itu, ikut diskusi bisa dilakukan bersama keluarga, teman, atau rekan kerja. Tidak usah mendiskusikan hal berat. Cukup bahas isu-isu hangat atau ringan saja di sekitarmu saja.

soft-skill penting berpikir kritis

sumber: pexels.com/@olia-danilevich

2. Menganalisis Informasi

Soft-skill penting berikutnya adalah mampu memilah informasi yang dibaca. Hal ini cukup penting mengingat penyebaran dan kemudahan akses berita yang hanya sebatas sentuhan jari saja.

Akibatnya, semakin banyak informasi yang datang walau belum tentu terbukti kebenarannya. Kamu sudah selayaknya harus memahami cara melihat suatu informasi dengan lebih bijak lagi.

Tak hanya sekadar menelannya bulat-bulat, kamu juga harus bisa menganalisis hingga mensintesiskan informasinya. Ikut menyebarkan berita hoaks tent membuatmu terlihat kurang profesional.

cara menganalisis informasi

sumber: pexels.com/@wdnet

3. Komunikasi

Soft-skill penting lainnya yang wajib dimilik adalah komunikasi. Tak hanya untuk kawula muda yang ingin bekerja, kemampuan ini akan sangat bermanfaat untuk kehidupan bermasyarakat.

Cara mendapatkan soft skill ni bisa dimulai dengan menjadi pendengar yang baik. Saat seseorang mendengarkan orang lain, coba fokus pada apa yang sedang mereka bicarakan.

Selain itu, kamu juga bisa mulai dengan belajar berbicara dengan baik. Rekam omongan yang telah kamu lakukan. Setelah itu, dengarkan dan cek kembali apa yang kurang dari cara berkomunikasimu.

grup sedang berkomunikasi

sumber: pexels.com/@jopwell


Baca Juga: Sulit Dapatkan Pekerjaan? Coba Pertimbangkan 10 Pekerjaan Yang Paling Dicari 2021 Oleh Perusahaan Ini


4. Kepemimpinan

Memang tidak semua orang suka menjadi seorang pemimpin. Namun, soft-skill penting ini wajib kamu miliki jika kamu ingin sukses dan berhasil di masa yang akan datang.

Pasalnya, skill ini akan mengantarkanmu pada posisi tinggi. Mengapa bisa begitu? Karena semakin tinggi posisi, kamu tidak bisa menghindar untuk menjadi seorang pemimpin di posisimu.

Unutk memulainya, cukup berani terlebih dahulu. Jika dipercaya untuk memimpin sebuah projek, terimalah tantangan tersebut. Bahkan, akan lebih baik jika kamu dapat merekomendasikan dirimu.

soft-skill penting kepemimpinan

sumber: pexels.com/@fauxels

5. Kreatif dan Inovatif

Selain kepemimpinan, soft-skill penting lain yang wajib dimiliki adalah kreatif dan inovatif. Kedua kemampuan saling berkaitan satu sama lain dan harus diasah sejak kamu kuliah.

Cara untuk mengasah kemampuan ini adalah mulai dari rasa ingin tahu. Rasa ingin tahu ini akan membuatmu tidak berhenti mencari sumber pemasalahan hingga berhasil mendapatkannya.

Setelah mengetahui sumbernya, kamu akan memikir solusi yang tepat dan efektif. Dengan kreatif dan inovasi, kamu akan terbantu untuk mencari solusi yang paling efisien.

soft-skill penting kreatif dan inovatif

sumber: pexels.com/@pixabay

6. Mampu Berkolaborasi

Soft skill selanjutnya yang harus dimiliki oleh seorang profesional muda adalah kemampuan kerja sama dan kolaborasi.

Menjadi seseorang yang bisa diajak bekerja sama di dalam tim sangat penting untuk kariermu. Banyak orang yang mampu bekerja sangat baik jika bekerja sendiri, tapi kesulitan ketika harus bekerja sama.

Hal seperti ini akan menyusahkan diri sendiri dan juga menghambat kerja tim. Maka dari itu, kamu harus mengasah skill yang satu ini jika ingin berhasil sebagai seorang profesional muda.

soft-skill penting berkolaborasi

sumber: pexels.com/@divinetechygirl


Baca Juga: Sedang Berada Di Titik Terendah Di Hidupmu? Simak Kata Kata Motivasi Terbaik Berikut Ini!


7. Adaptasi

Kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa dunia kerja jauh lebih keras dibanding dunia perkulihan. Untuk bisa bertahan, hanya ada satu cara yang bisa kamu lakukan, yakni beradaptasi.

Soft-skill penting ini mampu membuat setiap pekerjaan yang awalnya terasa berat dilakukan di awal menjadi ringan. Hal ini bisa terjadi kamu sudah mulai bisa beradaptasi dengan pekerjaanmu.

Jika kamu belum bisa beradaptasi dengan pekerjaanmu, jangan khawatir. Cobalah untuk melakukan adaptasi sedikit demi sedikit. Tak usah panik jika kamu belum bisa melakukan secepat orang lain.

beradaptasi dengan lingkungan

sumber: pexels.com/@pixabay

8. Networking

Siapa yang meragukan networking? Mempunyai networking yang luas akan sangat bermanfaat bagi kariermu. Alasannya adalah terbukanya banyak kesempatan dan peluang untukmu.

Semakin luas networking, semakin banyak pula peluang yang terbuka. Banyak yang bilang jika memperluas networking sulit. Padahal, kamu bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja.

Hal terpenting lagi adalah jangan pernah melewatkan kesempatan untuk membuka network baru. Siapa tahu network baru tersebut justru menjadi area baru yang bisa menghasilkan pundi tambahan.

soft-skill penting membangun networking

sumber: pexels.com/@visual-tag-mx-1321732

9. Manajemen Waktu

Soft-skill penting lainnya yang harus dimiliki adalah manajemen waktu. Dalam dunia kerja, menjadi seseorang yang tepat waktu adalah elemen penting dan harus kamu kuasai.

Datang terlambat atau menyelesaikan pekerjaan lewat dari deadline adalah contoh buruk. Hal ini bisa merepresentasikan bahwa kamu adalah sosok pribadi yang kurang disiplin dan tidak profesional.

Meskipun kamu bukan orang yang suka menjadwalkan segala hal, mempunyai timeline adalah hal penting. Ini dilakukan demi mempunyai masa depan yang cerah saat menguasainya skillnya.

soft-skill penting manajemen waktu

sumber: pexels.com/@michaela-87369


Baca Juga: 10 Pekerjaan Sampingan Yang Bisa Dilakukan Selama WFH


10. Public Speaking

Soft-skill penting terakhir yang harus dimiliki adalah public speaking. Karena dirasa sulit, banyak sekali orang yang merasa tidak memiliki kemampuan untuk berbicara di depan umum atau publik.

Padahal, sukses di masa depan dimulai dari menaklukkan skill satu ini. Oleh karenanya, kamu wajib mengatasi ketakutan dalam dirimu yang mungkin menjadi penghalang untuk berbicara di depan umum.

Tanamkan pada diri bahwa public speaking hanya terlihat menakutkan di awal. Lama-kelamaan, kamu akan terbiasa melakukannya jika kamu melakukannya sesering mungkin.

soft-skill penting public speaking

sumber: pexels.com/@mentatdgt-330508

Menginap saat Bosan di Rumah? Ya di Bobobox

Bila kamu mulai merasa bosan dan ingin menginap di akomodasi penginapan yang bisa memberi pengalaman yang berbeda, Bob punya rekomendasi untuk hal tersebut lho.

Rekomendasi dari Bob adalah untuk langsung saja datang ke Bobobox. Hotel kapsul ini termasuk akomodasi penginapan yang memadukan antara desain minimalis dan teknologi yang kekinian.

Maksudnya, saat berada di Bobobox, kamu akan disuguhi oleh desain interior hotel kapsul yang minimalis dengan fasilitas-fasilitas keren seperti lampu led, pengeras suara Bluetooth, hingga koneksi WiFi yang bisa diandalkan.

Pemesanan pod bisa kamu lakukan melalui aplikasi Bobobox yang bisa diunduh di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles