@Merdeka.com

Tak Sepele! Ini Dia Peran Seni dalam Kehidupan Manusia!

Peran seni dalam kehidupan manusia faktanya sangat beragam. Sejak zaman dahulu, karya seni sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari manusia bahkan hingga saat ini dengan berbagai fungsionalitas yang berbeda.

Berdasarkan penuturan dari Chapman, fungsi dari seni dibagi menjadi enam bagian. Beberapa fungsi ini diantaranya adalah fungsi pribadi, fungsi masyarakat, fungsi fisik, fungsi keagamaan, fungsi pendidikan, dan fungsi ekonomi. Seperti apakah fungsi karya seni ini mempengarui kehidupan manusia? Simak informasinya berikut ini!

1. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Pribadi

Pertama, seni memiliki peran dan fungsi pribadi. Fungsi seni dalam individu adalah sebuah konsep penciptaan seni yang lebih menekankan pada proses emosional dari sang seniman. Seniman memiliki peran sebagai kreator dalam menciptakan sebuah karya seni, semua ide, imajinasi, pemikiran dituangkan sehingga menghasilkan sebuah karya seni.

Tak heran jika sebuah karya seni mencitrakan pemikiran dan karakter psikologis dari si penciptanya atau sang seniman. Jika kamu adalah seorang pecinta karya seni, kamu akan dapat membaca karakter seniman dari karya yang dibuatnya. Oleh karena itu sesuatu yang penting bagi seniman untuk dapat berkarya dengan jujur dari hati.

2. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Masyarakat

apa itu terapi seni

PETALING JAYA 27 OGOS 2020. (Untuk Razis Metro) Sukarelawan Persatuan Sokongan dan Kesedaran Penyakit Mental (MIASA), Dan Percival (tengah) bersama pelajar-pelajar sakit mental di kelas terapi melukis di pejabat MIASA. KHIS/MUSTAFFA KAMAL

Selanjutnya, karya seni pada umumnya disajikan kepada masyarakat atau audiens untuk kemudian diinikmati, diamati, dan diapresiasi. Selama proses tersebut terjadilah proses komunikasi untuk menilai, mencari, dan menggali makna visual dari sebuah karya seni rupa.

Seni dapat memiliki fungsi masyarakat yang dibagi menjadi dua bagian yaitu fungsi rekreasi dan fungsi komunikasi. Fungsi seni di masyarakat yang bersifat rekreasi atau wisata memiliki artian karya seni yang dikonsep atau diprogram untuk menarik wisatawan. Di sisi lain fungsi seni masyarakat yang bersifat komunikasi adalah karya seni yang memiliki pesan visual yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Baca Juga: Apa itu Terapi Seni? Cara Baru Atasi Stres dan Kecemasan

3. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Fisik

Seni memiliki fungsi fisik yang erat hubungannya dengan seni pakai atau nilai guna. Ada banyak sekali karya seni dalam kehidupan sehari-hari yang memang memiliki fungsi sebagai sarana penunjang kehidupan. Kelebihan karya seni dengan fungsi fisik ini tentunya memudahkan kelangsungan hidup manusia dari segi fungsionalitasnya. Di sisi lain, kekurangan dari karya seni yang berorientasi pada fungsi fisik adalah terabaikannya nilai estetika dari karya tersebut. Beberapa contoh karya seni dengan fungsi fisik ini diantaranya adalah  kursi, mebel, keramik, perabot, aksesoris dan barang-barang fashion lainnya.

4. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Keagamaan

Sejak zaman dahulu seni memiliki hubungan yang sangat erat dengan hal-hal yang berbau keagamaan. Seni memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan di bidang keagamaan atau religi. Baik di masa modern ataupun di zaman pra sejarah, seni menjadi wadah pergolakan pemikiran dan kreativitas yang dieksplorasi menuju pencerahan. Sebagai contohnya adalah seniman Renaisans yang pada waktu itu berkarya untuk kepentingan gereja dengan bantuan dukungan dari penguasa atau bangsawan.

Hal ini membuat banyak seniman pada zaman itu sangat berpengaruh dalam menciptakan karya seni yang religius sebagai penunjang peradaban Renaisans. Beberapa seniman-seniman terkenal diantaranya adalah Filippo Brunelleschi, Leonardo da Vinci, Michaelangelo, Andrea Mantegna,dan Raphael. Seniman-seniman ini terkenal dengan karya mereka dalam melukis dan membuat patung untuk kepentingan gereja.

5. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Pendidikan

Seni juga memiliki peran dalam bidang pendidikan yang berperan dalam menunjang lancarnya proses belajar mengajar. Melalui karya seni, seniman dapat memanfaatkannya sebagai salah satu pilihan mediator penyampaian pesan dalam proses belajar. Ada berbagai metode dalam proses belajar mengajar yang bisa dilakukan dengan memanfaatkan karya seni, mulai dari metode verbal maupun non-verbal.

Selain itu, seni visual atau seni rupa pun bisa juga diterapkan dalam pendidikan. Saat pesan verbal membutuhkan sarana pendukung dalam bentuk visual, seniman dapat mencoba untuk menghadirkannya dalam bentuk gambar, lukisan, ilustrasi, ataupun poster. Dengan begitu bisa dibilang bahwa seni visual mungkin lebih efektif dalam penyampaian gagasan, ide atau cerita, yang tunjang secara verbal.

6. Peran Seni dalam Kehidupan Manusia: Fungsi Ekonomi

toko oleh-oleh Pasar Seni Sukawati

Saat seorang seniman menciptakan sebuah karya seni, tentunya ia memiliki tujuan yang ingin capai. Salah satu tujuan dari diciptakannya karya seni adalah pencapaian nilai artistik untuk menghadirkan sebuah makna. Meskipun demikan, ada juga seniman yang menciptakan karya dengan tujuan atau fungsi lain seperti fungsi ekonomi. Hal ini tentunya sangat wajar terjadi karena seniman pun perlu memenuhi kebutuhannya dalam bertahan hidup.

Kesimpulannya, secara mendasar sifat seni ini mempunyai nilai estetika dan juga dapat memiliki nilai komersil. Besarnya nilai komersil dari seni murni adalah imbas atau efek yang ditimbulkan. Sebagai contoh, sebuah lukisan bisa berharga 20 juta sampai 1 milyar atau bahkan lebih. Besar kecilnya nilai sebuah seni akan sangat bergantung dengan seberapa besar penghargaan pada sebuah nilai estetika dari karya seni rupa.

Baca Juga: Butuh Penyegaran Pikiran dari Kepenatan Hari Senin? Ini Dia Rekomendasi Film Rom-Com 2000an Untuk Ringankan Beban Pikiranmu

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles