Pentingnya Berolahraga Saat Puasa

9 Manfaat Olahraga Saat Puasa yang Wajib Kamu Tahu!

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa olahraga saat berpuasa adalah hal yang berat dan dapat membuat tubuh cepat lelah.

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat banyak manfaat olahraga saat puasa yang baik untuk kesehatan tubuh?

Selama bulan puasa, tubuh mengalami beberapa perubahan, termasuk peningkatan kadar gula darah dan penurunan cairan tubuh.

Berolahraga dapat membantu mengurangi efek negatif dari perubahan-perubahan tersebut. Selain itu, manfaat olahraga saat puasa juga dapat membantu menjaga berat badan dan meningkatkan stamina tubuh.

9 Manfaat Olahraga saat Puasa

1. Lebih Mudah Membakar Lemak

Ketika sedang berpuasa, tidak adanya asupan makanan bagi tubuh dapat membuat olahraga menjadi lebih efektif.

Pada umumnya, makanan yang dikonsumsi akan diubah menjadi lemak dan akhirnya tertimbun karena kurangnya aktivitas fisik.

Dengan tidak adanya asupan makanan saat berpuasa, maka tidak akan ada penimbunan lemak pada perut. Akibatnya, olahraga pun menjadi lebih efisien dalam membakar lemak tubuh.

Baca juga: Tips Sehat Saat Puasa Agar Tetap Bugar Beraktivitas

2. Mengusir Rasa Malas dan Kantuk

Mengusir Rasa Malas dan Kantuk

Sumber: Ketut Subiyanto via Pexels

Jika tubuh tidak mendapatkan asupan nutrisi dan vitamin yang cukup selama puasa, kamu bisa mudah merasa mengantuk dan malas.

Namun, saat berolahraga, lemak dalam tubuh akan diubah menjadi glukosa, sehingga dapat mengusir rasa malas dan kantuk.

Dengan demikian, olahraga saat puasa dapat membantu menjaga kebugaran tubuh dan meningkatkan energi.

3. Meningkatkan Konsentrasi 

Saat sedang berpuasa di siang hari, biasanya kamu akan lebih mudah merasa mengantuk dan lelah. Hal ini tentunya akan mengganggu konsentrasi kamu saat belajar atau bekerja.

Untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu melakukan olahraga ringan. Menurut penelitian di Universitas California, berolahraga ringan saat puasa dapat meningkatkan fungsi kognitif dan konsentrasi.

Selain itu, berolahraga saat puasa juga memberi kesempatan tubuhmu bergerak dan menghasilkan keringat, sehingga dapat meningkatkan rasa semangat. 

4. Menjaga Berat Badan

Selama berpuasa, kamu tidak mengonsumsi kalori dari makanan dan minuman. Dengan berolahraga, kamu dapat membakar kalori berlebih dan lemak yang terdapat pada tubuh.

Namun, manfaat ini hanya bisa diperoleh jika kamu melakukan olahraga dengan durasi dan intensitas yang tepat.

Olahraga ringan yang dikombinasikan dengan puasa juga bisa membantu mempercepat proses diet, sehingga berat badan bisa turun lebih cepat.

5. Mencegah Penyakit Diabetes

Makanan manis seperti kolak atau es buah kerap menjadi pilihan untuk berbuka puasa. Namun, banyaknya kandungan gula dalam menu tersebut dapat meningkatkan risiko gula darah tinggi.

Berolahraga dapat membantu meningkatkan insulin dalam tubuh, sehingga dapat mencegah penyakit diabetes.

6. Detoksifikasi Tubuh Tetap Lancar

Saat berpuasa, proses detoksifikasi tubuh dapat terhambat karena sistem metabolisme tubuh sedang beristirahat. Namun, dengan berolahraga, proses detoksifikasi dapat ditingkatkan.

Olahraga mampu memperlancar aliran darah dan kelenjar getah bening, sehingga membantu tubuh mengeluarkan racun dengan lebih efektif dan mempercepat proses detoksifikasi.

7. Menghilangkan Stress 

Menghilangkan Stress

Sumber: Andrew Neel via Pexels

Berolahraga saat berpuasa dapat membantu mengurangi stres. Hal ini disebabkan oleh gerakan yang beragam dan interaksi sosial yang dilakukan selama berolahraga.

Dengan demikian, penting untuk meluangkan waktu untuk berolahraga meskipun aktivitasmu padat.

Pilihlah jenis olahraga yang sesuai dengan kebutuhan dan minatmu. Salah satu jenis olahraga ringan dan menyenangkan yaitu zumba atau piloxing (gabungan pilates dan tinju) yang bisa sebagai sarana untuk meringankan stress.

8. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Kebanyakan orang menghindari kegiatan olahraga karena takut merasa lemas dan lelah sehingga membuat mereka membatalkan puasa. 

Namun, kenyataannya adalah berolahraga saat berpuasa bisa membantu menjaga stamina tubuh agar tetap kuat.

Selain itu, olahraga juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tidak mudah sakit saat berpuasa.

Kamu bisa memilih berbagai jenis olahraga yang cukup ringan seperti bersepeda, jalan santai, atau jogging.

Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Apa Saja dan Kapan Waktu Terbaiknya?

9. Memperbaiki Komposisi Tubuh 

Salah satu manfaat berolahraga saat puasa adalah memperbaiki komposisi tubuh. Untuk mendapatkan manfaat ini, disarankan untuk melakukan olahraga aerobik sebelum berbuka puasa.

Olahraga aerobik dapat meningkatkan pemecahan lemak dalam jaringan otot dan lemak, yang pada akhirnya dapat mengurangi jumlah lemak tubuh dengan efektif.

Baca juga: Olahraga Saat Puasa, Apa Saja dan Kapan Waktu Terbaiknya?

4 Tips Menjaga Kebiasaan Berolahraga saat Puasa

Walau memiliki banyak manfaat, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan ketika berolahraga saat berpuasa:

1. Pilih Jenis Olahraga yang Ringan 

Pertama, disarankan memilih jenis olahraga yang intensitasnya ringan saat sedang berpuasa.

Lebih baik hindari jenis olahraga yang tergolong berat, seperti sepak bola, renang, atau badminton, karena dapat membuat kamu lebih cepat lelah dan berpotensi mengalami cedera. 

Sebelum memilih jenis olahraga saat puasa yang tepat, kamu perlu memahami toleransi tubuhmu. Kamu dapat memilih olahraga seperti jalan cepat, bersepeda, yoga, pilates, hula hoop, dan lompat tali.

Jenis-jenis olahraga tersebut dapat kamu lakukan selama 30 menit dengan frekuensi 3–5 kali seminggu, dan bisa sebagai kegiatan menunggu waktu buka puasa.

2. Tentukan Waktu Olahraga yang Tepat 

Kamu juga perlu menentukan waktu olahraga yang tepat untuk menghindari risiko gangguan kesehatan seperti dehidrasi dan turunnya kadar gula darah. 

Berolahraga selama tidak lebih dari 30 menit pada sore menjelang berbuka, malam hari antara 2-4 jam setelah berbuka, atau pagi hari setelah sahur dapat membantu kamu tetap fit.

Berolahraga pada waktu yang tepat juga dapat membantu mengurangi rasa lapar dan haus serta memaksimalkan energi dalam tubuh.

3. Perbanyak Minum Air Putih 

Saat berpuasa, kamu berisiko mengalami dehidrasi yang lebih tinggi. Untuk menghindari hal tersebut, disarankan untuk memenuhi kebutuhan cairan dengan minum minimal 8 gelas air putih sehari.

Para ahli menyarankan untuk menerapkan pola minum 2-4-2, yaitu minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di antara makan besar sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

4. Jaga Asupan Makanan

Selama puasa, waktu untuk makan dan minum terbatas pada antara berbuka dan sahur.

Agar tetap dapat beraktivitas dan berolahraga dengan baik, pastikan asupan makanan kamu seimbang pada kedua waktu makan tersebut.

Konsumsilah makanan bergizi lengkap dengan porsi yang sesuai, serta pastikan bahwa menu makananmu mengandung nutrisi penting yang diperlukan oleh tubuh.

Berikut adalah beberapa nutrisi yang harus ada dalam santapanmu:

  • Karbohidrat: Pilihlah karbohidrat kompleks seperti nasi merah, kentang, dan singkong yang dapat membuat kamu kenyang lebih lama dan memberikan cadangan energi.
  • Protein: Menyumbang energi dan membangun kekuatan pada otot. Orang dewasa membutuhkan sekitar 60–65 gram protein/hari.
  • Lemak: Menyumbang energi dan bermanfaat dalam penyerapan vitamin larut lemak. Kamu membutuhkan sekitar 60–75 gram lemak sehat setiap harinya.
  • Vitamin dan serat: Dapatkan vitamin dan serat dari asupan buah dan sayur.
  • Mineral: Mineral memiliki berbagai fungsi penting pada tubuh, seperti mengaktifkan enzim pencernaan hingga kepadatan tulang.

Baca juga: Tips Mencegah Dehidrasi Saat Berpuasa di Tengah Cuaca Panas

Sensasi Penginapan Modern di Tengah Alam Hijau

bobocabin

Sumber: bobobox.com

Berencana healing dengan liburan singkat di momen lebaran, tapi bingung harus menginap di mana? Bobocabin jawabannya! 

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tempat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles