makanan khas lebaran

17 Makanan Khas Lebaran yang Buat Kamu Pengen Pulang Kampung!

Lebaran adalah momen yang penuh dengan kehangatan dan kebersamaan. Perayaan ini kerap diwarnai santapan khas yang mengingatkan akan aroma dan rasa pulang kampung.

Meskipun jarak memisahkan dari kampung halaman, kamu dapat mengobati kerinduan tersebut melalui hidangan-hidangan lezatnya. 

Dari ketupat hingga opor ayam, mari kenang cita rasa yang menggugah selera, menghangatkan hati, dan tentunya bikin kamu ingin pulang kampung.

Makanan Khas Lebaran

Berikut ini makanan khas lebaran yang selalu dihidangkan di atas meja makan, yaitu:

1. Ketupat

Ketupat

Sumber: Cookidoo

Ketupat adalah menu yang wajib ada saat momen Lebaran. Saking melekatnya, hidangan ini tidak hanya ditemukan di piring makan saja, tapi juga sebagai inspirasi desain dan dekorasi Idulfitri.

Ketupat biasanya disantap bersama hidangan khas Lebaran lainnya, seperti rendang, opor ayam, semur daging, sate ayam, dan masih banyak lagi.

2. Sambal Goreng Ati

Sambal ini dibuat dari kentang yang dipotong dadu, dipadukan dengan ati yang juga dipotong dadu. Makanan ini cocok dimakan dengan berbagai menu makanan khas Lebaran lainnya.

3. Rendang

Rendang

Sumber: Tripadvisor

Kuliner khas Minang yang sudah mendunia ini juga merupakan makanan khas Lebaran. Rendang kerap disajikan bersama opor ayam dan ketupat.

Baca juga: Sudah Siap Menyambut Hari yang Fitri? Ketahuilah 10 Tradisi Lebaran Unik di Indonesia!

4. Kue Nastar

Sudah menjadi tradisi di Indonesia untuk menyiapkan kue kering saat hari raya, baik itu dengan membeli maupun membuat sendiri. Salah satu kue kering yang populer adalah nastar selai nanas.

5. Opor ayam

Opor ayam

Sumber: astronauts.id

Nah, ini dia hidangan yang paling umum dimakan bersama ketupat dan rendang ketika Lebaran. Pasalnya, opor ayam memang sangat lekat dengan tradisi saat momen Lebaran.

Kalau menyantap makanan ini di perantauan, dijamin kamu akan kangen momen Lebaran di kampung halaman.

Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Gulai Sayur

Jika lelah menyantap menu olahan daging ayam, gulai sayur bisa menjadi pilihan yang cocok disantap bersama ketupat.

Sayuran yang umumnya menjadi bahan gulai sayur adalah daun singkong, bayam, nangka, dan berbagai sayur hijau lain. 

Bahan pembuatan gulai sayur sendiri adalah santan, kunyit, bawang, lengkuas, jahe, dan ketumbar.

7. Lodeh

Sayur lodeh merupakan masakan sayur berkuah santan khas Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Sayur lodeh juga mempunyai berbagai macam variasi terutama pada bumbunya. Ada yang menggunakan santan berwarna putih, ada juga yang warna kuning kemerahan.

8. Kastengel

Kastengel

Sumber: Resep Kue Ibu via Facebook

Kue kering yang juga populer saat momen Lebaran adalah kastengel, yaitu kue kering yang dibuat dari adonan tepung terigu, telur, margarin, dan parutan keju.

Kue ini berbentuk persegi panjang dengan panjang sekitar 3 sentimeter dan bertabur keju parut di atasnya. Kastengel dibuat dengan cara dipanggang oven hingga berwarna kuning keemasan.

9. Sayur Labu Siam

Sayur labu siam dibuat dari labu siam yang diberi kuah santan serta bumbu bawang, ketumbar, kemiri, dan garam.

Sayur labu siam biasanya dihidangkan saat Lebaran bersama dengan hidangan lain seperti rendang, opor, dan ayam goreng.

Baca juga: 5 Kue Kering Khas Betawi yang Kerap Disajikan di Hari Lebaran

10. Kue Putri Salju

Kue kering yang satu ini juga menjadi salah satu kue yang wajib ada saat Lebaran.

Kue putri salju biasanya berbentuk bulan sabit. Di atasnya, kamu kerap menjumpai taburan gula halus yang menjadikannya mirip salju.

Kue putri salju dibuat dari adonan tepung terigu, maizena, mentega, dan kuning telur. Banyak orang menyukai kue ini karena rasanya yang enak, gurih, dan menimbulkan sensasi “dingin” saat digigit.

11. Astor

Hingga sekarang, wafer rol ini masih tetap eksis dan kerap disajikan sebagai camilan untuk menyambut tamu. Astor tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti cokelat, stroberi, vanila, dan lain-lain.

12. Pempek Palembang

Pempek Palembang

Sumber: Cake Susu Moo

Makanan khas Palembang ini terbuat dari daging ikan tenggiri yang digiling lembut dan dicampur dengan tepung sagu atau tepung kanji.

Umumya, pempek disajikan dengan kuah cuka yang asam, manis, dan pedas. Kombinasi rasa yang nikmat ini menjadikan pempek salah satu hidangan favorit ketika Lebaran.

13. Tekwan

Bagi orang Sumatra, tekwan menjadi hidangan andalan yang wajib ada saat Lebaran.

Tekwan sendiri adalah jenis makanan olahan ikan yang mirip dengan pempek. Kedua jenis makanan ini sama-sama menggunakan sagu dalam pengolahannya.

Bedanya, pempek digoreng dan dimakan dengan cuka. Sementar itu, tekwan direbus dengan kuah berbumbu dan biasanya dimakan bersama bihun.

14. Semur

Semur

Sumber: Bango

Hidangan daging ini direbus dengan kuah berwarna cokelat pekat yang diracik menggunakan kecap, bawang merah, bawang putih, pala, dan rempah lain.

Semur biasanya berisi daging sapi dan kentang. Isinya pun dapat bermacam-macam. Kamu bisa menambahkan ayam, wortel, tempe, telur, tahu, ikan, dan bahan lain sesuai selera.

15. Rawon 

Rawon merupakan masakan khas Jawa Timur berupa sup daging kuah hitam dengan campuran bumbu khas yang memakai buah kluwak.

Menu rawon sering disajikan pada hari raya Idul fitri atau Idul adha.

16. Soto

Soto

Sumber: ruparupa.com

Jika kamu ingin menyajikan hidangan segar, maka kamu dapat mempertimbangkan untuk memasak soto, karena soto merupakan salah satu hidangan khas Lebaran yang wajib ada di beberapa wilayah Indonesia. Terdapat beragam varian soto yang tersedia, seperti soto daging dengan kuah bening atau soto ayam dengan kuah santan. Kamu dapat memilih jenis soto yang paling populer untuk disajikan saat perayaan Lebaran.

17. Sokko’ Tumbu

Sokko' Tumbu

Sumber: cookpad.com

Sokko’ Tumbu merupakan masakan khas Bugis yang sering disajikan sebagai sajian khas Lebaran yang menghiasi meja mereka. Sokko’ Tumbu terbuat dari beras ketan dan santan yang dimasak dengan merebusnya menggunakan daun pisang yang sebelumnya dibentuk dengan pipa atau batang bambu. Proses memasak Sokko’ Tumbu biasanya memakan waktu 4 hingga 5 jam, dan hidangan ini memiliki cita rasa yang nikmat, terutama ketika disajikan bersama kue nora yang terbuat dari gula merah.

Baca juga: 13 Cara Membuat Kue Kering tanpa Oven untuk Lebaran

Ingin Wisata Kuliner dengan Mudah?

Ingin Wisata Kuliner dengan Mudah

Sumber: bobobox.com

Ingin wisata kuliner tanpa repot memikirkan mode transportasi? Bobopod Kebayoran adalah solusi penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan terjangkau.

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan yang kamu bungkus di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkannya terlebih dahulu.

Klik di sini untuk reservasi dan informasi lebih lanjut mengenai Bobopod!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles