ngabuburit olahraga

Ngabuburit Sambil Olahraga, Ini 8 Manfaat Olahraga Panahan bagi Tubuh dan Mental

Olahraga panahan adalah salah satu jenis olahraga yang sedang populer sebagai hobi sekarang. Selain terlihat keren, tentunya olahraga panahan memiliki manfaat untuk kesehatan.

Bagaimana tidak, olahraga satu ini tidak hanya membutuhkan kekuatan otot, tetapi juga koordinasi dan konsentrasi yang tinggi.

Masih banyak orang yang belum mengenal baik manfaat olahraga panahan untuk kesehatan. Bila kamu tertarik untuk mencoba olahraga panahan, yuk cari tahu dulu berbagai manfaatnya!

Mengenal Olahraga Panahan

Mengenal Olahraga Panahan

Sumber: Kampus Production via Pexels

Panahan adalah jenis olahraga yang menggunakan busur dan anak panah untuk menembak sasaran.

Target atau sasaran panahan terdiri dari sepuluh lingkaran konsentris. Poin diberikan berdasarkan di lingkaran mana anak panah mendarat. 

Banyak sekali manfaat yang dapat dirasakan oleh tubuh dan mental dari olahraga panahan. Namun, sebelum itu, simak dulu sejarah dan teknik-teknik olahraga panahan serta peralatan yang dibutuhkan.

Bobocabin Bobobox

Sejarah Olahraga Panahan 

Panahan telah dimulai sejak 5.000 tahun yang lalu. Awalnya, panahan dilakukan untuk berburu, sebelum kemudian berkembang menjadi posisi dalam pertempuran, lalu sebagai olahraga ketepatan.

Ahli purbakala penggalian di Mesir juga telah menemukan tubuh seorang prajurit Mesir Kuno yang mati ditembus anak panah. Data menunjukkan bahwa ini terjadi kira-kira 2.100 tahun sebelum masehi.

Dari catatan sejarah, baru pada tahun 1676, atas prakarsa Raja Charles II dari Inggris, panahan mulai dipandang sebagai suatu cabang olahraga.

Kemudian, banyak negara-negara lain yang juga menganggap panahan sebagai olahraga dan bukan lagi sebagai senjata berperang.

Pada tahun 1844 di Inggris, diselenggarakan perlombaan panahan kejuaraan nasional pertama di bawah nama GNAS (Grand National Archery Society).

Pertandingan serupa akhirnya dilangsungkan di Amerika Serikat. Amerika menyelenggarakan kejuaraan nasionalnya yang pertama pada tahun 1879 di Chicago.

Baca Juga: Olahraga Saat Puasa, Apa Saja dan Kapan Waktu Terbaiknya?

Teknik Panahan

1. Sikap atau posisi

Sikap atau posisi

Sumber: nysnmedia.com

Posisi pemanah saat memegang busur dan anak panah merupakan teknis dasar yang perlu dikuasai.

Keseimbangan sikap atau posisi sangat penting dalam memanah, karena kamu harus mampu menahan tubuh saat membidik dan membuat tembakan.

Berlatih memanah membantumu mendapatkan kendali atas keseimbangan saat fokus untuk mencoba membidik pusat target.

Semakin banyak berlatih, semakin sering otot inti akan terbiasa menyeimbangkan tubuh dan menjaganya tetap stabil, saat membidik serta menembakkan panah. 

2. Penempatan anak panah

horsebowarchery.wordpress.com

Sumber: horsebowarchery.wordpress.com

Ini mengacu pada penempatan panah di antara jari-jari dan di atas ujung panah, yang juga disebut sebagai nocking. Berikut ini aspek yang harus diperhatikan pada penempatan panah:

  • Pastikan ekor anak panah menjauhi bagian sisi busur.
  • Perhatikan apakah ekor anak panah sudah benar-benar masuk secara tepat ke tali.
  • Pastikan anak panah telah masuk sepenuhnya dan sudah pas di nock. Terbangnya anak panah pasti akan terganggu jika anak panah terlalu besar atau longgar.

3. Memegang anak panah dan busur

Memegang anak panah dan busur

Sumber: hellosehat.com

Dalam memanah, teknik memegang anak panah dan busur juga harus benar agar eksekusi berjalan lancar, sehingga tembakan tidak meleset.

Teknik memanah ini bisa dilakukan dengan menempatkan atau mengaitkan jari di tali sesudah anak panah, nocking point, atau ekor anak panah sudah dipasang dengan benar:

  • Tempatkan posisi jari di tali dan tali busur perlu berada pada sendi pertama jari.
  • Jangan pernah melakukan peletakan tali di bagian sendi pertama pada jari atas dan bawah. 
  • Sebelum menembak, cek dulu tali di antara posisi jari dan nocking point sudah tepat.
  • Gunakan pembatas jari, sehingga posisi tepat dan lebih rileks.

4. Menarik busur panah

Menarik busur panah

Menarik busur panah atau drawing merupakan teknik gerakan di mana pemanah perlu menarik tali busur sampai menyentuh dagu, bibir, dan hidung.

Tahap ini disertai dengan peletakan tangan ke penarik tali busur yang ada di dagu. Teknik ini dilakukan dengan:

  • Pre-draw: Gerakan tarikan awal dan saat penerapannya, pemanah telah mengunci sendi bahu, sendi siku, serta sendi pergelangan tangan agar anak panah siap ditarik.
  • Primary draw: Tarikan utama saat posisi dimulai dari pre-draw hingga tali busur menyentuh dagu, bibir, serta hidung pemanah. Saat anak panah akan dilepaskan, teknik akan berakhir di posisi penjangkaran.
  • Secondary draw: Disebut juga sebagai tarikan kedua, yaitu gerakan yang akan menahan tarikan tali saat berada di penjangkaran. 

5. Membidik dan melepaskan tembakan

Membidik dan melepaskan tembakan

Sumber: hellosehat.com

Teknik penting selanjutnya dalam olahraga panahan yaitu membidik.

Gerakan membidik bertujuan untuk mengarahkan alat panahan pembidik agar tepat menembak target. Posisi tubuh pemanah harus dipertahankan agar tidak bergerak dan tembakan tidak meleset. 

Saat tahap pembidikan sudah dilakukan, teknik berikutnya yaitu melepas tali busur atau release.

Gerakan melepas tali busur dilakukan dengan merilekskan jari-jari yang digunakan sebagai penarik.

Teknik yang baik memakai kekuatan penuh yang diberikan dari tali pada busur yang digunakan. Sebab, kekuatan maksimal akan mencegah tali bergetar.

Baca Juga: Agar Tidur Lebih Nyenyak, Yuk Lakukan 7 Tipe Olahraga Ini Sebelum Tidur!

8 Manfaat Olahraga Panahan

1. Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Meningkatkan Koordinasi Mata dan Tangan

Sumber: sportstars.id

Manfaat olahraga panahan yang pertama adalah meningkatkan koordinasi antara mata dan tanganmu.

Pasalnya, ketika memanah kedua tangan harus bekerja sama melakukan tugas berbeda, yakni membidik sekaligus menembakkan anak panah sesuai sasaran yang mata lihat.

Nah, dengan terus melatihnya, koordinasi tubuhmu pun akan jadi jauh lebih baik.

2. Melatih Keseimbangan

Melatih Keseimbangan

Sumber: radarjember.jawapos.com

Selain meningkatkan koordinasi, olahraga panahan juga bermanfaat untuk melatih keseimbangan tubuh.

Saat menembakkan anak panah, kamu harus menjaga tubuh dalam posisi konstan. Jadi, panahan secara rutin akan membuat otot inti semakin terbiasa menyeimbangkan tubuh.

3. Mengembangkan Fokus dan Konsentrasi

Meningkatkan Fokus dan Konsentrasi

Sumber: pexels.com

Olahraga panahan juga bermanfaat untuk meningkatkan fokus dan konsentrasi.

Sebagai seorang pemanah, kamu harus memiliki kemampuan tinggi dalam berkonsentrasi untuk membidik sasaran dan memaksimalkan akurasi bidikan.

Kamu tidak boleh teralihkan oleh berbagai gangguan, entah itu suara bising, angin, maupun tekanan dari lawan; di tengah segala distraksi, kamu dituntut mampu memfokuskan diri pada target dan melatih koordinasi tubuh kamu.

Tujuannya adalah agar anak panah bisa tepat sasaran. Keterampilan untuk fokus dan berkonsentrasi ini tentu akan sangat berguna bagi kehidupanmu sehari-hari.

Selain itu, terdapat manfaat kesehatan dengan selalu melatih mengembangkan fokus dapat berdampak positif pada kesehatan mental Kamu.

4. Membangun Kekuatan Tubuh

Membangun Kekuatan Tubuh

Sumber: sehataqua.co.id

Walaupun tampak seperti tidak menggunakan banyak tenaga, nyatanya olahraga panahan dapat membangun kekuatan dan mengencangkan otot-otot tubuh, terutama komponen tubuh bagian atas.

Sebab, seluruh kekuatan otot inti mulai dari tangan, lengan, bahu, serta dada akan digunakan ketika membidik dan melepaskan anak panah.

Dengan melakukannya secara berulang dan terus-menerus dalam menarik dan melepaskan tali busur dapat menguatkan otot tubuh sekaligus membangun kekuatan tubuh menjadi lebih kuat.

5. Membakar Kalori

Membakar Kalori

Sumber: palembang.tribunnews.com

Manfaat olahraga panahan yang selanjutnya tentu saja membakar kalori. Meski terlihat seperti tidak banyak bergerak, olahraga panahan ternyata cukup membakar kalori, lho.

Nyatanya, gerakan yang dilakukan oleh pemanah cukup menguras tenaga.

Mulai dari berjalan menuju target, menarik busur, serta mengumpulkan kembali anak panah, semua ini menghabiskan banyak tenaga sehingga mampu membakar kalori tubuh.

Bahkan, atlet panahan rata-rata diketahui berjalan 8 kilometer dalam sehari. Aktivitas ini mampu membakar kalori sekitar 100 sampai 150 kal setiap 30 menitnya.

Baca juga: 9 Jenis Olahraga yang Sehat Dilakukan saat Puasa

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Saat latihan panahan, kamu harus mengerahkan kekuatan otot dada, bahu, dan punggung untuk dapat menarik dan melepaskan anak panah. Selain itu, kamu juga harus menggunakan kekuatan otot kaki agar pijakan dan kuda-kuda kuat.

Tidak hanya demikian, pemanah juga biasanya akan berjalan ke arah target setelah melepaskan anak panah untuk memeriksa hasil tembakan.

Bila dilakukan berulang kali, kombinasi dari pergerakan otot untuk membidik target hingga berjalan untuk mengecek hasil tembakan ini dapat memperlancar peredaran darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

Dari gerakan pada olahraga panahan, bisa dirasakan manfaat untuk tubuh Kamu, seperti meningkatkan kesehatan jantung, kekuatan otot, dan kekuatan kaki.

7. Relaksasi

Relaksasi

Sumber: alodokter.com

Pada dasarnya, olahraga memang bisa menjadi salah satu bentuk relaksasi yang membantu menghilangkan stres. Begitu pula dengan olahraga panahan.

Saat kamu melepaskan anak panah dan melihatnya mengenai sasaran, kamu akan merasakan kepuasan tersendiri.

Ini meningkatkan produksi hormon endorfin sehingga akhirnya kamu pun akan menjadi lebih rileks.

Baca juga: Relaksasi Setelah Hari yang Melelahkan dengan Menyeduh Teh Bunga Berikut Ini!

8. Melatih Kesabaran dan Membangun Kepercayaan Diri

Melatih Kesabaran

Sumber: gaya.tempo.co

Manfaat olahraga panahan selanjutnya adalah melatih kesabaran.

Perlu kamu pahami bahwa memanah sebetulnya bukanlah perihal kecepatan. Tujuan olahraga panahan adalah ketepatan dalam membidik sasaran dengan jarak yang begitu jauh berulang-ulang.

Memaksimalkan akurasi tembakan lebih diutamakan, sehingga kamu tentu memerlukan kesabaran yang tinggi.

Selain itu, saat berhasil membidik target dengan baik, latihan ini pun dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Baca Juga: Hidup Lebih Sehat, Berikut 7 Tips Gym Untuk Pemula!

Nikmati Sensasi Ngabuburit di Tengah Alam

Nikmati Sensasi Ngabuburit di Tengah Alam

Sumber: bobobox.com

Yuk , healing dengan menginap di tengah alam yang asri nan indah! Sebab, hiburan yang cukup juga merupakan kunci kesehatan, lho.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin akan menemani tidurmu di tengah alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal.

Kamu bisa berolahraga di area Bobocabin sambil menunggu waktu berbuka. Sekadar jogging sembari menikmati sejuknya alam yang asri akan bermanfaat bagi kesehatan tubuh dan mentalmu.

Kamu pun dapat menikmati sensasi buka puasa di tengah alam dengan barbeque di Bobocabin. Abadikan momen seru api unggun di Bobocabin dan dapatkan pengalaman liburan yang lebih menyenangkan.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: Sehataqua.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles