jenis rok kebaya

Jenis Rok Kebaya yang Cocok untuk Pesta hingga Wisuda

Acara formal seperti pesta pernikahan dan wisuda adalah momen yang tepat untuk mengenakan kebaya. Namun, kadang, memadu-madankan atasan dan jenis rok kebaya yang cocok ini cukup sulit.

Dalam ulasan ini, Bob akan membantumu memilih rok kebaya yang cocok. Simak juga tips memilih rok kebaya cocok dengan bentuk tubuh. Semoga membantu!

Macam-Macam Jenis Rok Kebaya

1. Rok Kebaya Model Wiru

Rok model wiru cocok jika kamu ingin memberikan sentuhan tradisional pada penampilanmu. Wiru sendiri adalah sebutan untuk lipit-lipit kain pada salah satu ujung kain batik. 

Model ini dulu sering dipakai sebagai bawahan kebaya tradisional. Namun, kini wiru telah lebih praktis dengan adanya model rok yang sudah jadi.

Rok model wiru akan cocok dipadukan dengan atasan kebaya model kutu baru.

Baca Juga: Ikut Melestarikan Budaya Indonesia dengan Tren Berkain

2. Rok Kebaya Span Belah Belakang

Rok Kebaya Span Belah Belakang

Sumber: pinterest.com

Model rok kebaya span belah belakang memberikan kesan yang sederhana tapi tetap menawan.

Seperti namanya, model rok ini dibuat span menyesuaikan bentuk tubuh dengan belahan kecil di belakangnya. Selain menjadi aksen yang menarik, belahan ini juga memudahkanmu berjalan. 

Atasan yang cocok untuk rok kebaya ini adalah kebaya brokat warna cerah, misalnya abu-abu muda. 

3. Rok Kebaya Menjuntai Belah Paha

Rok Kebaya Menjuntai Belah Paha

Sumber: pinterest.com

Saat wisuda, kamu tentu ingin berpenampilan yang berbeda dari biasanya. Nah, model rok kebaya yang menjuntai seperti di atas bisa jadi pilihan menarik. 

Rok ini dibuat dengan batik tradisional warna cokelat yang menjuntai sampai lantai. Kemudian, tambahkan aksen belahan dari paha sebelah kiri agar makin anggun.

Terakhir, padukan rok ini dengan atasan kebaya slim fit dan stiletto heels

4. Rok Kebaya Span Belah Kiri

Model rok kebaya berikutnya memakai gaya span yang ketat dan menampilkan lekuk tubuh. Belahan dari atas lutut sampai bawah kaki akan memberikan kesan kaki yang jenjang. 

Rok batik model span dengan belahan di sebelah kiri ini cocok dipadukan dengan atasan kebaya slim fit. Agar lebih anggun, tambahkan selendang atau aksen ruffle sebagai pelengkap.

5. Rok Kebaya Model Mermaid

Rok Kebaya Model Mermaid

Sumber: @usedbutcheapngood via carousell

Model mermaid biasanya dipakai sebagai model dress saja. Namun, kamu bisa memakainya sebagai model rok bawahan kebaya untuk membuat kesan yang manis.

Untuk mencapai kesan ini, pakailah rok kebaya model mermaid yang mengombinasikan renda dengan belahan di depannya.

Rok mermaid yang menjuntai cocok dipasangkan dengan atasan off shoulder yang ketat. Lalu, lengkapi penampilan dengan stiletto heels agar kian menawan.

6. Rok Kebaya Lilit

Rok Kebaya Lilit

Sumber: @cutindahsundari via Instagram

Jenis rok kebaya sebelumnya kebanyakan adalah model instan seperti rok. Untuk yang ini, kamu bisa memakai kain lilit yang dibentuk sendiri.

Kamu bisa mengkreasikan kain lilitmu menyerupai model rok yang menyesuaikan atasan milikmu. Misalnya, kalau kamu memakai kebaya model kartini, kenakan rok lilit dengan model lipit depan. 

7. Rok Kebaya Lipit Depan

Tampil sederhana dengan rok lipit depan menjadi pilihan banyak orang. Meskipun sederhana, penampilanmu sudah terlihat anggun dan elegan.

Rok kebaya lipit depan memiliki detail model span dengan menyisakan lipatan di bagian depan. Model ini adalah pilihan yang tepat jika kamu ingin tampil lebih tertutup.

Kamu hanya perlu memadukannya dengan atasan kebaya panjang berwarna terang. Jangan lupa kenakan high heels supaya kakimu tampak lebih jenjang. 

8. Rok Kebaya Lebar

Rok Kebaya Lebar

Sumber: pinterest.com

Banyak orang berpikir bahwa kebaya akan membatasi gerak. Padahal, kamu bisa mengkreasikan rok kebaya dengan model yang lebar agar tetap leluasa, lho. 

Jenis rok kebaya ini memanfaatkan bahan batik tradisional nuansa cokelat. Padukan dengan atasan kebaya modern berwarna gelap agar kontras.

Nah, untuk memberi kesan lebih edgy, kenakan sepatu boots sebagai pelengkapnya. 

9. Rok Kebaya Span Belah Kanan

Terakhir, jenis rok kebaya model span juga bisa dikombinasikan dengan aksen belahan di kanan. Akan semakin bagus jika kain batiknya berwarna gelap. Dengan begitu, kulitmu akan tampak lebih cerah.

Padukan rok dengan atasan kebaya Bali yang ketat dan lengkapi dengan selendang. Dengan perpaduan tersebut, kamu akan terlihat feminin dan anggun. 

Baca Juga: Suka Mode? Inilah 7 Rekomendasi Film Fashion yang Wajib Masuk Watch List Kamu!

5 Tips Memilih Rok Kebaya yang Cocok dengan Bentuk Tubuh 

1. Bentuk Tubuh Pendek

Memilih rok kebaya yang cocok untuk tubuh pendek memang cukup sulit. Rok yang dipilih harus pas; rok yang terlalu panjang atau terlalu pendek akan terlihat tidak proporsional.

Salah satu solusinya adalah memilih rok berpotongan a-line. Model rok ini menciptakan ilusi tubuh yang terkesan lebih tinggi.

Untuk atasannyanya, pilihlah model Sabrina, off shoulder, kotek, atau V-neck. Selain membuat tubuh tampak lebih tinggi, model-model ini juga memberikan kesan siluet yang ramping. 

Dengan kombinasi yang tepat, kamu dapat memperoleh tampilan yang sesuai sekaligus mempercantik gaya kebayamu.

Baca Juga: Potret Fashion Item Mewah dengan Bentuk Paling Aneh yang Pasti Membuatmu Bertanya-Tanya

2. Bentuk Tubuh Apel

Ada beberapa pilihan atasan kebaya yang bisa dipilih pemilik tubuh dengan bentuk apel. Salah satunya adalah atasan kebaya asimetris.

Untuk jenis roknya, pilihlah yang berpotongan lurus. Atau, kamu juga dapat menggunakan bawahan berlapis untuk menciptakan keseimbangan visual pada penampilan.

Hindari kebaya dan bawahan yang terlalu ketat. Kamu juga dapat menambahkan ikat pinggang di bagian atas untuk menciptakan kesan rasio yang lebih proporsional.

3. Bentuk Tubuh Pir

Jika gayanya tepat, kamu dapat menciptakan ilusi bentuk tubuh jam pasir untuk yang satu ini. 

Karena bentuk tubuh pir memiliki bahu yang sempit dan pinggul yang lebar, hal yang harus diperhatikan saat memilih model kebaya adalah unsur keseimbangan visual.

Sebaiknya, pilihlah kebaya yang dapat mengecilkan tampilan bagian bawah tubuh. Kenakan celana atau rok yang bagian bawahnya lebar—seperti rok kebaya mermaid—dan padukan dengan atasan model peplum.

Dengan demikian, tubuh akan terlihat lebih seimbang. Saran Bob, hindari atasan kebaya yang terlalu ketat di tubuh dan bawahan yang terlalu longgar.

4. Bentuk Tubuh Kurus

Jika bentuk tubuhmu cenderung kurus, pilihlah atasan yang memiliki lengan balon. Hal ini akan membuat tubuhmu tampak lebih berisi.

Untuk roknya, pilih rok kebaya lilit model lurus. Kamu juga bisa memilih rok lilit asimetris pas lutut dengan belahan di bagian tengah agar kaki terlihat lebih panjang.

5. Tubuh Tinggi dengan Pinggul Besar

Kamu bisa memilih model rok kebaya dengan bagian bawah yang melebar. Sedangkan untuk panjang kebayanya, pilih yang melebihi pinggul agar penampilan kamu kian sempurna.

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox!

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox!

Sumber: bobobox.com

Hotel Kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan terjangkau.

Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Tersedia microwave juga lho, jadi kamu bisa menghangatkan makanan yang kamu beli terlebih dahulu.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles