Sumber: bp-guide.id

14 Tips Foto Liburan Keluarga

Apakah kamu ada rencana liburan bersama keluarga dalam waktu dekat? Kalau iya, tentu kamu ingin mengambil foto liburan bersama keluarga nantinya.

Berfoto bersama keluarga bisa jadi tidak semudah foto-foto saat traveling sendirian. Nah, Bob punya segudang tip yang bisa kamu coba agar foto liburan keluargamu nanti sukses. Yuk, simak kiat-kiatnya!

14 Tips Foto Liburan dengan Keluarga 

1. Riset Lokasi Liburan

Kamu dapat meriset destinasi liburan tujuan dengan mencarinya di internet atau bertanya pada kenalan dan teman yang telah berkunjung ke sana.

Dengan begini, kamu dapat mengetahui spot foto mana saja yang nantinya bisa digunakan untuk mengabadikan momen bersama keluarga.

2. Bawa Perlengkapan yang Ringan

Pilih peralatan dan perlengkapan yang praktis dan ringan agar tidak memberatkan ketika dibawa bersenang-senang bersama keluarga.

Baca Juga: 5 Tips Foto Traveling yang Wajib Diketahui, Bikin Hasilnya Jadi Lebih Mantap!

3. Survei Lokasi Cepat Jika Memungkinkan

Survei Lokasi Cepat Jika Memungkinkan

Sumber: RDNE Stock project

Membuat anggota keluarga menunggu selagi kamu mengatur segala sesuatunya dapat membuat frustrasi semua orang.

Idealnya, kapan pun ada waktu luang, carilah lokasi pemotretan dengan cepat sebelum menyertakan keluarga dalam pemotretan. 

Misalnya, jika kamu menginap di sebuah resor pantai, berjalan-jalanlah di sepanjang pantai dan temukan tempat terbaik sebelum mengatur keluarga untuk berpose.

4. Kesampingkan Me Time dengan Kamera

Jika biasanya fotografi adalah kegiatan antara kamu dan kamera, lain halnya saat liburan keluarga. Sebaiknya, bagi fokusmu agar tidak tercurah ke kamera sendiri, melainkan ke waktu bersama keluarga.

Kamu bisa menerapkan batasan waktu mandiri, misalnya menentukan aturan memotret pribadi selama satu jam saja.

5. Kuasai Kamera

Kamu perlu menguasai pengaturan kameramu; jangan sampai semua harus menunggumu mengatur kamera terlebih dahulu.

Sebagai tip, kamu dapat menggunakan mode aperture-priority untuk menjepret portrait dengan efek bokeh di latar belakangnya.

Baca Juga: Suka Fotografi? Ini Dia 5 Ponsel dengan Kamera Terbaik yang Canggih!

6. Turunkan Ekspektasi

Saat di pantai, mungkin kamu ingin mendapatkan gambar matahari terbenam sebagus mungkin. Namun, menunggu momen sempurna ini bukanlah perkara mudah.

Kamu mungkin akan menghabiskan waktu lama untuk menunggu momen tersebut. Kalau terlalu lama, waktu liburanmu bersama keluarga justru akan berkurang.

Jadi, sebaiknya turunkan ekspektasimu. Ambil gambar sebisamu, lalu kembali habiskan waktu liburan yang berharga bersama keluarga.

Bobocabin Bobobox

7. Biarkan Anak-Anak Terlibat

Anak-anak biasanya suka diajak mengambil foto. Kamu bisa memberi mereka kamera compact agar mereka bisa turut menjepret.

Siapa tahu mereka bisa jadi seperti kamu, yang suka traveling sambil mengambil gambar-gambar bagus!

8. Jangan Lupa Snapshot

Kamu bisa menggunakan pendekatan fotografi yang lebih santai saat sedang berkeliling. Tinggalkan tripod di hotel dan cukup bawa kamera yang terselempang di leher.

Cara ini juga bagus agar kamu bisa mengambil memori keluarga tanpa harus sibuk mengatur ini dan itu.

9. Jangan Lama-Lama

Ketika memotret keluarga secara utuh, usahakan jangan lama-lama karena mereka akan kehilangan minat.

Atur kameramu terlebih dahulu, baru kemudian koordinasikan dengan keluarga bahwa kamu ingin mengambil foto mereka.

10. Rileks dan Ekspresikan Kebahagiaan

Ekspresi adalah kunci dalam foto keluarga. Cobalah mengambil foto saat semua orang tersenyum, tertawa, atau berinteraksi. Hasilnya, foto liburan keluarga pasti akan lebih hangat dan akrab.

11. Jangan Lupakan Candid Moments

Tidak semua foto liburan keluarga harus formal atau ikut berpose. Terkadang momen-momen candid justru bisa menghasilkan foto yang lebih baik dan natural.

Beberapa momen candid, seperti saat anak-anak bermain atau orang dewasa bercanda, bisa menjadi kenangan yang indah.

12. Pilih Latar Belakang yang Baik

Pilih latar belakang yang menarik tetapi tidak mengganggu. Tentunya, kamu ingin keluargamu menjadi subjek utama di dalam foto. Jadi, hindari latar belakang yang terlalu ramai.

Jangan lupa juga memanfaatkan alam sebagai latar belakang. Foto keluarga dengan latar belakang pantai, hutan, atau pegunungan akan memberikan hasil foto liburan yang spektakuler.

13. Berpose dengan Alami

Ajak keluarga untuk bergerak dan bercanda agar pose terlihat alami dan spontan. Hindari pose yang terlalu kaku atau serius. Dengan begitu, foto liburanmu pasti akan terlihat lebih akrab dan memorable.

14. Buat Kenangan Bersama, Bukan Hanya Foto

Jangan asal memotret, tetapi buatlah kenangan indah bersama keluarga yang diabadikan melalui foto. Karena momen tersebut belum tentu dapat terulang kembali.

Baca Juga: 5 Tips Mengambil Foto Instagramable Ketika Liburan di Pantai

5 Spot Terbaik untuk Foto Liburan Bareng Keluarga di Indonesia 

1. Pulau Panjang

Pulau Panjang

Sumber: @zfird via Instagram

Destinasi wisata yang merupakan salah satu spot terbaik foto liburan keluarga adalah Pulau Panjang di Jepara, Jawa Tengah.

Pulau Panjang menawarkan pantai dengan air jernih yang siap memanjakan mata kamu dengan keindahan bawah lautnnya.

Untuk sampai ke Pulau Panjang, kamu perlu menyeberang naik perahu yang dikenakan tarif sebesar Rp20.000.

Ada banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di Pulau Panjang: berkemah di pulau pribadi, menikmati alam yang asri, snorkeling, hingga mengunjungi monumen  R.A. Kartini.

2. Stone Garden

Stone Garden

Sumber: jurnaldesa.id

Spot foto liburan keluarga terbaik berikutnya ada di Bandung Barat, yaitu Stone Garden di Padalarang. Tempat ini juga dikenal sebagai Taman Baru Purba atau Karst Citatah. 

Hamparan bebatuan indah di sini konon terbentuk secara alami pada zaman Miosen 20–30 juta tahun lalu.

Untuk mencapai Stone Garden, kamu harus mendaki sejauh 1,5 kilometer. Memang butuh usaha lebih, tapi semua kelelahan yang kamu rasakan dijamin langsung hilang begitu sampai tujuan.

Kalau kamu datang saat senja, kamu bisa menikmati pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan.

3. Candi Borobudur

Candi Borobudur

Sumber: Klook

Situs yang sudah ada sejak tahun 1867 ini memang tidak pernah kehilangan daya tarik. Candi Borobudur yang adalah candi Buddha terbesar di dunia ini berada di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Kompleks Candi yang megah ini bisa menjadi latar foto keluarga yang ciamik, terutama saat momen matahari terbit dan terbenamnya,

4. Kawah Putih

Kawah Putih

Sumber: Yuga Hassani via detiktravel

Pemandangan kawah putih yang unik adalah daya tarik terbesar destinasi satu ini. Warna putih tersebut berasal dari unsur di dalam tanah yang bercampur dengan belerang.

Kontras dengan udaranya yang sejuk, air kawah justru memberikan kehangatan bagi para pengunjung.

Selain mengabadikan momen liburan dengan foto bersama berlatarkan Kawah Putih yang indah, kamu bisa menikmati sajian bajigur dan bandrek yang dijual di sini.

5. Taman Safari

Taman Safari

Sumber: Taman Safari Bogor via Twitter

Taman Safari terletak di kawasan Puncak Bogor. Udara segar dan pemandangan yang indah siap menyambutmu di sepanjang perjalanan.

Selain bisa bersenang-senang di sana, kamu juga bisa menambah wawasan dengan mengenal lebih banyak hewan serta keunikan-keunikannya.

Ada banyak kategori satwa yang bisa kamu temukan di Taman Safari, mulai dari baby zoo, penguin, reptil, komodo, dan masih banyak lagi. 

Bahkan, kamu bisa menemui sepasang panda menggemaskan di istana panda. Dekorasinya pun mirip dengan Negeri Tirai Bambu. Kamu bisa foto bersama keluarga dengan latar pegunungan yang indah.

Sensasi Menginap Modern di Tengah Alam Hijau

Sensasi Menginap Modern di Tengah Alam Hijau (3)

Sumber: bobobox.com

Berencana healing dengan liburan singkat, tapi bingung harus menginap di mana? Bobocabin jawabannya! 

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tempat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles