wayang

Itinerary Solo Traveling di Solo, Ngapain Aja?

Bagi kamu yang ingin me-time, coba pertimbangkan untuk melakukan solo travel, deh! Traveling sendirian kini semakin banyak digemari karena dapat memberikan kebebasan bagi para wisatawan untuk mengatur jadwalnya sendiri tanpa harus menyesuaikan diri dengan preferensi teman, keluarga, ataupun pasangan.

Nah, salah satu destinasi wisata yang dapat kamu coba untuk solo traveling pertama kamu adalah Kota Solo! Kota yang satu ini merupakan kota yang kaya akan budaya, tentunya lengkap juga dengan kuliner yang menggugah selera dan berbagai pusat perbelanjaan dengan produk unik.

Tak perlu bingung dalam merencanakan perjalananmu! Dalam dua hari saja, kamu dapat menikmati pengalaman terbaik di Solo dengan mengikuti itinerary solo traveling di Solo ala Bob berikut.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Solo yang Tahan Lama dan Wajib Dicoba

Itinerary Solo Hari Pertama: Kuliner Lezat & Pertunjukan Adat

09.30 – 10.30 WIB – Menyantap Sarapan Nikmat di Pasar Gede

pasar gede solo

Photo: via surakarta.go.id

Pasar Gede Solo telah berdiri sejak tahun 1927. Kini, pasar yang satu ini telah menjadi pusat kuliner yang wajib wisatawan kunjungi saat mengunjungi Solo.

Kuliner yang tersedia pun cukup beragam, mulai dari makanan berat khas Solo seperti nasi liwet hingga berbagai makanan penutup seperti gempol pleret, es dawet, dan kue pukis. Kamu juga dapat menikmati berbagai jenis jamu tradisional yang menghangatkan dan kudapan berupa beragam jenis keripik.

11.00 – 11.30 WIB – Take Away Loske Coffee Service

loske coffee service

Photo: @loskecoffeeservice via Instagram

Loske Coffee Service merupakan salah satu coffee shop yang tengah naik daun dan wajib masuk itinerary Solo kamu! Untuk mengurangi rasa lelah setelah perjalanan jauh hingga sampai ke Solo, kamu dapat membeli berbagai jenis kopi lezat seperti canela, cookies coffee cream, dan lainnya dengan harga mulai Rp25.000.

Bagi kamu yang tidak terlalu menyukai kopi, masih terdapat pilihan minuman non kopi menarik lainnya yang dapat kamu coba.

12.00 – 13.30 WIB – Belanja di Pusat Grosir Solo

pusat grosir solo

Photo: via pusatgrosirsolo.com

Curi start untuk membeli oleh-oleh! Pusat Grosir Solo menawarkan beragam jenis barang maupun makanan yang cocok kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh untuk orang-orang terdekat. Mulai dari kain batik, tas, hingga berbagai barang menarik lainnya dapat kamu temukan di sini!

Tiap produk telah tersedia dalam bentuk paketan, mulai dari per lusin, per kodi, dan seterusnya. Dalam jumlah tersebut, kamu bisa mendapatkan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga produk di lokasi lain.

14.00 WIB – Check In & Istirahat Sejenak di Bobopod Slamet Riyadi

Bobopod Slamet Riyadi Solo

Photo: Bobobox Internal Asset

Sebelum melanjutkan harimu di Solo, pastikan untuk beristirahat sejenak di Bobopod Slamet Riyadi!

Akomodasi yang cocok bagi kamu yang ingin lokasi menginap murah yang nyaman dan strategis! Kamu dapat mencapai berbagai tujuan wisata ikonik Solo hanya dengan berjalan kaki saja.

Setelah puas menjelajahi wilayah sekitar, kamu dapat beristirahat dengan tenang di dalam pod-mu. Dijamin nyaman, tiap pod dilengkapi dengan fasilitas modern seperti fitur pengaturan cahaya dan sistem QR untuk menjamin keamanan selama menginap. Lebih murah jika booking lewat aplikasi Bobobox, lho!

Baca Juga: Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia 7 Perbedaan Wayang Solo dan Jogja

20.00 – 21.30 WIB – Menonton Pertunjukan Wayang Orang di Gedung Sriwedari

wayang orang sriwedari

Photo: via wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Tak dapat kamu saksikan di banyak kota! Jangan lewatkan kesempatan menonton pertunjukan wayang orang di Gedung Sriwedari. Pastinya wajib ada di itinerary Solo kamu, nih!

Pertunjukan wayang orang merupakan perpaduan dari seni tari, drama, dan karawitan yang dirangkum dalam satu panggung. Uniknya, improvisasi sangat dianjurkan bagi para pemerannya – sehingga kamu mungkin akan merasa seolah menyaksikan pentas yang berbeda tiap harinya!

Pentas wayang orang dapat kamu tonton setiap hari Senin hingga Sabtu dengan harga mulai dari Rp20.000 saja. Loket dibuka pada pukul 18.30 WIB, kemudian pertunjukan akan dimulai pada pukul 20.00 WIB. Jadi pastikan untuk membeli tiket di antara waktu tersebut, ya!

22.00 – 23.00 WIB – Menikmati Makan Malam di Timlo Maestro

Beroperasi hingga pukul 00.00 WIB, Timlo Maestro adalah santapan yang cocok kamu nikmati di malam hari.

Warung yang satu ini menawarkan menu timlo khas Solo yang terdiri dari sosis Solo yang berisi cincang ayam, telur bebek, dan ati ampela yang disertai kuah bening yang kaya rempah dan kaldu. Menu ini tentunya lebih nikmat jika disantap bersama nasi hangat!

Itinerary Solo Hari Kedua: Mengagumi Kerajinan Tangan Tradisional

09.00 – 10.00 WIB – Mencoba Sarapan di Kusuma Sari

`Photo: via kusumasari.comSalah satu destinasi wisata legendaris di Solo, restoran Kusuma Sari telah berdiri sejak tahun 1970! Restoran ini menawarkan menu perpaduan kuliner Jawa dan Belanda yang tentunya bakal bikin nagih.

Pilihan menu yang dapat kamu coba pun cukup beragam, mulai dari sup buntut, selat lidah, bestik ayam, hingga chicken cordon bleu dapat kamu temukan di sini. Harganya pun cenderung ramah di kantong, mulai dari Rp 29.000 saja kamu sudah bisa menyantap menu nikmat di restoran ini!

10.30 – 11.30 WIB – Menjelajahi Kampung Batik Kauman

kampung batik kauman - itinerary solo

Photo: via wonderfulimages.kemenparekraf.go.id

Kampung wisata yang satu ini merupakan pusat dari berbagai pengrajin batik dengan bermacam-macam motif dan warna!

Selain melihat langsung pembuatan batik dan membeli berbagai produk batik yang tersedia, kamu juga dapat hunting foto menarik dengan menggunakan berbagai gedung bergaya arsitektur khas Jawa dan Belanda sebagai latar belakang.

Maka dari itu, jangan sampai melewatkan Kampung Batik Kauman dari itinerary Solo kamu, ya!

12.00 – 13.30 WIB – Checkout dari Bobopod, Kemudian Melanjutkan Perjalanan ke Pura Mangkunegaran

pura mangkunegaran - itinerary solo

Photo: via visitjawatengah.jatengprov.go.id

Setelah perjalanan pagi yang singkat, kini saatnya kamu segera checkout dari Bobopod. Setelah itu, kamu dapat menempuh jarak sekitar 1 km saja untuk mencapai Pura Mangkunegaran.

Destinasi bersejarah yang satu ini merupakan istana resmi Kadipaten Mangkunegaran yang mulai dibangun pada tahun 1757. Gaya arsitektur empire asal Prancis menghiasi gedung istana, dengan berbagai patung dan ukiran logam megah yang dapat kamu lihat di berbagai sudut istana.

Selain mengagumi keindahan gedung, kamu juga tentunya dapat mempelajari sejarah di lokasi ini. Jika berkunjung di saat yang tepat, kamu bahkan dapat melihat pameran unik di Pura Mangkunegaran.

14.00 – 14.30 WIB – Makan Siang di Soto Triwindu

Setelah panas-panasan di Pura Mangkunegaran, kamu perlu berteduh sambil mengisi kembali tenaga dengan makan siang! Jangan sampai melewatkan kesempatan mencoba Soto Triwindu, destinasi kuliner legendaris lainnya yang berada di Solo.

Berdiri sejak tahun 1939, warung soto yang satu ini terkenal berkat kuah sotonya yang memiliki cita rasa daging yang pekat. Tentunya terasa lebih nikmat dengan berbagai macam pilihan lauk yang tersedia, mulai dari tempe, iso, kikil, babat, dan lainnya.

Mulai dari Rp 16.000 saja, kamu dapat makan kenyang di warung yang satu ini!

15.00 – 16.00 WIB – Belanja di Pasar Antik Triwindu

pasar triwindu solo - itinerary solo

Photo: via visitjawatengah.jatengprov.go.id

Jika kamu hobi mengoleksi berbagai barang antik yang unik ataupun berniat untuk memberikan oleh-oleh yang lebih menarik, maka kamu dapat berbelanja di Pasar Antik Triwindu!

Mulai dari uang kuno, lampu antik, topeng, hingga hiasan yang lebih besar seperti guci dapat kamu temukan di sini. Tak jarang kamu menemukan turis mancanegara yang juga tengah mencari cinderamata eksotis di sini!

Baca Juga: Tips Berfoto dan Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

17.00 – 18.00 WIB – Mengunjungi Istana Heritage Batik Keris

Destinasi wisata budaya selanjutnya yang wajib kamu kunjungi adalah Istana Heritage Batik Keris. Di sini, kamu dapat melihat pameran koleksi batik khas Solo, batik Melayu, dan lainnya serta produk kreatif dari berbagai UMKM.

Bangunannya sendiri memiliki sejarah yang panjang, lho. Berdiri sejak tahun 1920, kamu dapat melihat arsitektur khas Belanda baik di bagian dalam maupun luar gedung. Setelah puas menjelajahi gedung, kamu dapat membeli kain batik atau nongkrong di Keris Cafe & Resto.

18.30 – 19.30 WIB – Mengakhiri Hari di Wedangan Mbah Wiryo

Untuk menutup perjalanan, pastikan untuk berkunjung ke Wedangan Mbah Wiryo untuk menikmati wedang jahe legendaris yang dibuat dengan resep dan bahan olahan sendiri.

Selain wedang jahe yang nikmat, kamu juga dapat menyantap menu makan malam berupa tahu, bacem tempe, nasi bandeng, sate usus, sate telur puyuh, serta berbagai pilihan lauk lainnya.

Kota Solo adalah tujuan wisata yang tak bisa dipisahkan dari budaya sehingga kota yang ini sangat cocok bagi para pecinta seni dan budaya yang ingin mempelajari lebih banyak perspektif dan cerita baru yang menarik.

Pastikan untuk simpan itinerary Solo di atas sebagai referensi untuk rencana liburanmu ke kota ini! Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan pengalaman terbaik selama perjalanan kamu.

 

Penulis: Sheila Lalita

Header Image: culturetrip via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles