butter slices - Sorin Gheorghita via Unsplash

Ini Lho 7 Perbedaan Margarin dan Mentega. Jangan Sampai Tertukar Lagi!

Margarin dan Mentega memang sudah sangat umum digunakan dalam berbagai masakan di Indonesia. Kedua bahan makanan ini memang sangat mirip. Mulai dari bentuk, warna hingga sifatnya memiliki banyak kemiripan. Maka dari itu tidak heran jika banyak orang yang mengira bahwa margarin dan mentega merupakan bahan makanan yang sama. Agar kamu tidak salah kaprah juga, Bob telah mempersiapkan 7 perbedaan margarin dan mentega beserta penjelasannya.

Yuk kita kenali lebih dalam karakteristik dan perbedaan margarin dan mentega sama-sama!

 

1. Bahan Dasar

Perbedaan margarin dan mentega yang pertama adalah bahan dasarnya. Walaupun bila dipandang sekilas hampir tidak bisa dibedakan, mentega dan margarin ternyarta terbuat dari bahan yang berbeda, lho! Bahan dasar dari margarin adalah minyak kelapa sawit, sehingga margarin mengandung lemak dan protein nabati. Sementara itu mentega terbuat dari lemak susu hewan, sehingga mengandung protein dan lemak hewani. Lemak susu sapi, kambing atau domba merupakan lemak susu yang biasa digunakan sebagai bahan dasar mentega.

Clueless Cow – Ryan Song via Unsplash

2. Perbedaan Warna

Perbedaan margarin dan mentega berikutnya adalah warna. Mentega memiliki warna yang lebih pucat bila dibandingkan dengan margarin. Margarin memiliki warna yang relatif lebih pekat bila dibandingkan dengan mentega. Perbedaan warna yang dimiliki mentega dan margarin tersebut tidak lepas dari faktor bahan dasarnya yang berbeda.

3. Perbedaan Karakter Aroma

Masih berkaitan dengan faktor bahan dasarnya yang berbeda, perbedaan margarin dan mentega berikutnya adalah aroma yang dikeluarkan. Margarin, cenderung tidak banyak menghasilkan aroma. Bila margarin menghasilkan aroma, aroma yang dihasilkan akan lebih menyerupai bahan-bahan nabati.  Sementara itu, sebagaimana mentega terbuat dari lemak susu, mentega akan menghasilkan aroma yang lebih creamy, khas produk diary atau produk yang terbuat dari susu.

Dog Sniffing – Jeff Nissen via Unsplash

4. Perbedaan Tekstur

Perbedaan margarin dan mentega yang cukup mencolok juga adalah teksturnya. Margarin memiliki tekstur yang lebih lembek layaknya krim pasta. Sementara mentega memiliki tekstur yang lebih padat.

5. Titik Cair

Walaupun mentega memiliki tekstur yang lebih padat, uniknya mentega justru memiliki titik cair yang lebih rendah. Hal tersebut menyebabkan mentega akan lebih mudah cair bila dibandingkan dengan margarin. Pada suhu lingkungan tropis yang cukup panas, mentega sangat dianjurkan untuk disimpan di dalam kulkas. Sementara itu, kamu dapat menyimpan margarin di ruangan biasa tanpa khawatir mencair.

6. Perbedaan Kandungan

Karena bahan dasar margarin dan mentega berbeda, tentu saja kandungan yang terdapat di dalam kedua bahan makanan ini juga berbeda. Karena margarin terbuat dari bahan-bahan nabati, margarin memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang relatif rendah bila dibandingkan dengan mentega. Sementara itu, karena mentega terbuat dari lemak susu, mentega memiliki kadar lemak jenuh dan kolesterol yang cukup tinggi.

Tidak hanya kandungan lemak dan kolesterolnya saja yang berbeda, kandungan air antara margarin dan mentega juga berbeda. Kandungan air dalam mentega berada di kisaran 20% sementara margarin berada di kisaran 15-16%.

7. Perbedaan Kegunaan

Salah satu hal terpenting yang harus kamu ketahui dari perbedaan margarin dan mentega adalah kegunaannya. Karena karakter mentega yang memiliki aroma lebih creamy maka mentega akan lebih cocok digunakan untuk membuat kue dan masakan-masakan yang manis atau beraroma creamy juga. Sementara itu, karena margarin memiliki aroma yang lebih netral, maka margarin jauh lebih fleksibel penggunaannya. Kamu dapat menggunakan margarin untuk memasak berbagai macam hidangan, mulai dari nasi goreng hingga topping atau isian roti lapis.

Butter and Bread – Whitney Wright via Unsplash

Menginap di Hotel Kapsul yang Adem dan Menenangkan

Setelah mengunjungi tempat-tempat yang adem, harimu akan lengkap bila menginap di hotel yang kece, kekinian dan yang pasti adem juga! Bobobox merupakan pilihan penginapan yang sangat cocok buat kamu para milennial travellers! Lokasi Bobobox yang prima juga sangat mempermudah mobilitasmu untuk mencapai beragam destinasi tanpa harus menempuh perjalanan jauh.

Selain itu kamu bisa staycation sambil bersantai dan berfoto di setiap sudut Bobobox yang instagrammable. Apalagi di pod-nya, dengan warna lampu yang bisa diatur sesuai dengan mood kamu, dijamin foto-foto yang kamu ambil bakal instagrammable banget. Istirahat kamu juga akan sangat nyaman dan makin adem dengan fitur suara-suara alam yang dapat kamu dengarkan dari B-Pad di pod-mu!

Bobobox Bandung Penginapan Murah Dijamin Gak Bikin Kantong Jebol

Bobobox telah hadir di beberapa kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Airport Hub Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Solo dan Semarang. Kamu pasti mendapatkan kesempatan istirahat yang berkualitas tanpa gangguan karena Bobobox merupakan hotel kapsul yang mengedepankan kenyamanan, keamanan dan didukung dengan integrasi dengan sistem berteknologi tinggi. Kamu bisa mendengarkan musik dengan bluetooth speaker, mengubah warna lampu pod-mu sesuai mood, bahkan streaming film tanpa gangguan dengan koneksi internet super cepat! Cek promo-promonya untuk mendapatkan harga yang paling menarik!

Oh iya, kamu juga bisa melihat langsung pods Bobobox lewat virtual 360° tour lho!

Yuk pesan pod kamu sekarang!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles