habiskan waktu bersama keluarga

Jaga Hubungan Keluarga Sehat Dengan Tips-Tips Berikut Ini!

Keluarga sehat dimulai dari komunikasi yang kuat. Kemampuan keluarga dalam mempertahankan komunikasi yang baik menjadi salah satu kunci kesuksesan dalam harmonisasi hubungan keluarga. Komunikasi adalah penguat dalam sebuah hubungan, termasuk dalam hubungan berkeluarga.

Dengan adanya komunikasi yang baik maka akan tercipta kehidupan keluarga yang akur dan harmonis. Meskipun sudah sibuk dengan aktivitas masing-masing, komunikasi antara orang tua dan anak harus tetap terjaga. Namun sayangnya, masih banyak yang menghiraukan pentingnya menjalin komunikasi dalam keluarga.

Meskipun demikian masih banyak orang yang menyepelekan pentingnya menjaga hubungan komunikasi agar hubungan keluarga sehat. Faktanya tidak semua orang memiliki kemampuan komunikasi yang baik bahkan didalam keluarganya sendiri salah satunya karena kebiasaan yang dilakukan baik dari anda masih kecil hingga dewasa saat ini.

Bagi kamu yang merupakan salah satu dari antara orang-orang yang terkadang hanya bertegur sapa antar sesama keluarga, kamu bisa coba tips berikut. Tips yang akan Bob sampaikan kali ini akan membantu kamu meraih hubungan keluarga sehat yang kemudian akan berkontribusi dalam menciptakan keharmonisan didalam keluarga tersebut. Langsung saja yuk kita bahas apa saja tips-tipsnya seperti berikut ini!

1. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Luangkan waktu untuk mendengarkan

kumpul keluarga

Pexels

Tips yang pertama adalah dengan meluangkan waktu untuk mendengarkan. Berbicara mengenai kemampuan komunikasi, bukan hanya kemampuan berbicara saja yang harus kamu tingkatkan tapi juga kemampuan dalam mendengarkan. Saat semua orang berbicara anpa adanya seseorang yang mendengarkan tentunya komunikasi tidak dapat terjalin. Setelah kamu selesai mendengarkan dan mulai giliran kamu untuk berbicara, cobalah untuk berpikir dua kali tentang apa yang akan kamu katakan sebelum mengatakan itu.

2. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Ciptakan Kesempatan Untuk Saling Berkomunikasi

Tisp hubungan keluarga berikutnya adalah dengan menciptakan kesempatan untuk saling berkomunikasi. Jika keluarga kamu bukanlah tipe keluarga yang dekat dan senang berdiskusi kamu bisa coba mencari kesempatan untuk berbicara. Kamu bisa menanyakan kabar dan perasaan mereka, membahas cuaca, membahas apa yang akan dinikmati saat makan malam, apa saja.

Baca Juga: Tips Kegiatan Keluarga Agar Waktu Kumpul Keluarga Makin Seru!

Saat muncul masalah hindari berdiam diri. Gunakan kesempatan ini untuk membangun komunikasi untuk menyelesaikan masala tersebut sehingga kamu juga bisa saling mengenal lebih baik dengan keluarga dan juga sebaliknya. Pastikan untuk lakukan komunikasi dengan nada yang lembut. Lawan bicara kita mungkin saja berbicara dengan nada yang kesal atau bahkan sedikit kasar. Cobalah untuk mengerti mungkin mereka sedang lelah dan juga stres dengan beban pekerjaan.

Hindari menyelesaikan masalah dengan emosi sehingga kamu mungkin bisa mulai berdiskusi di waktu yang tepat setelah kondisi mulai dingin lalu duduk bersama dan berbicara. Dengan adanya komunikasi yang baik maka hal ini akan berkontribusi terhadap hasil yang baik juga terutama dalam kehidupan rumah tangga yang memang sangat kompleks.

3. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Buat Tradisi Keluarga

momen kumpul keluarga lebaran

The New York Times

Tips lain yang bisa kamu coba adalah dengan mencoba membuat sebuah tradisi keluarga agar semua anggota bisa berkumpul di waktu yang telah ditentukan secara rutin. Kamu bisa membuat tradisi seperti menghadiri kegiatan keagamaan ataupun membuat hari libur khusus. Tradisi ini tak perlu megah ataupun yang memerlukan dana khusus. Kamu juga bisa sesederhana membuat tradisi family movie night untuk menonton bersama di malam hari di ruang tamu mapun di bioskop.

4. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Pergi Liburan Bersama

Selain membuat tradisi acara keluarga kamu juga bisa mengagendakan aara pergi liburan bersama keluarga. Dengan pergi liburan bersama maka hubungan antar keluarga akan semakin akrab, harmonis, dan hangat. Tak perlu liburan jauh ke luar kota maupun luar kota, kamu bisa mulai mengagendakan pergi liburan bersama di tempat yang dekat yang mungkin tidak pernah kamu dan keluarga kunjungi bersama-sama.

5. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Berkomunikasi Pada Saat Makan Keluarga

Manfaatkan waktu makan bersama keluarga untuk saling berbicara dengan anggota keluarga. Kamu bisa memulai diskusi dengan bertanya mengenai bagaimana hari mereka, bagaimana pekerjaan dan sekolah mereka dan masih banyak lagi. Dari perbincangan kecil ini kamu bisa membangun hubungan yang semakin erat dengan setiap anggota keluarga. Oleh karena itu cobalah untuk memanfaatkan waktu di meja makan keluarga ini sebagai sebuah kesempatan untuk berbagi cerita.

6. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Manfaatkan Kecanggihan Teknologi

Hubungan Keluarga Sehat

fortress6.com

Penting juga bagi kamu untuk memanfaatkan teknologi dalam membangun komunikasi yang baik dengan keluarga tertutama jika kamu tinggal berjauhan atau sedang dalam perantauan. Di era serba digital ini, komunikasi menjadi semakin dipermudah dengan hadirnya fitur chat maupun video call. Pastikan untuk menghubungi keluarga dengan rutin baik itu sebelum maupun sesudah kamu melakukan kegiatan.

7. Tips Hubungan Keluarga Sehat: Bangun Komunikasi Berlandaskan Kepercayaan

Tips dalam membangun hubungan keluarga yang sehat terakhir adalah membangun komunikasi yang didasarkan pada kepercayaan dan saling terbuka. Pentingnya rasa percaya membuat rumah tangga semakin harmonis dan komunikasi lancar. Hal ini juga bisa menghindarkan dari rasa curiga dan kesalahpahaman yang mampu membuat masalah rumah tangga.

Baca Juga: Deg-Degan dan Takut Canggung saat Kumpul Keluarga Besar? Simak Tips-Tips Berikut Ini agar Acara Jadi Seru!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles