Weiqi Xiong/Unsplash

Buat Waktu Bersama Keluargamu Lebih Seru Dengan Tips Rencanakan Liburan Keluarga Berikut Ini!

Liburan keluarga bisa menjadi salah satu cara untuk menjaga quality time serta kedekatan bersama keluarga tercinta. Hal ini juga merupakan saat yang tepat untuk merelaksasi diri dari segala kepenatan, baik itu pekerjaan, sekolah maupun rutinitas rumah tangga.

Tidak perlu jauh-jauh ke luar negeri, yang terpenting liburan nyaman dan dompet aman. Nah, biar kamu tidak pusing memulai dari mana, simak dulu yuk tips merencanakan liburan keluarga agar tetap menyenangkan dan hemat!

Rencanakan Jadwal

@maruri/Unsplash

Liburan keluarga tentu harus melibatkan semua anggota keluarga kamu. Agar bisa terealisasi, kamu perlu memastikan semua bisa ikut berlibur di hari H dengan mengatur dan menyesuaikan jadwal masing-masing.

Di kebanyakan tempat wisata, harga biasanya lebih mahal saat musim liburan, tanggal merah atau high season. Maka dari itu, tidak ada salahnya kamu memilih jadwal berlibur di musim biasa atau low season. Selain lebih hemat, low season bisa membuat kamu lebih leluasa sebab tempat liburan cenderung lebih sepi. Liburan keluarga tentu lebih menyenangkan sebab kamu dan keluarga sangat menikmatinya.


Baca Juga: Liburan Ke Luar Negeri Bersama Anak? Simak 10 Negara Wisata Ramah Anak Untuk Liburan Yang Mengasyikan!


Menabung

Membuat tabungan khusus liburan bisa menjadi solusi tepat agar persiapan tidak serba dadakan. Kamu bisa membuat rekening terpisah untuk memudahkan pelacakan dana dan menyisihkan 10% dari penghasilan kamu. Dengan begitu, pengeluaran untuk kebutuhan bulanan rutin tidak terganggu oleh persiapan dadakan untuk berlibur, apalagi pengeluaran untuk acara ini tentu lebih besar sebab kamu membawa serta keluarga.

Tentukan Tema dan Tujuan Liburan Keluarga

Hal lainnya yang perlu kamu perhatikan saat menyusun rencana liburan keluarga adalah tema dan tujuan wisata. Apakah ingin bertema pantai, gunung, danau atau kota? Hal ini bisa membantu kamu untuk menyeleksi berbagai pilihan yang ada dan menyesuaikannya dengan jadwal kamu.

Diskusikan bersama anggota keluarga apa yang mereka inginkan sehingga tidak ada selisih paham. Namun, pemilihan ini juga perlu kamu sesuaikan dengan dana. Karena itu, sebisa mungkin jangan mengikuti nafsu atau ingin terlihat keren saja.

Jika ingin lebih hemat, wisata yang tidak terlalu jauh dari lokasi asal sangat dianjurkan. Kalau sudah fixed, sebisa mungkin kamu dan keluarga tidak mengubah tema dan tujuan liburan tersebut hingga tiba hari H dan berangkat.


Baca Juga: Tips Kegiatan Keluarga Agar Waktu Kumpul Keluarga Makin Seru!


Survei lokasi

Agar lokasi liburan keluarga sesuai budget dan ekspetasi, lakukanlah survei terlebih dahulu, baik melalui internet, buku wisata maupun brosur travel agent. Dengan melakukan survei, kamu bisa memperkirakan kisaran dana yang kamu perlukan untuk berlibur ke tempat tujuan, mulai dari harga tiket masuk, jarak tempuh menuju lokasi, hingga ketersediaan fasilitas di sekitar lokasi wisata. Selain itu, kamu juga bisa saja memperoleh informasi tentang promo atau diskon sehingga agenda berhemat menjadi lebih mudah, terutama jika liburan jauh dari rumah.

Buat Budget Plan

Sebelum memulai liburan keluarga, sebaiknya kamu terlebih dulu merinci dana yang akan digunakan dengan menyusun budget plan. Hal ini bertujuan untuk meminimalkan pengeluaran serta menyesuaikannya dengan tabungan liburan kamu. Budget plan biasanya meliputi biaya:

  • Wisata (adanya tiket masuk atau tidak)
  • Transportasi (apakah memakai kendaraan pribadi, umum, atau menyewa)
  • Akomodasi (sebaiknya hindari hotel mewah)
  • Makan, jajan, suvenir, dan sebagainya
  • Biaya tidak terduga

Pemesanan Jauh Hari

Luca Baini/Unsplash

Setelah survei lokasi dan menyusun budget plan, pemesanan untuk tiket transportasi, penginapan hingga tiket masuk tempat wisata (jika memungkinkan) sebaiknya kamu lakukan dari jauh hari. Hal ini biasanya memungkinkan wisatawan untuk mendapat harga lebih murah. Harga tiket sendiri biasanya lebih murah saat memasuki low season atau bukan musim liburan.

Selain itu, kamu juga bisa sekalian hunting harga promo lewat berbagai situs tiket perjalanan dan akomodasi serta agen travel yang kerap menawarkan potongan harga, cashback serta promo-promo menarik lainnya.

Kamu bisa melakukan pemesanan sekaligus, tergantung pada ketersediaan promo atau potongan yang kamu incar. Pasalnya, sejumlah situs pemesanan online kerap menawarkan paket promo tiket transportasi (misal pesawat) sekaligus dengan penginapan murah.

Namun, melakukannya dengan mencicil juga tidak masalah. Kamu bisa mulai dengan memesan tiket transportasi (pesawat, kereta atau sejenisnya). Kemudian, di bulan berikutnya, kamu bisa reservasi penginapan hingga membeli tiket masuk wisata.

Siapakan Barang Pendukung

Agar liburan keluarga lebih hemat, sebaiknya siapkan juga barang-barang yang akan kamu butuhkan saat liburan nanti. Buat daftar terperinci dan lakukan pengecekan apakah barang sudah tersedia atau belum. Persiapan yang matang ini bisa menghindarkan kamu untuk membelinya saat masa liburan yang berujung penghamburan dana.

Hal ini juga berlaku untuk camilan yang biasanya dibutuhkan untuk menemani perjalanan. Agar pengeluaran tidak membengkak, sebaiknya beli seperlunya saja sebab tidak jarang camilan justru masih tersisa banyak saat liburan berakhir.

Membawa Bekal

Membawa bekal bisa menjadi salah satu tips berhemat jika lokasi liburan keluarga terbilang dekat dengan rumah. Memasak bekal sendiri lebih dianjurkan, selain karena budget sudah tersusun, nutrisi dan kebersihannya juga terjaga. Sementara itu, untuk liburan di tempat jauh, kamu bisa membeli makanan di dekat penginapan atau sekitar lokasi wisata untuk menghemat biaya transportasi.


Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Keluarga Untuk Ditonton Saat Weekend!


Utamakan Kenyamanan Bukan Kemewahan

Jika ingin berhemat, jauhkan pikiran tentang liburan keluarga mewah dari agenda kamu. Meski begitu, bukan berarti kamu harus menyiksa diri dan membuat liburan menjadi tidak nyaman. Tetap utamakan kenyamanan dalam segala hal, mulai dari transportasi, akomodasi hingga lokasi berlibur, namun jangan berlebihan.

Konsep ini juga bisa kamu ajarkan pada anak-anak. Seperti yang kamu tahu, mereka cenderung mudah meminta membeli sesuatu saat liburan. Nah, dim omen liburan keluarga ini, ajarkan mereka untuk berhemat dan menggunakan barang-barang yang memang diperlukan. Dengan begitu, kamu tidak akan menghambur-hamburkan uang dengan pembelian tidak perlu.

Beli Oleh-Oleh Secukupnya

Pengendalian diri saat liburan keluarga itu cukup penting sebab keinginan untuk belanja atau membeli barang-barang tertentu biasanya menjadi sumber membengkaknya pengeluaran. Saat berlibur, membeli oleh-oleh memang tidak terhindarkan. Namun, jangan jadikan itu sebagai prioritas hingga kamu berakhir dengan kantung bolong.

Sebaiknya, cari tahu terlebih dahulu tempat berbelanja yang murah tetapi bagus. Hal ini biasanya dapat kamu temukan di pasar tradisional ketimbang toko cendera mata. Selain itu, belilah oleh-oleh secukupnya saja dan sesuaikan dengan budget plan yang telah kamu buat sebelumnya.

Bawa Uang Tunai

Membawa uang tunai saat liburan keluarga bisa memudahkan kamu mengatur pengeluaran. Dengan adanya uang tunai, kamu bisa melihat berapa banyak uang yang tersisa. Dengan begitu, kamu bisa berpikir terlebih dulu sebelum mengeluarkan uang. Untuk menghindari pencurian, sebaiknya bawa uang secukupnya sesuai budget plan dan tetap bawa kartu debit atau kredit untuk jaga-jaga.

Catat Pengeluaran

Di tengah keseruan liburan keluarga, jangan lupa untuk selalu mencatat setiap pengeluaran yang kamu lakukan, sekecil apapun itu. Hal ini akan membantu kamu mengetahui ke mana saja uang kamu mengalir. Dengan begitu, kamu bisa menekan pengeluaran selanjutnya agar tidak boros. Hal ini juga bisa menjadi pembelajaran agar kamu bisa mengatur liburan berikutnya dengan lebih baik.

Hotel Keluarga? Bobobox Saja!

Penginapan juga menjadi salah satu pertimbangan penting dalam liburan keluarga terutama dengan durasi lebih dari satu hari. Jika tujuan kamu adalah pusat kota, Bobobox adalah pilihan yang tepat. Lokasinya yang strategis memudahkan kamu untuk menjangkau lokasi-lokasi hits di sekitar pusat kota.

Interior podnya cukup luas dengan kasur empuk yang dijamin bikin kamu betah. Harganya pun cukup terjangkau. Kamu bahkan bisa mendapatkan kesempatan menginap dengan harga promo lewat aplikasi Bobobox! Yuk unduh aplikasinya untuk informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles