MRP00405

5 Hal yang Harus Diperiksa Wisatawan saat Menginap di Kamar Hotel

Setelah trip yang panjang, memang paling enak kalau sesampainya di hotel langsung rebahan di kasur. Hayo, siapa yang biasanya kayak gini?

Meski menggiurkan banget, sebaiknya kebiasaan ini diubah, ya! Sebelum beristirahat, sempatkan waktumu memeriksa kamar hotel agar kenyamanan dan keselamatan kamu terjamin selama liburan atau staycation.

Kali ini, Bob sudah merangkum 5 hal yang sebaiknya kamu cek saat pertama kali masuk ke kamar hotel. Penasaran apa aja? Baca di sini, yuk!

5 Hal yang Harus Dilakukan saat Memeriksa Kamar Hotel

1. Amankan Kamarmu: Pastikan Pintu Terkunci!

Ja’Crispy via iStock

Umumnya, pintu kamar hotel akan terkunci secara otomatis setiap tertutup, tetapi akan lebih baik kalau kamu double check untuk berjaga-jaga jika ada kemungkinan kunci pintu tidak berfungsi dengan baik. Hal ini untuk mencegah adanya orang asing yang masuk di saat kamu sedang tidur atau saat kamu keluar ruangan.

Pastikan saat masuk atau keluar ruangan, pintu tertutup rapat. Lalu tes lagi, apakah pintu bisa dibuka tanpa kunci ruangan? Jika pintu tetap terkunci, berarti ruangan kamu sudah aman!

2. Periksa Kebersihan Ruangan

Nik Lanus via Unsplash

Saat masuk ke kamar hotel untuk pertama kali, lebih baik kamu periksa lagi kebersihan ruangan. Walaupun kita menginap di hotel yang bagus, ada baiknya untuk tetap berjaga-jaga, apalagi jika kamu mempunyai alergi tertentu. Liburan tentunya akan lebih nyaman dan tenang kalau semuanya bersih; mulai dari sprei, sarung bantal sampai pinggiran tempat tidur. Untuk mencegah risiko gatal-gatal, pastikan area tersebut tidak ada debu maupun kutu kasur, ya.

Nah, setelah memeriksa kamar, jangan lupa untuk memeriksa kamar mandi dengan seksama saat pertama kali memasuki kamar hotel. Periksa kebersihannya dengan memastikan area sekitar wastafel, toilet, dan bak mandi bersih dan bebas dari kotoran.

Selain itu, pastikan toiletry yang disediakan dalam keadaan bersih dan aman digunakan. Periksa tanggal kadaluarsa produk-produk seperti sabun, sampo, dan pasta gigi yang disediakan oleh hotel.

Pastikan juga bahwa segel pada botol atau kemasan masih utuh untuk menjamin keamanan penggunaannya. Hal ini terlihat kecil, tapi bisa sangat mempengaruhi kebersihan dan kesehatanmu saat liburan.

3. Pastikan Telepon Berfungsi

Kristin Snippe via Unsplash

Demi keamanan dan kenyamanan kamu, pastikan adanya komunikasi yang baik dengan resepsionis hotel dan kontak darurat kamu. Saat masuk ke kamar hotel, cek telepon yang disediakan dan test jika berfungsi, yaitu dengan mencoba menghubungi front desk.

Nah, kalau teleponnya tidak bisa digunakan, segera lapor kepada staf hotel agar segera diperbaiki. Ingat, Sahabat Bob: komunikasi yang baik dengan orang sekitar bisa meningkatkan keamanan selama waktu liburanmu.

4. Cek Keberadaan Kamera Tersembunyi

Photo by Kool C via Unsplash

Enggak cuma di film aja lho! Kenyataannya, di mana pun kamu pergi, selalu ada kemungkinan munculnya orang “iseng” yang gemar menyembunyikan kamera di kamar hotel tertentu. Walaupun kasusnya tak selalu terjadi, ada baiknya kita tetap waspada.

Periksa sekeliling ruangan, khususnya area yang mudah sekali diselipkan kamera berukuran kecil seperti celah-celah tembok, jam dinding, dekorasi ruangan, alarm asap, atau area mana pun yang mencurigakan. Salah satu cara memeriksanya ialah dengan menyalakan senter hp untuk melihat adanya pantulan reflektif kamera.

Penting untuk selalu memastikan privasi dan keamanan pribadi. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, laporkan segera ke pihak hotel.

5. Koneksi Wifi yang Baik

Photo by Maliha Mannan via Unsplash

Kadang, kalau kita datang ke daerah baru, kita tidak tahu apakah sinyal telepon dan jaringan internet kita akan lancar. Padahal, seringkali kita ingin untuk membagikan momen liburan kita langsung ke media sosial.

Untuk kamu yang sedang liburan, penting untuk mengecek jaringan wifi hotel supaya kamu juga dengan mudahnya meng-upload kenangan liburanmu online. Tidak hanya itu, kamu juga harus mengetahui semua fasilitas kamar hotelmu seperti TV, AC, dan peralatan elektronik yang disediakan agar liburanmu jadi lebih maksimal.

Walaupun perjalanan sampai hotel biasanya bikin capek atau bahkan excited untuk langsung meninggalkan barang dan memulai liburan, jangan lupa luangkan waktumu untuk hal-hal yang terpenting, ya. Periksa kamar, pastikan privasi, kebersihan dan juga koneksi internet yang lancar untuk liburan yang delightful dan stress-free!

Sebagai wisatawan yang cerdas, langkah-langkah di atas dapat membantu memastikan pengalaman menginap kamu di hotel berjalan tanpa kendala dan tetap menyenangkan. Segera lakukan pemeriksaan ini setiap kali kamu tiba di hotel, agar liburanmu semakin nyaman dan aman. Selamat berlibur!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles