game edukasi

Free, Inilah 15 Game Edukasi untuk Membantu Tumbuh Kembang Anak

Di zaman sekarang, smartphone sudah bukan konsumsi orang dewasa saja, anak-anak pun mulai akrab dan bahkan tidak bisa lepas dari smartphone

Jika orang dewasa menggunakan smartphone untuk komunikasi dan alat kerja, kebanyakan anak-anak menggunakan smartphone untuk menonton atau bermain game.

Nah, aktivitas main game ini perlu dipantau dan dibimbing oleh orangtua. Salah satu peran orang tua adalah memilih game yang tidak sekedar menghibur, melainkan bisa menjadi media edukasi yang menunjang tumbuh kembang anak.

Untuk kamu yang sedang mencari rekomendasi permainan game edukasi anak, berikut game edukasi anak yang bisa kamu unduh dan mainkan di smartphone berbasis Android.

Rekomendasi Game Edukasi Anak

1. Duolingo

Duolingo adalah sebuah aplikasi game edukasi anak yang dapat kamu gunakan untuk mengajarkan anak berbagai bahasa asing dengan cara yang menyenangkan. 

Selain bahasa Inggris, aplikasi ini juga menawarkan 30 bahasa asing lainnya, seperti Mandarin, Prancis, Italia, Spanyol, Korea, Jepang, dan masih banyak lagi. 

Dalam game ini, kamu akan menemukan tampilan yang menarik sehingga memudahkan anak dalam mempelajari bahasa asing.

Baca Juga: 7 Game Seru untuk Weekend bersama Keluarga, Asyik dan Kompetitif

2. Khan Academy Kids

Khan Academy Kids merupakan permainan game edukasi anak yang menyediakan ribuan kegiatan interaktif untuk anak-anak prasekolah, taman kanak-kanak, dan balita. 

Melalui game ini, anak dapat belajar membaca, bahasa, menulis, matematika, perkembangan sosial-emosional, keterampilan pemecahan masalah, dan pengembangan motorik. 

Materi pembelajaran dalam game ini dirancang dengan cara yang menarik sehingga anak dapat menikmati proses belajar sambil bermain.

3. 94 Degrees: Fun Trivia Quiz

94 Degrees Fun Trivia Quiz

Sumber: Tokopedia

94 Degrees adalah permainan trivia yang menantang anak untuk menebak berbagai hal, mulai dari anggota tubuh, negara, hingga buah-buahan. 

Konsep permainannya sederhana; semakin dekat anak dengan jawaban yang benar, semakin “hangat” skor anak. 

Permainan ini cocok untuk anak-anak, tetapi juga menarik dan cukup menantang bagi remaja dan orang dewasa. 

Selain menyenangkan, permainan ini juga dapat melatih kemampuan kognitif dan pengetahuan anak.

Baca Juga: Moms Wajib Tahu, Ini Dia 5 Manfaat Berdiskusi dengan Anak Sejak Dini

4. Coloring & Learn

Game Coloring & Learn adalah permainan game edukasi anak di mana anak dapat belajar melalui kegiatan mewarnai. 

Melalui game ini, anak dapat mengenal berbagai jenis hewan, kendaraan, alfabet, angka, dinosaurus, dan banyak lagi. 

Selain mengenal warna, game ini juga memungkinkan anak belajar hal-hal baru dalam bentuk permainan yang menyenangkan.

5. Block! Hexa Puzzle

Block! Hexa Puzzle adalah permainan puzzle yang melibatkan potongan-potongan balok warna-warni yang harus anak tempatkan pada bentuk yang telah ditentukan. 

Potongan balok tersebut tidak dapat dirotasi, sehingga anak perlu berpikir dengan tepat untuk menyelesaikan puzzle ini. Permainan ini dapat melatih keterampilan pemecahan masalah dan logika anak.

Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Puzzle Kids - Animals Shapes and Jigsaw Puzzle

Sumber: youtube.com

Permainan Puzzle Kids – Animals Shapes and Jigsaw Puzzle dirancang khusus untuk anak-anak dan orang tua. 

Terdapat empat kategori mini game yang meliputi mencocokkan bentuk, menyusun objek, menebak gambar, dan teka-teki jigsaw. 

Melalui permainan ini, anak diajak untuk menemukan dan memanipulasi bentuk, memecahkan teka-teki gambar, dan mengenali hubungan antara bentuk-bentuk kecil dengan gambar yang lebih besar. 

Tampilan yang berwarna-warni dan mudah digunakan membuat permainan ini cocok untuk anak-anak.

Baca Juga: Coba 5 Aplikasi Edukasi Anak Ini agar Si Kecil Makin Semangat Belajar!

7. Preschool Learning Games: Fun Games for Kids

Permainan Preschool Learning Games: Fun Games for Kids adalah permainan edukasi yang cocok untuk anak-anak. 

Permainan ini menyediakan lima belas permainan yang berbeda, dengan rekomendasi usia yang sesuai untuk memainkannya. 

Setiap permainan dirancang untuk membantu anak belajar sesuai dengan kemampuan dan perkembangan anak. 

Game ini memungkinkan anak belajar secara bertahap dan mengikuti petunjuk yang sesuai dengan usia anak.

8. Cooking Mama: Let’s Cook!

Cooking Mama Let's Cook!

Sumber: Sobat Game

Cooking Mama: Let’s Cook! adalah permainan yang berfokus pada memasak. Meskipun permainan ini banyak diminati oleh anak perempuan, tidak menutup kemungkinan anak laki-laki juga tertarik. 

Dalam permainan ini, anak akan belajar memasak dengan mengikuti arahan dan instruksi yang ada dalam setiap tahapannya. 

Permainan ini membantu anak mengembangkan minat dan keterampilan dalam memasak, serta mengajarkan anak tentang mengikuti petunjuk dengan baik.

9. Doctor Kids

Doctor Kids adalah permainan yang melibatkan peran sebagai seorang dokter.

Melalui permainan ini, anak dapat melakukan berbagai aktivitas medis seperti memeriksa gigi, mata, melakukan foto rontgen tulang, menggunakan mikroskop untuk memeriksa bakteri, dan lainnya. 

Permainan ini dapat membantu anak mengenal dunia medis dan mendorong minat anak untuk menjadi seorang dokter di masa depan.

10. Matching Games Memory Games Pairs: Remembery

Permainan Matching Games Memory Games Pairs: Remembery adalah permainan yang melibatkan kekuatan ingatan dan konsentrasi. 

Anak akan menghadapi berbagai tantangan yang menguji daya ingat, konsentrasi, akurasi, atensi, kecepatan berpikir, dan keterampilan logika anak. 

Game edukasi ini dapat membantu anak melatih dan mengembangkan kemampuan kognitif dan memori.

Dengan memainkan game-game edukasi seperti ini, anak-anak dapat mengembangkan berbagai keterampilan, minat, dan pengetahuan anak secara interaktif dan menarik. 

Game-game ini juga membantu anak belajar dengan cara yang menyenangkan dan terlibat dalam aktivitas yang mendukung tumbuh kembang anak.

11. Animal Jam

Animal Jam

Sumber: sehatq.com

Game anak-anak beriktunya adalah Animal Jam. Permainan ini memperkenalkan anak-anak pada dunia virtual di mana mereka dapat menjelajahi berbagai jenis hewan.

Animal Jam dapat diakses di komputer, perangkat iOS, dan Android, dan saat ini telah mengumpulkan 160 juta pengguna online. Ini merupakan cara yang baik bagi anak-anak untuk belajar tentang berbagai jenis binatang sambil bersenang-senang.

Game ini dibuat oleh National Geographic Society dan dilengkapi dengan fitur kendali orangtua, sehingga kamu dapat mengatur batasan waktu bermain anak kamu sesuai kebutuhan.

12. Endless Alphabet

Endless Alphabet

Sumber: sehatq.com

Aplikasi game yang mengajarkan alphabet kepada anak-anak salah satunya adalah Endless Alphabet. Aplikasi ini menampilkan karakter-karakter kartun yang menggemaskan, sehingga diharapkan dapat membuat proses belajar menjadi lebih menyenangkan bagi anak.

Selain itu, aplikasi pembelajaran anak ini juga menyediakan fitur lain, seperti teka-teki. Dengan begitu, anak dapat belajar membaca sambil menyelesaikan teka-teki yang disajikan. Aplikasi ini dibuat khusus untuk anak usia 3 tahun ke atas dan tersedia untuk perangkat iOS dan Android.

13. Play and Learn Science

Play and Learn Science merupakan salah satu permainan pembelajaran anak yang bermanfaat dan tersedia untuk diunduh di platform iOS dan Android. Game pendidikan yang cerdas ini dapat memberikan pengetahuan sains kepada anak-anak tentang lingkungan sekitar mereka.

Saat anak-anak menikmati permainan edukatif ini, disarankan untuk memberikan pendampingan. Hal ini bertujuan agar anak dapat mengajukan pertanyaan langsung jika mereka menemui hal yang belum mereka pahami dalam permainannya.

14. Starfall

Starfall adalah salah satu permainan pendidikan untuk anak yang dirancang untuk membantu anak belajar membaca. Aplikasi pendidikan anak ini menawarkan beragam permainan yang dapat mengajarkan anak-anak tentang membaca, pengenalan huruf, dan aspek literasi lainnya.

Aplikasi pendidikan ini tersedia dalam dua versi, yaitu versi gratis dan berbayar, sehingga kamu dapat memilih sesuai kebutuhan dan preferensi kamu.

15. ABC Kids

Sebuah game pendidikan anak prasekolah baru telah dirilis oleh pengembang RV AppStudios. Game ini diberi nama ABC Kids, dan game ini memiliki fokus khusus pada mengajarkan anak-anak mengenali huruf.

Game ini tidak memiliki konsep atau materi pembelajaran lainnya, sehingga memusatkan perhatian pada pemahaman huruf. Dalam game ini, anak-anak akan diberikan bantuan dalam menghafal dan mengenali huruf-huruf. Tampilan antarmuka dan animasinya yang menarik dirancang untuk membuat anak-anak merasa senang dan nyaman saat belajar huruf. ABC Kids juga menyediakan fitur yang memungkinkan anak-anak mendengarkan pengucapan setiap huruf yang ditampilkan.

Baca Juga: 9 Aplikasi Travel Terbaik, Cari Jalan dan Booking Hotel Tak Perlu Repot!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

lobby bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan menjelajahi tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi.

Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles