Capture

12 Film Tentang Virus Terbaik yang Bisa Kamu Tonton!

NikVirus Covid-19 memang tidak pernah berhenti menjadi buah bibir seluruh netizen di dunia. Ia terus diperbincangkan di berbagai media, dan tidak pernah sepi mengingat virus penyebab pandemi ini belum hilang sepenuhnya.

Hal ini bisa jadi mengingatkanmu pada film-film dengan tema serupa. Kali ini, Bob sudah merangkum 12 film bertemakan wabah virus mematikan. Siap-siap menambahkan judul-judul ini dalam watchlist-mu!

1. Outbreak (1995)

Sutradara: Wolfgang Petersen
Rating IMDB: 6,6/10

Sumber: archyworldys.com

Film pertama yang masuk daftar film bertemakan wabah virus mematikan adalah Outbreak. Film ini merupakan satu-satunya film yang dirilis sebelum tahun 2000-an di daftar film versi Bob.

Dalam film Outbreak, manusia menghadapi virus mematikan turunan dari virus ebola atau Motaba. Wabah virus mematikan tersebut berasal dari seekor monyet hingga menginfeksi seseorang.

Hal tersebut pun semakin parah hingga akhirnya virus Motaba tersebut menyebar ke seluruh penjuru California, Amerika Serikat. Seperti halnya Wuhan, pemerintah Amerika Serikat pun mengisolasi kota tersebut demi pencegahan penyebaran virus.

2. 28 Days Later (2002)

Sutradara: Danny Boyle
Rating IMDB: 7,6/10

daftar film 28 days later

Sumber: johnnyhasthekeys.com

Film selanjutnya yang masuk dalam daftar film bertemakan virus mematikan adalah 28 Days Later. Film ini dirilis pada tahun 2002 dan dibintangi oleh Cillian Murphy, Naomi Harris, Noah Huntley, dan masih banyak lainnya.

28 Days Later mengisahkan virus yang menyebar di London. Virus ini berasal dari simpanse yang merupakan subjek virus Rage. Virus tersebut menyebar mulai dari aktivis, ilmuwan, hingga akhirnya ke seluruh kota London. Setelah 28 hari penyebaran virus, Jim, yang merupakan seorang kurir, terbangun dari koma dan kebingungan dengan keadaan London yang benar-benar sepi.

Jim (Murphy) yang akhirnya bertemu Selena (Harris), dan Mark (Huntley) pun menjadi pusat cerita di mana mereka mencari perlindungan dari zombi yang berkeliaran di London.


Baca Juga: Menghentikan Penyebaran Virus Corona di Tempat Kerja


3. Shaun of the Dead (2004)

Sutradara: Edgar Wright
Rating IMDB: 7,9/10

 

Sumber: imdb.com

Shaun of the Dead menjadi satu-satunya film genre komedi di daftar ini. Film besutan Edgar Wright ini dibintangi oleh Simon Pegg, Nick Frost, Kate Ashfield, Martin Freeman, dan masih banyak lainnya.

Film yang termasuk ke dalam trilogi Cornetto ini menceritakan Shaun (Simon Pegg) dan teman-temannya dalam menghadapi invasi zombi yang menyerang London.

Walaupun mengangkat tema virus mematikan dan zombie apocalypse, guyonan yang dikemas apik dalam film ini sungguh menghibur.

4. I am Legend (2007)

Sutradara: Francis Lawrence
Rating IMDB: 7,2/10

i am legend, salah satu film tentang virus

Sumber: barrywetcher.com

Film satu ini dibintangi oleh Will Smith, yang berperan sebagai seorang ahli virus bernama Robert Neville.

Dalam film I am Legend, Neville memiliki kekebalan yang tidak dimiliki oleh manusia biasa. Ia tidak terinfeksi oleh virus mematikan yang menghabisi hampir seluruh populasi manusia di dunia.

Secara keseluruhanfilm ini mengisahkan perjuangan Neville menciptakan antivirus sembari mencari orang-orang yang masih selamat. Menariknya, film ini memiliki alternate ending jika kamu tidak terlalu suka dengan ending aslinya.

5. The Crazies (2010)

Sutradara: Breck Eisner
Rating IMDB: 6,5/10

the crazies, salah satu film tentang virus

Sumber: imdb.com

The Crazies adalah film berikutnya daftar film tentang virus ini. Film yang disutradarai oleh Breck Eisner ini berlatar di kota Ogden Marsh, Iowa, Amerika Serikat.

Kota tersebut pada awalnya merupakan kota yang tenang. Namun, tiba-tiba saja perilaku penduduknya menjadi brutal. Ternyata, penduduk tersebut terserang virus yang disinyalir bernama trixie.

Film ini menceritakan perjuangan hidup David (Timothy Olyphant), Judy (Radha Michell), dan Russell (Joe Anderson) dalam menyelamatkan diri mereka dari kepungan penduduk yang sudah terinfeksi virus trixie.

6. Contagion (2011)

Sutradara: Steven Soderbergh
Rating IMDB: 6,7/10

contagion, salah satu film tentang virus

Film berikutnya, Contagion, disebut-sebut sebagai film yang alur ceritanya benar-benar mewakili penyebaran virus corona di dunia saat ini.

Pasalnya, film ini menceritakan Beth Emhoff (Gwyneth Paltrow) yang merasakan demam selepas kepulangannya dari bisnis di Hong Kong. Tak disangka, demam tersebut justru menular pada siapa saja yang sudah melakukan kontak dengannya.

Tak berhenti sampai di sana. Usut punya usut, dalam film tersebut, virus yang awalnya menjangkit Beth tersebut berasal dari kelelawar dan babi.

Film Contagion dibintangi oleh beberapa artis papan atas Hollywood seperti Gwyneth Paltrow, Kate Winslet, Matt Damon, dan Jude Law.

7. Deranged (2012)

Sutradara: Park Jung-woo
Rating IMDB: 6,4/10

Sumber: imdb.com

Deranged merupakan satu dari tiga film yang berasal dari Korea Selatan dalam daftar ini. Dirilis 8 tahun silam, film ini menceritakan perilaku janggal para warga Korea.

Dalam film dengan judul asli Yeon-ga-si ini, perilaku janggal tersebut adalah warga Korea yang secara sukarela menceburkan diri ke sungai hingga akhirnya meninggal di sungai tersebut.

Di film ini, kamu akan menyaksikan perjuangan seorang Ibu (Moon Jeong-hee) dalam menyelamatkan anaknya yang terjangkit virusm dan juga perjuangan pemerintah Korea Selatan dalam mengatasi masalah tersebut.

8. The Flu (2013)

Sutradara: Kim Sung-su
Rating IMDB: 6,7/10

Sumber: phim33.com

Berjudul asli Gamgi, film ini menceritakan menyebarnya wabah virus H5N1 yang menyerang wilayah Bundang, Seongnam, Korea Selatan. Wabah virus tersebut ternyata berasal dari mayat imigran gelap yang diselundupkan di sebuah kontainer.

Menyebarnya virus tersebut akhirnya membuat Kota Bundang diisolasi dari dunia luar. Namun, hal tersebut justru menimbulkan berbagai konflik semrawut. Nantinya, film ini menyuguhkan cara bertahan hidup masing-masing karakter.

9. World War Z (2013)

Sutradara: Marc Foster
Rating IMDB: 7/10

Film tentang virus mematikan berikutnya adalah World War Z. Dibintangi Brad Pitt dan disutradarai Marc Foster, World War Z menceritakan serangan zombi yang menginfeksi banyak orang di dunia.

Film ini berpusat pada Gerry Lane (Brad Pitt), mantan pegawai Perserikatan Bangsa-Bansa (PBB) yang mendapatkan misi untuk mencari informasi tentang zombi dan virus yang melanda dunia ini.

Kamu akan menyaksikan perjuangan Gerry Lane dalam menghadapi zombi di seluruh dunia. World War Z sendiri merupakan film yang diangkat dari sebuah novel dengan judul yang sama.

via imdb.com


Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Keluarga untuk Ditonton Saat Weekend!


10. Train to Busan (2016)

Sutradara: Yeon Sang-ho
Rating IMDB: 7,5/10

Sumber: imdb.com

Film hits tahun 2016 dari Korea Selatan ini membawa Gong-Yoo sebagai pemeran utama.

Train to Busan mengisahkan kereta yang sedang dalam perjalanan menuju kota Busan. Di tengah perjalanannya, ada seseorang yang mengidap virus mematikan dan akhirnya virus tersebut menyebar ke sepanjang kereta tersebut.

Orang-orang yang terjangkit pun berubah menjadi zombi. Di film tersebut, kamu akan menyaksikan jatuh bangun Gong-Yoo agar tidak terjangkit oleh virus mematikan tersebut.

11. Carter (2022)

Sutradara: Jun Byung-Gil
Rating IMDB: 5,1 /10

Carter review: Netflix's new movie puts action above all else - The Verge

Sumber: IMDB.com

Menceritakan seseorang bernama Carter yang bangun tanpa ingatan apa-apa, dan mendapati dirinya berada di wilayah tempat virus mematikan berada. Virus tersebut adalah virus DMZ yang dapat membunuh manusia kurang dari 13 hari.

Carter, dengan alat misterius di kepalanya, harus mencari tahu siapa dirinya di tengah orang-orang yang terkena infeksi virus mematikan. Dia harus bertaruh nyawa menjalankan misi penuh tantangan agar bisa selamat dari tempat mengerikan tersebut.

12. 12 Monkeys (2022)

Sutradara: Terry Gilliam
Rating IMDB: 8,0 /10

12 Monkeys (1995) - IMDb

Sumber: IMDB.com

Meskipun termasuk jadul, 12 Monkeys adalah film tentang virus yang tidak lekang oleh waktu. Pasalnya, plot cerita film ini benar-benar menarik dan tidak pernah gagal membuat penontonnya penasaran dari awal hingga akhir.

12 Monkeys menceritakan sebuah dunia di mana para manusia harus mengungsi ke bawah tanah, akibat penyebaran virus mematikan yang telah membunuh miliaran orang. Di masa depan, pemerintah setempat membuat sebuah mesin waktu untuk mengirim orang kembali ke masa lalu demi mencegah penyebaran virus mematikan tersebut.

12 Monkeys terinspirasi dari sebuah film pendek berjudul La Jetee karya Chris Marker yang rilis pada tahun 1962. Kamu akan menjumpai aktor papan atas seperti Bruce Willis dan Brad Pitt yang membintangi film ini.


Ingin Nonton Tanpa Terganggu? Datang saja ke Bobobox!

Jika kamu ingin menikmati staycation dengan menonton film favorit, ditemani lampu led yang bisa diubah sesuka hati, Bobobox adalah jawaban yang kamu cari.

Nikmati pod yang luas, serta fasilitas keren dan futuristik lainnya. Untuk informasi lebih lanjut dan reservasi, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini.

backpacker di bandung bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles