Inilah 7 Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa, Cobain Deh

Inilah 11 Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa, Cobain Deh!

Sering merasa mengantuk saat berpuasa? Hal ini bukanlah hal yang aneh, justru merupakan salah satu tantangan besar—selain menahan lapar dan haus—bagi kebanyakan orang saat berpuasa.

Terutama jika hari berpuasa masih dipenuhi beragam aktivitas, seperti bekerja atau sekolah. Menahan rasa kantuk pun bisa jadi hal yang sangat menyulitkan.

Kenapa Orang Sering Mengantuk Saat Puasa?

Studi menunjukkan bahwa orang yang berpuasa cenderung mengalami rasa lelah dan turunnya tingkat energi.

Salah satu penyebab paling umumnya adalah karena terjadinya penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

Rendahnya gula darah dalam tubuh kemudian membuat tubuh cenderung lemas, dan membuat otak sulit berkonsentrasi. Kedua hal ini pun akan memengaruhi produktivitas.

Baca Juga: Langsung Tidur Setelah Sahur? Lebih Baik Jangan, deh

Bagaimana Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa?

Bagaimana Cara Agar Tidak Ngantuk Saat Puasa

Sumber: Dokter Sehat

Ngantuk di hari-hari normal mungkin adalah hal yang biasa. Kamu bisa mengatasinya dengan minum kopi atau secangkir teh, dua minuman yang terkenal ampuh mengusir rasa kantuk.

Namun, apa jadinya jika kamu merasa mengantuk saat sedang berpuasa? Ini dia beberapa cara agar tidak ngantuk saat puasa yang bisa kamu coba:

1. Cari Sinar Matahari

Faktanya, rasa kantuk yang kamu rasakan saat berpuasa bisa timbul karena rendahnya pencahayaan yang diterima oleh mata.

Hal ini dikarenakan rasa kantuk mengikuti pencahayaan yang diterima oleh mata. Artinya, jika cahaya meredup, maka mata menangkapnya sebagai sinyal untuk beristirahat. Hal inilah yang membuat kamu mengantuk. 

Oleh karena itu, untuk mengatasinya, kamu bisa menyalakan lampu ruangan atau mencari sinar matahari langsung. Coba beranjak ke luar ruangan atau cari kaca yang terpapar cahaya matahari.

2. Tidur Siang yang Nyenyak

Bagi kamu yang sudah tak bisa menahan serangan rasa kantuk, tak ada salahnya untuk tidur siang sedikit. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih bugar dan konsentrasi turut meningkat.

Kamu bisa membagi waktu istirahat menjadi dua: sebagian untuk makan siang, dan sebagian lainnya untuk power nap alias tidur siang singkat.

Tidur siang singkat ini akan membantu kamu memulihkan energi agar tubuh terasa lebih segar dan produktif. Namun, jangan sampai tidur terlalu lama, sebab ini hanya akan membuat tubuh semakin lemas.

Tidur siang selama lima hingga dua puluh menit sudah cukup ideal untuk beristirahat, menghilangkan rasa kantuk, dan memulihkan tenaga.Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Cuci Muka

Bagi kamu yang sering menonton film, kamu mungkin familiar dengan adegan banyak aktor yang menghilangkan rasa kantuk saat bangun pagi dengan membasuh wajah menggunakan air dingin.

Hal ini merupakan salah satu cara yang juga dapat kamu lakukan saat berpuasa. Alih-alih sekedar membasuh wajah, kamu juga bisa lakukan ritual wudhu yang juga akan menyegarkan beberapa bagian tubuh kamu sekaligus sehingga rasa kantuk hilang. 

4. Melakukan Peregangan

Melakukan Peregangan

Sumber: Liputan6.com

Mengantuk saat berpuasa dan saat beraktivitas? Cobalah untuk melakukan peregangan sederhana, yang dapat membantu menggerakkan otot-otot dan menghindari rasa kaku di tubuh.

Selain melakukan peregangan sederhana, kamu juga bisa coba berjalan-jalan di sekitar kantor atau rumah. Lakukan selama beberapa menit untuk melancarkan aliran darah dan meningkatkan asupan oksigen ke otak.

5. Mandi Air Dingin

Cara agar tidak ngantuk saat puasa berikutnya adalah dengan mandi air dingin. Mandi air dingin merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat tubuh lebih segar. 

Hal ini dikarenakan suhu air dingin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah dan juga energi pada tubuh. 

Tak hanya itu, air dingin juga sangat baik untuk meredakan bengkak di wajah. Sebab, air dingin dapat mengurangi peradangan sekaligus membantu mencerahkan kulit. 

6. Perbanyak Berdiskusi

Perbanyak Berdiskusi

Sumber: Katadata

Tips lain agar tidak mudah mengantuk saat puasa adalah dengan memperbanyak diskusi. Entah itu diskusi dengan teman, rekan kerja, ataupun keluarga di rumah.

Berdiskusi dapat merangsang otak agar bekerja lebih aktif. Ini akan membantu meningkatkan tingkat kewaspadaan serta kemampuan berkonsentrasi. 

Meskipun demikian, awasi juga durasi kamu mengobrol agar mulut tidak terlalu kering. Lakukan diskusi saat kamu mengantuk untuk mengalihkan rasa kantuk ini. 

7. Cukupi Kebutuhan Tidur

Cara agar tidak ngantuk saat puasa yang terakhir adalah dengan mencukupi kebutuhan tidurmu. 

Dengan mencukup waktu tidur, maka kamu tidak akan kekurangan energi pada keesokan harinya. Ini juga akan memperkecil risiko bangun kesiangan saat santap sahur.

Jadi, hindari kebiasaan begadang saat puasa agar tubuh kamu tetap bugar, ya!

8. Olahraga

Berlatih fisik tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menghindarkan dari rasa ngantuk ketika menjalani puasa.

Aktivitas olahraga juga dapat meningkatkan kebugaran tubuh serta membantu meningkatkan kualitas tidur. Melakukan latihan fisik sebelum waktu berbuka dapat menjadi pilihan yang baik, misalnya dengan berjalan-jalan atau berlari di sekitar area rumah.

9. Tidur Singkat

Jika sulit untuk mendapatkan tidur yang cukup selama 8 jam karena ada tugas atau tanggung jawab lainnya, upayakan tidur dalam durasi yang singkat.

Tidak perlu tidur dalam waktu yang panjang, cukup dengan tidur selama 10 menit hingga 30 menit bisa membantu menghilangkan rasa ngantuk saat menjalani puasa, sehingga tubuh lebih segar kembali.

10. Dengarkan Musik yang Upbeat

Salah satu cara lain untuk menghilangkan ngantuk selama bulan puasa adalah dengan mendengarkan musik yang memiliki irama yang cepat atau upbeat.

Untuk merangsang aktivitas otak, mendengarkan musik upbeat bisa membantu mengatasi ngantuk yang mungkin muncul. Hal ini berguna untuk mengusir kesunyian yang dapat membuat kamu semakin mengantuk.

11. Minum Air Putih yang Cukup

Salah satu cara untuk mengatasi rasa ngantuk saat berpuasa adalah dengan menjaga asupan air putih yang cukup saat sahur, karena kondisi perut kosong bisa mengakibatkan dehidrasi.

Biasanya, manusia disarankan untuk minum sekitar 8 gelas air putih dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh.

Untuk menjaga keseimbangan cairan tubuh dan mengatasi rasa ngantuk saat berpuasa, bisa diterapkan aturan minum 2 gelas saat berbuka, 4 gelas di malam hari, dan 2 gelas lagi saat sahur.

Baca Juga: Sering Sulit Tidur? Yuk, Coba 7 Jenis Minuman Ini Sebelum Tidur!

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: Tokopedia.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles