rokok

Tak Hanya Merusak Paru-Paru Simak Bahaya Merokok Berikut Ini

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh tidak terbatas pada kesehatan paru-paru saja. Lebih jauh lagi, kebiasaan merokok dapat menjadi ancaman bagi kesehatan organ tubuh lainnya tak terkecuali juga pada kesehatan psikologi seseorang. Oleh karena itu tidak perlu diragukan lagi bahwa merokok merupakan kebiasaan tidak sehat uang berbahaya. Asap rokok tak hanya berbahaya agi perokok tapi juga bagi orang-orang disekitarnya yang mejadi perokok pasif.

Jenis Kandungan yang Berbahaya pada Rokok

Bahaya merokok timbuk karena berbagai kandungan berbahaya yang terdapat di dalam sebatang rokok. Terdapat kira-kira lebih dari 7.000 bahan kimia dalam sebatang rokok dan sekitar 70 di antaranya dapat menyebabkan kanker. Berikut ini adalah bahan-bahan kimia berbahaya yang ada di dalam rokok:

Nikotin

Nikotin merupakan zat stimulan yang dapat memperbaiki suasana hati serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Dibalik itu, zat kimia satu ini juga dapat menimbulkan efek adiksi atau kecanduan sehingga membuat perokok sulit menghentikan kebiasaan tersebut. Perokok dapat mengalami peningkatan detak jantung dan tekanan darah, berkurangnya nafsu makan, sesak napas, mual, serta diare akibat nikotin.

Karbon monoksida

Zat kimia yang terdapat pada rokok selanjutnya adalah karbon monoksida. Zat yang satu ini umum kamu temukan pada iasap knalpot kendaraan seperti mobil. Karbon monoksida merupakan zat yang berbahaya karena dapat menghalangi suplai oksigen ke seluruh bagian tubuh, memaksa jantung bekerja lebih keras, dan mengganggu kinerja paru-paru.

Tar

Kandungan tar pada rokok faktanya dapat mempersempit saluran udara kecil di paru-paru atau bronkiolus yang bertugas untuk menyerap oksigen. Lebih jauh lagi tar juga dapat merusak rambut halus atau silia yang berfungsi untuk mengeluarkan virus, kuman, debu, dan benda asing dari saluran pernapasan.

Benzena

Kamu pasti familiar dengan bezena yang dapat ditemukan di dalam pestisida dan bahan bakar minyak (bensin). Faktanya paparan kandungan benzena dalam rokok dapat meningkatkan risiko terjadinya leukemia dan kondisi kelainan darah lainnya.

Bahaya Merokok bagi Kesehatan

Setelah menyimak beberapa kandungan berbahaya pada rokok di atas, mari simak beberapa bahaya merokok bagi kesehatan berikut ini:

1. Bahaya Merokok: Gangguan Kardiovaskular

Bahaya Merokok

Bahaya yang pertama berkaitan pada kesehatan kardiovaskular atau jantung. Perokok dan orang yang tak sengaja menghirup asap rokok dari orang sekitarnya faktanya berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung dan stroke.

2. Bahaya Merokok: Kerusakan Otak

Bahaya selanjutnya adalag risiko kerusakan pada otak. Siapa sangka bahwa merokok dapat mengganggu perkembangan dan fungsi otak, baik pada anak-anak, remaja, dan orang dewasa. Tak hanya itu kebiasaan merokok juga dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit pada otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan pikun atau demensia.

Baca Juga: 10 Bahaya Asap Rokok bagi Kesehatan, Dapat Picu Penyakit Mematikan!

3. Bahaya Merokok: Penyakit Mulut dan Tenggorokan

Perokok umumnya memiliki beberapa keluhan kesehatan mulut seperti bau mulut, gigi bernoda, dan penyakit gusi. Keluhan-keluhan tersebut merupakan efek yang kerap timbul akibat merokok. Tak sebatas itu, kebiasaan merokok juga dapat menyebaban kanker pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan, termasuk kanker laring dan kanker nasofaring.

4. Bahaya Merokok: Penyakit Paru-paru

Kebiasaan merokok sangat berpengaruh pada kesehatan pernafasan sehingga salah satu risiko berbahayanya adalah kanker paru-paru. Bahan-bahan kimia pada rokok memiliki potensi dalam merusak sel paru-paru yang kemudian bisa berubah menjadi sel kanker.

5. Bahaya Merokok: Penyakit Lambung

Penyaki lambung juga dapat dipengaruhi oleh kebiasaan merokok karena dapat melemahkan otot yang mengontrol bagian bawah kerongkongan. Hal ini kemudian dapat memungkinkan asam lambung naik ke kerongkongan dan dikenal sebagai penyakit asam lambung atau GERD. Risiko penyakit lambung lainnya yang dapat terjadi pada seorang perokok adalah ulkus atau tukak lambung dan kanker lambung.

6. Bahaya Merokok: Tulang Keropos atau Rapuh

Racun pada rokok bisa menimbulkan kerapuhan pada tulang. Oleh karena itu, perokok lebih berisiko mengalami tulang rapuh atau osteoporosis. Riset pun menyebutkan bahwa wanita yang merokok lebih rentan mengalami osteoporosis daripada wanita yang tidak merokok.

7. Bahaya Merokok: Penuaan Dini

Perokok juga dapat mengalami penuaan dini karena kebiasaan merokok dapat merusak kulit. Beberapa tanda penuaan dini ini diantaranya adalah timbulnya kerutan di sekitar mata dan mulut, berisiko muncul lebih awal pada perokok aktif. Penuaan dini ini dapat terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke kulit, sehingga orang yang merokok akan terlihat lebih tua daripada orang yang tidak merokok.

8. Bahaya Merokok: Masalah Pada Organ Reproduksi

Selain kesehatan kulit, kebiasaan merokok juga dapat berpengaruh pada kesehatan organ reproduksi. Mereka yang merokok dapat mengalami gangguan ereksi dan mengurangi produksi sperma. Pada wanita, merokok dapat mengurangi tingkat kesuburan dan risiko kanker serviks yang lebih tinggi. Hal ini dikarenakan tubuh mengalami pengurangan kemampuan alami tubuh dalam melawan infeksi HPV.

9. Bahaya Merokok: Gangguan Psikologis

bahaya asap rokok untuk kesehatan

Selain penyakit fisik, kebiasan merokok juga dapat menimbulkan gangguan psikologis diantaranya gangguan cemas, susah tidur, dan depresi. Hal ini sangat dapet terjadi karenatubuh perokok sering terpapar zat beracun dari rokok atau karena berhenti merokok secara tiba-tiba.

Jika kamu memiliki kesulitan untuk menghentikan kebiasaan merokok atau sudah mengalami gangguan kesehatan akibat bahaya merokok, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Baca Juga: Coba 7 Tips Ampuh Berikut untuk Berhenti Merokok

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles