kintamani bali

Cara ke Kintamani dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

Bali bukan cuma terkenal dengan Kuta, Nusa Dua, Canggu, atau Ubud saja. Kintamani, sebuah kecamatan di Kabupaten Bangli, juga menawarkan sejumlah destinasi wisata yang enggak kalah menarik untuk dikunjungi. Namun, bagaimana cara ke Kintamani dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, ya?

Biar enggak bingung, simak artikel ini, yuk! Bob akan bocorkan opsi transportasi yang bisa kamu pilih, lengkap dengan perkiraan budget yang harus kamu keluarkan.

Baca juga: Jalan-Jalan Ke Kintamani? Jangan Lupa 10 Destinasi Wisata Kintamani yang Hits dan Seru

Cara ke Kintamani dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali

cara ke kintamani dari Bandara I Gusti Ngurah Rai bali

Photo: David Dwipayana via Unsplash

Taksi Online

Memesan taksi online adalah salah satu cara paling mudah dan nyaman untuk mencapai Kintamani. Terutama jika kamu pergi berpasangan atau berkelompok, serta membawa banyak barang bawaan.

Untuk memesan taksi online ini, kamu bisa melakukannya melalui berbagai aplikasi ride hailing. Berdasarkan harga yang ditampilkan sejumlah aplikasi ride hailing per Juni 2024, kisaran harga taksi online dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Kintamani sekitar Rp650.000 – Rp900.000. 

Namun, harga ini tentunya bisa berubah, tergantung kondisi lalu lintas dan waktu pemesanan.

Keuntungan menggunakan opsi transportasi ini adalah praktis, nyaman, dan langsung ke tujuan tanpa perlu repot berpindah-pindah kendaraan. Kekurangannya tentu saja tarif yang lebih tinggi ketimbang opsi lainnya.

Ojek Online

Selain taksi online, aplikasi ride hailing juga menyediakan layanan ojek online. Opsi transportasi ini cocok untuk kamu yang bepergian sendirian dan tidak membawa banyak barang.

Per Juni 2024, tarif ojek online dari Bandara I Gusti Ngurah Rai ke Kintamani berkisar di angka Rp160.000 – Rp250.000. Harga ini bisa berubah, tergantung kelancaran lalu lintas dan waktu pemesanan.

Dengan memesan ojek online, ongkos yang kamu keluarkan jauh lebih sedikit ketimbang naik taksi online. Hanya saja, mungkin badan kamu akan agak pegal karena duduk di motor selama kurang lebih dua jam. Namun, kelelahan itu bisa agak terobati dengan pemandangan indah dan angin sepoi-sepoi yang menemanimu sepanjang jalan, kan? 

Layanan Airport Transfer

Selanjutnya, kamu bisa ke Kintamani dengan memanfaatkan layanan airport transfer yang disediakan sejumlah platform agen perjalanan. Layanan airport transfer adalah layanan penjemputan dari bandara ke kota tujuanmu. 

Per Juni 2024, layanan airport transfer di sejumlah platform agen perjalanan memiliki rentang harga di Rp550.000 – Rp700.000. Harga tersebut dipatok untuk satu mobil berkapasitas empat orang penumpang. Jadi, ini opsi transportasi yang cocok untuk kamu yang pergi berkelompok.

Bicara soal harga, layanan airport transfer ini memang lebih terjangkau ketimbang taksi online. Namun, pada waktu-waktu tertentu seperti saat musim liburan, ketersediaan kendaraan bisa terbatas. Akibatnya, kamu harus menunggu lebih lama.

Taksi Bandara

Kamu juga bisa ke Kintamani dengan menggunakan layanan taksi yang disediakan pengelola Bandara I Gusti Ngurah Rai, lho!

Berdasarkan informasi yang ada di situs web resmi Bandara I Gusti Ngurah Rai, tarif taksi bandara ini adalah Rp6.500 per kilometer, dengan total tarif minimum Rp120.000 per perjalanan. 

Karena jarak dari bandara ke Kintamani sekitar 77 kilometer, kamu akan dikenakan tarif sekitar Rp500.000 per taksi. Harap dicatat, biaya tersebut di luar waiting fee, tarif tol, dan biaya surcharge. Untuk wilayah Kintamani, biaya surcharge yang harus penumpang bayar sebesar Rp50.000.

Hmm, masih punya pertanyaan? Untuk informasi lebih lengkap, kamu bisa menghubungi pihak bandara melalui kontak yang tertera di situs web resminya, ya!

Shuttle Bus

Dari Bandara I Gusti Ngurah Rai, kamu bisa naik shuttle bus Kura-Kura ke Halte Beachwalk, Denpasar. Tarifnya berkisar di harga Rp20.000 – Rp80.000 per orang.

Setelahnya, kamu perlu menempuh jarak sekitar 1 kilometer dengan berjalan kaki atau naik ojek ke Halte Kuta. Di sana, kamu bisa naik bus Perama Tour yang menuju ke Kintamani dengan tiket seharga Rp170.000 per orang.

Kelebihan dari opsi ini tentu saja jauh lebih murah ketimbang opsi-opsi lainnya. Sayangnya, shuttle bus tersebut hanya memiliki satu atau dua jadwal keberangkatan saja dalam sehari. Selain itu, kamu juga perlu berpindah kendaraan sebanyak beberapa kali. Hal ini akan terasa kurang praktis, terutama jika kamu membawa banyak barang.

Sewa Kendaraan Pribadi

Ada cara lain ke Kintamani, yakni dengan sewa kendaraan pribadi. Kamu bisa menyewa mobil ataupun motor, sesuai kebutuhan dan anggaran yang dimiliki. Biasanya, para pemilik rental kendaraan akan memberikan opsi terkait pengemudi, bensin, dan lainnya. Jadi, jangan lupa tanya detailnya terlebih dulu, ya.

Bisa dibilang, opsi ini cocok dipilih kalau kamu juga ingin sekalian explore berbagai tempat wisata di Kintamani yang akan Bob rekomendasikan di bawah. Cocok juga untukmu yang ingin punya waktu lebih fleksibel. Nah, Bob sarankan, kamu bisa menyewa kendaraan selama seharian penuh agar lebih puas, ya.

Baca juga: 22 Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali yang Murah dan Tidak Bikin Kantong Bolong

Tempat Wisata di Kintamani

Setelah tahu bagaimana cara ke Kintamani dari Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, jangan lupa kunjungi sejumlah tempat wisata yang akan membuat liburanmu berkesan. Apa aja, tuh? Yuk, cek di bawah!

Pura Ulun Danu Batur

Pura Ulun Danu Batur

Photo: Katarzyna Zygnerska via Unsplash

Pura Ulun Danu Batur adalah salah satu pura paling penting di Bali. Sebagai tempat ibadah umat Hindu, pura ini didedikasikan untuk Dewi Danu, penguasa Danau Batur yang dipercaya memberikan kehidupan dan kesuburan bagi masyarakat setempat. 

Selain mempertontonkan keindahan Danau Batur, pura ini juga menawarkan pemandangan spektakuler Gunung Batur yang kokoh menjulang.

Saat mengunjungi pura ini, pastikan kamu menjaga sikap dan berpakaian sopan, ya. Soalnya, Pura Ulun Danu Batu merupakan situs sakral yang masih aktif digunakan untuk upacara keagamaan.

Museum Geopark Batur

Terletak di Selatan Gunung Batur, museum ini memuat informasi lengkap tentang geopark, baik geopark Batur maupun geopark lainnya di Indonesia.

Di sini, kamu akan mengenal apa itu geopark, fungsi geopark, sejarah Gunung Batur dan Danau Batur, keanekaragaman hayati yang ada di kawasan geopark Batur, dan sebagainya.

Kalau kamu tertarik dengan ilmu geologi, kamu pasti suka berkunjung ke museum yang satu ini!

Batur Natural Hot Spring

Sedang ingin rileks? Ini dia tempat wisata yang pas untuk kamu. Batur Natural Hot Spring merupakan pemandian air panas yang menyajikan pemandangan Danau Batur dan Gunung Batur. 

Di sini, ada tiga kolam air panas. Yang pertama terletak di dekat pintu masuk, dengan kedalaman 1,5 meter dan suhu yang tidak terlalu panas. Kolam kedua dan ketiga terletak di bagian bawah kawasan pemandian. Keduanya memiliki suhu 38-32 derajat Celcius dan lebih dangkal ketimbang kolam pertama.

Selain itu, ada juga pancuran air panas yang akan membuat tubuhmu seperti dipijat-pijat! Seru, kan?

Baca juga: Wajib Tahu! 3 Pemandian Air Panas Kintamani yang Wajib Dikunjungi

Bobocabin Siap Menemani Kamu di Kintamani

Bobocabin Kintamani

Agar pengalamanmu di Kintamani semakin menyenangkan, pastikan kamu memilih tempat menginap yang nyaman untuk beristirahat. Penginapan yang sangat Bob rekomendasikan adalah Bobocabin Kintamani!

Di sini, kamu bisa merasakan pengalaman glamping di dalam kabin yang dilengkapi fasilitas canggih, seperti smart window, B-pad, hingga kunci pintu otomatis. 

Salah satu hal yang paling disukai para pengunjung dari Bobocabin Kintamani adalah pemandangan sekitar kabin yang sangat cantik. Kamu bisa menikmati pemandangan serba hijau ala dataran tinggi dari balik jendela kabin.

Mau pesan kabin kamu sekarang? Yuk, download aplikasi Bobobox dan pilih tanggal menginapmu di Bobocabin Kintamani! Bob tunggu kedatanganmu, ya!

 

Foto utama oleh: Ayadi Ghaith via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles