packing - naik gunung

7 Tips Packing Carrier yang Benar Agar Nyaman

Kamu tim koper atau carrier? Keduanya memang memiliki plus dan minus-nya sendiri. Buat yang suka membawa barang banyak saat travelling, koper mungkin jadi pilihan tepat. Tapi buat yang lebih suka bepergian dengan praktis, carrier jawabannya.

Namun, travelling dengan carrier enggak bisa dianggap enteng juga, lho. Karena tas carrier memiliki ruang yang lebih terbatas, maka diperlukan cara yang tepat untuk packing barang-barang kamu biar travelling tetap nyaman. 

Kenapa Packing Carrier dengan Nyaman itu Penting?

tips packing carrier

Photo: lauraelatimer0 via Pixabay

Carrier adalah tas jenis ransel besar yang biasanya digunakan para pendaki gunung. Ternyata, carrier tidak hanya bisa digunakan untuk pendakian saja. Namun cocok juga untuk liburan ke destinasi lainnya. Menggunakan carrier dianggap lebih praktis dan cocok dibawa ke berbagai medan.

Liburan dengan membawa carrier juga populer untuk para backpacker yang liburan jarak jauh ke daerah terpencil dan menggunakan kendaraan umum. Kalau kamu membawa koper, pasti repot mendorongnya kemana-mana.

Namun, perlu diketahui bahwa packing tas carrier untuk liburan juga harus dilakukan dengan baik karena cukup berpengaruh terhadap pengalaman dan keselamatan selama perjalanan.

Tas yang di-packing dengan baik akan memiliki distribusi beban yang merata, sehingga tidak menyebabkan sakit punggung atau bahu selama perjalanan. Rasa mudah lelah dan juga cedera lainnya pun bisa dihindari.

Selain itu, dengan meletakkan barang-barang yang penting di lokasi yang tepat, misalnya botol air atau dompet, kamu tidak perlu membongkar pasang tas setiap kali ingin mengambil sesuatu.

Carrier juga memiliki ruang yang terbatas. Sehingga kamu harus memanfaatkan ruang tas secara optimal. Jangan sampai ada yang kosong, agar semua barang yang diperlukan bisa dibawa tanpa harus menambah tas ekstra. 

Baca Juga: 7 Tips Merawat dan Menyimpan Carrier agar Lebih Awet

Tips Packing Carrier

Biar travelling makin asyik dan tetap nyaman, simak dulu tips packing carrier yang benar dan praktis dari Bob berikut ini, ya!

Pilih Carrier yang Sesuai

tips packing carrier

Photo: S&B Volanthen via Unsplash

Carrier yang cocok untukmu adalah yang pas dengan postur tubuhmu. Pilih carrier yang ukurannya tidak terlalu besar atau terlalu kecil. Pastikan juga desainnya ergonomis agar beban di punggung bisa terdistribusi dengan rata.

Memilih bahan carrier yang tepat juga penting, lho. Pilihlah yang nyaman dan memiliki sirkulasi udara bagus agar punggung tidak lembab dan iritasi. Sebaiknya hindari beli barang secara online. Langsung coba dan beli di toko agar yakin carrier-nya enak dipakai.

Selain itu, memilih carrier untuk laki-laki dan perempuan juga berbeda, lho. Ada jenis tas gunung pria dan tas gunung wanita yang masing-masing memiliki standar kapasitas berbeda. Biasanya kapasitas yang tersedia ada 30L, 35L, 55L, 65L, 80L, dan 100L.

xUntuk jenis carrier pria biasanya memiliki kapasitas di atas 45L. Sementara untuk wanita direkomendasikan memilih tas carrier berukuran sedang dengan kapasitas 30-50L.

Baca Juga: Jangan Sampai Terlewat, Ini Perlengkapan Mendaki Gunung Untuk Wanita yang Harus Dibawa!

Kelompokkan Barang dan Susun dengan Tepat di Dalam Carrier

packing baju

Photo: Sarah Brown via Unsplash

Sebelum mulai packing, kelompokkan dulu barang-barang yang mau dibawa. Barang-barang berat seperti alat masak atau tenda bisa diletakkan di bagian tengah ke arah punggung, supaya beban carrier nggak bikin punggungmu cepat pegal. 

Sementara benda berukuran sedang seperti kompor dan nesting bisa diletakkan di bawah benda berat agar menopang benda berat tadi. Barang yang ringan dan jarang digunakan seperti sleeping bag atau baju ganti bisa diletakkan di bawah carrier

Barang yang sering kamu butuhkan, seperti snack atau jas hujan, letakkan di bagian atas atau kantong luar agar gampang diambil. Susunan ini penting banget buat menjaga keseimbangan dan aksesibilitas selama perjalanan​.

Pastikan tidak ada barang yang terlalu panjang atau menggantung keluar dari carrier. Itu bisa mengganggu keseimbangan dan menghambat kamu dalam bergerak. Jika sudah masuk semua barang, pastikan juga carrier seimbang. 

Cara mengeceknya adalah dengan berdirikan carrier. Jika bisa berdiri dengan tegak, itu artinya barang sudah tersusun dengan benar.

Gunakan Travel Organizer agar Lebih Rapi

tips packing carrier

Photo: Timur Weber via Pexels

Travel organizer itu lifesaver banget! Pakai tas-tas kecil untuk menata barang-barang kecil seperti kabel, alat mandi, atau obat-obatan. Selain bikin isi tas lebih rapi, travel organizer juga memudahkan kamu mencari barang tanpa harus membongkar carrier seluruhnya. Plus, ini bisa mencegah barang-barang kecil hilang di dasar carrier​.

Baca Juga: 10 Cara Packing Baju di Koper yang Efisien Supaya Bisa Muat Banyak

Atur Pakaian dengan Digulung

tips packing carrier

Photo: Vlada Karpovich via Pexels

Tips packing carrier selanjutnya, gulung pakaianmu daripada melipatnya. Teknik ini tidak hanya bisa menghemat ruang, tapi juga membuat pakaian lebih rapi dan minim kerutan. Selain itu, kamu bisa lebih mudah melihat dan mengambil pakaian yang dibutuhkan tanpa harus mengacak-acak isi carrier​.

Tidak Membawa Barang Secara Berlebihan

tips packing carrier

Photo: Ravindra Rawat via Pexels

Jangan bawa barang berlebihan! Pikirkan kembali barang-barang yang benar-benar kamu butuhkan selama liburan. Hitung dulu, berapa lama kamu akan pergi, dan berapa banyak barang yang harus kamu bawa.

Bawa barang yang multifungsi dan hindari membawa terlalu banyak pakaian atau peralatan yang jarang digunakan. Ingat, semakin ringan carrier kamu, semakin nyaman perjalananmu.

Pilih Carrier yang Anti Air

bobocabin baturraden

Photo: Bobobox Internal Asset

Cuaca bisa sangat tidak terprediksi, jadi memilih carrier yang tahan air adalah wajib hukumnya. Gunakan carrier dengan bahan anti air atau yang setidaknya sudah dilengkapi rain cover.

Ini sangat penting agar barang-barang di dalam carrier tetap kering meski kamu terguyur hujan deras. Dengan begitu, barang-barang penting seperti gadget, dokumen, dan pakaian akan tetap terlindungi dari air.

Baca Juga: Tips Packing; 5 Cara Mengisi Tas Ransel Secara Efisien

Bawa Tas Tambahan

tips packing carrier

Photo: Presley Roozenburg via Unsplash

Last but not least, bawa tas tambahan kecil untuk keperluan harian. Tas ini bisa kamu pakai untuk membawa barang-barang penting yang sering kamu butuhkan saat jalan-jalan, seperti kamera, paspor, dompet, atau botol air minum. 

Dengan begitu, kamu nggak perlu bongkar carrier besar setiap kali butuh sesuatu. Tas tambahan ini juga berguna buat menyimpan barang-barang yang kamu beli selama perjalanan​. Biar praktis, pilihlah tas berukuran kecil yang bisa dipakai di pinggang.

Gimana, siap mengaplikasikan tips packing carrier di artikel ini?

Liburan Nyaman di Mana Saja dengan Bobocabin

bobocabin

Photo: Bobobox Internal Asset

Sudah siap berlibur dan menjelajahi keindahan alam Indonesia? Jangan lupa untuk memilih akomodasi yang nyaman dan praktis. Bobocabin bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu yang ingin merasakan sensasi glamping dengan teknologi modern.

Bobocabin hadir di berbagai penjuru Indonesia, bahkan di lokasi yang cukup terpencil. Kamu bisa menemukan Bobocabin di Bandung, Bali, Malang, Baturraden, Toba, Bunaken, Sumba, dan masih banyak lagi. 

Bobocabin The Tavia Puncak

Photo: Bobobox Internal Asset

Setiap Bobocabin pun dirancang dengan desain yang modern dan minimalis, dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang lengkap untuk menunjang kenyamanan.

Setiap kabin sudah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti Mood Lamp, Smart Window, dan B-Pad untuk mengontrol semuanya. 

Bobocabin cocok untuk kamu yang ingin berlibur sendiri, bersama pasangan, ataupun keluarga. Kabinnya yang luas dan nyaman dapat menampung hingga 4 orang.

Bonfire session - Bobocabin Coban Rondo Malang

Photo: Doc. Bobobox

Selain itu, Bobocabin juga menyediakan berbagai pilihan aktivitas menarik di sekitar areanya, seperti BBQ, api unggun, trekking, hiking, dan wisata alam lainnya.

Download aplikasi Bobobox sekarang untuk reservasi Bobocabin dan dapatkan berbagai promo menarik!

 

Penulis: Syifa

Header photo: Genine Alyssa Pedreno-Andrada via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles