packing baju di koper

10 Cara Packing Baju di Koper yang Efisien Supaya Bisa Muat Banyak

Mengemas pakaian ke dalam koper bisa jadi salah satu ritual yang menyebalkan bagi sebagian orang. Namun, dengan mencoba cara packing baju di koper berikut ini, Bob jamin waktu berkemas pakaian akan jadi lebih simpel.

Yuk, simak informasinya berikut!

10 Cara Packing Baju di Koper yang Efisien

Packing baju yang efisien adalah kunci untuk menjadikan perjalanan kamu lebih nyaman dan terorganisir. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk packing baju di koper agar lebih efisien.

1. Gulung Semua Pakaian

Cara packing baju di koper yang pertama adalah dengan menggulung semua pakaian dalam koper.

Cara packing baju di koper ini akan memudahkan kamu saat memasukkan semua pakaian ke dalam koper. Metode ini akan sangat efektif terutama jika kamu membawa baju dalam jumlah banyak.

2. Gunakan Metode Piramida

Packing Baju di Koper

Agar barang-barang dalam koper tersusun rapi, cara packing baju di koper yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah dengan menggunakan metode piramida.

Cara packing baju di koper ini akan memudahkan kamu saat mencari barang. Contohnya, jika kamu membawa sepatu yang jarang dikenakan, kamu bisa menyimpannya di bagian paling bawah koper.

Sebaliknya, jika kamu butuh barang-barang yang mudah diraih seperti kosmetik, peralatan mandi, atau aksesoris lainnya, kamu bisa menyimpannya di bagian atas koper. 

Kamu juga bisa melatakkan beberapa jenis pakaian atau celana yang mudah kusut di bagian atas koper.

Untuk mengatasi celana jeans yang mudah kusut, kamu juga bisa menggunakan cara packing baju di koper ini dengan meletakkannya secara memanjang di pinggiran koper. 

Setelah itu, gunakan celana jeans tersebut untuk membungkus barang-barang lain yang akan kamu masukkan ke koper.

Baca Juga: Biar Efisien, Intip 7 Tips Packing Barang saat Pergi Liburan Berikut Ini

3. Jangan Menyisakan Ruang Kosong

Cara Packing Baju di Koper

Sumber: Dekoruma

Saat memasukkan barang ke dalam koper, pastikan kamu memanfaatkan setiap ruang kosong yang ada. Isi setiap ruang kosong dengan pakaian atau barang yang kamu bawa.

Dengan memanfaatkan setiap ruang kosong yang ada, maka barang-barang kamu dapat disimpan dengan aman.

Sebab, ruang kosong dalam koper hanya akan memperbesar kemungkinan benda-benda tersebut berbenturan satu sama lain.

Hal ini tentu akan membahayakan, terutama jika kamu membawa barang rentan pecah di dalam koper. 

4. Gunakan Kantong Kedap Udara

Untuk beberapa pakaian tertentu, kamu dapat melapisinya dengan kantong kedap udara. Kantong ini dapat mengurangi volume pakaian, terutama jika pakaian tersebut berukuran besar, tebal, atau ada dalam jumlah yang cukup banyak.

Pakaian yang sesuai untuk dimasukkan ke dalam kantong kedap udara ini diantaranya adalah jaket dan pakaian anak-anak. Selain digunakan untuk menyimpan pakaian yang akan dibawa, kantong kedap udara juga bisa memiliki manfaat lain. Salah satu penggunaan tambahan adalah untuk menampung pakaian kotor setelah piknik, sehingga menjaga agar pakaian bersih tetap terpisah dari yang kotor.

5. Manfaatkan Tas Kecil

Langkah ini berguna jika kamu berencana untuk membawa banyak pakaian atau ingin memisahkan pakaian dari barang-barang lain dalam bawaan. Cara ini melibatkan persiapan beberapa tas kecil sesuai dengan kebutuhan kamu.

Di dalam setiap tas kecil tersebut, kamu dapat mengelompokkan barang berdasarkan jenisnya. Sebagai contoh, satu tas kecil dapat kamu gunakan untuk menyimpan kaus dalam, sementara tas kecil lainnya dapat digunakan untuk menyimpan pakaian lengan panjang, polo, atau sweater.

6. Simpan Baju Sesuai Waktu Pemakaian

Penting untuk merencanakan urutan penggunaan pakaian. Artinya, kamu harus menentukan pakaian yang akan dikenakan pertama kali dan pakaian yang akan dikenakan terakhir.

Setelah kamu mengatur urutan tersebut, langkah selanjutnya adalah mengikuti langkah ini. Ketika kamu memasukkan pakaian ke dalam koper, mulailah dengan menempatkan pakaian yang akan digunakan terakhir. Setelah itu, masukkan pakaian yang akan dikenakan pertama kali saat kamu sedang piknik. Prosedur ini dilakukan untuk memudahkan kamu dalam mengambil pakaian saat piknik berlangsung nanti.

7. Membawa Pakaian yang Paling Tebal

Langkah ini diterapkan saat kamu berada di tempat yang memiliki cuaca sangat dingin. Beberapa pakaian tebal atau berat yang dapat kamu bawa termasuk jaket kulit, jaket wol, sweater, dan celana jeans. Meskipun kamu perlu membawa pakaian tebal, tidak semua pakaian tebal tersebut harus dimasukkan ke dalam koper. Sebaliknya, sebagian dari pakaian tersebut sebaiknya kamu kenakan saat berangkat. Ini bertujuan untuk mengantisipasi kemungkinan cuaca dingin yang mungkin kamu hadapi.

Memakai sebagian pakaian tebal juga akan membantu mengurangi berat koper. Cara mengenakan pakaian tebal ini dapat dilakukan dengan menggandakan lapisan. Artinya, kamu akan memakai beberapa lapisan pakaian tebal sekaligus. Misalnya, kamu dapat mengenakan sweater di bawah, dan kemudian melapisinya dengan jaket tebal di luar.

8. Letakan Baju Ringan di Bagian Atas

Salah satu metode efisien untuk mengatur pakaian di dalam koper adalah dengan mengurutkannya dari yang paling berat ke yang paling ringan. Misalnya, mulai dengan sepatu, jeans, dan mantel, kemudian secara bertahap masukkan pakaian yang lebih ringan.

Dengan metode ini, saat kamu ingin menutup koper, kamu tidak perlu mendorongnya dengan keras agar muat dan tertutup dengan rapi. Teknik ini optimal ketika koper berada dalam posisi horizontal, bukan dalam posisi berdiri.

9. Pilih Baju yang Tidak Mudah Kusut

Pilihlah pakaian yang tidak mudah mengalami kerutan, sebuah gaun mungkin terlihat indah ketika difoto untuk pertama kali. Namun, jika terbuat dari linen, melipatkannya akan membuat gaun tersebut semakin berkerut.

Pilihan terbaik adalah memilih pakaian yang terbuat dari bahan sintetis seperti lycra, nilon, dan poliester, karena pakaian-pakaian tersebut tidak akan mengalami kerutan berlebihan saat dalam perjalanan. Meskipun baju dari bahan katun mungkin akan mengalami kerutan

10. Tempatkan Pakaian Dalam yang Paling Utama

Seringkali kita merasa bingung tentang pakaian apa yang seharusnya dimasukkan ke dalam koper. kecuali jika kamu ada acara khusus dalam perjalanan, sebenarnya tidak perlu membawa banyak pakaian yang istimewa.

Namun, kamu akan membutuhkan banyak pakaian dalam. Jangan lupa untuk menyertakan pakaian dalam saat kamu melakukan packing.

Untungnya, saat ini, sudah tersedia banyak celana dalam sekali pakai yang memiliki kemasan yang kompak dan praktis digunakan. Hal ini akan memberikan lebih banyak ruang untuk barang bawaan kamu lainnya dalam koper.

Daftar Perlengkapan Lain yang Harus Dibawa di Koper

1. Kotak Kemasan (Packing Cubes)

Barang pertama yang harus kamu bawa saat bepergian dengan membawa koper adalah kotak kemasan. Kotak kemasan ini dikenal juga dengan istilah packing cubes.

Kotak kemasan juga kerap disebut travel organizer, pouch traveling, atau travel bag storage. Inilah senjata untuk membantu merapikan barang-barang dalam koper kamu.

Caranya, kamu cukup mengelompokkan barang-barang tertentu ke dalam kantong yang sama. Selain membuat barang-barang kamu rapi, kotak kemasan juga akan sangat membantu saat kamu mencari barang tertentu.

Packing cubes juga akan membuat ruang koper kamu lebih luas, sehingga membantu memaksimalkan semua ruang dalam koper.

Baca juga: Tas atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan

2. Vakum 

Vakum

Sumber: BukaReview

Barang berikutnya yang harus kamu bawa jika bepergian dengan koper adalah vakum.

Vakum di sini dapat diartikan sebagai kantong vakum yang bisa kamu isi berbagai barang seperti pakaian, dan vakum yang merupakan alat penyedot udara agar kantong vakum tersebut menjadi kempis.

Dengan alat penyedot udara atau vakum, kamu bisa mengalokasikan lebih banyak ruang kosong dalam koper untuk memuat barang-barang lain.

Bawa serta pula kantong vakum sebagai wadah untuk menyimpan pakaian berbahan tebal. Masukkan dalam kantong, lalu keluarkan udara di dalamnya hingga kempis. 

Dengan memanfaatkan alat vakum ini, maka volume baju yang kamu lipat bisa berkurang bahkan hingga 80 persen.

Saking praktisnya, barang bawaanmu yang tadinya banyak bisa kamu ringkas menjadi satu koper saja!

Tips ini akan sangat bermanfaat untuk memperbanyak ruang dalam koper, terutama jika kamu perlu membawa banyak oleh-oleh sepulang liburan.

Baca Juga: Tas atau Koper Nggak Muat? Ini Tips Packing yang Mudah dan Ringan

Mencari Pengalaman Menginap yang Seru?

bobobox

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan.

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan:jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin aja! Bobocabin adalah cara terbaik keluar dari hiruk pikuk dan keramaian kota.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles