Pemandian Air Panas Kintamani

Wajib Tahu! 3 Pemandian Air Panas Kintamani yang Wajib Dikunjungi

Kintamani terkenal sebagai kawasan pegunungan yang sejuk dan dingin. Wisata alam pun menjadi salah satu daya tarik yang tidak boleh kamu lewatkan saat berkunjung. Jika kamu takut sakit karena udaranya yang dingin, maka pemandian air panas Kintamani bisa menjadi pilihan.

Yuk, cari tahu tiga pemandian air panas di Kintamani berikut ini!  

3 Pemandian Air Panas Kintamani yang Wajib Dikunjungi

Mandi air panas diyakini memberi manfaat kesehatan pada tubuh: mengurangi rasa pegal, merilekskan pikiran, mendetoks racun, melancarkan sirkulasi darah, hingga mengobati jerawat.

Sambil melepas penat dari beban pekerjaan dan ingar bingar perkotaan, kunjungan kamu ke pemandian air panas Kintamani akan membuat tubuh kembali segar dan siap menghadapi rutinitas.

Baca Juga: 7 Tempat Terindah Untuk Snorkeling di Bali, dari Pemuteran sampai Nusa Penida

1. Batur Natural Hot Spring

Batur Natural Hot Spring

@kamakazitp via Instagram

  • Lokasi: Toya Bungkah Kintamani, Desa Pekraman Batur, Songan B, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam buka: 07.00-19.00

Batur Natural Hot Spring merupakan salah satu tempat pemandian air panas Kintamani yang wajib kamu kunjungi saat liburan ke Bali.

Tempat wisata di pinggir Danau Batur ini menawarkan kehangatan mata air pengunungan alami dengan suhu mencapai 50 derajat Celsius.

Eits, jangan takut dulu! Setelah dialirkan ke kolam-kolam berendam, suhu airnya akan menurun di kisaran 37-40 derajat.

Secara keseluruhan, Batur Natural Hot Spring memiliki empat jenis kolam yang bisa kamu nikmati: 

  • Kolam air panas anak
  • Natural therapy hot spring water yang menyediakan pancuran air bersuhu 37-40 derajat
  • Floating sunburn favorit para turis asing karena bisa sambil berjemur di bawah sinar matahari
  • Kolam renang

Selain beberapa jenis kolam, pihak pengelola juga menyediakan fasilitas lain berupa restoran, pool bar, toilet, ruang ganti, loker, sabun dan sampo, serta gazebo.

Untuk tiket masuknya, pengunjung anak-anak perlu membayar sebesar Rp35.000, dewasa Rp 60.000 (lokal), Rp100.000 (luar Bali), dan Rp190.000 (turis asing).     

2. Toya Devasya Natural Hotsrping

Toya Devasya Natural Hotsrping

toyadevasya.com

 

  • Lokasi: Jalan Puri Bening (STA), Toya Bungkah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam buka: 08.00-18.00 (weekday) dan 07.00-19.00 (weekend)

Berdampingan dengan Batur Natural Hot Spring, Toya Devasya juga menawarkan pemandangan Danau Batur di depan mata.

Pemandian air panas Kintamani ini memiliki delapan kolam air panas dan satu kolam renang hangat ukuran olimpiade.

Karena termasuk ke dalam bagian Toya Devasya Geopark Resort and Villas, pemandian air panas Toya Devasya adalah salah satu pilihan rekreasi yang bisa kamu nikmati.

Selain kolam air panas, Toya Devasya juga menawarkan kegiatan serta fasilitas menarik lainnya yang wajib kamu coba.

Fasilitas ini meliputi hiking, bersepeda, bermain kano, kayaking, jeep tour, jet ski, flying fish, banana boat, fly board, restoran, kafe, bar, kedai makanan dan minuman, spa, outing dan team building.

Dengan banyaknya pilihan yang tersedia, relaksasi di kolam air panas bisa menjadi penutup setelah lelah mencoba segala kegiatan di Toya Devasya.

Untuk tiket masuknya, siapkan saja uang sebesar Rp90.000 untuk dewasa, Rp60.000 untuk anak-anak, atau Rp180.000 dan Rp 270.000 untuk turis asing.

Baca Juga: Itinerary Nusa Penida, Panduan Menjelajahi Pulau Eksotis di Tenggara Bali

3. Pemandian Air Panas Tirta Usadha

Pemandian Air Panas Tirta Usadha

I Putu Wiraguna via Google Maps

  • Lokasi: Jalan Pendakian Gunung Batur, Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali
  • Jam buka: 07.00-19.00

Pemandian air panas Kintamani lainnya yang bisa kamu datangi adalah Tirta Usadha. Berbeda dengan pemandian air panas sebelumnya, Tirta Usadha tidak berlokasi di pinggir Danau Batur.

Namun, hal itu tidak mengurangi keseruan berkunjung ke tempat ini. Sebab, kamu tetap akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan hijau dan gunung menjulan di kejauhan.

Pemandian Air Panas Tirta Usadha terdiri dari tiga kolam yang menawarkan suhu berbeda-beda, dari yang terpanas hingga normal.

Selain kolam, Tirta Usadha juga dilengkapi dengan fasilitas penitipan barang, toilet, ruang ganti, tempat bilas air hangat (tidak ada air dingin), gazebo, dan warung-warung kecil.

Jika tertarik berkunjung, siapkan saja uang sebesar Rp30.000 (lokasl) atau Rp50.000 (asing) untuk tiket masuknya.

3 Tips Mengunjungi Tempat Pemandian Air Panas Agar Relaksasi Maksimal

Tips Mengunjungi Tempat Pemandian Air Panas

@dashamakeeva161

Agar rencana liburan tetap menyenangkan dan relaksasi maksimal, simak dulu tips mengunjungi pemandian air panas berikut ini.

1. Membawa Baju Ganti

Berkunjung ke pemandian air panas tentu memiliki tujuan untuk basah-basahan. Karena itu, salah satu tips mengunjungi pemandian air panas yang terpenting adalah membawa baju ganti. 

Seperti yang kamu tahu, mengenakan pakaian basah bisa itu tidak nyaman. Masalah kesehatan seperti infeksi kulit, kedinginan, bersin dan hidung berair, hingga hipotermia pun bisa muncul.

Jika sudah begitu, tentu sia-sia kamu berendam agar tubuh sehat. Maka dari itu, sebisa mungkin jangan sampai lupa untuk membawa baju ganti agar pulang dengan kondisi nyaman.

Kamu memang bisa saja membeli baju baru di sekitar lokasi wisata, tetapi harganya biasanya dua kali lebih mahal dari harga normal.

2. Jangan Lupakan Peralatan Mandi

Meski sudah “mandi” dengan air panas alami, kamu harus tetap membersihkan tubuh dengan air biasa sebelum pulang.

Pemandian air panas adalah tempat umum yang dinikmati banyak pengunjung dalam waktu bersamaan. Jika tubuh tidak dibersihkan, bisa ada penyakit yang menempel dan menginfeksi.

Untuk itu, jangan lupa membawa peralatan mandi, seperti sabun, sampo, handuk dan sebagainya untuk membersihkan diri. Sebab, tidak semua pemandian air panas menyediakan peralatan mandi yang lengkap dan bersih.

3. Penyesuaian dengan Suhu Air

Jika baru pertama kali menikmati kegiatan berendam di air panas, suhu airnya mungkin akan membuat kamu kaget.

Maka dari itu, sebelum masuk ke dalam kolam, kamu bisa menyesuaikan tubuh kamu dengan air dengan cara merendam kaki terlebih dulu selama sekitar 15 menit di pinggir kolam.

Tips lainnya adalah dengan membasuh-basuhkan airnya ke badan selama 15 menit sebelum berendam. Dengan begitu, tubuhmu bisa bertahap menyesuaikan dengan suhu airnya.

4. Datang di Pagi atau Sore Hari

Sensasi berendam di air panas tidak akan begitu nikmat jika kamu lakukan di siang hari apalagi saat matahari masih terik.

Maka dari itu, pilihlah waktu kunjungan di pagi, sore atau menjelang malam ketika suhu udara mulai mendingin. Alternatif lainnya, kamu bisa datang saat hujan turun.

Di pagi hari, pemandian biasanya lebih sepi. Kamu pun bisa relaksasi dengan suasana lebih tenang layaknya kolam pribadi. Dengan bertemankan suara alam, seperti kicauan burung, kegiatan berendam akan terasa semakin sempurna.

Jika pagi hari terlalu dini untuk kamu, datang saja di sore hari sebagai penutup kegiatan berlibur kamu seharian. Dengan tubuh pegal setelah lelah menjelajahi wisata Bali lainnya, kegiatan relaksasi di air panas akan terasa semakin optimal.

5. Berkunjung di Hari Kerja

Akhir pekan biasanya menjadi pilihan banyak orang untuk berwisata, termasuk ke pemandian air panas. 

ika kamu ingin menghindari keramaian dan membutuhkan ketenangan agar relaksasi terasa maksimal, sebaiknya rencanakan untuk datang di hari kerja atau weekdays saja.

Selain itu, berkunjung di saat sepi juga bisa membuat kamu lebih leluasa untuk berfoto dari berbagai sudut.

6. Pilih Kolam Pribadi

Jika tersedia dan kamu ingin berendam lebih nyaman tanpa gangguan, kolam privat atau pribadi bisa menjadi pilihan.

Sesuai namanya, jenis kolam ini biasanya hanya bisa dipakai oleh satu orang dan airnya baru tersedia saat kamu akan memakainya.

Selain lebih tenang, kolamnya pun lebih bersih daripada kolam umum.

Baca Juga: 12 Destinasi Bali Berdasarkan Zodiak, Kamu Tim Apa?

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Setelah seharian menjelajahi wisata Kintamani, Bobocabin adalah pilihan sempurna untuk melepas lelah. Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga Bluetooth speaker.

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox dan dapatkan kenyamanan dengan harga terjangkau dan terbaik hanya di Bobocabin Kintamani.
Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles