2 hari 1 malam explore Parapat - 2D1N Explore Parapat

2 Hari 1 Malam Explore Parapat, Bisa ke Mana Aja?

Saat kamu mencari tahu tentang tujuan wisata populer di Indonesia, Danau Toba pasti muncul sebagai salah satu pilihan. Bukan hanya karena danau tersebut memiliki legenda yang menarik, tetapi juga karena ukurannya yang sangat besar dan pemandangannya yang cantik.

Maka tak heran apabila Parapat, kota kecil yang terletak di pinggir Danau Toba, juga menjadi tujuan wisata yang sama populer. Tak hanya menawarkan ketenangan, Parapat utamanya merupakan tempat transit bagi siapa pun yang ingin menyebrangi danau untuk mencapai Pulau Samosir yang terletak di tengah Danau Toba.

Tertarik untuk menjelajahi Parapat dan area sekeliling Danau Toba? Yuk, intip itinerary perjalanan 2 hari 1 malam explore Parapat untuk pengalaman liburan seru dan tak terlupakan!

Baca Juga: Jelajahi Danau Toba dari Medan: Panduan Lengkap Menuju Surga Tersembunyi Sumatera Utara

Hari Pertama: Aktivitas Air Seru & Mendalami Sejarah Indonesia

08:00 – 10:00 – Mulai Harimu di Pantai Kasih

things to do in parapat - pantai kasih

Photo: Google Maps

Inner child kamu pasti merasa bahagia jika kamu memulai hari dengan bermain air! Pastikan untuk kunjungi Parapat di pagi hari untuk bisa menikmati semilir angin sejuk dan air segar di Pantai Kasih. Lokasinya tidak jahu dari Pelabuhan Ajibata.

Seperti namanya, Pantai Kasih merupakan tempat yang cocok untuk menghabiskan waktu bersama orang-orang terkasih – baik itu pasangan, teman, ataupun keluarga. Terlebih lagi karena terdapat berbagai aktivitas yang cocok untuk segala usia di sini!

Kamu dapat memulai hari dengan berenang, bermain pasir di tepi pantai, atau menikmati sarapan melalui piknik mini di bawah pohon rindang. Atau, jika kamu lebih suka hal-hal yang menantang, kamu bisa mencoba wahana Watefun, sebuah bouncy castle penuh rintangan yang mengapung di atas perairan Pantai Kasih.

10:30 – 12:00 – Mengunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno

things to do in parapat - Rumah Pengasingan Bung Karno (1)

Photo: via tobaria.com

Setelah aktivitas air yang melelahkan, mungkin kamu ingin beristirahat sejenak lewat kegiatan dengan suasana yang lebih santai. Kunjungi Rumah Pengasingan Bung Karno untuk jalan-jalan sejenak sambil mendengarkan penjelasan tentang sejarah di balik rumah tersebut.

Rumah Pengasingan Bung Karno merupakan saksi bisu dari perjuangan para tokoh bangsa untuk mencapai kemerdekaan. Selain Soekarno, Sutan Sjahrir dan Agus Salim merupakan tokoh-tokoh lainnya yang dibuang oleh Belanda saat mereka berupaya merebut kembali Indonesia dari Jepang yang kala itu dianggap kalah pada Perang Dunia II.

Sebagai bentuk pelestarian sejarah, berbagai benda bersejarah dipajang secara rapi. Mulai dari koleksi buku sang mantan presiden hingga berbagai furnitur yang pernah beliau gunakan terawat secara baik di museum ini.

12:30 – 13:30 – Mengisi Perut dengan Menu Lokal di La Pinus Damasus Patapat

la pinus damasus

Foto: La Pinus Damasus via Facebook

Setelah melakukan berbagai kegiatan yang menguras tenaga fisik maupun mental, tentunya kamu perlu memulihkan kembali energimu. Cara yang paling cepat adalah melalui mengisi perut dengan menu lokal yang lezat.

Dengan gaya rustic yang didominasi oleh furnitur berbahan kayu dan pepohonan pinus tinggi di sekitarnya, La Pinus Damasus Parapat menawarkan suasana homey yang dijamin bakal bikin kamu betah!

Menu yang ditawarkan juga tentunya tak kalah menarik. Kamu dapat mencoba berbagai menu olahan ikan air tawar yang ditangkap langsung di Danau Toba, lengkap dengan side dish berupa sayuran tumis dan nasi hangat.

Baca Juga: Paket Outbound di Toba Serta Pilihan Kegiatan Terfavorit

14:00 – Check-In di Bobocabin Parapat

bobocabin parapat - 2 hari 1 malam explore Parapat

Setelah rangkaian perjalanan panjang dan aktivitas melelahkan, jangan lupa untuk tetap beristirahat secara cukup untuk memastikan kamu masih memiliki banyak energi untuk menjelajahi Parapat dan sekitarnya di hari selanjutnya!

Bobocabin Parapat adalah tempat menginap yang sempurna untuk menikmati pemandangan cantik Danau Toba. Terlebih karena tiap kabin dilengkapi dengan perangkat modern untuk menunjang kenyamanan menginap, seperti smart-window dan bluetooth speaker.

Kamu juga dapat menyewa berbagai permainan dan peralatan untuk menemanimu pada waktu golden hour, seperti permainan kartu, congklak, DIY kit untuk melukis, atau projector mini untuk menonton film di waktu senja.

Hari Kedua: Bersatu dengan Alam & Legenda

11:00 – 12:00 WIB – Check-Out dari Bobocabin

Bobocabin Parapat

Foto: Dok. Bobobox

Mulai harimu dengan menikmati pemandangan menyejukkan Danau Toba langsung dari dalam kabin. Saat kamu melangkahkan kaki keluar kabin, kamu juga akan langsung disambut dengan angin pagi sejuk yang tentunya akan membantumu merasa semangat untuk menjalani hari.

Setelah menikmati sarapan yang disediakan oleh Bobocabin, jangan lupa untuk packing dan bersiap-siap untuk petualangan selanjutnya! Waktu check-out terbatas sampai pukul 12:00, jadi pastikan untuk check-out sebelum waktu tersebut, ya.

12:30 – 13:30 WIB – Makan Siang Lezat di Biwa Cafe & Resto

Biwa Cafe & Resto

Foto: Biwa Cafe & Resto via Facebook

Nikmati makan siang lezat di antara pepohonan rindang di Biwa Cafe & Resto! Kamu akan disuguhkan menu yang beragam, mulai dari menu ala Indonesia hingga menu western seperti pasta, steak, dan lainnya.

Pastikan untuk makan yang cukup, ya! Kamu pasti membutuhkan banyak energi untuk kegiatan-kegiatan mendatang.

14:00 – 15:30 WIB – Berinteraksi dengan Kera di Taman Wisata Kera Sibaganding

things to do in parapat - Sibaganding Monkey Forest

Photo: via diskominfo.sumutprov.go.id

Kunjungi Taman Wisata Kera Sibaganding untuk dapat melihat langsung kehidupan kera di habitatnya! Taman wisata ini didirikan sebagai upaya untuk melestarikan kera, sang pendiri melakukannya setelah melihat bahwa banyak kera yang membahayakan diri mereka sendiri karena pergi keluar dari hutan untuk meminta makanan di jalan raya yang ramai kendaraan.

Selain mempelajari tentang kera-kera yang ada, kamu juga dapat langsung berinteraksi dengan para kera dan menyaksikan talent show spesial, seperti pertunjukan kera yang mengendarai sepeda atau bermain instrumen musik.

Baca Juga: Mitos Danau Toba dan Pulau Samosir: Menggali Legenda Danau Terbesar di Indonesia

16:00 – 17:00 WIB – Melihat Batu Gantung Secara Langsung

batu gantung explore parapat - 2 hari 1 malam explore Parapat

Foto: Edward Tanujaya via Google Maps

Seperti yang kita ketahui, daerah Danau Toba merupakan daerah yang menyimpan sejuta legenda. Salah satunya adalah Batu Gantung, yang kini menjadi salah satu destinasi populer berkat legendanya yang unik.

Ketika kamu mengunjungi Batu Gantung, kamu dapat melihat formasi bebatuan yang menyerupai bentuk seorang perempuan dan seekor anjing di sampingnya.

Kabarnya, sang perempuan dulunya dijodohkan dengan seorang pria yang bodoh. Karena tak ada rasa cinta, sang perempuan dan anjingnya yang setia pun kabur untuk menghindari pernikahan.

Dalam duka, ia berusaha mengambil nyawanya dengan lompat dari tebing bersama sang anjing. Namun ternyata rambutnya terkait di ranting pohon yang berada di dekat tebing, kemudian keduanya berubah menjadi batu.

Maka dari itu lah tempat itu dinamakan Batu Gantung – tempat sang perempuan dan anjingnya tergantung di ujung tebing.

17:30 – 19:00 WIB – Jalan-Jalan Santai di Pantai Bebas

things to do in parapat - bebas beach - pantai bebas - 2 hari 1 malam explore Parapat

Photo: via danautoba.co.id

Untuk menutup liburanmu, nikmati pemandangan indah Danau Toba dengan langit keemasan di waktu senja. Kamu dapat berteduh di bawah pohon rindang sambil menikmati angin sepoi-sepoi yang sejuk di Pantai Bebas.

Jangan lupa untuk mengabadikan keindahan Danau Toba dengan berfoto-foto sebagai bentuk kenang-kenangan!

Semuanya terdengar seru kan? Pastikan untuk ikuti itinerary 2 hari 1 malam explore Parapat untuk pengalaman terbaik selama di Parapat!

Jangan lupa untuk download Aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store agar tidak melewatkan kesempatan menginap di Bobocabin Parapat!

 

Penulis: Sheila Lalita

Header Image: Shahril KHMD via Shutterstock

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles