danau toba (2)

Jelajahi Danau Toba dari Medan: Panduan Lengkap Menuju Surga Tersembunyi Sumatera Utara

Liburan ke Sumatera Utara, rasanya tidak sah kalau tidak mengunjungi Danau Toba, sebuah danau vulkanik terbesar di dunia. Danau ini terbentuk dari hasil letusan Gunung Toba ratusan tahun yang lalu.

Karena begitu besar, Danau Toba juga disebut kaldera. Saking luasnya, Danau Toba jadi bagian dari tujuh kabupaten yakni Toba Samosir, Samosir, Simalungun, Karo, Dairi, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara.

Pesona alam Danau Toba jadi salah satu daya tarik banyaknya wisatawan berkunjung ke sana. Kalau kamu sudah menonton film Ngeri-ngeri Sedap, pasti langsung tertarik banget datang ke sana, kan? Enggak heran kalau destinasi ini jadi salah satu destinasi super prioritas Indonesia.

Pintu masuk ke Danau Toba ada banyak. Kali ini, Bob akan menjelaskan cara ke Danau Toba dari Medan, Medan ke Danau Toba berapa jam, dan banyak info penting lainnya!

Baca Juga: Simak 12 Fakta Danau Toba yang Belum Banyak Diketahui

Medan ke Danau Toba Berapa Jam?

Medan ke Danau Toba berapa jam, sih? Tergantung dengan pilihan transportasi yang kamu pilih. Jarak Medan ke Danau Toba total mencapai 90 km, dan bisa ditempuh lewat jalur darat atau jalur udara, yang punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika kamu adalah orang yang suka menikmati perjalanan panjang, mengambil jalur darat bukan masalah. 

Tapi kalau kamu orang yang lebih sat-set dan tidak mau terlalu lelah di perjalanan, jalur udara adalah pilihan tepat! Berikut panduan lengkap beberapa rute menuju Danau Toba dari Medan yang bisa kamu tempuh.

Jalur Darat

bukit sibea-bea - pulau samosir

Sumber: indonesia. go.id

Kalau kamu tipe orang yang suka dengan perjalanan darat, ada beberapa rute menuju Danau Toba dari Medan.

  1. Yang pertama adalah rute melalui Jalan Tol Kuala Tanjung – Tebing Tinggi – Parapat yang hanya memakan waktu 1,5 jam. Ini adalah rute paling cepat.
  2. Kemudian, ada juga rute dari Berastagi yang akan memakan waktu 2,5 jam. Rute ini merupakan jalur pegunungan dengan pemandangan alam yang menakjubkan. 
  3. Rute lainnya adalah melalui Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat. Dari Medan, kamu bisa menuju ke Tebing Tinggi, Sumatera Utara yang berjarak sekitar 45 km. Dari sana, kamu bisa lanjut ke Pematang Siantar yang berjarak sekitar 55 km.

    Dari Pematang Siantar, kamu baru bisa lanjut lagi ke Parapat, sebuah kota kecil di tepi Danau Toba, yang jadi pintu gerbang ke danau tersebut. Total perjalanan rute Tebing Tinggi – Pematang Siantar – Parapat akan memakan waktu sekitar 3,5 jam saja.

  4. Terakhir, ada juga jalur darat buat kamu yang sampai di Medan via Bandara Kualanamu. Dari Bandara, kamu harus naik taksi dulu ke Terminal Amplas. Di sana, tersedia bus atau travel tujuan Parapat. Dari Medan ke Danau Toba berapa jam? Kurang lebih sekitar 4-5 jam. Mudah banget, kan?

Karena jarak Medan ke Danau Toba yang juga cukup jauh, rute jalur darat ini memang cukup panjang, tapi kamu akan disuguhi pemandangan alam pegunungan yang sangat indah. Kamu bisa berhenti di beberapa tempat wisata di sepanjang jalan, jadi enggak akan membosankan!

Jalur Udara

bandara silangit - medan ke danau toba berapa jam

Photo: Wikipedia

Kalau lewat jalur udara, Medan ke Danau Toba berapa jam, ya? Alternatif lain kalau kamu tidak mau pergi ke Medan dulu, bisa juga langsung mendarat di Bandara Silangit, yakni bandara terdekat dengan Danau Toba. Bandara ini melayani penerbangan langsung dari beberapa kota besar di Indonesia, seperti dari Jakarta, Batam, bahkan Medan Kualanamu.

Dari Bandara Silangit, kamu bisa langsung menggunakan taksi atau transportasi umum untuk menuju Pelabuhan Ajibata yang bisa ditempuh dalam waktu 15 menit saja, lalu naik perahu feri atau kapal cepat ke Pulau Samosir.

Oh ya, pastikan untuk memesan tiket transportasi lebih awal. Selain agar tidak kehabisan, biasanya harga tiket pesawat juga jauh lebih murah jika dibeli dari jauh hari.

Baca Juga: Paket Outbound di Toba Serta Pilihan Kegiatan Terfavorit

Ada Apa Saja di Danau Toba?

tari tor tor di desa wisata - medan ke danau toba berapa jam

Photo: Dok. Kemenparekraf via Detik

Memangnya ada apa saja sih, di Danau Toba? Sampai-sampai destinasi wisata ini disebut super prioritas. Ternyata, kawasan ini memang menyimpan keindahan yang luar biasa, lho!

Kamu bisa menemukan wisata alam seperti perbukitan, pegunungan, pantai, dan air terjun. Ada pula wisata budaya di desa wisata dan museum yang tersebar di penjuru Samosir. Berikut beberapa destinasi wisata yang perlu kamu sambangi saat liburan ke Danau Toba.

Air Terjun Efrata

Air terjun Efrata memiliki ketinggian sekitar 20 meter, dan diapit oleh perbukitan sehingga pemandangan alamnya begitu menakjubkan. Terletak di Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara. Kamu bisa berkunjung dengan hanya membayar biaya tiket masuk sebesar Rp8.000 saja.

Kebun Bunga Sapo Juma Tongging

Siapa sih, yang enggak suka dengan bunga-bunga cantik? Kalau kamu berkunjung ke Kebun Bunga Sapo Juma Tongging, kamu akan disuguhi dengan pemandangan taman bunga yang begitu mempesona. Jangan lupa ambil foto di sana, ya!

Desa Wisata Tomok

Buat kamu yang suka dengan kebudayaan Batak, wajib banget datang ke Desa Wisata Tomok. Desa ini terletak di timur Samosir, di mana kamu bisa melihat sejumlah rumah adat khas suku Batak, makam raja-raja kuno, serta benda peninggalan leluhur suku Batak sejak zaman Megalitikum. Jangan lupa juga untuk mengunjungi Museum Batak Tomok di sana, ya.

Lembah Bakkara

Lembah Bakkara adalah tanah kelahiran Sisingamangaraja. Di tempat yang begitu sakral ini, kamu bisa melihat Danau Toba dari ketinggian 1.400 mdpl dan mengunjungi beberapa spot wisata lain, seperti Air Terjun Aek Sipangolu dan Air Terjun Janji. Cantik!

Pemandian Air Panas Aek Rangat Pangururan

Setelah lelah seharian berkeliling tempat wisata di Danau Toba, coba deh untuk bersantai dulu dengan berendam di Pemandian Air Panas Pangururan. Air panas yang ada di sana berasal dari sumber alami dan diyakini memiliki efek penyembuhan untuk berbagai penyakit, termasuk juga kelelahan.

Kampung Ulos Hutaraja

Kampung Ulos Hutajara adalah pusat produksi tenun ulos Batak yang indah. Kamu bisa mendapatkan pengalaman wisata yang unik saat berkunjung ke sana, yakni melihat proses pembuatan kain tenun ulos secara langsung.

Bukit Holbung

Bukit Holbung juga sering disebut sebagai Bukit Teletubbies. Terletak di Desa Janji Marhatan, tempat ini populer jadi spot trekking buat para wisatawan. Sesampainya di puncak, kamu akan disuguhi keindahan alam Danau Toba yang diapit oleh perbukitan hijau dan menyejukkan. Tenang saja, jalurnya aman untuk pemula, kok!

Kapal Pesiar Danau Toba

Mau mencoba sensasi baru liburan ke Danau Toba? Kamu bisa berkeliling Danau Toba dengan paket kapal pesiar yang disediakan oleh pemerintah Kabupaten Samosir, lho. Kapalnya sangat unik, terbuat dari kayu dan berbentuk menyerupai rumah adat Batak. Kamu hanya perlu membayar harga sewa sekitar Rp500.000 – Rp1.000.000 saja.

Pantai Pasir Putih Parbaba

Kalau ke Danau Toba, tentu saja kamu enggak boleh melewatkan main ke pantai dan danaunya. Di Pantai Pasir Putih Parbaba, kamu bisa bersantai di tepi pantai atau pun naik berbagai wahana air seperti jet ski, banana boat, dan sepeda air.

Baca Juga: Sedang Liburan Ke Danau Toba? Jangan Lupa Kunjungi Objek-Objek Wisata Sekitar Danau Toba Berikut Ini Ya!

Transportasi di Danau Toba

naik damri - medan ke danau toba berapa jam

Photo: Dok. DAMRI via Kompas Otomotif

Kalau kamu mengunjungi Danau Toba dengan mengendarai kendaraan pribadi, kamu mungkin tidak bingung harus naik apa saat berkeliling di sana. Nah, kalau kamu datang dengan kendaraan umum seperti bus atau pesawat, apa pilihan transportasi di sana?

Kamu enggak perlu khawatir, karena Kabupaten Samosir sudah menyediakan transportasi massal berupa bus pariwisata yang bisa mengantarkan pengunjung mengelilingi Pulau Samosir. Biayanya mulai dari Rp100.000 saja sudah satu paket dengan tiket masuk wisata.

Baca Juga: 5 Destinasi Super Prioritas, Keindahannya Memang Elok dan Nggak Salah Pilih

Berapa Hari Explore Danau Toba?

danau toba

Photo: rubensukantendel via Pixabay

Tentunya, destinasi wisata di sekitar Danau Toba tidak hanya yang Bob sebutkan di atas, ya. Ada masih banyak lagi spot yang sayang banget kalau sampai terlewatkan. Makanya, enggak cukup waktu sebentar untuk menjelajahi Danau Toba. Lantas, sebaiknya kamu liburan berapa hari, ya?

Sebenarnya enggak ada panduan khusus. Kamu bisa menyesuaikan dengan periode libur yang kamu miliki. Kalau hanya memiliki waktu sebentar saja, sekarang sudah banyak yang menyediakan paket tur seharian ke Danau Toba, dari pagi sampai malam hari.

Namun, destinasinya memang tidak lengkap. Kalau ingin lebih puas, Bob menyarankan untuk liburan setidaknya 2 hari 1 malam atau 3 hari 2 malam. Dengan begitu, kamu bisa eksplor semua destinasi wisata yang ada disekitar Danau Toba sampai puas.

Kalau merasa belum berpengalaman mengurus semua itinerary sendiri, sekarang juga sudah banyak open trip yang menawarkan perjalanan seharian, 2 hari 1 malam, 3 hari 2 malam, atau bahkan 4 hari 3 malam di Danau Toba. Kamu tinggal duduk manis saja!

Urusan penginapan tak perlu khawatir. Desa-desa di Danau Toba sudah banyak menyediakan rumah warga untuk homestay. Kamu juga bisa camping di beberapa spot yang menyediakan camping ground

Kalau ingin pengalaman glamping yang lebih mewah dan nyaman, ada juga Bobocabin Signature Kaldera, Toba.

Baca Juga: Paket Family Gathering di Daerah Danau Toba dan Kegiatan Favoritnya

Bobocabin Signature Kaldera, Toba

bobocabin signature kaldera

Photo: Bobobox

Bobocabin Signature Kaldera, Toba adalah sebuah konsep penginapan modern yang terletak di The Kaldera Toba Nomadic Escape atau BPODT. Akomodasi ini menawarkan sensasi menginap di tengah alam tapi dengan kenyamanan kabin modern.

Kamu akan disuguhi pemandangan menakjubkan ke Danau Toba tanpa harus bangun dari kasurmu yang luas dan nyaman. Di dalam kabinnya sudah dilengkapi dengan berbagai teknologi canggih, seperti WiFi, B-Pad, Mood Lamp, hingga Smart Window yang bisa kamu atur ke mode privasi atau transparan.

Bobocabin Signature Kaldera, Toba juga tepat jadi spot beristirahat di sela-sela liburanmu karena terletak tak jauh dari beberapa destinasi seru. Kamu bisa mengunjungi Parapat Point, Samosir Botanical Garden, dan Air Terjun Bukit Gibeon yang dapat ditempuh dalam waktu kurang dari 30 menit.

Kalau sedang agak malas keluar lokasi kabin, tak perlu khawatir. Karena Host kami yang ramah juga menyediakan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan di sana. Kamu dan keluarga bisa bersantai di api unggun, main board games, kartu Tentang Kita, nonton film bareng, melukis DIY, main kembang api, dan lainnya.

Host kami juga menawarkan paket tur praktis dengan itinerary seru yang bisa kamu pesan langsung tanpa repot. Ada beberapa paket tur dengan durasi berbeda, mulai dari 6 jam sampai 12 jam yang bisa kamu pilih. 

Baca Juga: Nikmati Sensasi Healing Sekitar Danau di Wisata Kaldera Toba!

Dikelilingi dengan alam yang luar biasa, memang susah untuk enggak jatuh cinta sama Danau Toba. Liburan ke sana pasti bakalan bikin kamu malas kembali ke rumah.

Untuk liburan yang nyaman dan berkesan, kamu bisa download aplikasi Bobobox dulu dan  dapatkan informasi terkini tentang Bobocabin Signature Kaldera, Toba. Yuk reservasi sekarang juga! 

 

Writer: Syifa

Header photo: Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles