teknik konmari

Ingin Rumah Lebih Rapi? Yuk, Coba Teknik Konmari Berikut Ini!

Terkadang membersihkan rumah menjadi sebuah kegiatan menantang karena kita bingung untuk mulai dari mana. Banyak ruangan di rumah yang perlu kita rapikan, berikut dengan berbagai barang-barang kecil yang kadang tergeletak berserakan di mana saja. Untuk mengatasi masalah tersebut, kamu bisa mulai membersihkan rumah dengan teknik konmari, lho!

Teknik konmari adalah teknik yang ditemukan oleh Marie Kondo, seorang ahli organizing populer asal Jepang yang telah menulis buku dan memiliki serial seputar topik decluttering di Netflix. Teknik konmari mendorong kamu untuk merapikan barang harus berdasarkan kategori, bukan berdasarkan ruangan. Mulai dari kategori baju, kemudian buku, hingga barang-barang yang memiliki nilai emosional.

Teknik ini dapat mengurangi barang-barang yang berserakan serta memaksimalkan ruang yang kamu miliki. Yuk intip informasi lengkap cara penerapan teknik konmari berikut!

teknik konmari

Source: freepik via Freepik


Baca Juga: Malas Bersih-Bersih Rumah? Coba Alat-Alat Ini Yang Bisa Membantu Membuat Kerjaan Rumah Jadi Mudah!


Cara Penerapan Teknik Konmari

Source: via fostersignaturehomes.com

1. Mendefinisikan Tujuan

Salah satu tantangan terbesar dalam merapikan rumah adalah gangguan atau distraksi. Membersihkan rumah memang merupakan proses yang panjang, maka tidak aneh ketika selama prosesnya kamu justru menemukan hal lain yang dapat kamu lakukan. Sehingga, proses merapikan rumah jadi terasa lebih panjang.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu harus mendefinisikan tujuan kamu dalam membersihkan rumah. Contohnya, agar barang kamu tidak mudah hilang atau agar kamar tidak lagi terasa penuh. Dengan demikian, kamu akan mendapatkan motivasi lebih untuk segera menyelesaikan proses ini.

2. Simpan vs Buang

Setelah mendefinisikan tujuan, kamu dapat mulai memilah barang mana yang ingin kamu simpan dan barang mana yang perlu kamu buang. Penyebab barang yang berantakan umumnya adalah karena kita memiliki kebiasaan untuk menyimpan barang yang sebenarnya tak lagi kita butuhkan.

Marie Kondo menyarankan untuk menyimpan barang yang menyentuh hatimu dan untuk membuang barang yang tak lagi membuat kamu bahagia. Dengan demikian, proses pemilihan barang akan menjadi lebih mudah.


Baca Juga: Banyak Noda Di Kamar Mandi? Ini Dia 10 Tips Membersihkan Kamar Mandi Terbukti Ampuh


3. Rapikan Berdasarkan Kategori Barang

teknik konmari

Source: practicalperfection via Pinterest

Pada umumnya, kita merapikan rumah berdasarkan ruangan. Namun, pada teknik ini Marie Kondo mendorong kita untuk merapikan rumah berdasarkan kategori barang.

Kamu dapat memulai dari barang-barang dengan nilai emosional yang kecil. Mulai lah dari pakaian, kaos kaki, buku, koleksi album, hingga barang yang memiliki nilai emosional tinggi seperti foto atau barang pemberian pacar.

Sebisa mungkin tempatkan barang-barang ini dalam satu wadah yang sama. Sehingga dapat memudahkan kamu dalam mencari dan menyimpan kembali barang yang kamu butuhkan.

4. Melipat Pakaian

Dalam merapikan pakaian, Marie Kondo tidak menyarankan untuk menumpuk pakaian di dalam lemari. Menurutnya, melipat pakaian akan membuat lemari terkesan lebih rapi.

Caranya adalah dengan menaruh pakaian yang telah dilipat di dalam laci kabinet secara vertikal. Dengan demikian, kamu dapat dengan lebih mudah mencari pakaian yang kamu butuhkan dan dapat mengambilnya tanpa harus mengeluarkan pakaian lainnya.


Baca Juga: Tips Merapikan Lemari Pakaian Dengan Teknik Marie Kondo


5. Membiasakan Diri Untuk Selalu Rapi

Fungsi terbesar dari teknik konmari adalah untuk dapat membiasakan diri untuk selalu rapi. Dengan pembagian barang sesuai kategori dan menyimpannya dalam satu wadah tertentu, kamu dapat dengan lebih mudah mengembangkan kebiasaan untuk menaruh kembali barang ke tempatnya.

Dalam jangka panjang, kamu tidak lagi perlu sering-sering membersihkan rumah berkat kebiasaan ini.

Yuk, Istirahat dengan Tenang dan Nyaman di Bobobox!

Pengen menjauhkan diri dari stres dan rutinitas dengan nyaman dan tanpa gangguan? Yuk, staycation di Bobobox!

Hotel kapsul satu ini menyediakan suasana yang tenang lengkap dengan wi-fi super kencang untuk refreshing – mulai dari binge-watching atau main bareng game online favorit kamu. Selain itu, kamu bisa atur pencahayaan di dalam pod sesuai suasana hati demi kenyamanan maksimal. Ayo staycation singkat dan hilangkan segala penat kamu! Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles