9 Rekomendasi Liburan Keluarga di Bandung untuk Family Traveler

Siapa sih yang enggak suka menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga? Apalagi kalau sambil menjelajahi tempat-tempat baru, mencicipi kuliner unik, atau sekadar bersantai.

Dengan kualitas hiburan tersebut, liburan keluarga bukan hanya sekadar rekreasi, tapi juga momen penting untuk mempererat ikatan, mengurangi stres, dan menjaga kesehatan.

Nah, Bandung, dengan sejuta pesonanya, bisa jadi destinasi liburan keluarga yang sempurna! Kota kembang ini menawarkan beragam pilihan wisata yang cocok untuk semua anggota keluarga, mulai dari wisata alam yang menyegarkan hingga tempat bermain yang seru. 

Dengan mengunjungi Bandung, Sahabat Bob tidak hanya akan mendapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan, tapi juga kesempatan untuk menciptakan kenangan indah bersama keluarga.

Terkait itu, berikut kami hadirkan beberapa rekomendasi tempat wisata di Bandung yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga agar liburan menjadi lebih berwarna. Lihat informasinya pada uraian di bawah ini!

9 Rekomendasi Tempat Liburan Bersama Keluarga di Bandung

Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Kids Friendly

1. Ranca Upas

Bobocabin Ranca Upas Bandung

Photo: Bobobox Internal Asset

Ingin mengajak anak-anak berlibur sambil belajar tentang alam? Ranca Upas adalah destinasi yang pas. 

Selain menikmati keindahan alam pegunungan Ciwidey, pengunjung juga bisa berkemah, memberi makan rusa di penangkaran Kampung Cai, atau sekadar bersantai di area yang sejuk dan tenang. Perjalanan sekitar 2 jam dari Bandung pun pasti akan terasa sepadan dengan pengalaman yang didapat.

  • Alamat: Jl. Camp Ranca Upas, Patengan, Kec. Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 
  • HTM:
    • Wisatawan Nusantara: Rp25.000/orang
    • Wisatawan Mancanegara: Rp44.000/orang

2. Dago Dream Park

Selain tempat liburan keluarga di atas, kamu juga bisa mengajak si kecil berpetualang tanpa harus jauh-jauh ke Dago Dream Park. 

Taman bermain ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi seluruh anggota keluarga. Bayangkan saja, kamu bisa merasakan sensasi melayang di atas Sky Tree, berfoto di rumah ala film Up, atau menjelajahi hutan pinus dengan sepeda. Dengan pengalaman tersebut, dijamin anak-anak akan betah berlama-lama di sini!

  • Alamat: Mekarwangi, Jl. Dago Giri No.Km. 2.2, Pagerwangi, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM: Rp20.000/orang

Baca Juga: 24 Jam di Lembang, Bebas Dari Kerumunan!

3. Trans Studio Bandung

Trans Studio Bandung adalah salah satu destinasi wisata anak favorit di Bandung yang popularitasnya sudah tidak perlu diragukan lagi! Dengan tiga zona tematik yang unik, yaitu Studio Center, Magic Corner, dan Lost City, Trans Studio Bandung menawarkan pengalaman bermain yang tak terlupakan. 

Setiap zona punya daya tarik tersendiri sehingga anak-anak pasti akan betah berlama-lama di sini. Pergi ke Bandung tanpa mengunjungi Trans Studio Bandung, rasanya seperti pergi ke Roma tanpa melihat Colosseum, deh!

  • Alamat: Jl. Gatot Subroto No.289A, Cibangkong, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat
  • HTM: Rp180.000–900.000/orang

Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Ramah Lansia

1. Kampung Dago Pojok

Bagi para pencari ketenangan dan keindahan alam, Kampung Dago Pojok adalah destinasi yang wajib dikunjungi. Dengan suasana pedesaan yang asri dan udara sejuk, tempat ini menawarkan pengalaman yang berbeda dari pusat kota. 

Selain menikmati pemandangan perbukitan yang hijau, pengunjung juga dapat menjelajahi berbagai warung makan yang menyajikan hidangan lezat khas Bandung serta membeli oleh-oleh unik di toko-toko souvenir.

  • Alamat: Jl. Dagopojok No.95, Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat
  • HTM: Gratis

2. Chinatown Bandung

Chinatown Bandung adalah destinasi wisata budaya yang sempurna bagi semua kalangan, terutama bagi lansia dan keluarga. Dengan berjalan-jalan menyusuri lorong-lorong bersejarah yang sarat akan cerita, pengunjung dapat merasakan atmosfer Tionghoa yang autentik. 

Selain itu, kamu bisa menikmati kelezatan kuliner khas Tionghoa yang beragam dan keindahan kuil-kuil kuno. Maka, rekomendasi wisata liburan keluarga ini cocok dijadikan sebagai tempat merenung dan menikmati suasana spiritual.

  • Alamat: Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Kec. Andir, Kota Bandung, Jawa Barat
  • HTM: Rp30.000/orang

3. Taman Cibeunying

Dengan suasana yang tenang dan asri, Taman Cibeunying menjadi salah satu ruang terbuka hijau paling dicari di Bandung. 

Selain menjadi tempat yang ideal untuk berolahraga dan bermain bagi keluarga, taman ini juga menawarkan kenyamanan bagi para lansia yang ingin bersantai sembari menikmati pemandangan hijau.

  • Alamat: Jl. Taman Cibeunying Utara, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat
  • HTM: Gratis

Rekomendasi Tempat Liburan Keluarga yang Cocok Dikunjungi Keluarga Besar

1. Taman Bunga Begonia Lembang

Kebun Begonia Lembang

Photo: Instagram @kebunbegonia

Mulai dari tanaman indoor yang mungil hingga tanaman outdoor yang rimbun, Kebun Begonia Lembang menyajikan koleksi tanaman hias yang sangat lengkap. 

Keunikan taman ini terletak pada kemampuan tanaman-tanamannya yang dapat beradaptasi dengan berbagai lingkungan sehingga kamu dan keluarga bisa menemukan tanaman yang sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Selain menjadi tempat rekreasi, taman ini juga berfungsi sebagai ruang terbuka hijau yang edukatif, di mana pengunjung, terutama anak-anak, dapat belajar mengenal berbagai jenis tumbuhan.

  • Alamat: Jl. Maribaya No.120 A, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM: Rp20.000/orang

2. Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo

Photo: Lembang Park & Zoo

Lembang Park & Zoo tidak hanya sekadar kebun binatang. Dengan koleksi satwa yang lengkap dan berbagai wahana seru, tempat ini menjadi destinasi wisata keluarga yang sempurna di Bandung. 

Dengan begitu, pengunjung dapat belajar tentang keanekaragaman hayati sambil menikmati waktu bersama keluarga.

  • Alamat: Jl. Kolonel Masturi No.171, Sukajaya, Kec. Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat 
  • HTM: Rp50.000/orang

3. Grafika Bird Park

Grafika Bird Park adalah sebuah surga bagi para pecinta burung. Dengan koleksi lebih dari 23 spesies burung eksotis dari berbagai penjuru dunia, tempat ini menawarkan pengalaman unik untuk mengamati keindahan dan keanekaragaman burung secara dekat. 

Bukan hanya sekadar kebun binatang, Grafika Bird Park juga dirancang sebagai pusat edukasi yang mengundang pengunjung untuk mengenal lebih dalam tentang dunia burung, terutama spesies-spesies langka yang mungkin belum pernah mereka lihat sebelumnya.

  • Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu KM.23, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat
  • HTM: Rp20.000/orang

Tips Liburan Bersama Keluarga

tips liburan bareng anak dan keluarga

Photo: Bobobox Internal Asset

Sudah mendapatkan destinasi pilihan yang cocok untuk keluargamu? Lalu ingin tahu seperti apa tips liburan bersama keluarga yang berkualitas dan matang? Kali ini, Bob juga telah menghimpun informasinya, lo. Lihat saja pada uraian di bawah ini!

1. Merencanakan Liburan dengan Matang

Kunci untuk liburan keluarga adalah perencanaan yang matang. Dengan merencanakan jauh-jauh hari, kamu bisa membandingkan harga tiket dan akomodasi, memilih penawaran terbaik, dan menghindari pemborosan.

Selain itu, perencanaan yang detail juga akan membuat liburanmu lebih terorganisir dan menyenangkan karena kamu sudah tahu apa yang akan dilakukan dan apa yang perlu dibawa.

2. Survei Tempat Liburan

Saat merencanakan liburan, jangan lupa perhatikan kebutuhan anggota keluarga kamu, ya. Untuk anak-anak, prioritaskan tempat yang aman, menyenangkan, dan memiliki banyak aktivitas yang bisa mereka lakukan. 

Sementara untuk orang tua, pilihlah lokasi yang nyaman dan mudah dijangkau. Perlu diperhatikan pula untuk hindari tempat-tempat yang memerlukan perjalanan jauh atau medan yang sulit.

3. Tentukan Anggaran untuk Liburan

Agar liburan tidak membebani keuangan, sebaiknya kamu mulai menyusun anggaran sejak tahap perencanaan. 

Dengan cara ini, kamu bisa menabung secara bertahap dan memastikan bahwa dana yang kamu sisihkan cukup untuk membiayai seluruh rangkaian kegiatan selama liburan. Anggaran yang terencana dengan baik akan memberikanmu rasa aman dan nyaman, sehingga kamu bisa lebih fokus menikmati waktu bersama keluarga.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Gratis yang Ada di Bandung

Bikin Liburan Makin Seru dengan Menginap di Bobocabin Sukawana

bobocabin sukawana

Photo: Bobobox Internal Asset

Sementara itu, jika kamu ingin mencari alternatif liburan lain untuk melihat sisi lain Bandung, bisa lo untuk mengunjungi Sukawana.

Dengan keindahan alam yang asri dan udara yang sejuk, Sukawana menawarkan pengalaman liburan yang menenangkan dan menyegarkan. 

Kabar baiknya, kamu bisa menikmati pemandangan di Sukawana lebih lama dengan menginap di cabang terbaru dari Bobobox, yaitu Bobocabin Sukawana! Dengan desain kabin terbaru yang stylish dan lengkap, kamu akan merasakan kenyamanan maksimal. 

Kamu juga bisa nikmati pemandangan alam Gunung Burangrang dan Tangkuban Perahu yang menakjubkan dari jendela besar kabinmu, sambil bersantai di ruang yang luas. Fasilitas lengkap seperti kompor listrik dan mini-kulkas juga akan membuat liburanmu semakin menyenangkan!

Tunggu apa lagi? Download aplikasi Bobobox sekarang dan rencanakan liburan impianmu di Bobocabin!

 

Penulis: Samala Mahadi

Foto header: Ikhsan Assidiqie via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles