manfaat timun suri untuk ibu hamil

Populer di Bulan Puasa, Inilah 10 Manfaat Timun Suri untuk Ibu Hamil

Buah timun suri merupakan salah satu buah yang sangat populer di momen bulan Ramadan. Rasa buah timun suri ini dikenal segar dan dapat diolah menjadi berbagai panganan yang lezat.

Sering dikira blewah, timun suri dapat kamu kenali dari bentuknya yang memanjang dan berwarna kuning atau kadang kuning kehijauan.

Selain segar dan nikmat, buah timun suri ini faktanya juga memiliki berbagai manfaat untuk kehamilan.

Dikutip dari laman Specialty Produce, buah timun suri ini punya banyak kandungan yang baik untuk tubuh, seperti fosfor, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan magnesium.

Cara Memilih Timun Suri

Sumber: mediakepri

Sumber: mediakepri

Jika kamu ingin mendapatkan buah timun suri yang empuk, tebal, manis, dan juicy, pilihlah buah timun suri yang sudah memasuki umur panen, alias sudah tua. 

Buah timun suri yang sudah memasuki umur panen ditandai dengan adanya retakan di permukaan kulit.

Jadi, kamu tak perlu khawatir jika melihat retakan pada buah timun suri. Retakan ini muncul bukan karena tertindih atau bonyok, melainkan terbentuk secara alami. 

Selain melihat buah timun suri dari retakannya, kamu bisa memilih berdasarkan aromanya. Carilah timun suri yang beraroma manis, harum, dan lembut.

Baca juga: Inilah 7 Cara Menghilangkan Cegukan Saat Puasa Tanpa Minum Air

10 Manfaat Timun Suri Untuk Ibu Hamil

Lalu, manfaat apa sajakah yang bisa ibu hamil dapatkan dari mengonsumsi buah timun suri? Berikut ini adalah beberapa manfaat timun suri untuk ibu hamil yang perlu kamu ketahui.

1. Penangkal Penyakit

Penangkal Penyakit

Sumber: haibunda.com

Manfaat timun suri untuk ibu hamil yang pertama adalah sebagai penangkal penyakit. Hal ini dikarenakan buah timun suri memiliki banyak kandungan antioksidan.

Baca Juga: Sedang Mempersiapkan Hidangan Buka Puasa? Simak Perbedaan Jenis Tepung Berikut Ini!

2. Membantu Perkembangan Otak Janin 

Membantu Perkembangan Otak Janin

Sumber: Kompas Health

Selain membantu ibu hamil menangkal penyakit, mengonsumsi buah timun suri juga membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan.

Hal ini dikarenakan buah timun suri mengandung mangan yang membantu perkembangan otak bayi dalam kandungan menjadi maksimal. 

3. Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Mencegah Tekanan Darah Tinggi

Sumber: lifepack.id

Jika kamu memiliki tekanan darah tinggi saat mengandung, kamu bisa coba mengonsumsi buah timun suri yang secara efektif dapat menurunkan tekanan darah. 

Selain itu, buah timun suri juga mengandung kalium. Kalium berfungsi untuk mencegah preeklampsia atau kondisi komplikasi pada kehamilan yang berbahaya bagi ibu hamil dan janin.

4. Membantu Pertumbuhan Tulang

Membantu Pertumbuhan Tulang

Sumber: motherandbeyond.id

Manfaat timun suri untuk ibu hamil selanjutnya adalah membantu pertumbuhan tulang bagi janin yang sedang dikandung.

Hal ini dikarenakan buah timun suri mengandung cukup banyak kalsium, yang bermanfaat untuk mencegah tulang keropos bagi ibu hamil.

5. Mencegah Sembelit

Mencegah Sembelit

Sumber: Halodoc

Manfaat timun suri untuk ibu hamil terakhir adalah kemampuannya mencegah sembelit dan melancarkan pencernaan. 

Banyak ibu hamil yang mengalami gangguan pencernaan. Nah, buah timun suri yang kaya akan serat, air, serta vitamin C akan membantu mencegah sembelit.

Jika sistem pencernaan lancar, maka ibu hamil dapat melakukan aktivitas lain tanpa terganggu.

6. Mecegah Diabetes

mencegah diabetes

Sumber: halodoc.com

Kamu perlu berhati-hati terhadap diabetes gestasional atau lonjakan drastis kadar gula darah selama kehamilan.

Mengonsumsi timun suri yang mengandung karbohidrat kompleks dapat membantu memenuhi kebutuhan energi secara aman bagi mereka yang menderita diabetes.

7. Menghaluskan Kulit

Menghaluskan Kulit

Sumber: Tagar.id

Timun suri memiliki efek positif pada kulit, mengingat kandungan flavonoid dan vitamin C yang terdapat dalamnya, yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan mencegah gejala penuaan awal. Selain itu, timun suri juga terbukti efektif dalam membuat kulit menjadi lebih lembut dan halus.

8. Mencegah Dehidrasi

mencegah dehidrasi

Sumber: ciputrahospital.com

Ketika sedang mengandung, kebutuhan tubuh kamu akan cairan meningkat daripada umumnya. Hal ini tidak hanya untuk menghindari dehidrasi pada ibu hamil, tetapi juga untuk mendukung pertumbuhan janin yang sehat.

Oleh karena itu, disarankan bagi ibu hamil untuk meningkatkan asupan air putih dan mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air, salah satunya adalah mengonsumsi timun suri.

9. Mengatasi Morning Sickness

mengatasi morning sickness

Sumber: siloamhospitals.com

Morning sickness atau rasa mual dan muntah yang umum terjadi pada trimester pertama kehamilan dapat dikurangi dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan kaliumnya, seperti timun suri.

10. Menjaga Kesehatan Jantung

mengatasi penyakit jantung

Sumber: herminahospitals.com

Mengonsumsi timun suri dalam jumlah yang memadai juga berkontribusi pada menjaga kesehatan jantung ibu hamil dan bayinya. Ini disebabkan oleh kandungan asam lemak tak jenuh, plant sterol, dan tocopherol di dalamnya yang berperan dalam meningkatkan kadar kolesterol baik dalam peredaran darah.

Baca juga: Kebiasaan Menahan Buang Air Besar? Hati-Hati Jangan Sampai Kamu Menderita

2 Resep Olahan Timun Suri

Ada banyak ide olahan timun suri yang bisa dicoba di rumah. Tentunya, olahan-olahan berikut ini segar, sehat, dan bergizi. Biar gak penasaran, yuk cobain resep olahan timun suri berikut ini!

1. Resep Timun Suri Smoothies

Kamu juga bisa membuat smoothies yang terbuat dari buah timun suri, lho. Bahan-bahan yang diperlukan adalah timun suri, susu segar, jahe bubuk, dan es batu.

Cara meraciknnya mudah sekali. Pertama-tama, cuci bersih timun suri dan potong-potong sesuai selera.

Agar smoothies kamu terasa menyegarkan, jangan lupa untuk menyimpan potongan timun dalam freezer selama 15 menit.

Setelah itu, blender potongan timun hingga setengah halus. Masukkan susu segar dingin dan sedikit jahe bubuk.

Terakhir, siapkan gelas saji dengan es batu secukupnya. Es timun suri pun siap dinikmati!

2. Resep Es Timun Suri Cincau Hitam

Selain smoothies, minuman timun suri cincau hitam pun tak kalah bikin ngiler.

Kamu hanya perlu menyiapkan timun suri dan beberapa bahan tambahan lain, seperti cincau hitam, selasih, sirup rasa melon atau rasa lain yang kamu suka, dan susu kental manis.

Pertama-tama, potong-potong atau kerok buah timun suri. Siapkan gelas, lalu masukkan daging timun suri yang telah disiapkan tadi ke dalam gelas.

Tambahkan air hingga gelas penuh, lalu masukkan cincau hitam, es batu, selasih, dan susu kental manis sesuai selera.

Terakhir, siram es timun suri dengan sirup. Aduk es timun suri hingga rata dan sajikan selagi dingin. Dijamin segar dan nikmat!

Baca Juga: 9 Resep Minuman Segar untuk Buka Puasa, Bikin Makin Semangat

Pengalaman Seru Menginap saat Ramadan

lobby 2 bobobox

Sumber: @Bobobox via Instagram

Memasuki bulan puasa, kamu mungkin punya segudang agenda yang menuntut kamu bepergian ke berbagai tempat. Entah untuk bekerja, liburan, atau reuni berkedok buka puasa.

Walau begitu, jangan sampai kelelahan di perjalanan. Jika tubuh sudah lelah, cobalah untuk beristirahat di akomodasi yang nyaman.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobobox.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Jangan lupa untuk menggunakan siku untuk menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

Bobobox Maximum Comfort Banner

 

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles