appolinary-kalashnikova-WYGhTLym344-unsplash

Ini Dia Jenis-Jenis Energi Alternatif Ramah Lingkungan!

Jenis-jenis energi alternatif berikut ini bisa jadi solusi untuk menggantikan sumber energi bahan bakar konvensional. Energi alternatif merupakan inovasi pemanfaatan energi dari sumber alami yang memiliki dampak minimal pada lingkungan. Seperti yang kita ketahui bersama bumi saat ini memiliki beragam masalah yang diakibatkan oleh eksploitasi energi secara besar-besaran yan juga berdampak pada produksi polusi maupin pemanasan global.

Tentunya kita tidak boleh menyepelekan hal ini dan tidak boleh berdiam diri saja. Pemanfaatan energi alternatif merupakan hal penting untuk menunjang kehidupan manusia tanpa harus merusak lingkungan. Dengan mengurangi penggunaan bahan bakar hidrokarbon dan beralih ke energi alternatif maka kita telah berkonribusi pada pemeliharaan lingkungan. Penggunaan hidrokarbon memiliki dampak buruk untuk lingkungan  dikarenakan emisi karbondioksida yang dihasilkan cukup tinggi.

Emsisi yang tinggi ini kemudian dapat memicu pemanasan global. Peralihan penggunaan energi konvensional ke energi alternatif akan membuat penggunaan sumber listrik dapat dikurangi. Apa sajakah contoh jenis-jenis energi alternatif yang bisa kita manfaatkan? Berikut adalah penjelasannya!

Baca Juga: Baterai HP-mu cepat habis? Ini Dia Aplikasi Paling Boros Energi

1. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Biomassa

Jenis energi alternatif yang pertama akan Bob bahas adalah energi biomassa yang sudah cukup terkenal di kalangan masyarakat adalah biomassa. Biomassa adalah bahan organik yang dihasilkan melalui proses fotosintetik berupa tanaman, pepohonan, rumput, limbah pertanian, limbah hutan, tinja dan kotoran ternak. Biomassa ini faktanya dapat digunakan sebagai sumber energi (bahan bakar) yang dapat diperbarui dan berkelanjutan. Tentunya sumber energi ini ramah lingkungan dan juga terjangkau.

2. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Air

via ayobali.net

Air merupakan salah satu elemen yang cukup banyak kita temukan di Indonesia. Indonesia dialiri oleh beragam jenis sungai, danau, dan juga lautan yang luas. Faktanya kekuatan arus air ini bisa kita manfaatkan untuk menghasilkan energi air. Energi air ini bisa didapatkan salah satunya melalui pembangunan bendungan untuk menampung air yang kemudian akan dihubungkan dengan pipa yang diarahkan ke turbin.

Saat ada banyak air mengalir ke arah turbin maka semakin besar pula energi yang dapat dihasilkan. Oleh karena itu energi ini akan sangat bergantung terhadap pasokan air. Hal ini membuat energi air akan menunjukan performa yang maksimal di saat musim hujan dan sebaliknya saat musim kemarau kinerja nya menjadi kurang maksimal.

3. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Angin

Selain air, angin juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif untuk kelangsungan hidup manusia. Kekuatan dan kecepatan hembusan angin dapat menjadi sumber energi yang diolah kemudian dikumpulkan dalam satu energi yang besar. Pengumpulan energi angin ini dapat dihasilkan dengan bantuan kincir angin. Meskipun saat dilihat kincir angin terlihat bergerak lambat, namun energi yang dihasilkan begitu besar.

4. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Panas Bumi

Sesuai dengan namanya, energi alternatif ini memanfaatkan daya panas dari dalam bumi. Indonesia dianugerahi letak geografis yang dipenuhi oleh berbagai pegunungan. Hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi kita karena aktivitas vulkanik atau panas dari dalam bumi ini bisa dimanfaatkan untuk mengolah energi panas bumi.

Jika dilihat dari letak geografis dan aktivitas vulkaniknya, Pulau Flores di Nusa Tenggara Timur (NTT) adalah salah satu contoh wilayah yang memiliki potensi tinggi dalam pengembangan sumber daya energi panas bumi. Pulau ini disinyalir memiliki 16 titik panas bumi yang dapat dikembangkan menjadi energi listrik maupun non listrik.

5. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Etanol

Jenis energi alternatif selajutnya adalah penggunaan energi yang bersumber dari senyawa bernama etanol. Etanol merupakan sebuah senyawa yang dapat dihasilkan dari proses fermentasi tanaman. Beberapa contoh fementasi tanaman yang bisa dimanfaatkan diantaranya adalah jagung maupun gandum.

Energi yang dihasilkan dari fermentasi tanaman ini kemudian dapat digunakan sebagai bahan bakar dengan kandungan alkohol. Di negara Brazil, produksi energi etanol dalam jumlah banyak telah dimanfaatkan sebagai bahan bakar kendaraan. Selain itu negara kita Indonesia juga sudah memiliki produksi etanol, yang kemudian diubah menjadi energi listrik.

6. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Gelombang

Energi alternatif yang bisa kita manfaatkan berikutnya adalah energi gelombang yang salah satunya dapat dihasilkan dari gelombang laut pasang. Indonesia dikenal sebagai negara maritim yang dikelilingi oleh sebagian besar lautan baik di penjuru utara, barat, timur, dan juga selatan. Hal ini menjadikan negara kita Indonesia memiliki potensi yang sangat besar bahkan bisa dibilang sempurna untuk bisa mengembangkan energi yang bersumber dari gelombang laut pasang.

7. Jenis-Jenis Energi Alternatif: Energi Matahari

Jenis energi terakhir yang manusia bisa manfaatkan adalah energi yang berasal dari sinar dan panas matahari. Indonesia merupakan negara tropis yang berada di garis khatulistiwa. Hal ini menjadi keberkahan tersendiri bagi kita selaku masyarakat Indonesia yang dapat menikmati sinar matahari sepanjang hari setiap tahunnya. Penggunaan energi matahari bisa kita dapatkan dengan pemanfaatan panel surya untuk menyerap panas, menyimpannya, dan mengkonversinya menjadi sumber listrik.

Jo Fisher Writes

Mengapa Energi Penting?

Energi merupakan salah satu elemen penting yang memengaruhi keberlangsungan hidup makhluk hidup, terutama manusia. Seberapa banyak konsumsi energi yang telah dipakai oleh manusia harus mampu dianalisis dan kelola dengan seksama. hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga energi agar tetap mampu bertahan lama guna membangun peradaban manusia.

Baca Juga: Ingin Kurangi Tagihan Bulanan? Simak 10 Tips Menghemat Listrik di Rumah Ini

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Di saat yang penuh kesulitan dan tekanan ini, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan seperti berjalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau sekadar staycation. Di masa pandemi ini, mungkin agak sulit bagi kamu untuk berlibur. Karena itu, sekadar berstaycation sambil menenangkan diri namun tetap menghindari kerumunan bisa jadi altenatif buat kamu.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox. Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan beberapa aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Lorong Pods bobobox bandung

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh oleh host serta kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, menjaga jarak dengan tim Bob dan tamu lain, serta menggunakan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. Kamu juga diharuskan untuk menggunakan siku kamu jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh kamu tetap sehat dan fit. Mau coba pengalaman yang lebih seru lagi? Cobain layanan Bobobox bernama Bobocabin! Bobocabin adalah sebuah jalan keluar yang tepat dari hiruk pikuk dan keramaian kota.Yuk segera unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store, dijamin aman dan nyaman!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles