cara memasak sarden kaleng agar tidak amis

10 Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis

Sarden kaleng bisa jadi alternatif lauk yang mudah diolah. Santapan ini memang sudah matang dan siap disantap, tapi tambahan racikan bumbu sederhana akan membuat makan siangmu kian lezat.

Namun, mungkin kamu sering mendapati sarden olahanmu masih sedikit berbau amis. Tetap lezat sih, tapi kamu ingin menghilangkan amisnya agar masakanmu sempurna.

Lantas, bagaimana cara memasak sarden kaleng agar tidak amis? Kamu bisa menambahkan sejumlah bahan tambahan untuk menyamarkan atau bahkan menghilangkan amis olahan sarden kaleng ini.

Yuk, simak!

Cara Memasak Sarden Kaleng Agar Tidak Amis 

Berikut ini tips memasak sarden kaleng agar tidak berbau amis.

1. Pilih Ikan Sarden Kaleng Berkualitas

Selain memperhatikan rasa dan ukuran, penting untuk memeriksa kemasan sarden yang akan kamu beli.

Pastikan tanggal kedaluwarsanya masih dalam batas yang aman. Jangan lupa untuk memeriksa fisik kalengnya, pastikan kaleng tersebut dalam kondisi sempurna tanpa adanya penyok, bengkak, atau tanda-tanda karat.

Kaleng yang rusak adalah indikasi bahwa kualitas sarden kalengan tersebut mungkin sudah tidak baik.

Memilih sarden kalengan dengan cermat adalah langkah awal yang penting untuk memastikan kualitas dan rasa makanan yang akan disajikan.

2. Beri Banyak Bawang Merah dan Bawang Putih

Beri Banyak Bawang Merah dan Bawang Putih

Sumber: iStock

Bawang merah dan bawang putih memiliki aroma yang kuat setelah ditumis hingga matang. Oleh karena itu, rempah seperti bawang merah dan bawang putih dapat mengurangi amis dari sarden kaleng.

Kalau kamu suka rasa dan aroma bawang yang menggugah selera, kamu dapat menambahkan takaran yang cukup banyak untuk keduanya. Kamu juga bisa menambahkan cabai dan tomat agar rasanya makin mantap.

Baca Juga: 7 Rempah Asli Indonesia Ini Bermanfaat Baik Untuk Tubuhmu, Lho!

3. Tambahkan Daun Jeruk dan Jahe

Kamu juga bisa menambahkan daun jeruk dan jahe ketika memasak sarden kaleng.

Tumis irisan bawang merah, bawang putih, daun jeruk, dan jahe yang sudah digeprek hingga aromanya harum. Setelah itu, masukan sarden kaleng dan tambahkan air secukupnya.

Masukkan juga gula, garam, lada, dan penyedap sesuai selera. Dijamin, sarden masakanmu bakal jadi favorit satu rumah!

4. Tambahkan Daun Kemangi

Tambahkan Daun Kemangi

Sumber: Shutterstock

Daun kemangi punya aroma yang khas dan kuat. Jika ditambahkan saat memasak ikan sarden, amis pun akan hilang.

Caranya, tumis bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, ketumbar, merica, jahe, kunyit, dan tomat yang sudah dihaluskan sampai matang. Kamu juga bisa menambahkan daun salam, daun jeruk, dan lengkuas.

Setelah itu, masukkan ikan sarden dan daun kemangi. Jangan lupa tambahkan garam dan penyedap sesuai selera. Aduk rata, angkat, dan sajikan olahan sarden yang nikmat ini.

5. Tambahkan Lengkuas dan Jahe

Cara memasak sarden kaleng agar tidak amis yang berikutnya adalah dengan menambahkan lengkuas dan jahe, dua rempah yang memiliki aroma harum.

Caranya, haluskan tomat merah, cabai merah keriting, cabai rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas, dan jahe. Tumis bumbu halus sampai harum.

Setelah itu, masukkan ikan sarden dan masak hingga meletup-letup. Angkat dan sajikan selagi hangat.

6. Tambahkan Jahe dan Kunyit

Berikutnya, kombinasi jahe dan kunyit yang harum bisa membantu mengurangi bau amis ikan sarden kaleng.

Caranya, tumis irisan bawang putih sampai harum. Masukkan ikan sarden, lalu tambahkan jahe dan kunyit. Setelah itu, tuang air secukupnya. Tambahkan garam dan penyedap rasa.

Masak hingga mendidih dan bumbu meresap. Angkat kemudian sajikan.

Baca Juga: Ini Dia Khasiat Kunyit Untuk Kesehatan Tubuhmu. Salah Satunya dapat Melawan Infeksi Lho!

7. Tambahkan Asam Jawa dan Daun Salam

Rempah berikutnya adalah asam jawa dan daun salam.

Untuk memasaknya, pertama-tama iris bawang merah dan bawang putih, lalu tumis sampai harum. Tambahkan cabai, serai geprek, jahe geprek, dan lengkuas.

Setelah itu, masukkan sarden kaleng dan sedikit air. Tambahkan asam jawa dan daun salam. Tambahkan penyedap sesuai selera dan masak hingga matang.

Semua rempah tersebut dijamin akan membuat sarden kalengmu makin lezat dan bebasamis!

8. Tambahkan Serai atau Daun Jeruk

Sarden kaleng dikemas bersama dengan berbagai variasi saus. Ada sarden dengan saus cabai, saus tomat, saus kecap, cabai hijau, saus bangkok, dan lain sebagainya.

Jika saus ini sudah cukup enak dan kamu hanya ingin menambahkan sedikit rempah untuk menghilangkan bau amisnya, kamu cukup menambahkan rempah aromatik.

Rempah aromatik yang cocok dengan sarden kalengan tanpa mengubah rasanya adalah serai atau daun jeruk.

Untuk menambahkan serai, geprek dulu serai di bagian putihnya saja. Hal ini dilakukan untuk mengeluarkan aroma serai secara optimal.

Kalau mau menambahkan daun jeruk, sebaiknya tulang tengahnya dibuang dulu. Lalu, sobek-sobek helai daunnya agar aroma jeruk lebih maksimal.

Baca Juga: Tidak Hanya Untuk Masakan Saja, Ini Dia 10 Obat Herbal Dari Bumbu Dapur

9. Tumis Bumbu Sampai Harum

Tumis Bumbu Sampai Harum

Sumber: freepik

Nah, ini dia kunci utamanya.

Sebetulnya, kamu bisa menambahkan rempah dan bumbu apapun sesuai selera saat memasak sarden kalengan. Apa pun bumbu dan rempahnya, kamu harus menumisnya sampai benar-benar harum.

Pasalnya, bumbu tumisan yang harum ini akan mengalahkan bau amis sarden kalengan. Selain itu, bumbu yang aromanya sudah keluar saat dimasak juga menandakan bahwa bumbu telah matang.

Untuk mendapatkan bumbu yang harum, cukup tumis bumbu dengan api sedang. Kalau apinya terlalu besar, alih-alih menjadi harum, bumbu justru bisa gosong.

10. Tambahkan Telur

Untuk memastikan sarden kalengan tidak berbau amis, langkah terakhir adalah dengan menambahkan telur ceplok. Tingkat kematangan telur ceplok dapat kamu atur sesuai selera, baik itu matang sempurna atau setengah matang.

Telur ceplok memiliki peran yang signifikan dalam mengurangi bau amis pada sarden. Melalui proses menggoreng telur ceplok dan menyajikannya bersama sarden, kamu dapat menciptakan hidangan yang lebih nikmat dan memuaskan, sambil menghilangkan rasa amis yang mungkin masih tersisa.

Selain itu, tips ini juga akan membuat sarden lebih menggugah selera.

Baca juga: 11 Jenis Seafood Sehat yang Kaya Omega-3

Manfaat Mengonsumsi Sarden Kalengan

Selain mudah dimasak dan praktis, sarden kaleng juga memiliki beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh saat mengonsumsi masakan sarden kaleng.

  1. Mencegah penyakit jantung. Sarden memiliki asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi yang dapat memecah kolesterol, memecah plak arteri, dan membantu mengontrol tekanan darah.
  2. Menguatkan tulang. Sarden merupakan sumber kalsium yang baik.
  3. Menstabilkan gula darah. Lemak dan protein sehat dalam sarden dapat membantu mengatur kadar gula dalam tubuh.
  4. Sumber protein tinggi. Sebagai ikan laut, sarden merupakan salah satu sumber protein terbaik.

Istirahat Nyaman di Tengah Alam Hijau

Istirahat Nyaman di Tengah Alam Hijau

Sumber: bobobox.com

Berencana healing dengan liburan singkat, tapi bingung harus menginap di mana? Bobocabin jawabannya!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tepat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles